Selasa, 09 Juni 2015

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (1)

Sekolah                                 : SMA ……………………………                                    Kelas                      : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan                : Bimbingan dan Konseling                                               Semester                : 1 / Ganjil

Standar Kompetensi  /
Tugas Perkembangan    => 
Mencapai kematangan dalam peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia dengan cara bersedia                                                   mengembangkan keterampilan intelektual untuk menjadi warga masyarakat yang baik
Kompetensi Dasar        =>
Siswa mampu mengenal sekolah secara benar,  bersikap terpelajar, dan mampu beradaptasi secara                                                  bertanggungjawab, serta menjadi warga sekolah yang baik  sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia

Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan

Jenis
Layanan

Bidang
Bimbingan

Fungsi
Layanan
     Sekolahku

Orientasi
Pribadi - Sosial
Pemahaman
a.   Sekolah di  SMA

Menyadari proses masuk sekolah di SMA sebagai lingkungan hidup yang penting bagi perkembangan diri



b.   Pengenalan terhadap 
      sekolah
Mengenal sekolah sebagai sarana penyesuaian diri untuk mengembangkan aspek intelektual, sikap, dan keterampilan



c.    Pentingnya keseriusan
      dalam belajar
Memiliki  keseriusan dalam belajar untuk berprestasi yang tinggi sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan yang didasarkan pada iman, rasa takwa, dan akhlak mulia yang telah dikaruniakan dari Tuhan 




Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya  dapat ditambahkan  sendiri oleh guru pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan















Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (01)

A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Orientasi
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu mengenal sekolah secara benar,  bersikap terpelajar, dan mampu beradaptasi secara                                                  bertanggungjawab, serta menjadi warga sekolah yang baik  sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a. Menyadari proses masuk sekolah di SMA sebagai lingkungan hidup yang penting bagi perkembangan diri


b. Mengenal sekolah sebagai sarana penyesuaian diri untuk mengembangkan aspek intelektual, sikap, dan
    keterampilan


c. Memiliki  keseriusan dalam belajar untuk berprestasi yang tinggi sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan
    yang  didasarkan pada iman, rasa takwa, dan akhlak mulia yang telah dikaruniakan dari Tuhan 
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas X
H
Materi Layanan
Sekolahku


a.   Sekolah di  SMA


b.   Pengenalan terhadap sekolah


c.    Pentingnya keseriusan dalam belajar
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana & Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal

K
Semester
1 / Ganjil
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang dilibatkan
Staf Sekolah / Guru & Karyawan / Pembina OSIS / ( Menyesuaikan ) 
N
Alat dan Perlengkapan
Data Inventaris Sekolah & Sarana-Prasarana/ Struktur Organisasi Sekolah /  Dll (menyesuaiakan )
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
-  Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
       -  Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan ( menyesuaikan )




Mengetahui                                                                                                                                                                        ………………………….                   
Kepala Sekolah                                                   Koordinator Pembimbing /                                                                Guru Pembimbing
Staf Kurikulum                                                                   


………………………                                         ……………………………                                                                ..........................................



SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (2)

Sekolah                                 : SMA ……………………………                                    Kelas                      : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan                : Bimbingan dan Konseling                                               Semester                : 1 / Ganjil

Standar kompetensi /
Tugas Perkembagan     =>
-          Mencapai kematangan dalam beriman  dan bertakwakepada Tuhan YME dengan bersyukur bersekolah di lemaga yang tertib dan disiplin
-          Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan intelektual sehingga menjadi warga masyarakat yang baik, yaitu masyarakat sekolah
-          Mencapai kematangan dalam  sistem etika dan  nilai yang tergambar dalam sosok pelajar yang melaksanakan tatatertib sekolah

Kompetensi dasar        =>
Siswa mampu mengenal dan bersedia melaksanakan tata tertib sekolah yang berlaku  secara benar dan bertanggungjawab sehingga tercapai keseimbangan yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, mandiri, dan memiliki kesadaran yang tinggi.

Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan

Jenis
Layanan

Bidang
Bimbingan

Fungsi
 Layanan
   Tatatertib Sekolah

Orientasi
Pribadi-Sosial
- Pemahaman
- Pencegahan
  a. Untuk apa ada tata
      tertib?
Menyadari arti penting tata tertib dalam kehidupan sehari-hari  sehingga terhindar dari perilaku yang tidak dikehendaki oleh aturan yang berlaku



  b. Tata tertib di sekolah
Melaksanakan tata tertib yang berlaku di sekolah sehingga dapat mendukung proses pembelajaran dan berperilaku yang terpuji sebagai anggota masyarakat sekolah



  c.  Hak dan kewajiban
       siswa


Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai siswa di sekolah sehingga terjadi keseimbangan dalam dan hubungan timbal balik yang menguntungkan antara siswa dan sekolah




Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya  dapat ditambahkan  sendiri oleh guru pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan







Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (02)

A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Orientasi
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman dan Pencegahan
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu mengenal dan bersedia melaksanakan tata tertib sekolah yang berlaku  secara benar dan bertanggungjawab sehingga tercapai keseimbangan yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, mandiri, dan memiliki kesadaran yang tinggi
F
Hasil yang Ingin Dicapai
  1. Menyadari arti penting tata tertib dalam kehidupan sehari-hari  sehingga terhindar dari perilaku yang tidak dikehendaki oleh aturan yang berlaku


  1. Melaksanakan tata tertib yang berlaku di sekolah sehingga dapat mendukung proses pembelajaran dan berperilaku
       yang terpuji sebagai anggota masyarakat sekolah


  1. Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai siswa di sekolah sehingga terjadi keseimbangan dalam dan hubungan
       timbal balik yang menguntungkan antara siswa dan sekolah
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas X
H
Materi Layanan
Tatatertib Sekolah


  a. Untuk apa ada tata tertib?


  b. Tata tertib di sekolah


  c.  Hak dan kewajiban siswa
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana & Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal

K
Semester
1 / Ganjil
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang dilibatkan
Staf Sekolah / Guru & Karyawan / Pembina OSIS / Petugas Keamanan / Dll ( Menyesuaikan ) 
N
Alat dan Perlengkapan
Tatatertib Sekolah/ Tatatertib Penggunaan Sarana – Prasarana Sekolah / Dll (menyesuaiakan )
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
-  Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
       -   Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan ( menyesuaikan )





Mengetahui                                                                                                                                                                        ………………………….                   
Kepala Sekolah                                                   Koordinator Pembimbing /                                                                Guru Pembimbing
Staf Kurikulum                                                                   



………………………                                         ……………………………                                                                ..........................................


SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (3)

Sekolah                                 : SMA ……………………………                                    Kelas                      : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan                : Bimbingan dan Konseling                                               Semester                : 1 / Ganjil

Standar kompetensi /
Tugas Perkembangan      è
Mencapai kematangan dalam peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia dengan cara menyadari diri sebagai makhluk ciptaan Tuhan mengenal diri, tahu akan tujuan hidup dan mempersiapkan masa depan
Kompetensi dasar            è
Siswa mampu memahami diri dalam hal pengenalan diri, maksud dan tujuan hidup, serta meniti diri untuk kehidupan yang akan datang sehingga mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan ekonomi

Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan

Jenis
Layanan

Bidang
Bimbingan

Fungsi
Layanan
         Pemahaman diri

- Informasi
- Bimbingan   
   kelompok
Pribadi-Sosial
Pemahaman

  a.    Siapakah aku ini?
Mengenal diri sehingga dapat bersikap secara tepat dalam kehidupan sehari-hari  



  b.   Untuk apa aku lahir dan
        hidup?
Mengetahui tujuan hidup dari masa kecil, remaja, dan dewasa sehingga menyadari akan pentingnya mengisi kehidupan dengan hal-hal bermanfaat dan bijaksana



c.        Menjadi apakah aku nanti?


Mempersiapkan diri menyongsong masa depan dengan motivasi dan langkah-langkah yang tepat sehingga mencapai harapan yang diinginkan




Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya  dapat ditambahkan  sendiri oleh guru pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan













Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (03)

A
Judul Layanan
Bimbigan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Informasi dan Bimbingan Kelompok
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu memahami diri dalam hal pengenalan diri, maksud dan tujuan hidup, serta meniti diri untuk kehidupan yang akan datang sehingga mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan ekonomi
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a. Mengenal diri sehingga dapat bersikap secara tepat dalam kehidupan sehari-hari 


b. Mengetahui tujuan hidup dari masa kecil, remaja, dan dewasa sehingga menyadari akan pentingnya mengisi kehidupan
    dengan hal-hal bermanfaat dan bijaksana


c. Mempersiapkan diri menyongsong masa depan dengan motivasi dan langkah-langkah yang tepat sehingga mencapai
    harapan yang diinginkan
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas X
H
Materi Layanan
  Pemahaman diri


  a.    Siapakah aku ini?


  b.    Untuk apa aku lahir dan hidup?


  c.     Menjadi apakah aku nanti?
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana & Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal

K
Semester
1 / Ganjil
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang dilibatkan
Staf Sekolah / Guru & Karyawan / Pembina OSIS / ( Menyesuaikan ) 
N
Alat dan Perlengkapan
Gambar & tayangan yang menggambarkan tentang  “Siapa Aku“ / Dll (menyesuaiakan )
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
-  Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
-  Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan ( menyesuaikan )




Mengetahui                                                                                                                                                                        ………………………….                   
Kepala Sekolah                                                   Koordinator Pembimbing /                                                                Guru Pembimbing
Staf Kurikulum                                                                   


………………………                                         ……………………………                                                                ..........................................





SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (4)

Sekolah                                 : SMA ……………………………                                    Kelas                      : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan                : Bimbingan dan Konseling                                               Semester                : 1 / Ganjil

Standar kompetensi /
Tugas Perkembangan     è
Mencapai kematangan dalam peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia dengan cara menyadari diri sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang dianugerahi dengan aneka macam kelebihan dan keunggulan dalam kecerdasan
Kompetensi dasar           è
Siswa mampu mengenal berbagai macam kecerdasan manusia dan memahami kecerdasan dirinya yang telah diberikan dari Tuhan YME secara cuma-cuma, serta menerapkannya secara bertanggungjawab sebagai bukti manusia yang beriman , bertakwa, dan berakhlak mulia  

Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan

Jenis
Layanan

Bidang
Bimbingan

Fungsi Layanan
   Mengenal  8 kecerdasan   
   Manusia

- Informasi
- Bimbingan   
   kelompok
Pribadi-Sosial
- Pemahaman
- Pemeliharaan &
   Pengembangan
  a. Anugerah gratis
Bersyukur atas anugerah kecerdasan secara gratis dari Tuhan,  memanfaatkan & mengembangkan secara seimbang dan bertanggungjawab  agar hidup menjadi lebih bermakna



b. Aneka macam kecerdasan
    manusia

Mengenal aneka macam kecerdasan manusia  pada umumnya dan kecerdasan diri pada khusunya sehingga dapat mengembangkannya untuk membantu kehidupannya menjadi lebih baik



  c.  Mau memahami 
       perbedaan  kecerdasan
     
Menerima dan menghargai perbedaan kecerdasan antar manusia, serta memanfaatkan perbedaan itu untuk saling melengkapi sehingga tercipta suasana kehidupan yang harmonis




Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya  dapat ditambahkan  sendiri oleh guru pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan











Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (04)

A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Informasi dan Bimbingan Kelompok
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman dan Pemeliharaan – Pengembangan
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu mengenal berbagai macam kecerdasan manusia dan memahami kecerdasan dirinya yang telah diberikan dari Tuhan YME secara cuma-cuma, serta menerapkannya secara bertanggungjawab sebagai bukti manusia yang beriman , bertakwa, dan berakhlak mulia 
F
Hasil yang Ingin Dicapai
  1. Bersyukur atas anugerah kecerdasan secara gratis dari Tuhan,  memanfaatkan & mengembangkan secara seimbang dan bertanggungjawab  agar hidup menjadi lebih bermakna


  1. Mengenal aneka macam kecerdasan manusia  pada umumnya dan kecerdasan diri pada khusunya sehingga dapat
               mengembangkannya untuk membantu kehidupannya menjadi lebih baik


  1. Menerima dan menghargai perbedaan kecerdasan antar manusia, serta memanfaatkan perbedaan itu untuk saling  
       melengkapi sehingga tercipta suasana kehidupan yang harmonis
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas X
H
Materi Layanan
   Mengenal  8 kecerdasan Manusia


    a. Anugerah gratis


    b. Aneka macam kecerdasan  manusia


    c.  Mau memahami  perbedaan  kecerdasan     
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana & Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal

K
Semester
1 / Ganjil
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang dilibatkan
Beberapa siswa yang memiliki kecerdasan tertentu  / ( Menyesuaikan ) 
N
Alat dan Perlengkapan
Biografi – Otobiografi Tokoh dengan Kecerdasan Tertentu /  Dll (menyesuaiakan )
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
- Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
- Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan ( menyesuaikan )




Mengetahui                                                                                                                                                                        ………………………….                   
Kepala Sekolah                                                   Koordinator Pembimbing /                                                                Guru Pembimbing
Staf Kurikulum                                                                   


………………………                                         ……………………………                                                                ..........................................




SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (5)

Sekolah                                 : SMA ……………………………                                    Kelas                      : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan                : Bimbingan dan Konseling                                               Semester                : 1 / Ganjil

Standar kompetensi /
Tugas Perkembangan  è
-  Mencapai kematangan tentang gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan
   Ekonomi sehiungga menjadi bekalyang baik untuk menjadi pribadi yang bermutu
-  Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan cara mengenal dan menggambarkan diri sebagai pribadi yang 
    positif
-  Bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat yaitu sebagai pribadi yang memiliki konsep diri positif
Kompetensi dasar        è
Siswa mampu menggambarkan diri secara positip sehingga dapat mencapai berbagai kemandirian yang dibutuhkan dalam hidupnya berdasarkan sietem nilai dan etika yang berlaku sehingga tingkahlakukanya dapat diterima oleh masyarakat

Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan
Jenis
 Layanan
Bidang
Bimbingan

Fungsi
Layanan
         Konsep diri remaja

- Informasi
- Bimbingan   
   kelompok
Pribadi-Sosial
- Pemahaman
- Pemeliharaan &
  Pengembangan
  a.    Konsep diri dan remaja
Menilai diri secara positip sebagai remaja agar hidupnya menjadi semakin bermakna



b.        Pengertian dan macam-macam konsep diri


Memahami berbagai pengertian dan macam-macam konsep diri sehingga dapat bersikap dengan tepat untuk menetapkan konsep dirinya dan  mampu menerapkan dalam hidup sehari-hari



c.        Faktor - faktor yang  mempengaruhi perkembangan konsep diri

Mengenal faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri sehingga dapat mengevaluasi perkembangan dirinya dan dapat memperbaiki terhadap kekurang diri yang ada



d.        Pengaruh konsep diri terhadap komunikasi

Mengetahui pengaruh konsep diri terhadap komunikasi sehingga dapat berkomunikasi secara efektif dalam kehidupan sehari-hari



e.        Usaha-usaha untuk mengembangkan konsep diri remaja

Mengenal usaha-usaha untuk mengembangkan konsep diri remaja sehingga berupaya untuk berkembang menuju kematangan  dan kedewasaan diri




Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya  dapat ditambahkan  sendiri oleh guru pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan


Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (05)

A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Informasi dan Bimbingan Kelompok
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman, Pemeliharaan dan Pengembangan
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu menggambarkan diri secara positip sehingga dapat mencapai berbagai kemandirian yang dibutuhkan dalam hidupnya berdasarkan sietem nilai dan etika yang berlaku sehingga tingkahlakukanya dapat diterima oleh masyarakat
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a. Menilai diri secara positip sebagai remaja agar hidupnya menjadi semakin bermakna


b. Memahami berbagai pengertian dan macam-macam konsep diri sehingga dapat bersikap dengan tepat untuk menetapkan
     konsep dirinya dan  mampu menerapkan dalam hidup sehari-hari


c. Mengenal faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri sehingga dapat mengevaluasi perkembangan dirinya dan dapat
    memperbaiki terhadap kekurang diri yang ada


d. Mengetahui pengaruh konsep diri terhadap komunikasi sehingga dapat berkomunikasi secara efektif dalam kehidupan
    sehari-hari


e. Mengenal usaha-usaha untuk mengembangkan konsep diri remaja sehingga berupaya untuk berkembang menuju
    kematangan  dan kedewasaan diri
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas X
H
Materi Layanan
 Konsep diri remaja


  a.    Konsep diri dan remaja


  b     Pengertian dan macam-macam konsep diri


  c.    Faktor - faktor yang  mempengaruhi perkembangan konsep diri


  d.    Pengaruh konsep diri terhadap komunikasi


  e.    Usaha-usaha untuk mengembangkan konsep diri remaja
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana & Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal

K
Semester
1 / Ganjil
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang dilibatkan
 Salah satu guru - siswa yang menonjol dalam aspek konsep dirinya / ( Menyesuaikan ) 
N
Alat dan Perlengkapan
Film / gambar / kisah tokoh-tokoh khusus /  Dll (menyesuaiakan )
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
- Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
- Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan ( menyesuaikan )




Mengetahui                                                                                                                                                                        ………………………….                   
Kepala Sekolah                                                   Koordinator Pembimbing /                                                                Guru Pembimbing
Staf Kurikulum                                                                   


………………………                                         ……………………………                                                                ..........................................
SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (6)

Sekolah                                                : SMA ……………………………                    Kelas               : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan         : Bimbingan dan Konseling                              Semester          : 1 / Ganjil

Standar kompetensi /
Tugas Perkembangan   è
    1. Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan ekonomi dengan cara menjadi pribadi yang memiliki motivasi yang kuat untuk berprestasi
    2. Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai sehingga terdorong untuk menjadi pribadi yang sukses
Kompetensi dasar        è
Siswa mampu  memotivasi diri untuk belajar sehingga berhasil dan berprestasi dalam hidupnya

Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan
Jenis Layanan
Bidang
Bimbingan

Fungsi Layanan
Motivasi dasar prestasi

- Informasi
- Konseling   
  kelompok
Pribadi-Sosial
- Pemahaman
- Pencegahann
  a.  Pentingnya motivasi
Memahami arti penting motivasi untuk melakukan sesuatu, terutama belajar



  b. Faktor - faktor yang
       mempengaruhi motivasi
       belajar
Mengenal berbagai faktor yang berpengaruh terhadap  motivasi belajar untuk dijadikan alat evaluasi diri dalam hal belajar dan peningkatan prestasi belajar



  c.  Cara mempertahankan
        motivasi  belajar

Mengetahui berbagai cara untuk mempertahankan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan upaya untuk mempelajari berbagai hal yang sesuai dengan sistem etika dan tata nilai yang berlaku



d.  Kategori motivasi belajar

Mengenal kategori motivasi belajar untuk dijadikan alat evaluasi diri dalam hal belajar  dan peningkatan prestasi belajar



  e.  Dua pola belajar

 Memilih secara sadar tentang pola belajar yang akan dilaksanakannya untuk meraih keberhasilan / prestasi belajar




Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya  dapat ditambahkan  sendiri oleh guru pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan










Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (06)

A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Informasi, Konseling Kelompok
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman, Pencegahan
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu  memotivasi diri untuk belajar sehingga berhasil dan berprestasi dalam hidupnya
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a. Memahami arti penting motivasi untuk melakukan sesuatu, terutama belajar


b Mengenal berbagai faktor yang berpengaruh terhadap  motivasi belajar untuk dijadikan alat evaluasi diri dalam hal
   belajar dan peningkatan prestasi belajar


c. Mengetahui berbagai cara untuk mempertahankan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan upaya  untuk 
    mempelajari berbagai hal yang sesuai dengan sistem etika dan tata nilai yang berlaku


d. Mengenal kategori motivasi belajar untuk dijadikan alat evaluasi diri dalam hal belajar  dan peningkatan prestasi belajar


e. Memilih secara sadar tentang pola belajar yang akan dilaksanakannya untuk meraih keberhasilan / prestasi belajar
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas X
H
Materi Layanan
Motivasi dasar prestasi


  a.  Pentingnya motivasi


  b. Faktor - faktor yang mempengaruhi motivasi belajar


  c.  Cara mempertahankan motivasi  belajar


  d.  Kategori motivasi belajar


  e.  Dua pola belajar
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana & Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal

K
Semester
1 / Ganjil
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang dilibatkan
( Menyesuaikan ) 
N
Alat dan Perlengkapan
Biografi – Otobiografi Tokoh Khusus /  Dll (menyesuaiakan )
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
- Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
- Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan ( menyesuaikan )




Mengetahui                                                                                                                                                                        ………………………….                   
Kepala Sekolah                                                   Koordinator Pembimbing /                                                                Guru Pembimbing
Staf Kurikulum                                                                   


………………………                                         ……………………………                                                                ..........................................



SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (7)

Sekolah                                                : SMA ……………………………                    Kelas               : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan         : Bimbingan dan Konseling                              Semester          : 1 / Ganjil

Standar kompetensi /
Tugas Perkembangan   è
- Mencapai kematangan dalam hal hubungan antar teman sebaya dan perannya sebagai pria dan wanita sehingga terjalin
  komunikasi yang saling menguntungkan
- Mencapai kematangan dalam bertingkah laku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara berkomunikasi dan
  berhubungan dengan orang lain secara efektif dan bermakna
- Mengembangkan penguasaan ilmu , teknologi, dan seni sehingga dapat berperan di masyarakat yang lebih luas dengan  
  cara memanfaatkan sarana komunikasi yang ada secara sehat
Kompetensi dasar        è
Siswa mampu  berkomunikasi secara efektif kepada sesamanya dengan menggunakan kemampuan diri dan  sarana komunikasi yang berkembang di masyarakat sehingga memberi makna yang bermanfaat bagi hidupnya

Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan
Jenis Layanan
Bidang
Bimbingan

Fungsi
Layanan
       Komunikasi dan hubungan  
        antar pribadi

- Informasi
- Bimbingan   
   kelompok
Pribadi-Sosial
- Pemahaman
- Pencegahan
  a.  Pengertian komunikasi
Mengerti arti penting berkomunikasi bersama orang lain sebagai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari  



  b. Kepada siapa kita  
      berkomunikasi?
Mengerti tentang sasaran berkomunikasi  sehingga dapat mengambil makna yang bermanfaat  bagi lingkungan hidupnya



  c. Komunikasi antar pribadi

Melaksanakan komunikasi antar pribadi sehingga terjalin hubungan sampai  pada tahap yang lebih berkualitas



  d. Komunikasi yang efektif
Melaksanakan komunikasi yang efektif dengan menggunakan kemampuan diri dan sarana penunjang yang ada sehingga mendapatkan manfaat yang diinginkan









Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya  dapat ditambahkan  sendiri oleh guru pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan








Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (07)

A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Informasi, Bimbingan Kelompok
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman, Pencegahan
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu  berkomunikasi secara efektif kepada sesamanya dengan menggunakan kemampuan diri dan  sarana komunikasi yang berkembang di masyarakat sehingga memberi makna yang bermanfaat bagi hidupnya
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a. Mengerti arti penting berkomunikasi bersama orang lain sebagai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari 


b  Mengerti tentang sasaran berkomunikasi  sehingga dapat mengambil makna yang bermanfaat  bagi lingkungan hidupnya


c. Melaksanakan komunikasi antar pribadi sehingga terjalin hubungan sampai  pada tahap yang lebih berkualitas


d. Melaksanakan komunikasi yang efektif dengan menggunakan kemampuan diri dan sarana penunjang yang ada sehingga 
    mendapatkan manfaat yang diinginkan
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas X
H
Materi Layanan
Komunikasi dan hubungan antar pribadi


  a.  Pengertian komunikasi


  b. Kepada siapa kita  berkomunikasi?


  c. Komunikasi antar pribadi


  d. Komunikasi yang efektif
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana & Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal

K
Semester
1 / Ganjil
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang dilibatkan
( Menyesuaikan ) 
N
Alat dan Perlengkapan
Data Inventaris Sekolah & Sarana-Prasarana/ Struktur Organisasi Sekolah /  Dll (menyesuaiakan )
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
- Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
- Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan ( menyesuaikan )




Mengetahui                                                                                                                                                                        ………………………….                   
Kepala Sekolah                                                   Koordinator Pembimbing /                                                                Guru Pembimbing
Staf Kurikulum                                                                   


………………………                                         ……………………………                                                                ..........................................





Tidak ada komentar: