Selasa, 09 Juni 2015

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (1)

SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (1)

Sekolah                                 : SMA ……………………………                                    Kelas                      : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan                : Bimbingan dan Konseling                                               Semester                : 1 / Ganjil

Standar Kompetensi  /
Tugas Perkembangan    => 
Mencapai kematangan dalam peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia dengan cara bersedia                                                   mengembangkan keterampilan intelektual untuk menjadi warga masyarakat yang baik
Kompetensi Dasar        =>
Siswa mampu mengenal sekolah secara benar,  bersikap terpelajar, dan mampu beradaptasi secara                                                  bertanggungjawab, serta menjadi warga sekolah yang baik  sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia

Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan

Jenis
Layanan

Bidang
Bimbingan

Fungsi
Layanan
     Sekolahku

Orientasi
Pribadi - Sosial
Pemahaman
a.   Sekolah di  SMA

Menyadari proses masuk sekolah di SMA sebagai lingkungan hidup yang penting bagi perkembangan diri



b.   Pengenalan terhadap 
      sekolah
Mengenal sekolah sebagai sarana penyesuaian diri untuk mengembangkan aspek intelektual, sikap, dan keterampilan



c.    Pentingnya keseriusan
      dalam belajar
Memiliki  keseriusan dalam belajar untuk berprestasi yang tinggi sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan yang didasarkan pada iman, rasa takwa, dan akhlak mulia yang telah dikaruniakan dari Tuhan 




Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya  dapat ditambahkan  sendiri oleh guru pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan















Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (01)

A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Orientasi
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu mengenal sekolah secara benar,  bersikap terpelajar, dan mampu beradaptasi secara                                                  bertanggungjawab, serta menjadi warga sekolah yang baik  sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a. Menyadari proses masuk sekolah di SMA sebagai lingkungan hidup yang penting bagi perkembangan diri


b. Mengenal sekolah sebagai sarana penyesuaian diri untuk mengembangkan aspek intelektual, sikap, dan
    keterampilan


c. Memiliki  keseriusan dalam belajar untuk berprestasi yang tinggi sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan
    yang  didasarkan pada iman, rasa takwa, dan akhlak mulia yang telah dikaruniakan dari Tuhan 
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas X
H
Materi Layanan
Sekolahku


a.   Sekolah di  SMA


b.   Pengenalan terhadap sekolah


c.    Pentingnya keseriusan dalam belajar
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana & Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal

K
Semester
1 / Ganjil
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang dilibatkan
Staf Sekolah / Guru & Karyawan / Pembina OSIS / ( Menyesuaikan ) 
N
Alat dan Perlengkapan
Data Inventaris Sekolah & Sarana-Prasarana/ Struktur Organisasi Sekolah /  Dll (menyesuaiakan )
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
-  Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
       -  Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan ( menyesuaikan )




Mengetahui                                                                                                                                                                        ………………………….                   
Kepala Sekolah                                                   Koordinator Pembimbing /                                                                Guru Pembimbing
Staf Kurikulum                                                                   


………………………                                         ……………………………                                                                ..........................................



Tidak ada komentar: