RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS VII (semester 1)
OLEH :
Nama : .................................
NIP : .................................
SMP .............................................
Jl.
................................................................
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor : 01
SMP
|
:
|
.........................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami lingkungan
kehidupan manusia
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
1.1 Mendeskripsikan keragaman
bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 Jam pelajaran (2 x pertemuan)
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan
kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
- Mengidentifikasi
proses alam endogen.
- Mengidentifikasi
proses alam eksogen.
- Mengidentifikasi
dampak dari proses alam endogen dan eksogen.
B. Materi Pembelajaran
1.
Pengertian tenaga
endogen dan eksogen.
2.
Jenis-jenis tenaga endogen dan eksogen.
3.
Dampak dari tenaga endogen dan eksogen
C. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
bervariasi.
2.
Diskusi.
3.
Inquiri.
4. Tanya jawab.
5. Simulasi.
6. Observasi / Pengamatan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a. Pendahuluan
-
Apersepsi :
Buatlah kliping tentang terjadinya gempa bumi di Indonesia!
-
Motivasi :
Siswa diminta untuk saling bertukar kliping tentang gempa bumi tersebut, yang terjadi tahun 2005/2006.
b. Kegiatan Inti
-
Siswa dibagi dalam empat kelompok.
-
Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati kliping:
-
Kelompok 1 : Tsunami
di Aceh.
-
Kelompok 2 : Gempa
di Yogyakarta.
-
Kelompok 3 :
Gunung Merapi erupsi.
-
Kelompok 4 :
Tsunami di Pangandaran.
-
Setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan.
-
Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil
pengamatannya.
-
Tanya jawab tentang perbedaannya.
c.
Penutup
-
Penilaian
-
Refleksi : Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya
mempelajari gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus.
2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan
-
Apersepsi : Sebutkan faktor-faktor yang berkaitan
dengan tenaga eksogen.
-
Motivasi
: Siswa diajak keluar kelas untuk mengamai terjadinya pelapukan, dan pengendapan yang ada di sekolah
b. Kegiatan inti
-
Tanya jawab tentang arti tenaga eksogen.
-
Mengamati dan tanya jawab tentang berbagai jenis tenaga
eksogen dan dampaknya bagi kehidupan.
-
Tanya jawab.
c. Penutup
-
Penilaian.
-
Refleksi :
Siswa membuat kesimpulan tentang tenaga eksogen.
E.
Sumber dan Media
Pembelajaran
1. Koran.
2. Majalah.
3. Globe.
4. Lembar Penilaian Psikomotorik.
5. OHP.
6. Buku geografi yang
relevan.
F.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a.
Tes Tulis.
b.
Tes unjuk kerja.
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian.
b. Tes identifikasi.
c. Uji petik kerja produk.
3. Soal/instrumen:
Tes uraian :
(1) Sebutkan unsur-unsur tenaga endogen!
(2) Berikan masing-masing 2
contoh gejala tektonik, vulkanik, dan
seisme!
(3) Jelaskan 3 bentuk tenaga
eksogen dan akibat yang ditimbulkan!
(4) Sebutkan 3 dampak tenaga
endogen bagi kehidupan manusia!
(5) Sebutkan 3 dampak tenaga
eksogen bagi kehidupan manusia!
Uji petik kerja produk :
-
Buatlah
tulisan mengenai gempa bumi di Indonesia!
Jakarta, ...............................
2008
Mengetahui,
|
|
Kepala SMP Negeri .................
|
Guru Mata Pelajaran IPS
|
|
|
( ........................................... )
NIP.
...............................
|
( ........................................... )
NIP.
...............................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor : 02
SMP
|
:
|
.........................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami lingkungan
kehidupan manusia
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
1.2 Mendeskripsikan kehidupan
pada masa pra-aksara di Indonesia
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 Jam pelajaran (2 x pertemuan)
|
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan pengertian dan masa pra-aksara di
Indonesia.
2.
Mengidentifikasi jenis-jenis manusia purba di Indonesia.
- Mendeskripsikan
perkembangan kehidupan masa para aksara di Indonesia
- Melacak kedatangan
dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian dan masa pra-aksara
di Indonesia.
2. Jenis-jenis manusia purba
di Indonesia.
3.
Perkembangan kehidupan masa para-aksara di Indonesia
4.
Persebaran nenek moyang bangsa Indonesia
C. Metode
Pembelajaran
- Ceramah bervariasi.
- Diskusi.
- Inquiri.
4.
Tanya
jawab.
5.
Simulasi.
6.
Observasi
/ Pengamatan.
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan 1
a. Pendahuluan
-
Apersepsi :
Pernahkan melihat fosil manusia?
-
Motivasi : Siswa diminta untuk menjelaskan asal
usul nenek moyang kita.
b. Kegiatan inti
-
Siswa dibagi dalam dua kelompok.
-
Setiap kelompok diberi tugas untuk mempresentasikan
resume:
- Kelompok 1 : Pengertian
dan masa pra-aksara.
-
Kelompok 2 : Jenis-jenis manusia purba.
-
Setiap kelompok membuat laporan hasil presentasi.
-
Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil
diskusinya.
-
Tanya jawab tentang perbedaannya.
c. Penutup
-
Penilaian.
-
Refleksi : Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya
mempelajari masa pra-aksara di Indonesia.
2.
Pertemuan 2
a. Pendahuluan
-
Apersepsi :
Pernahkan melihat fosil manusia?
-
Motivasi : Siswa diminta untuk menjelaskan asal
usul nenek moyang kita.
b. Kegiatan inti
-
Siswa dibagi dalam dua kelompok.
-
Setiap kelompok diberi tugas untuk mempresentasikan
resume:
- Kelompok 1 : Perkembangan
kehidupan manusia purba.
-
Kelompok 2 : Persebaran nenek moyang bangsa Indonesia.
-
Setiap kelompok membuat laporan hasil presentasi.
-
Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil
diskusinya.
-
Tanya jawab tentang perbedaannya.
c. Penutup
-
Penilaian.
-
Refleksi : Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya
mempelajari masa pra aksara di Indonesia.
E. Sumber dan
Media Pembelajaran
1.
Lembar Penilaian
Psikomotorik.
2. OHP.
3. Buku
IPS/ Sejarah yang relevan.
F. Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a. Tes Tulis.
b. Tes unjuk kerja.
2.
Bentuk Instrumen
a. Tes uraian.
b. Tes identifikasi.
c. Uji petik kerja produk.
3.
Soal/instrumen:
Tes
uraian :
(i) Apa yang dimaksud masa
pasa pra aksara?
(ii) Berikan masing-masing 2 contoh
jenis manusia megantropus?
(iii) Jelaskan perbedaan masa
berburu dan ladang berpindah?
(iv) Sebutkan tiga contoh peninggalan
bangunan megalitikum?
(v) Jelaskan perbedaan bangsa Melayu Muda dan Melayu Tua yang datang
ke Indonesia?
Uji petik kerja produk :
-
Buatlah satu tulisan tentang asal usul nenek moyang
bangsa Indonesia, apakah manusia purba atau yang berasal dari Yunan!
Jakarta, ...............................
2008
Mengetahui,
|
|
Kepala SMP Negeri .................
|
Guru Mata Pelajaran IPS
|
|
|
( ........................................... )
NIP. ...............................
|
( ........................................... )
NIP.
...............................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor : 03
SMP
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami kehidupan sosial
manusia
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
2.1 Mendeskripsikan interaksi
sebagai proses sosial
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 Jam pelajaran (2 x pertemuan)
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian
interaksi sosial.
2. Mengidentifikasi
syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
3. Mendeskripsikan faktor
yang mempengaruhi interaksi sosial.
4. Menguraikan bentuk-bentuk
interaksi sosial (asosiatif dan disosiatif).
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian interaksi
sosial.
2. Syarat-syarat terjadinya
interaksi sosial.
3. Faktor-faktor yang
mempengaruhi interaksi sosial.
4. Bentuk-bentuk interaksi sosial
asosiatif dan disosiatif.
C. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah bervariasi.
2.
Diskusi.
3.
Inquiri.
4. Tanya jawab.
5. Simulasi.
6. Observasi / Pengamatan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a
Pendahuluan
-
Apersepsi :
Pernahkan melihat proses interaksi sosial?
-
Motivasi : Siswa diminta untuk menjelaskan syarat
interaksi sosial.
b
Kegiatan inti
-
Siswa dibagi dalam dua kelompok.
-
Setiap kelompok diberi tugas untuk mempresentasikan
resume:
-
Kelompok 1 : Pengertian interaksi sosial.
-
Kelompok 2 : Syarat terjadinya interaksi sosial.
-
Setiap kelompok membuat laporan hasil presentasi.
-
Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil
diskusinya.
-
Tanya jawab tentang syarat-syaat interaksi sosial.
c
Penutup
-
Penilaian.
-
Refleksi : Siswa
mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari interaksi sosial.
2.
Pertemuan 2
a
Pendahuluan
-
Apersepsi :
Pernahkan melihat bentuk interaksi sosial?
-
Motivasi : Siswa diminta untuk menjelaskan faktor yang
mempengaruhi interaksi sosial.
b
Kegiatan inti
-
Siswa dibagi dalam dua kelompok.
-
Setiap kelompok diberi tugas untuk mempresentasikan
resume:
-
Kelompok 1 : Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi
sosial.
-
Kelompok 2 : Bentuk-bentuk interaksi sosial.
-
Setiap kelompok membuat laporan hasil presentasi.
-
Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil diskusinya.
-
Tanya jawab tentang bentuk interaksi sosial.
c
Penutup
-
Penilaian.
-
Refleksi
: Siswa mengungkapkan kesan terhadap
pentingnya mempelajari interaksi sosial.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Lembar Penilaian Psikomotorik.
2. OHP.
3. Buku IPS/Sosiologi yang
relevan.
F. Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a
Tes Tulis.
b
Tes unjuk kerja.
2. Bentuk Instrumen
a
Tes uraian.
b
Tes identifikasi.
c
Uji petik kerja produk.
3.
Soal/instrumen:
a
Tes uraian :
(1) Apa yang dimaksud dengan
interaksi sosial?
(2) Berikan masing-masing 3
syarat terjadinya interaksi sosial?
(3) Jelaskan faktor-faktor
yang mempengaruhi interaksi sosial?
(4) Sebutkan bentuk-bentuk interaksi sosial ?
(5) Jelaskan kaitan bahwa
interaksi sosial merupakan salah satu bentuk proses sosial?
Uji petik kerja produk :
-
Buatlah suatu tulisan tentang peranan interaksi sosial
bagi kehidupan sosial manusia!
Jakarta, ...............................
2008
Mengetahui,
|
|
Kepala SMP Negeri .................
|
Guru Mata Pelajaran IPS
|
|
|
( ........................................... )
NIP.
...............................
|
( ........................................... )
NIP.
...............................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor : 04
SMP
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami kehidupan sosial manusia.
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
2.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses
pembentukan kepribadian.
2.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.
2.4 Menguraikan proses
interaksi sosial.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 Jam pelajaran (2 x pertemuan)
|
A.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan interaksi
sebagai proses sosial.
2. Menjelaskan pengertian
sosialisasi.
3. Mengidentifikasi media
atau agen sosialisasi.
4. Mendeskripsikan pola
sosialisasi.
5. Menguraikan fungsi
sosialisasi sebagai pembentuk kepribadian.
6. Mendeskripsikan
bentuk-bentuk interaksi sosial
7. Menjelaskan proses
interaksi sosial.
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian sosialisasi.
2. Media atau agen
sosialisasi.
3. Fungsi sosialisasi
sebagai pembentuk kepribadian.
4. Pola sosialisasi
5. Bentuk-bentuk interaksi
sosial
6. Proses interaksi sosial
C. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah bervariasi.
2.
Diskusi.
3.
Inquiri.
4. Tanya jawab.
5. Simulasi.
6. Observasi / Pengamatan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan 1
a
Pendahuluan
-
Apersepsi :
Pernahkan melihat contoh sosialisasi?
Pernahkan kamu melihat contoh interaksi
sosial
-
Motivasi :
Siswa diminta untuk menjelaskan pengertian sosialisasi dan interaksi
sosial.
b
Kegiatan Iinti
-
Siswa dibagi dalam dua kelompok.
-
Setiap kelompok diberi tugas untuk mempresentasikan
resume:
-
Kelompok 1 : Pengertan sosialisasi.
-
Kelompok 2 : Media atau agen sosialisasi.
-
Setiap kelompok membuat laporan hasil presentasi.
-
Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil
diskusinya.
-
Tanya jawab tentang media sosialisasi.
c
Penutup
-
Penilaian.
-
Refleksi : Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya
mempelajari sosialisasi.
2.
Pertemuan 2
a
Pendahuluan
-
Apersepsi :
Pernahkan melihat bentuk bentuk sosialisasi?
-
Motivasi : Siswa diminta untuk menjelaskan faktor
yang mempengaruhi pembentukan kepribadian.
b
Kegiatan inti
-
Siswa dibagi dalam dua kelompok.
-
Setiap kelompok diberi tugas untuk mempresentasikan
resume:
-
Kelompok 1 : Pengaruh sosilaisasi terhadap kepribadian.
-
Kelompok 2 : Bentuk-bentuk sosialisasi.
-
Setiap kelompok membuat laporan hasil presentasi.
-
Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil
diskusinya.
-
Tanya jawab tentang bentuk sosialisasi.
c
Penutup
-
Penilaian.
-
Refleksi : Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya
mempelajari sosialisasi.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Lembar Penilaian Psikomotorik.
2. OHP.
3. Buku IPS/Sosiologi yang
relevan.
F. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a
Tes Tulis.
b
Tes unjuk kerja.
2. 2.Bentuk Instrumen
a
Tes uraian.
b
Tes identifikasi.
c
Uji petik kerja produk.
3.
Soal/instrumen
a
Tes uraian:
(1) Apa yang dimaksud dengan
sosialisasi?
(2) Berikan masing-masing 3
media sosialisasi?
(3) Jelaskan faktor-faktor
yang mempengaruhi pembentukan kepribadian?
(4) Sebutkan bentuk-bentuk
sosialisasi?
(5) Jelaskan kaitan bahwa
sosialisasi merupakan salah satu bentuk proses sosial?
Uji petik kerja produk :
-
Buatlah suatu tulisan tentang peranan sosialisasi bagi
kehidupan sosial manusia!
Jakarta, ...............................
2008
Mengetahui,
|
|
Kepala SMP Negeri .................
|
Guru Mata Pelajaran IPS
|
|
|
( ........................................... )
NIP.
...............................
|
( ........................................... )
NIP.
...............................
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor : 05
SMP
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan.
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40
menit
|
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai
melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.
Mendeskripsikan
hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.
2.
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral
3.
Memberikan
beberapa contoh tindakan manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi
yang bermoral.
4.
Memberikan
beberapa contoh tindakan yang bertentangan dengan sifat manusia sebagai makhluk
sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral.
5.
Mengidentifikasi
beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan masing-masing individu.
6.
Mengidentifikasi
beberapa macam usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan.
7.
Mewujudkan hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai
makhluk sosial & ekonomi yang
bermoral.
B. Materi Pembelajaran
1. Hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan
makhluk ekonomi yang bermoral.
2. Ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk
ekonmi yang bermoral.
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
manusia.
4. Beberapa contoh tidakan manusia yang
sesuai dan yang tidak sesuai dengan predikat manusia sebagai makhluk sosial dan
ekonomi yang bermoral.
5. Usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya.
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah.
2. Inquiri.
3. Diskusi.
4. Tanya-jawab.
D. Strategi Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
(1) Apersepsi : Coba siapa yang tidak pernah memerlukan
bantuan orang lain?
(2) Motivasi : Siswa diminta menyebutkan bentuk kerja sama
yang pernah ia lakukan.
Kegiatan inti
a.
Siswa
dibagi menjadi 8 kelompok belajar.
b.
Tiap
kelompok belajar terdiri dari 5 anggota yang merupakan kelompok ahli 1,
kelompok ahli 2, kelompok ahli 3, dan seterusnya.
c.
Setiap
kelompok belajar diberi 5 soal yang sama, tentang :
·
Hakikat
manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral.
·
Ciri-ciri
makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral.
·
Faktor-faktor
yang mempengaruhi kebutuhan manusia.
·
Beberapa
contoh tindakan manusia yang sesuai dan yang tidak sesuai dengan predikat
manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.
·
Usaha-usaha
manusia dalam memenuhi kebutuhannya.
d.
Setelah
menerima soal, kelompok belajar berpencar ke kelompok ahli,
untuk membahas soal sesuai dengan
nomornya.
e.
Kelompok
ahli berpencar kembali ke kelompok belajarnya.
f.
Dalam
kelompok belajar, masing-masing anggota kelompok ahli menjelaskan kepada
kelompok belajarnya.
g.
Salah
satu anggota kelompok belajar, ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan
salah satu soal hasil diskusinya .
h.
Anggota
kelompok yang baru saja presentasi, menunjuk anggota kelompok lain untuk
menjelaskan salah satu soal, dan seterusnya kelompok lain menanggapi, dipandu
oleh moderator.
i.
Guru
mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
j.
Bersama-sama
siswa guru membuat kesimpulan.
Penutup
-
Penilaian :
Guru memberikan post tes.
-
Refleksi :
Siswa mengungkapkan betapa pentingnya kerja sama antar manusia dalam usaha memenuhi kebutuhan
hidupnya.
|
5’
20’
30’
10’
10’
5’
|
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Sumber belajar :
a
Buku Panduan Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Penerbit
Erlangga.
b
Media massa.
c
Lingkungan keluarga,
sekolah dan masyarakat.
2. Media : Gambar-gambar.
F. Penilaian
1. Jenis tagihan :
Tes / nontes.
2.
Teknik : Kuis, tes tertulis, dan proyek.
3.
Bentuk instrumen : Uraian singkat, Pertanyaan lisan, Rubrik penilaian.
4.
Soal/instrumen : Terlampir.
Jakarta,
............................... 2008
Mengetahui,
|
|
Kepala SMP Negeri .................
|
Guru Mata Pelajaran IPS
|
|
|
( ........................................... )
NIP. ...............................
|
( ........................................... )
NIP.
...............................
|
Lampiran :
Jawablah
soal-soal berikut ini dengan singkat dan jelas!
1. Jelaskan hakikat manusia sebagai makhluk
sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral!
2. Identifikasikan sedikitnya 3 ciri-ciri
manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral!
3. Identifikasikan 4 faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
berbeda-beda!
4. Berikan contoh tindakan manusia yang
sesuai dengan predikat manusia sebagai makhluk sosial!
5. Berikan contoh tindakan manusia yang tidak
sesuai dengan predikat manusia sebagai
makhluk eknomi yang bermoral!
6. Berikan contoh usaha-usaha manusia dalam
memenuhi kebutuhannya.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor : 06
SMP
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan.
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
3.2 Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip
ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40
menit
|
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai
melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan
arti tindakan ekonomi yang dilakukan manusia.
2.
Mengidentifikasi
3 kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia.
3.
Mengidentifikasi
ciri- ciri tindakan ekonomi yang rasional.
4.
Mendeskripsikan
pengertian motif ekonomi.
5.
Mengidentifikasi
macam-macam motif ekonomi.
6.
Mendeskripsikan
pengertian prinsip ekonomi.
7.
Mengidentifikasi
macam-macam prinsip ekonomi.
8.
Mengaplikasikan
prinsip ekonomi dalam kegiatan sehari-hari.
B. Materi Pembelajaran
1. Tindakan ekonomi.
2. Kegiatan ekonomi yang utama.
3. Motif ekonomi.
4. Prinsip ekonomi.
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah.
2. Inquiri.
3. Diskusi.
4. Tanya-jawab.
5. Strategi Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
2.
|
Pertemuan ke 1.
a. Pendahuluan.
Guru mengabsen kehadiran siswa dan
memeriksa kebersihan kelas.
(1) Apersepsi : Coba siapa
yang membawa bekal minuman/jajanan
dari rumah?
(2) Motivasi :
Siswa diminta menyebutkan kebaikan kalau kita membawa bekal dari
rumah..
b. Kegiatan inti
(1) Siswa dibagi menjadi 8 kelompok
belajar.
(2) Tiap kelompok belajar terdiri dari 5
anggota.
(3) Kelompok belajar 1 s/d 8 diberi tugas
membuat ringkasan tentang :
-
Tindakan
ekonomi
-
Kegiatan
ekonomi yang utama
-
Motif
ekonomi
(4) Guru menunjuk salah satu
kelompok belajar, untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan salah satu anggota kelompok lain dijadikan
moderator.
(5) Kelompok yang lain mencermati , bertanya, menyanggah atau
melengkapi..dipandu oleh moderator.
(6) Guru mengamati dan memberikan penilaian
kelompok / perorangan.
(7) Bersama-sama siswa guru membuat
kesimpulan.
c.
Penutup
(1)
Penilaian :
Guru memberikan post-tes.
(2) Refleksi :
Siswa mengungkapkan betapa
kuatnya motif ekonomi dalam menggerakkan manusia untuk melakukan
kegiatan ekonomi.
Pertemuan ke 2.
a. Pendahuluan.
Guru mengabsen kehadiran siswa dan
memeriksa kebersihan kelas.
(1) Apersepsi :
Coba siapa yang membawa bekal minuman/jajanan dari rumah?
(2) Motivasi
: Siswa diminta menyebutkan kebaikan kalau
kita membawa bekal dari rumah..
b. Kegiatan inti
(1) Siswa dibagi menjadi 8 kelompok
belajar.
(2) Tiap kelompok belajar terdiri dari 5 anggota.
(3) Kelompok belajar 1 s/d 8 diberi tugas
membuat ringkasan tentang :
-
Prinsip
ekonomi
-
Macam
macam prinsip ekonomi
-
Contoh
penerapan prinsip ekonomi bagi rumah tangga / pelajar.
(4) Guru menunjuk salah satu
kelompok belajar, untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan salah satu anggota kelompok lain dijadikan
moderator.
(5) Kelompok yang lain mencermati, bertanya, menyanggah atau
melengkapi, dipandu oleh moderator.
(6) Guru mengamati dan memberikan penilaian
kelompok / perorangan.
(7) Bersama-sama siswa guru membuat
kesimpulan.
c.
Penutup
(1)
Penilaian :
Guru memberikan post tes.
(2) Refleksi :
Siswa mengungkapkan betapa
pentingnya prinsip ekonomi dalam kegiatan hidup sehari-hari.
|
5’
20’
30’
10’
10’
5’
|
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1
Sumber
belajar :
a
Buku
Panduan Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Penerbit Erlangga.
b
Media
massa.
c
Lingkungan
keluarga, sekolah dan masyarakat.
2
Media
: Gambar-gambar.
3
Penilaian
a
Jenis
tagihan : Tes
/ non tes.
b
Teknik :
Kuis, tes tertulis, projek.
c
Bentuk
instrumen : Uraian singkat, Pertanyaan lisan, Rubrik
penilaian.
d
Soal/instrumen : Terlampir.
Jakarta,
............................... 2008
Mengetahui,
|
|
Kepala SMP Negeri .................
|
Guru Mata Pelajaran IPS
|
|
|
( ........................................... )
NIP.
...............................
|
( ........................................... )
NIP.
...............................
|
LAMPIRAN :
Jawablah
soal-soal berikut ini dengan singkat dan jelas!
1. Diskripsikan arti tindakan ekonomi!
2. Identifikasikan 3 kegiatan ekonomi yang utama!
3. Identifikasikan ciri – ciri tindakan ekonomi yang
rasional!
4. Diskripsikan pengertian motif ekonomi!
5. Identifikasikan sedikitnya 3 macam motif ekonomi!
6. Diskripsikan pengertian prinsip ekonomi!
7. Identifikasikan 3 macam prinsip ekonomi!
8. Berikan contoh penerapan prinsip ekonomi
yang dapat kamu lakukan sebagai anggota
rumah tanggamu!
9. Berikan contoh penerapan prinsip ekonomi yang dapat kamu lakukan
sebagai pelajar!
10. Samakah orang yang berpegang pada prinsip
ekonomi dengan orang yang kikir/pelit?
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar