SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING
(1)
Sekolah :
SMA …………………………… Kelas : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan :
Bimbingan dan Konseling Semester : 1 / Ganjil
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan =>
|
Mencapai
kematangan dalam peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia dengan cara
bersedia
mengembangkan keterampilan intelektual untuk menjadi warga masyarakat
yang baik
|
Kompetensi Dasar =>
|
Siswa
mampu mengenal sekolah secara benar,
bersikap terpelajar, dan mampu beradaptasi secara
bertanggungjawab, serta menjadi warga sekolah yang baik sebagai bukti pribadi yang beriman,
bertakwa, dan berakhlak mulia
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis
Layanan
|
Bidang
Bimbingan
|
Fungsi
Layanan
|
Sekolahku
|
|
Orientasi
|
Pribadi - Sosial
|
Pemahaman
|
a. Sekolah di SMA
|
Menyadari proses masuk sekolah di SMA sebagai
lingkungan hidup yang penting bagi perkembangan diri
|
|
|
|
b. Pengenalan terhadap
sekolah
|
Mengenal
sekolah sebagai sarana penyesuaian diri untuk mengembangkan aspek
intelektual, sikap, dan keterampilan
|
|
|
|
c. Pentingnya keseriusan
dalam
belajar
|
Memiliki keseriusan dalam belajar untuk berprestasi
yang tinggi sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan yang didasarkan pada
iman, rasa takwa, dan akhlak mulia yang telah dikaruniakan dari Tuhan
|
|
|
|
Alokasi Waktu dan Sumber
Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh guru pembimbing dan dikembangkan
lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling
(01)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
B
|
Jenis Layanan
|
Orientasi
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa
mampu mengenal sekolah secara benar,
bersikap terpelajar, dan mampu beradaptasi secara
bertanggungjawab, serta menjadi warga sekolah yang baik sebagai bukti pribadi yang beriman,
bertakwa, dan berakhlak mulia
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a.
Menyadari proses masuk sekolah di SMA sebagai lingkungan hidup yang penting
bagi perkembangan diri
|
|
|
b.
Mengenal sekolah sebagai sarana penyesuaian diri untuk mengembangkan aspek
intelektual, sikap, dan
keterampilan
|
|
|
c.
Memiliki keseriusan dalam belajar
untuk berprestasi yang tinggi sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan
yang didasarkan pada iman, rasa takwa, dan akhlak
mulia yang telah dikaruniakan dari Tuhan
|
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa
SMA Kelas X
|
H
|
Materi Layanan
|
Sekolahku
|
|
|
a. Sekolah di SMA
|
|
|
b. Pengenalan terhadap sekolah
|
|
|
c. Pentingnya keseriusan dalam belajar
|
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana &
Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
|
K
|
Semester
|
1 / Ganjil
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
M
|
Pihak yang dilibatkan
|
Staf Sekolah / Guru &
Karyawan / Pembina OSIS / ( Menyesuaikan )
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Data Inventaris Sekolah & Sarana-Prasarana/ Struktur Organisasi
Sekolah / Dll (menyesuaiakan )
|
O
|
Rencana Penilaian dan
Tindak Lanjut
|
- Evaluasi diri / mengisi lembar kerja /
latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
-
Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih jenis
layanan ( menyesuaikan )
|
|
|
|
Mengetahui ………………………….
Kepala Sekolah Koordinator
Pembimbing / Guru
Pembimbing
Staf Kurikulum
……………………… …………………………… ..........................................
SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING (2)
Sekolah : SMA
…………………………… Kelas : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan :
Bimbingan dan Konseling Semester : 1 / Ganjil
Standar kompetensi /
Tugas Perkembagan =>
|
-
Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwakepada Tuhan YME dengan
bersyukur bersekolah di lemaga yang tertib dan disiplin
-
Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang
kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan intelektual sehingga menjadi
warga masyarakat yang baik, yaitu masyarakat sekolah
-
Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai yang tergambar dalam sosok pelajar
yang melaksanakan tatatertib sekolah
|
Kompetensi dasar =>
|
Siswa mampu mengenal dan bersedia melaksanakan
tata tertib sekolah yang berlaku
secara benar dan bertanggungjawab sehingga tercapai keseimbangan yang
dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran sebagai bukti
pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, mandiri, dan memiliki
kesadaran yang tinggi.
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis
Layanan
|
Bidang
Bimbingan
|
Fungsi
Layanan
|
Tatatertib
Sekolah
|
|
Orientasi
|
Pribadi-Sosial
|
- Pemahaman
- Pencegahan
|
a. Untuk
apa ada tata
tertib?
|
Menyadari arti penting tata tertib dalam
kehidupan sehari-hari sehingga
terhindar dari perilaku yang tidak dikehendaki oleh aturan yang berlaku
|
|
|
|
b. Tata
tertib di sekolah
|
Melaksanakan tata tertib yang berlaku di sekolah
sehingga dapat mendukung proses pembelajaran dan berperilaku yang terpuji
sebagai anggota masyarakat sekolah
|
|
|
|
c. Hak dan kewajiban
siswa
|
Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai siswa di
sekolah sehingga terjadi keseimbangan dalam dan hubungan timbal balik yang
menguntungkan antara siswa dan sekolah
|
|
|
|
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh guru pembimbing dan dikembangkan
lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (02)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
B
|
Jenis Layanan
|
Orientasi
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman dan Pencegahan
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu mengenal dan
bersedia melaksanakan tata tertib sekolah yang berlaku secara benar dan bertanggungjawab sehingga
tercapai keseimbangan yang dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan proses
pembelajaran sebagai bukti pribadi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak
mulia, mandiri, dan memiliki kesadaran yang tinggi
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
|
|
|
yang terpuji sebagai anggota
masyarakat sekolah
|
|
|
timbal balik yang menguntungkan antara
siswa dan sekolah
|
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas X
|
H
|
Materi Layanan
|
Tatatertib Sekolah
|
|
|
a. Untuk
apa ada tata tertib?
|
|
|
b. Tata
tertib di sekolah
|
|
|
c. Hak dan kewajiban siswa
|
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana &
Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
|
K
|
Semester
|
1 / Ganjil
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
M
|
Pihak yang dilibatkan
|
Staf Sekolah / Guru &
Karyawan / Pembina OSIS / Petugas Keamanan / Dll ( Menyesuaikan )
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Tatatertib Sekolah/
Tatatertib Penggunaan Sarana – Prasarana Sekolah / Dll (menyesuaiakan )
|
O
|
Rencana Penilaian dan
Tindak Lanjut
|
- Evaluasi diri / mengisi lembar kerja /
latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
- Pendampingan secara umum dan melakukan salah
satu atau lebih jenis layanan ( menyesuaikan )
|
|
|
|
Mengetahui ………………………….
Kepala Sekolah Koordinator
Pembimbing / Guru
Pembimbing
Staf Kurikulum
……………………… …………………………… ..........................................
SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING
(3)
Sekolah :
SMA …………………………… Kelas : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan :
Bimbingan dan Konseling Semester : 1 / Ganjil
Standar kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
Mencapai kematangan dalam peningkatan iman,
takwa, dan akhlak mulia dengan cara menyadari diri sebagai makhluk ciptaan
Tuhan mengenal diri, tahu akan tujuan hidup dan mempersiapkan masa depan
|
Kompetensi dasar è
|
Siswa mampu memahami diri dalam hal pengenalan
diri, maksud dan tujuan hidup, serta meniti diri untuk kehidupan yang akan
datang sehingga mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang
kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan ekonomi
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis
Layanan
|
Bidang
Bimbingan
|
Fungsi
Layanan
|
Pemahaman
diri
|
|
- Informasi
- Bimbingan
kelompok
|
Pribadi-Sosial
|
Pemahaman
|
a. Siapakah
aku ini?
|
Mengenal diri sehingga dapat bersikap secara
tepat dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
b. Untuk
apa aku lahir dan
hidup?
|
Mengetahui tujuan hidup dari masa kecil, remaja,
dan dewasa sehingga menyadari akan pentingnya mengisi kehidupan dengan
hal-hal bermanfaat dan bijaksana
|
|
|
|
c.
Menjadi apakah aku nanti?
|
Mempersiapkan diri menyongsong masa depan dengan
motivasi dan langkah-langkah yang tepat sehingga mencapai harapan yang
diinginkan
|
|
|
|
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh guru pembimbing dan dikembangkan
lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (03)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbigan dan Konseling
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi dan Bimbingan
Kelompok
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu memahami diri
dalam hal pengenalan diri, maksud dan tujuan hidup, serta meniti diri untuk
kehidupan yang akan datang sehingga mencapai kematangan dalam gambaran dan
sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan
ekonomi
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a. Mengenal diri sehingga dapat bersikap secara tepat
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
b. Mengetahui tujuan hidup dari masa kecil,
remaja, dan dewasa sehingga menyadari akan pentingnya mengisi kehidupan
dengan
hal-hal bermanfaat dan bijaksana
|
|
|
c. Mempersiapkan diri menyongsong masa depan
dengan motivasi dan langkah-langkah yang tepat sehingga mencapai
harapan
yang diinginkan
|
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas X
|
H
|
Materi Layanan
|
Pemahaman
diri
|
|
|
a. Siapakah aku ini?
|
|
|
b. Untuk
apa aku lahir dan hidup?
|
|
|
c. Menjadi apakah aku nanti?
|
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana & Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan /
Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
|
K
|
Semester
|
1 / Ganjil
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
M
|
Pihak yang dilibatkan
|
Staf Sekolah / Guru &
Karyawan / Pembina OSIS / ( Menyesuaikan )
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Gambar & tayangan yang menggambarkan tentang “Siapa Aku“ / Dll (menyesuaiakan )
|
O
|
Rencana Penilaian dan
Tindak Lanjut
|
- Evaluasi diri / mengisi lembar kerja /
latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
- Pendampingan secara umum dan melakukan
salah satu atau lebih jenis layanan ( menyesuaikan )
|
|
|
|
Mengetahui ………………………….
Kepala Sekolah Koordinator
Pembimbing / Guru
Pembimbing
Staf Kurikulum
……………………… …………………………… ..........................................
SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING
(4)
Sekolah : SMA …………………………… Kelas : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan :
Bimbingan dan Konseling Semester : 1 / Ganjil
Standar kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
Mencapai kematangan dalam peningkatan iman,
takwa, dan akhlak mulia dengan cara menyadari diri sebagai makhluk ciptaan
Tuhan yang dianugerahi dengan aneka macam kelebihan dan keunggulan dalam
kecerdasan
|
Kompetensi dasar è
|
Siswa mampu mengenal berbagai macam kecerdasan
manusia dan memahami kecerdasan dirinya yang telah diberikan dari Tuhan YME
secara cuma-cuma, serta menerapkannya secara bertanggungjawab sebagai bukti
manusia yang beriman , bertakwa, dan berakhlak mulia
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis
Layanan
|
Bidang
Bimbingan
|
Fungsi Layanan
|
Mengenal
8 kecerdasan
Manusia
|
|
- Informasi
- Bimbingan
kelompok
|
Pribadi-Sosial
|
- Pemahaman
- Pemeliharaan &
Pengembangan
|
a. Anugerah
gratis
|
Bersyukur atas anugerah kecerdasan secara gratis
dari Tuhan, memanfaatkan &
mengembangkan secara seimbang dan bertanggungjawab agar hidup menjadi lebih bermakna
|
|
|
|
b. Aneka macam kecerdasan
manusia
|
Mengenal
aneka macam kecerdasan manusia pada
umumnya dan kecerdasan diri pada khusunya sehingga dapat mengembangkannya
untuk membantu kehidupannya menjadi lebih baik
|
|
|
|
c. Mau
memahami
perbedaan kecerdasan
|
Menerima
dan menghargai perbedaan kecerdasan antar manusia, serta memanfaatkan
perbedaan itu untuk saling melengkapi sehingga tercipta suasana kehidupan
yang harmonis
|
|
|
|
Alokasi
Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya
dapat ditambahkan sendiri oleh
guru pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (04)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi dan Bimbingan
Kelompok
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman dan Pemeliharaan
– Pengembangan
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu mengenal
berbagai macam kecerdasan manusia dan memahami kecerdasan dirinya yang telah
diberikan dari Tuhan YME secara cuma-cuma, serta menerapkannya secara
bertanggungjawab sebagai bukti manusia yang beriman , bertakwa, dan berakhlak
mulia
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
|
|
|
mengembangkannya untuk
membantu kehidupannya menjadi lebih baik
|
|
|
melengkapi
sehingga tercipta suasana kehidupan yang harmonis
|
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas X
|
H
|
Materi Layanan
|
Mengenal 8 kecerdasan Manusia
|
|
|
a. Anugerah gratis
|
|
|
b. Aneka macam kecerdasan manusia
|
|
|
c. Mau memahami perbedaan
kecerdasan
|
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana &
Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
|
K
|
Semester
|
1 / Ganjil
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
M
|
Pihak yang dilibatkan
|
Beberapa siswa yang memiliki kecerdasan tertentu / ( Menyesuaikan )
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Biografi – Otobiografi Tokoh dengan Kecerdasan Tertentu / Dll (menyesuaiakan )
|
O
|
Rencana Penilaian dan
Tindak Lanjut
|
- Evaluasi diri / mengisi
lembar kerja / latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
- Pendampingan secara umum
dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan ( menyesuaikan )
|
|
|
|
Mengetahui ………………………….
Kepala Sekolah Koordinator
Pembimbing / Guru
Pembimbing
Staf Kurikulum
……………………… …………………………… ..........................................
SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING
(5)
Sekolah :
SMA …………………………… Kelas :
X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan :
Bimbingan dan Konseling Semester : 1 / Ganjil
Standar kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
- Mencapai
kematangan tentang gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara
emosional, sosial, intelektual, dan
Ekonomi
sehiungga menjadi bekalyang baik untuk menjadi pribadi yang bermutu
- Mencapai
kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan cara mengenal dan
menggambarkan diri sebagai pribadi yang
positif
- Bertingkahlaku
yang dapat diterima oleh masyarakat yaitu sebagai pribadi yang memiliki
konsep diri positif
|
Kompetensi dasar è
|
Siswa mampu menggambarkan diri secara positip
sehingga dapat mencapai berbagai kemandirian yang dibutuhkan dalam hidupnya
berdasarkan sietem nilai dan etika yang berlaku sehingga tingkahlakukanya
dapat diterima oleh masyarakat
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis
Layanan
|
Bidang
Bimbingan
|
Fungsi
Layanan
|
Konsep
diri remaja
|
|
- Informasi
- Bimbingan
kelompok
|
Pribadi-Sosial
|
- Pemahaman
- Pemeliharaan &
Pengembangan
|
a. Konsep diri dan remaja
|
Menilai
diri secara positip sebagai remaja agar hidupnya menjadi semakin bermakna
|
|
|
|
b.
Pengertian dan macam-macam konsep diri
|
Memahami berbagai pengertian dan macam-macam
konsep diri sehingga dapat bersikap dengan tepat untuk menetapkan konsep
dirinya dan mampu menerapkan dalam
hidup sehari-hari
|
|
|
|
c.
Faktor - faktor yang
mempengaruhi perkembangan konsep diri
|
Mengenal faktor-faktor yang mempengaruhi konsep
diri sehingga dapat mengevaluasi perkembangan dirinya dan dapat memperbaiki
terhadap kekurang diri yang ada
|
|
|
|
d.
Pengaruh konsep diri terhadap komunikasi
|
Mengetahui pengaruh konsep diri terhadap
komunikasi sehingga dapat berkomunikasi secara efektif dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
|
|
e.
Usaha-usaha untuk mengembangkan konsep diri remaja
|
Mengenal usaha-usaha untuk mengembangkan konsep
diri remaja sehingga berupaya untuk berkembang menuju kematangan dan kedewasaan diri
|
|
|
|
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh guru pembimbing dan dikembangkan
lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (05)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi dan Bimbingan
Kelompok
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman, Pemeliharaan dan
Pengembangan
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu menggambarkan
diri secara positip sehingga dapat mencapai berbagai kemandirian yang
dibutuhkan dalam hidupnya berdasarkan sietem nilai dan etika yang berlaku
sehingga tingkahlakukanya dapat diterima oleh masyarakat
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a.
Menilai diri secara positip sebagai remaja agar hidupnya menjadi semakin
bermakna
|
|
|
b.
Memahami berbagai pengertian dan macam-macam konsep diri sehingga dapat
bersikap dengan tepat untuk menetapkan
konsep dirinya dan mampu
menerapkan dalam hidup sehari-hari
|
|
|
c. Mengenal faktor-faktor yang mempengaruhi
konsep diri sehingga dapat mengevaluasi perkembangan dirinya dan dapat
memperbaiki
terhadap kekurang diri yang ada
|
|
|
d. Mengetahui pengaruh konsep diri terhadap
komunikasi sehingga dapat berkomunikasi secara efektif dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
|
e.
Mengenal usaha-usaha untuk mengembangkan konsep diri remaja sehingga berupaya
untuk berkembang menuju
kematangan dan kedewasaan diri
|
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas X
|
H
|
Materi Layanan
|
Konsep
diri remaja
|
|
|
a. Konsep diri dan remaja
|
|
|
b Pengertian dan macam-macam konsep diri
|
|
|
c. Faktor - faktor yang mempengaruhi perkembangan konsep diri
|
|
|
d. Pengaruh konsep diri terhadap komunikasi
|
|
|
e. Usaha-usaha untuk mengembangkan konsep
diri remaja
|
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana & Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan /
Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
|
K
|
Semester
|
1 / Ganjil
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
M
|
Pihak yang dilibatkan
|
Salah satu guru - siswa yang menonjol dalam
aspek konsep dirinya / ( Menyesuaikan )
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Film / gambar / kisah
tokoh-tokoh khusus / Dll
(menyesuaiakan )
|
O
|
Rencana Penilaian dan Tindak
Lanjut
|
- Evaluasi diri / mengisi
lembar kerja / latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
- Pendampingan secara umum
dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan ( menyesuaikan )
|
|
|
|
Mengetahui ………………………….
Kepala Sekolah Koordinator
Pembimbing / Guru
Pembimbing
Staf Kurikulum
……………………… …………………………… ..........................................
SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING
(6)
Sekolah : SMA …………………………… Kelas : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan :
Bimbingan dan Konseling Semester : 1 / Ganjil
Standar kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
|
Kompetensi dasar è
|
Siswa mampu memotivasi diri untuk belajar sehingga
berhasil dan berprestasi dalam hidupnya
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis Layanan
|
Bidang
Bimbingan
|
Fungsi Layanan
|
Motivasi dasar prestasi
|
|
- Informasi
- Konseling
kelompok
|
Pribadi-Sosial
|
- Pemahaman
- Pencegahann
|
a. Pentingnya motivasi
|
Memahami
arti penting motivasi untuk melakukan sesuatu, terutama belajar
|
|
|
|
b.
Faktor - faktor yang
mempengaruhi motivasi
belajar
|
Mengenal berbagai faktor yang berpengaruh
terhadap motivasi belajar untuk
dijadikan alat evaluasi diri dalam hal belajar dan peningkatan prestasi
belajar
|
|
|
|
c. Cara mempertahankan
motivasi
belajar
|
Mengetahui berbagai cara untuk mempertahankan
motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan upaya untuk mempelajari berbagai
hal yang sesuai dengan sistem etika dan tata nilai yang berlaku
|
|
|
|
d. Kategori motivasi belajar
|
Mengenal kategori motivasi belajar untuk
dijadikan alat evaluasi diri dalam hal belajar dan peningkatan prestasi belajar
|
|
|
|
e. Dua pola belajar
|
Memilih
secara sadar tentang pola belajar yang akan dilaksanakannya untuk meraih
keberhasilan / prestasi belajar
|
|
|
|
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh guru pembimbing dan dikembangkan
lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (06)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi, Konseling
Kelompok
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman, Pencegahan
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu memotivasi diri untuk
belajar sehingga berhasil dan berprestasi dalam hidupnya
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a. Memahami arti penting
motivasi untuk melakukan sesuatu, terutama belajar
|
|
|
b Mengenal berbagai faktor yang berpengaruh terhadap motivasi belajar untuk dijadikan alat
evaluasi diri dalam hal
belajar dan peningkatan prestasi belajar
|
|
|
c. Mengetahui berbagai cara untuk mempertahankan motivasi belajar
sehingga dapat meningkatkan upaya
untuk
mempelajari berbagai hal yang
sesuai dengan sistem etika dan tata nilai yang berlaku
|
|
|
d. Mengenal kategori motivasi belajar untuk
dijadikan alat evaluasi diri dalam hal belajar dan peningkatan prestasi belajar
|
|
|
e. Memilih secara sadar tentang pola belajar
yang akan dilaksanakannya untuk meraih keberhasilan / prestasi belajar
|
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas X
|
H
|
Materi Layanan
|
Motivasi dasar prestasi
|
|
|
a. Pentingnya motivasi
|
|
|
b.
Faktor - faktor yang mempengaruhi motivasi belajar
|
|
|
c. Cara mempertahankan motivasi belajar
|
|
|
d. Kategori motivasi belajar
|
|
|
e. Dua pola belajar
|
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana &
Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
|
K
|
Semester
|
1 / Ganjil
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
M
|
Pihak yang dilibatkan
|
( Menyesuaikan )
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Biografi – Otobiografi
Tokoh Khusus / Dll (menyesuaiakan )
|
O
|
Rencana Penilaian dan
Tindak Lanjut
|
- Evaluasi diri / mengisi
lembar kerja / latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
- Pendampingan secara umum
dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan ( menyesuaikan )
|
|
|
|
Mengetahui ………………………….
Kepala Sekolah Koordinator
Pembimbing / Guru
Pembimbing
Staf Kurikulum
……………………… …………………………… ..........................................
SILABUS BIMBINGAN DAN KONSELING
(7)
Sekolah :
SMA …………………………… Kelas : X (sepuluh)
Mata Pelajaran / Layanan :
Bimbingan dan Konseling Semester : 1 / Ganjil
Standar kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
- Mencapai kematangan dalam hal hubungan antar
teman sebaya dan perannya sebagai pria dan wanita sehingga terjalin
komunikasi
yang saling menguntungkan
- Mencapai kematangan dalam bertingkah laku yang
dapat diterima oleh masyarakat dengan cara berkomunikasi dan
berhubungan
dengan orang lain secara efektif dan bermakna
- Mengembangkan penguasaan ilmu , teknologi, dan
seni sehingga dapat berperan di masyarakat yang lebih luas dengan
cara memanfaatkan
sarana komunikasi yang ada secara sehat
|
Kompetensi dasar è
|
Siswa mampu berkomunikasi secara efektif kepada
sesamanya dengan menggunakan kemampuan diri dan sarana komunikasi yang berkembang di
masyarakat sehingga memberi makna yang bermanfaat bagi hidupnya
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis Layanan
|
Bidang
Bimbingan
|
Fungsi
Layanan
|
Komunikasi
dan hubungan
antar
pribadi
|
|
- Informasi
- Bimbingan
kelompok
|
Pribadi-Sosial
|
- Pemahaman
- Pencegahan
|
a. Pengertian komunikasi
|
Mengerti arti penting berkomunikasi bersama
orang lain sebagai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
b.
Kepada siapa kita
berkomunikasi?
|
Mengerti tentang sasaran berkomunikasi sehingga dapat mengambil makna yang
bermanfaat bagi lingkungan hidupnya
|
|
|
|
c.
Komunikasi antar pribadi
|
Melaksanakan komunikasi antar pribadi sehingga
terjalin hubungan sampai pada tahap
yang lebih berkualitas
|
|
|
|
d.
Komunikasi yang efektif
|
Melaksanakan komunikasi yang efektif dengan
menggunakan kemampuan diri dan sarana penunjang yang ada sehingga mendapatkan
manfaat yang diinginkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh guru pembimbing dan dikembangkan
lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (07)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi, Bimbingan
Kelompok
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman, Pencegahan
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa
mampu berkomunikasi secara efektif
kepada sesamanya dengan menggunakan kemampuan diri dan sarana komunikasi yang berkembang di
masyarakat sehingga memberi makna yang bermanfaat bagi hidupnya
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a. Mengerti arti penting berkomunikasi bersama
orang lain sebagai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
b Mengerti tentang sasaran berkomunikasi sehingga dapat mengambil makna yang
bermanfaat bagi lingkungan hidupnya
|
|
|
c. Melaksanakan komunikasi antar pribadi
sehingga terjalin hubungan sampai pada
tahap yang lebih berkualitas
|
|
|
d. Melaksanakan komunikasi yang efektif dengan
menggunakan kemampuan diri dan sarana penunjang yang ada sehingga
mendapatkan manfaat yang diinginkan
|
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas X
|
H
|
Materi Layanan
|
Komunikasi dan hubungan antar pribadi
|
|
|
a. Pengertian komunikasi
|
|
|
b.
Kepada siapa kita berkomunikasi?
|
|
|
c.
Komunikasi antar pribadi
|
|
|
d.
Komunikasi yang efektif
|
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana &
Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / (Menyesuaikan )
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
|
K
|
Semester
|
1 / Ganjil
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
M
|
Pihak yang dilibatkan
|
( Menyesuaikan )
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Data Inventaris Sekolah & Sarana-Prasarana/ Struktur Organisasi
Sekolah / Dll (menyesuaiakan )
|
O
|
Rencana Penilaian dan
Tindak Lanjut
|
- Evaluasi diri / mengisi
lembar kerja / latihan / isian yang ada di dalam buku bimbingan
- Pendampingan secara umum
dan melakukan salah satu atau lebih jenis layanan ( menyesuaikan )
|
|
|
|
Mengetahui ………………………….
Kepala Sekolah Koordinator
Pembimbing / Guru
Pembimbing
Staf Kurikulum
……………………… …………………………… ..........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar