SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING
(1)
Sekolah :
SMA …………………………… Kelas : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan :
Bimbingan dan Konseling Semester : 1 / Ganjil
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan =>
|
Mencapai
kematangan dalam peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia dengan cara
bersedia
mengembangkan keterampilan intelektual untuk menjadi warga masyarakat
yang baik
|
Kompetensi Dasar =>
|
Siswa
mampu mengenal sekolah secara benar,
bersikap terpelajar, dan mampu beradaptasi secara
bertanggungjawab, serta menjadi warga sekolah yang baik sebagai bukti pribadi yang beriman,
bertakwa, dan berakhlak mulia
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis
Layanan
|
Bidang
Bimbingan
|
Fungsi
Layanan
|
Sekolahku
|
|
Orientasi
|
Pribadi - Sosial
|
Pemahaman
|
a. Sekolah di SMA
|
Menyadari proses masuk sekolah di SMA sebagai
lingkungan hidup yang penting bagi perkembangan diri
|
|
|
|
b. Pengenalan terhadap
sekolah
|
Mengenal
sekolah sebagai sarana penyesuaian diri untuk mengembangkan aspek
intelektual, sikap, dan keterampilan
|
|
|
|
c. Pentingnya keseriusan
dalam
belajar
|
Memiliki keseriusan dalam belajar untuk berprestasi
yang tinggi sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan yang didasarkan pada
iman, rasa takwa, dan akhlak mulia yang telah dikaruniakan dari Tuhan
|
|
|
|
Alokasi Waktu dan Sumber
Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh guru pembimbing dan dikembangkan
lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling
(01)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
B
|
Jenis Layanan
|
Orientasi
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa
mampu mengenal sekolah secara benar,
bersikap terpelajar, dan mampu beradaptasi secara
bertanggungjawab, serta menjadi warga sekolah yang baik sebagai bukti pribadi yang beriman,
bertakwa, dan berakhlak mulia
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a.
Menyadari proses masuk sekolah di SMA sebagai lingkungan hidup yang penting
bagi perkembangan diri
|
|
|
b.
Mengenal sekolah sebagai sarana penyesuaian diri untuk mengembangkan aspek
intelektual, sikap, dan
keterampilan
|
|
|
c.
Memiliki keseriusan dalam belajar
untuk berprestasi yang tinggi sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan
yang didasarkan pada iman, rasa takwa, dan akhlak
mulia yang telah dikaruniakan dari Tuhan
|
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa
SMA Kelas X
|
H
|
Materi Layanan
|
Sekolahku
|
|
|
a. Sekolah di SMA
|
|
|
b. Pengenalan terhadap sekolah
|
|
|
c. Pentingnya keseriusan dalam belajar
|
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana &
Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
|
K
|
Semester
|
1 / Ganjil
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
M
|
Pihak yang dilibatkan
|
Staf Sekolah / Guru &
Karyawan / Pembina OSIS / ( Menyesuaikan )
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Data Inventaris Sekolah & Sarana-Prasarana/ Struktur Organisasi
Sekolah / Dll (menyesuaiakan )
|
O
|
Rencana Penilaian dan
Tindak Lanjut
|
- Evaluasi diri / mengisi lembar kerja /
latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
-
Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih jenis
layanan ( menyesuaikan )
|
|
|
|
Mengetahui ………………………….
Kepala Sekolah Koordinator
Pembimbing / Guru
Pembimbing
Staf Kurikulum
……………………… …………………………… ..........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar