Silabus Bimbingan Konseling (01)
Sekolah : SMA ............................................. Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan :
Bimbingan dan Konseling Semester : 1 ( Ganjil )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
-
Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan
ilmu, teknologi, dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir
atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat
yang luas dengan cara persiapan diri sebagai pelajar yang memahami makna belajar
-
Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat
diterima oleh masyarakat dengan sikap yang menggambarkan pelajar yang
mengerti makna belajar
|
Kompetensi Dasar è
|
Siswa mampu menghayati makna belajar sebagai pelajar untuk mencapai keberhasilan belajar yang
mendasari pencapaian masa depan yang
diharapkan
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis Layanann
|
Bidang Bimbingan
|
Fungsi Layanan
|
Makna Belajar
|
Informasi
|
Belajar
|
- Pemahaman
- Pemeliharaan &
Pengembangan
|
|
|
Memahami pengertian belajar dengan benar
sehingga memaknainya dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari sebagai pelajar
|
|||
|
Melaksanakan strategi belajar yang efektif demi
pencapaian keberhasilan belajar dan pencapaian masa depan yang diinginkan
|
|||
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek
lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana
Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan
Bimbingan dan Konseling (01)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi
|
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Belajar
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman, Pemeliharaan dan Pengembangan
|
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu menghayati makna belajar sebagai
pelajar untuk mencapai keberhasilan
belajar yang mendasari pencapaian masa
depan yang diharapkan
|
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a
|
Memahami pengertian belajar dengan benar
sehingga memaknainya dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari sebagai pelajar
|
b
|
Melaksanakan strategi belajar yang efektif demi
pencapaian keberhasilan belajar dan pencapaian masa depan yang
diinginkan
|
||
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas XI
|
|
H
|
Materi Layanan
|
Makna Belajar
|
|
a
|
Pengertian Belajar
|
||
b
|
Strategi Belajar
|
||
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang
Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
|
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
||
K
|
Semester
|
1 / Ganjil
|
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
|
M
|
Pihak yang Dilibatkan
|
Siswa tertentu / Dll (menyesuaikan)
|
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Skema tentang belajar / Dll (menyesuaikan )
|
|
O
|
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
|
a
b
|
Evaluasi
diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan
konseling
Pendampingan
secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan
(menyesuaikan )
|
Mengetahui ................................................
Kepala
Sekolah Koordinator
Pembimbing Guru Pembimbing
Staf
Kurikulum
....................................... ................................................ ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (02)
Sekolah :
SMA
............................................. Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester : 1 ( Ganjil )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
-
Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan
ilmu, teknologi, dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir
atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat
yang luas
-
Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat
diterima oleh masyarakat yaitu menjadi pelajar yang memiliki prinsip &
gaya belajar yang baik
|
Kompetensi Dasar è
|
Siswa mampu menghayati prinsip dan gaya
belajar sebagai pelajar untuk
mencapai keberhasilan belajar yang mendasari pencapaian masa depan yang diharapkan
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis Layanan
|
Bidang Bimbingan
|
Fungsi Layanan
|
Prinsip dan Gaya Belajar
|
Informasi
|
Belajar
|
- Pemahaman
- Pemeliharaan
& Pengembangan
|
|
a.
Mengenal Otak Kita
|
Mengoptimalkan peran otak sendiri dalam rangka
mencapai keseimbangan hidup dan pencapaian optimal potensi diri
|
|||
b.
Prinsip Belajar
|
Mengenal prinsip belajar yang dapat mendasari
kegiatan belajar yang akan dilakukan
|
|||
c.
Gaya Belajar
|
Mengembangkan gaya belajar yang sesuai dengan
keberadaan diri sehingga dapat dipilih dan dilaksanakan dalam kegiatan
belajar
|
|||
d.
Modalitas
Belajar dan Ciri-cirinya
|
Mengenal
modalitas belajar dan cirinya untuk menemukan cara yang paling tepat dalam
belajar sesuai dengan keberadaan diri
|
|||
e.
Keterampilan
Mencatat
|
Mengembangkan
bebiasaan mencatat yang efektif untuk memudahkan mempelajari kembali dan
menjadi arsip yang penting
|
|||
f.
Jurus Belajar yang Efektif dan Efisien
|
Melaksanakan jurus belajar yang efektif dan
efisien demi pencapaian keberhasilan yang optimal
|
|||
g.
Meningkatkan
Keterampilan
Mendengar
|
Mengembangkan keterampilan mendengar agar
mendapat informasi yang akurat dan benar pada saat mengikuti kegiatan
pembelajaran
|
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek
lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana
Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan
Bimbingan dan Konseling (02)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi
|
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Belajar
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman, Pemeliharaan dan Pengembangan
|
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu menghayati prinsip dan gaya
belajar sebagai pelajar untuk
mencapai keberhasilan belajar yang mendasari pencapaian masa depan yang diharapkan
|
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a
|
Mengoptimalkan peran otak sendiri dalam rangka
mencapai keseimbangan hidup dan pencapaian optimal potensi diri
|
b
|
Mengenal prinsip belajar yang dapat mendasari
kegiatan belajar yang akan dilakukan
|
||
c
|
Mengembangkan gaya belajar yang sesuai dengan
keberadaan diri sehingga dapat dipilih dan dilaksanakan dalam kegiatan
belajar
|
||
d
|
Mengenal modalitas belajar dan cirinya untuk
menemukan cara yang paling tepat dalam belajar sesuai dengan keberadaan diri
|
||
e
|
Mengembangkan bebiasaan mencatat yang efektif
untuk memudahkan mempelajari kembali dan menjadi arsip yang penting
|
||
f
|
Melaksanakan jurus belajar yang efektif dan
efisien demi pencapaian keberhasilan yang optimal
|
||
g
|
Mengembangkan keterampilan mendengar agar
mendapat informasi yang akurat dan benar pada saat mengikuti kegiatan
pembelajaran
|
||
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas XI
|
|
H
|
Materi Layanan
|
Prinsip dan Gaya Belajar
|
|
a
|
Mengenal Otak Kita
|
||
b
|
Prinsip Belajar
|
||
c
|
Gaya Belajar
|
||
d
|
Modalitas Belajar dan
Ciri-cirinya
|
||
e
|
Keterampilan Mencatat
|
||
f
|
Jurus Belajar yang Efektif dan Efisien
|
||
g
|
Meningkatkan Keterampilan Mendengar
|
||
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang
Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
|
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
||
K
|
Semester
|
1 / Ganjil
|
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
|
M
|
Pihak yang Dilibatkan
|
( Menyesuaikan )
|
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Skema tentang gaya belajar
|
|
O
|
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
|
a
b
|
Evaluasi
diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan
konseling
Pendampingan
secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan
(menyesuaikan )
|
Mengetahui ................................................
Kepala Sekolah Koordinator
Pembimbing Guru
Pembimbing
Staf
Kurikulum
....................................... ................................................ ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (03)
Sekolah : SMA ............................................. Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan :
Bimbingan dan Konseling Semester : 1 ( Ganjil )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
-
Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat
diterima oleh masyarakat dengan cara terbiasa memanfaatkan waktu secara
efetif dan produktif
-
Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan
cara menghargai waktu yang ada
-
Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang
kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan ekonomi dengan
cara memnfaatkan setiap peluang atau kesempatan yang ada
|
Kompetensi Dasar è
|
Siswa mampu menghargai dan memanfaatkan waktu dengan benar (efektif dan
produktif )
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis Layanan
|
Bidang Bimbingan
|
Fungsi Layanan
|
Ayo, Aturlah Waktumu
|
- Informasi
- Pembelajaran
|
Pribadi
Sosial
|
- Pemahaman
- Pencegahan
|
|
|
Mengerti arti penting mengatur waktu sehingga
dapat dimanfaatkan secara optimal
|
|||
|
Mengerti tentang sejarah pembagian waktu
sehingga bijak dalam memanfaatkan waktu yang ada
|
|||
|
Mengenal manajemen waktu sehingga menjadi dasar
dalam pemanfaatan waktu yang berhasil dan berdaya guna
|
|||
d. Membangun Kebiasaan
Mengatur Waktu
|
Terbiasa mengatur atau mengisi waktu secara
efektif dan produktif sehingga menjadi bagian penting dalam ke hidupan sehari-hari
|
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek
lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana
Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan
Bimbingan dan Konseling (03)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi, Pembelajaran
|
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman, Pencegahan
|
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu menghargai dan memanfaatkan waktu
dengan benar (efektif dan produktif )
|
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a
|
Mengerti arti penting mengatur waktu sehingga
dapat dimanfaatkan secara optimal
|
b
|
Mengerti tentang sejarah pembagian waktu
sehingga bijak dalam memanfaatkan waktu yang ada
|
||
c
|
Mengenal manajemen waktu sehingga menjadi dasar dalam
pemanfaatan waktu yang berhasil dan berdaya guna
|
||
d
|
Terbiasa mengatur atau mengisi waktu secara
efektif dan produktif sehingga menjadi bagian penting dalam ke hidupan sehari-hari
|
||
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas XI
|
|
H
|
Materi Layanan
|
Ayo, Aturlah Waktumu
|
|
a
|
Pentingnya Mengatur Waktu
|
||
b
|
Sejarah Pembagian Waktu
|
||
c
|
Mengenal Manajemen Waktu
|
||
d
|
Membangun Kebiasaan Mengatur Waktu
|
||
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang
Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
|
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
||
K
|
Semester
|
1 / Ganjil
|
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
|
M
|
Pihak yang Dilibatkan
|
Pengurus OSIS / Dll ( menyesuaikan )
|
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Skema
Pembagian Waktu / Dll ( menyesuaikan )
|
|
O
|
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
|
a
b
|
Evaluasi
diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan
konseling
Pendampingan
secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan
(menyesuaikan )
|
Mengetahui ................................................
Kepala
Sekolah Koordinator
Pembimbing Guru
Pembimbing
Staf
Kurikulum
....................................... ................................................ ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (04)
Sekolah :
SMA
............................................. Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester :
1 ( Ganjil )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
-
Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada
Tuhan YME dengan bersyukur atas anugerah bakat,kemampuan, dan prestasi yang
dimiliki
-
Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan
ilmu, teknologi dan seni sesuai dengan bakat,minat, dan kemampuan yang
dimiliki
|
Kompetensi Dasar è
|
Siswa mampu melihat bakat,kemampuan, dan prestasi diri yang perlu
sisyukuri dan dikembangkan untuk meningkatkan mutu kehidupannya
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis Layanann
|
Bidang Bimbingan
|
Fungsi Layanan
|
Aku Melihat Bakat
|
- Informasi
- Konseling
perorangan
|
Pribadi
|
-Pemahaman
-Pemeliharaan &
Pengembangan
|
|
a.
Bakat, Kemampuan, dan Prestasi
|
Mengenal bakat, kemampuan, dan prestasi diri
sehingga mau mengembangkannya untuk mencapai pencapaian diri yang optimal
|
|||
b.
Bakat Umum dan Bakat Khusus
|
Mengenal bakat umum dan bakat khusus sehingga
mampu membedakannya dan mengemangkan masing-masing
|
|||
c.
Tes Bakat dan Tes Prestasi
|
Mengenal tes bakat dan tes prestasi untuk
mengenal dan evaluasi diri
|
|||
d.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Bakat dan Prestasi
|
Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi bakat
dan prestasi sehingga dapat memahami keunikan diri dan mengevaluasi demi
perbaikan diri
|
|||
e. Cita-cita
|
Mantap dalam menentukan cita-cita untuk studi
lanjut dan pilihan karir
|
|||
f.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Cita-cita
|
Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi cita-cita sehingga dapat menentukan
cita-cita yang sesuai dengan keberadaan diri
|
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek
lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana
Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan
Bimbingan dan Konseling (04)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi, Konseling Perorangan
|
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman, Pemeliharaan dan pengemvbangan
|
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu melihat bakat,kemampuan, dan prestasi diri yang perlu
sisyukuri dan dikembangkan untuk meningkatkan mutu kehidupannya
|
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a
|
Mengenal bakat, kemampuan, dan prestasi diri
sehingga mau mengembangkannya untuk mencapai pencapaian diri yang optimal
|
b
|
Mengenal bakat umum dan bakat khusus sehingga
mampu membedakannya dan mengemangkan masing-masing
|
||
c
|
Mengenal tes bakat dan tes prestasi untuk
mengenal dan evaluasi diri
|
||
d
|
Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi bakat
dan prestasi sehingga dapat memahami keunikan diri dan mengevaluasi demi
perbaikan diri
|
||
e
|
Mantap dalam menentukan cita-cita untuk studi
lanjut dan pilihan karir
|
||
f
|
Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi cita-cita sehingga dapat menentukan
cita-cita yang sesuai dengan keberadaan diri
|
||
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas XI
|
|
H
|
Materi Layanan
|
Aku Melihat Bakat
|
|
a
|
Bakat, Kemampuan, dan Prestasi
|
||
b
|
Bakat Umum dan Bakat Khusus
|
||
c
|
Tes Bakat dan Tes Prestasi
|
||
d
|
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Bakat dan Prestasi
|
||
e
|
Cita-cita
|
||
f
|
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Cita-cita
|
||
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang
Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
|
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
||
K
|
Semester
|
1 / Ganjil
|
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
|
M
|
Pihak yang Dilibatkan
|
Seorang dengan bakat khusus / Dll (menyesuaikan )
|
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Contoh tes bakat / Gambar atau tayangan tentang orang berbakat / Dll (
menyesuaikan)
|
|
O
|
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
|
a
b
|
Evaluasi
diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan
konseling
Pendampingan
secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan
(menyesuaikan )
|
Mengetahui ................................................
Kepala
Sekolah Koordinator
Pembimbing Guru
Pembimbing
Staf
Kurikulum
....................................... ................................................ ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (05)
Sekolah : SMA ............................................. Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan :
Bimbingan dan Konseling Semester : 1 ( Ganjil )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
-
Mencapai kematangan dalam hubungan antar teman sebaya
baik pria maupun wanita serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan
wanita sehingga dapat bergaul secara efektif
-
Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dalam relasi kehidupan
sehari-hari bersama orang lain
-
Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat
diterima oleh masyarakat dengan melaksanakan etika pergaulan
|
Kompetensi Dasar è
|
Siswa mampu hidup bersama orang lain yang mendasarkan diri pada etika
pergaulan
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis Layanan
|
Bidang Bimbingan
|
Fungsi Layanan
|
Etika Pergaulan
|
- Informasi
- Bimbingan
Kelompok
|
Pribadi
Sosial
|
- Pemahaman
- Pencegahan
|
|
a.
Pengertian Etiket dan
Etika
|
Memahami pengertian tentang etiket dan etika
dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
b. Perbedaan Etiket &
Etika
|
Menjelaskan perbedaan antara etiket dan etika
dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
|
Memahami etika dan prinsip etika dalam pergaulan
kehidupan sehari
|
|||
d. Prinsip Etika Pergaulan
|
Mengenal prinsip etika pergaulan dalam pergaulan
hidup sehari-hari
|
|||
|
Terbiasa melaksanakan prinsip-prinsip etika
pergaulan dalam kehidupan sehari-hari bersama orang lain
|
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek
lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana
Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan
Bimbingan dan Konseling (05)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi , Bimbingan Kelompok
|
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman,Pencegahan
|
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu hidup bersama orang lain yang mendasarkan diri pada etika
pergaulan
|
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a
|
Memahami pengertian tentang etiket dan etika
dalam kehidupan sehari-hari
|
b
|
Menjelaskan perbedaan antara etiket dan etika
dalam kehidupan sehari-hari
|
||
c
|
Memahami etika dan prinsip etika dalam pergaulan
kehidupan sehari
|
||
d
|
Mengenal prinsip etika pergaulan dalam pergaulan
hidup sehari-hari
|
||
e
|
Terbiasa melaksanakan prinsip-prinsip etika
pergaulan dalam kehidupan sehari-hari bersama orang lain
|
||
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas XI
|
|
H
|
Materi Layanan
|
Etika Pergaulan
|
|
a
|
Pengertian Etiket dan Etika
|
||
b
|
Perbedaan Etiket & Etika
|
||
c
|
Memahami
Etika dan Prinsip Etika
|
||
d
|
Prinsip Etika Pergaulan
|
||
e
|
Melaksanakan Prinsip-prinsip Etika Pergaulan
|
||
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang
Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
|
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
||
K
|
Semester
|
1 / Ganjil
|
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
|
M
|
Pihak yang Dilibatkan
|
Beberapa siswa untuk praktek / Dll ( menyesuaikan
)
|
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Gambar / tayangan tentang etika pergaulan / Dll
(menyesuaikan )
|
|
O
|
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
|
a
b
|
Evaluasi
diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan
konseling
Pendampingan
secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan
(menyesuaikan )
|
Mengetahui ................................................
Kepala Sekolah Koordinator
Pembimbing Guru
Pembimbing
Staf
Kurikulum
....................................... ................................................ ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (06)
Sekolah :
SMA
............................................. Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester :
1 ( Ganjil )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
-
Mencapai kematangan dalam hubungan antar teman sebaya
baik pria maupun wanita serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan
wanita
-
Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan
menjunjung tinggi nilai pergaulan
-
Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat
diterima oleh masyarakat dengan pergaulan remaja yang sehat dan sesuai norma
yang berlaku
|
Kompetensi Dasar è
|
Siswa mampu bergaul secara efektif sebagai remaja sehingga mendapatkan
menfaat bagi perkembangan dirinya
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis Layanan
|
Bidang Bimbingan
|
Fungsi Layanan
|
Pergaulan Remaja
|
- Informasi
- Bimbingan
Kelompok
|
Pribadi
Sosial
|
- Pemahaman
- Pemeliharaan &
Pengembangan
|
|
Pergaulan Sehari-hari remaja
|
Memahami tentang arti penting pergaulan sehari-hari sebagai remaja
|
|||
b.
Aspek Psikososial Remaja
|
Memahami aspek psikososial remaja sehingga semakin mengenal diri
|
|||
c.
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pergaulan Remaja
|
Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pergaulan remaja sehingga dapat
bergaul secara efektif dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
d.
Prinsip Dasar Pergaulan yang Sehat
|
Memahami prinsip-prinsip dasar pergaulan yang sehat sehingga tidak
terjerumus pada pergaulan yang membahayakan
|
|||
e.
Supaya Pertemanan Terjalin Langgeng
|
Membiasakan diri bergaul secra sehat dan efektif sehingga persahabatan
dengan siapapun dapat bertahan lebih lama
|
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek
lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana
Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan
Bimbingan dan Konseling (06)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi, Bimbingan Kelompok
|
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman, Pemeliharaan dan Pengembangan
|
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu bergaul secara efektif sebagai remaja sehingga mendapatkan
menfaat bagi perkembangan dirinya
|
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a
|
Memahami tentang arti penting pergaulan sehari-hari sebagai remaja
|
b
|
Memahami aspek psikososial remaja sehingga semakin mengenal diri
|
||
c
|
Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pergaulan remaja sehingga dapat
bergaul secara efektif dalam kehidupan sehari-hari
|
||
d
|
Memahami prinsip-prinsip dasar pergaulan yang sehat sehingga tidak
terjerumus pada pergaulan yang membahayakan
|
||
e
|
Membiasakan diri bergaul secra sehat dan efektif sehingga persahabatan
dengan siapapun dapat bertahan lebih lama
|
||
f
|
|||
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas XI
|
|
H
|
Materi Layanan
|
Pergaulan Sehari-hari remaja
|
|
a
|
Aspek Psikososial Remaja
|
||
b
|
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pergaulan Remaja
|
||
c
|
Prinsip Dasar Pergaulan yang Sehat
|
||
d
|
Supaya Pertemanan Terjalin Langgeng
|
||
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang
Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
|
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
||
K
|
Semester
|
1 / Ganjil
|
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
|
M
|
Pihak yang Dilibatkan
|
Beberapa pengurus kelas - OSIS / Dll
(menyesuaikan )
|
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Gambar / tayangan tentang pergaulan remaja
|
|
O
|
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
|
a
b
|
Evaluasi
diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan
konseling
Pendampingan
secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan
(menyesuaikan )
|
Mengetahui ................................................
Kepala
Sekolah Koordinator
Pembimbing Guru
Pembimbing
Staf
Kurikulum
....................................... ................................................ ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (07)
Sekolah : SMA ............................................. Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan :
Bimbingan dan Konseling Semester : 1 ( Ganjil )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
-
Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan
YME dengan cara menjadi pemimpin yang berakhlak mulia
-
Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan
cara menjadi pemimpin yang menjunjung tinggi nilai-nilai kepemimpinan
-
Mencapai kematangan dalam bertingkah laku yang dapat
diterima oleh masyarakat dengan cara menjadi pemimpin yang dapat diterima
oleh semua pihak
|
Kompetensi Dasar è
|
Siswa mampu melaksanakan kepemimpinan remaja yang efektif dan efisien /
mumpuni sesuai dengan karakter seorang
pemimpin handal
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis Layanan
|
Bidang Bimbingan
|
Fungsi Layanan
|
Kepemimpinan Remaja
|
Informasi
|
Pribadi
Sosial
|
Pemahaman
|
|
|
Memahami arti kepemimpinan dan pemimpin
sehingga dapat membedakan maknanya masing-masing
|
|||
|
Mengenal karakter yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin sehingga dapat
mengenal karakter dirinya dalam kepemimpinan
|
|||
|
Menyadari bahwa remaja
adalah pemimpin masa depan sehingga perlu mempersiapkan diri selagi memiliki
kesempatan
|
|||
|
Melaksanakan kepemimpinan
dengan prinsip-prinsip kepemimpinan remaja sehingga proses dan hasilnya
sesuai dengan yang diinginkan
|
|||
|
Meyakini bahwa setiap
pribadi adalah seorang pemimpin sehingga mampu memimpin dirinya sendiri dan
orang lain
|
Alokasi
Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh
Guru Pembimbing dan dikembangkan lagi
dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan
Bimbingan dan Konseling (07)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi
|
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu melaksanakan kepemimpinan remaja
yang efektif dan efisien / mumpuni sesuai dengan karakter seorang pemimpin handal
|
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a
|
Memahami arti kepemimpinan dan pemimpin
sehingga dapat membedakan maknanya masing-masing
|
b
|
Mengenal karakter yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin sehingga dapat
mengenal karakter dirinya dalam kepemimpinan
|
||
c
|
Menyadari bahwa remaja adalah pemimpin masa depan sehingga perlu
mempersiapkan diri selagi memiliki kesempatan
|
||
d
|
Melaksanakan kepemimpinan dengan prinsip-prinsip kepemimpinan remaja
sehingga proses dan hasilnya sesuai dengan yang diinginkan
|
||
e
|
Meyakini bahwa setiap pribadi adalah seorang pemimpin sehingga mampu
memimpin dirinya sendiri dan orang lain
|
||
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas XI
|
|
H
|
Materi Layanan
|
Kepemimpinan Remaja
|
|
a
|
Pengertian Kepemimpinan dan pemimpin
|
||
b
|
Karakter Seorang Pemimpin
|
||
c
|
Remaja Pemimpin Masa Depan
|
||
d
|
Prinsip-Prinsip
Kepemimpinan Remaja
|
||
e
|
Kamulah Sang Pemimpin
|
||
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang
Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
|
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
||
K
|
Semester
|
1 / Ganjil
|
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
|
M
|
Pihak yang Dilibatkan
|
Pengurus OSIS-MPK / Pengurus Kelas / Tokoh
Organisasi, Dll (menyesuaikan )
|
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Sarana permainan yang sesuai / Skema Pola Kerja
/ Dll (menyesuaikan )
|
|
O
|
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
|
a
b
|
Evaluasi
diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan
konseling
Pendampingan
secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan
(menyesuaikan )
|
Mengetahui ................................................
Kepala
Sekolah Koordinator
Pembimbing Guru
Pembimbing
Staf
Kurikulum
....................................... ................................................ ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (08)
Sekolah :
SMA
............................................. Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester :
2 ( Genap )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
-
Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada
Tuhan YME dengan bersyukur atas anugerah kecerdasan yang dimiliki
-
Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan
ilmu, teknologi dan seni sesuai dengan kecerdasan yang dimiliki
-
Mencapai kematangan dalam bertingkah laku yang dapat
diterima oleh masyarakat
-
Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan
ilmu, teknologi, dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir
atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat
yang luas
|
Kompetensi Dasar è
|
Siswa mampu bersikap dan bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai
dengan dimensi kecerdasan yang dimilikinya sehingga berhasil dalam
kehidupannya
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis Layanan
|
Bidang Bimbingan
|
Fungsi Layanan
|
Dimensi Kecerdasan Manusia
|
- Informasi
- Konseling
perorangan
|
Pribadi
Sosial
|
- Pemahaman
- Pemeliharaan &
Pengembangan
|
|
a.
Kecerdasan Otak
/ Intekektual (IQ)
|
Memanfaatkan
secara efektif kecerdasan otak yang dimiliki untuk mengembangkan kemampuan
intelektual /prestasi yang dibutuhkan dalam kehidupan
|
|||
b.
Kecerdasan Emosional (EQ)
|
Memanfaatkan secara efektif kecerdasan emosional
yang dimiliki sehingga dapat bersikap dengan tepat / beradaptasi dengan
bijaksana dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
c.
Kecerdasan Fisik (PQ)
|
Memanfaatkan secara efektif kecerdasan fisik yang dimiliki sehingga dapat
dimanfaatkan untuk produktivitas dan kesehatan diri
|
|||
d.
Kecerdasan Spiritual (SQ)
|
Memanfaatkan secara efektif kecerdasan spiritual
yang dimiliki sehingga semakin dekat dengan Tuhan dan mendasarkan pada
ajaranNya untuk segala aspek kehidupannya
|
|||
e.
Keterkaitan IQ,EQ,PQ, dan SQ
|
Memadukan komponen atau aspek-aspek yang ada pada IQ,EQ, PQ, dan SQ
sehingga menjadi pribadi yang semakin efektif, berprestasi, bijaksana,
produktif, sehat jasmani dan rohani, serta beriman, bertakwa, dan mendasarkan
kepada ajaranNya untuk segala aspek kehidupannya
|
|||
f.
Adversity
Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang )
|
Memanfaatkan setiap peluang
yang ada di tengah hambatan hidup yang dialami sehingga menjadi pribadi yang
teguh, percaya diri, dan mampu mencari solusi dari masalah yang dialami
|
Alokasi
Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh
Guru Pembimbing dan dikembangkan lagi
dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan
dan Konseling (08)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi, Konseling Perorangan
|
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman, Pemeliharaan dan Pengembangan
|
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu bersikap dan bertingkahlaku, dan
mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan yang dimilikinya sehingga
berhasil dalam kehidupannya
|
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a
|
Memanfaatkan secara efektif kecerdasan otak yang
dimiliki untuk mengembangkan kemampuan intelektual /prestasi yang dibutuhkan
dalam kehidupan
|
b
|
Memanfaatkan secara efektif kecerdasan emosional
yang dimiliki sehingga dapat bersikap dengan tepat / beradaptasi dengan
bijaksana dalam kehidupan sehari-hari
|
||
c
|
Memanfaatkan secara efektif kecerdasan fisik yang dimiliki sehingga dapat
dimanfaatkan untuk produktivitas dan kesehatan diri
|
||
d
|
Memanfaatkan secara efektif kecerdasan spiritual
yang dimiliki sehingga semakin dekat dengan Tuhan dan mendasarkan pada
ajaranNya untuk segala aspek kehidupannya
|
||
e
|
Memadukan komponen atau aspek-aspek yang ada pada IQ,EQ, PQ, dan SQ
sehingga menjadi pribadi yang semakin efektif, berprestasi, bijaksana,
produktif, sehat jasmani dan rohani, serta beriman, bertakwa, dan mendasarkan
kepada ajaranNya untuk segala aspek kehidupannya
|
||
f
|
Memanfaatkan setiap peluang yang ada di tengah hambatan hidup yang
dialami sehingga menjadi pribadi yang teguh, percaya diri, dan mampu mencari
solusi dari masalah yang dialami
|
||
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas XI
|
|
H
|
Materi Layanan
|
Dimensi Kecerdasan Manusia
|
|
a
|
Kecerdasan Otak /
Intekektual (IQ)
|
||
b
|
Kecerdasan Emosional (EQ)
|
||
c
|
Kecerdasan Fisik (PQ)
|
||
d
|
Kecerdasan Spiritual (SQ)
|
||
e
|
Keterkaitan IQ,EQ,PQ, dan SQ
|
||
f
|
Adversity Quotient (Mengubah
Hambatan Menjadi Peluang )
|
||
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang
Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
|
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
||
K
|
Semester
|
2 / Genap
|
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
|
M
|
Pihak yang Dilibatkan
|
Psikolog / Dll (menyesuaikan )
|
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Skema Otak Manusia / Dll (menyesuaikan )
|
|
O
|
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
|
A
b
|
Evaluasi
diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan
konseling
Pendampingan
secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan
(menyesuaikan )
|
Mengetahui ................................................
Kepala Sekolah Koordinator
Pembimbing Guru
Pembimbing
Staf
Kurikulum
....................................... ................................................ ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (09)
Sekolah :
SMA
............................................. Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester
: 2 ( Genap )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
-
Mencapai kematangan dalam hubungan antar teman sebaya
baik pria maupun wanita serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan
wanita
-
Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai
-
Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat
diterima oleh masyarakat
|
Kompetensi Dasar è
|
Siswa mampu mengenal, menganalisa, dan terampil mengatasi masalah yang
dialami pada rentang tahapan hidupnya di masa remaja sehingga menjadi remaja
yang efektif
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis Layanan
|
Bidang Bimbingan
|
Fungsi Layanan
|
Masalah Muncul
Solusi Muncul
|
- Informasi
- Bimbingan
Kelompok
|
- Pribadi
- Sosial
|
-Pencegahan
|
|
a.
Remaja dan Masa
Remaja
|
Mengenal
diri sebagai remaja dengan segala keunikan/kekhasan yang dimilikinya sehingga
dapat memperlakukan diri dengan tepat
|
|||
b.
Dimensi
Perubahan Remaja
|
Mengenal
dimensi perubahan diri pada usia remaja sehingga dapat beradaptasi diri dan
dengan lingkungannya secara tepat
|
|||
c.
Masalah pada Remaja
|
Mengenal masalah-masalah yang biasanya muncul
pada masa remaja sehingga dapat memberi perhatian yang khusus apabila masalah
itu muncul
|
|||
d.
Stres dan
Depresi pada Remaja
|
Mengenal
stres dan depresi yang biasanya dialami oleh kaum remaja sehingga dapat mengatasi atau berlaku dengan tepat apabila
kasus tersebut dialaminya
|
|||
e.
Mengatasi Stres dan Depresi
|
Mengatasi stres dan depresi yang dialami sehingga
tidak terlalu mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari
|
|||
f.
Langkah-langkah Mengatasi Masalah
|
Mengatasi masalah dengan langkah-langkah yang
efektif sehingga masalah yang dihadapi dapat diatasi dengan baik
|
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek
lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana
Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan
Bimbingan dan Konseling (09)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi, Bimbingan Kelompok
|
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pencegahan
|
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu mengenal, menganalisa, dan terampil
mengatasi masalah yang dialami pada rentang tahapan hidupnya di masa remaja
sehingga
|
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a
|
Mengenal diri sebagai remaja dengan segala
keunikan/kekhasan yang dimilikinya sehingga dapat memperlakukan diri dengan
tepat
|
b
|
Mengenal dimensi perubahan diri pada usia remaja
sehingga dapat beradaptasi diri dan dengan lingkungannya secara tepat
|
||
c
|
Mengenal masalah-masalah yang biasanya muncul
pada masa remaja sehingga dapat memberi perhatian yang khusus apabila masalah
itu muncul
|
||
d
|
Mengenal stres dan depresi yang biasanya dialami
oleh kaum remaja sehingga dapat
mengatasi atau berlaku dengan tepat apabila kasus tersebut dialaminya
|
||
e
|
Mengatasi stres dan depresi yang dialami sehingga
tidak terlalu mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari
|
||
f
|
Mengatasi masalah dengan langkah-langkah yang
efektif sehingga masalah yang dihadapi dapat diatasi dengan baik
|
||
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas XI
|
|
H
|
Materi Layanan
|
Masalah Muncul Solusi Muncul
|
|
A
|
Remaja dan Masa Remaja
|
||
B
|
Dimensi Perubahan Remaja
|
||
C
|
Masalah pada Remaja
|
||
D
|
Stres dan Depresi pada Remaja
|
||
E
|
Mengatasi Stres dan Depresi
|
||
F
|
Langkah-langkah Mengatasi Masalah
|
||
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang
Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
|
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
||
K
|
Semester
|
2 / Genap
|
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
|
M
|
Pihak yang Dilibatkan
|
Beberapa siswa untuk sosiodrama / Dll
(menyesuaikan )
|
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Skema Pemecahan Masalah / Dll (menyesuaikan )
|
|
O
|
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
|
A
b
|
Evaluasi
diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan
konseling
Pendampingan
secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan
(menyesuaikan )
|
Mengetahui ................................................
Kepala Sekolah Koordinator
Pembimbing Guru
Pembimbing
Staf
Kurikulum
....................................... ................................................ ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (10)
Sekolah : SMA ............................................. Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan :
Bimbingan dan Konseling Semester : 2 ( Genap )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
-
Mencapai kematangan dengan sistem etika dan nilai
dengan cara berpikir dan bersikap positif dalam kehidupan sehari-hari
-
Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat
diterima oleh masyarakat dengan cara berpikir dan bersikap secara positif
dalam kehidupan di masyarakat
|
Kompetensi Dasar è
|
Siswa mampu berpikir dan bersikap positif dalam pergaulan hidup
sehari-hari di sekolah, keluarga, dan masyarakat pada umumnya
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis Layanan
|
Bidang Bimbingan
|
Fungsi Layanan
|
Berpikir dan
Bersikap Positif
|
Bimbingan Kelompok
|
Pribadi
Sosial
|
Pencegahan
|
|
|
Menghindari prasangka atau pikiran negatif agar
tidak terjadi kesalahpahaman dan konflik dengan orang lain di manapun berada
|
|||
|
Membiasakan berpikir positif kepada orang lain
agar terjalin rasa saling penghargaan dan rasa saling percaya antara yang
satu dengan yang lain
|
|||
|
Membiasakan bersikap dan bertindak secara
positif dalam pergaulan hidup sehari-hari, baik di rumah, sekolah,atau
masyarakat pada umumnya
|
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek
lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing dan dikembangkan lagi dalam Rencana
Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan
Bimbingan dan Konseling (10)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
|
B
|
Jenis Layanan
|
Bimbingan Kelompok
|
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pencegahan
|
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu berpikir dan bersikap positif dalam
pergaulan hidup sehari-hari di sekolah, keluarga, dan masyarakat pada umumnya
|
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a
|
Menghindari prasangka atau pikiran negatif agar
tidak terjadi kesalahpahaman dan konflik dengan orang lain di manapun berada
|
b
|
Membiasakan berpikir positif kepada orang lain
agar terjalin rasa saling penghargaan dan rasa saling percaya antara yang
satu dengan yang lain
|
||
c
|
Membiasakan bersikap dan bertindak secara
positif dalam pergaulan hidup sehari-hari, baik di rumah, sekolah,atau
masyarakat pada umumnya
|
||
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas XI
|
|
H
|
Materi Layanan
|
Berpikir dan Bersikap Positif
|
|
a
|
Prasangka / Pikiran Negatif
|
||
b
|
Berpikir Positif
|
||
c
|
Bersikap dan Bertindak Positif
|
||
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang
Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
|
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
||
K
|
Semester
|
2 / Genap
|
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
|
M
|
Pihak yang Dilibatkan
|
Siswa Berprestasi / pilihan ( berdasarkan
sosiometri) / Dll (Menyesuikan)
|
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Skema Berpikir Positif / Dll (Menyesuikan)
|
|
O
|
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
|
a
b
|
Evaluasi
diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan
konseling
Pendampingan
secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan
(menyesuaikan )
|
Mengetahui ................................................
Kepala
Sekolah Koordinator
Pembimbing Guru
Pembimbing
Staf
Kurikulum
....................................... ................................................ ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (11)
Sekolah :
SMA
............................................. Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling Semester :
2 ( Genap )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
-
Mencapai kematangan dalam hubungan antar teman sebaya
baik pria maupun wanita serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan
wanita yang dapat dilakukan dengan cara melakukan rekreasi remaja yang sehat
-
Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan
cara memiilih pola rekreasi yang dapat diterima oleh norma masyarakat
-
Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat
diterima oleh masyarakat dengan cara melakukan rekreasi yang bermanfaat, etis,
sehat dan bermakna bagi masyarakat di
sekitarnya
|
Kompetensi Dasar è
|
Siswa mampu memilih bentuk rekreasi yang paling efektif sehingga
memperoleh manfaat bagi perkembangan sosialisasi, kesehatan jiwa dan raganya,
serta bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis Layanan
|
Bidang Bimbingan
|
Fungsi Layanan
|
Rekreasi Remaja
|
Informasi
|
- Pribadi
- Sosial
|
Pemahaman
|
|
a.
Pengertian dan Pola Rekreasi
|
Memahami pola rekreasi sehingga dapat memilih
pola yang paling tepat dalam berekreasi
|
|||
b.
Sejarah Rekreasi
|
Mengenal sejarah rekreasi sehingga dapat
melakukan rekreasi secara bijak
|
|||
c.
Nilai-nilai Rekreasi
|
Memaknai nilai-nilai rekreasi sehingga bermanfaat
bagi kehidupannya
|
|||
d.
Prinsip-Prinsip Rekreasi
|
Memahami prinsip-prinsip rekreasi sehingga dapat
memantapkan diri untuk melakukan rekreasi yang paling efektif
|
|||
e.
Manfaat Rekreasi
|
Merasakan manfaat rekreasi bagi kesehatan jiwa
dan raga, pergaulan dengan sesama
remaja, serta masyarakat di sekitarnya
|
|||
f.
Faktor-faktor Rekreasi Remaja
|
Mengenal faktor-faktor rekreasi remaja sehingga
dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan pola / bentuk rekreasi yangakan
dipilihnya
|
|||
g.
Bentuk-bentuk Rekreasi
|
Mengenal bentuk-bentuk rekreasi remaja dan
memanfaatkannya secara efektif dan efisien
|
|||
h.
Merencanakan Rekreasi Kelompok
|
Membuat perencanaan rekreasi
bersama teman-teman sebaya / kelompok yang mempertimbangkan aspek
nilai, prinsip, manfaat, faktor yang berpengaruh,dan bentuk rekreasi yang
ideal sehingga memberi keuntungan bagi diri,kelompok,dan masyarakat di
sekitarnya
|
Rencana Pelaksanaan Layanan
Bimbingan dan Konseling (11)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi
|
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman
|
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu memilih bentuk rekreasi yang paling
efektif sehingga memperoleh manfaat bagi perkembangan sosialisasi, kesehatan
jiwa dan raganya, serta bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya
|
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a
|
Memahami pola rekreasi sehingga dapat memilih
pola yang paling tepat dalam berekreasi
|
b
|
Mengenal sejarah rekreasi sehingga dapat
melakukan rekreasi secara bijak
|
||
c
|
Memaknai nilai-nilai rekreasi sehingga bermanfaat
bagi kehidupannya
|
||
d
|
Memahami prinsip-prinsip rekreasi sehingga dapat
memantapkan diri untuk melakukan rekreasi yang paling efektif
|
||
e
|
Merasakan manfaat rekreasi bagi kesehatan jiwa
dan raga, pergaulan dengan sesama
remaja, serta masyarakat di sekitarnya
|
||
f
|
Mengenal faktor-faktor rekreasi remaja sehingga
dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan pola / bentuk rekreasi yangakan
dipilihnya
|
||
Mengenal bentuk-bentuk rekreasi remaja dan
memanfaatkannya secara efektif dan efisien
|
|||
Membuat perencanaan rekreasi
bersama teman-teman sebaya / kelompok yang mempertimbangkan aspek
nilai, prinsip, manfaat, faktor yang berpengaruh,dan bentuk rekreasi yang
ideal sehingga memberi keuntungan bagi diri,kelompok,dan masyarakat di
sekitarnya
|
|||
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Semua Siswa Kelas XI
|
|
H
|
Materi Layanan
|
Rekreasi Remaja
|
|
a
|
Pengertian dan Pola Rekreasi
|
||
b
|
Sejarah Rekreasi
|
||
c
|
Nilai-nilai Rekreasi
|
||
d
|
Prinsip-Prinsip Rekreasi
|
||
e
|
Manfaat Rekreasi
|
||
f
|
Faktor-faktor Rekreasi Remaja
|
||
g
|
Bentuk-bentuk Rekreasi
|
||
h
|
Merencanakan Rekreasi Kelompok
|
||
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang
Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
|
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
||
K
|
Semester
|
2 / Genap
|
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
|
M
|
Pihak yang Dilibatkan
|
Panitia Karyawisata / Dll (menyesuaikan)
|
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Gambar / tayangan tentang kegiatan rekreasi
/Skema Rekreasi / Dll (menyesuaikan)
|
|
O
|
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
|
a
b
|
Evaluasi
diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan
konseling
Pendampingan
secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan
(menyesuaikan )
|
Mengetahui ................................................
Kepala Sekolah Koordinator
Pembimbing Guru
Pembimbing
Staf
Kurikulum
....................................... ................................................ ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (12)
Sekolah : SMA ............................................. Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan :
Bimbingan dan Konseling Semester : 2 ( Genap )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
-
Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan
cara hidup bebas dari kebiasaan korup dalam bentuk apapun
-
Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat
diterima oleh masyarakat dengan cara bersikap sebagai remaja yang anti
korupsi
|
Kompetensi Dasar è
|
Siswa menyadari perlunya sikap
anti korupsi dalam bentuk apapun dan menjalankan sikap itu dalam kehidupan
sehari-hari
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis Layanan
|
Bidang Bimbingan
|
Fungsi Layanan
|
Remaja Anti Korupsi
|
Informasi
|
- Pribadi
- Sosial
|
Pencegahan
|
|
|
Prihatin dengan banyaknya kejadian tindakan
korupsi di berbagai tempat atau situasi
|
|||
|
Mengenal pengertian dan indikator korupsi
sehingga dapatmenganalisa tentang tindak korupsi yang terjadi di lingkungan
hidupnya
|
|||
|
Mengenal berbagi jenis tindakan korupsi yang
biasa terjadi sehingga mau menghindari tindakan korupsi yang terjadi
|
|||
|
Membangun
sikap anti korupsi dengan cara tidak ikut-ikut bertindak dan bersikap korup
dalam bentuk yang paling sederhana sekalipun
|
|||
|
Menjadi
remaja yang anti korupsi sebagai bentuk cinta terhadap tanah air dengan
menjadi pribadi yang jernih dan terbebas dari tindak kejahatan yang merugikan
diri, orang lain, Negara dan melukai hati Tuhan
|
Alokasi
Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh
Guru Pembimbing dan dikembangkan lagi
dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan
Bimbingan dan Konseling (12)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi
|
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pencegahan
|
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa menyadari
perlunya sikap anti korupsi dalam bentuk apapun dan menjalankan sikap
itu dalam kehidupan sehari-hari
|
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a
|
Prihatin dengan banyaknya kejadian tindakan korupsi
di berbagai tempat atau situasi
|
b
|
Mengenal pengertian dan indikator korupsi
sehingga dapatmenganalisa tentang tindak korupsi yang terjadi di lingkungan
hidupnya
|
||
c
|
Mengenal berbagi jenis tindakan korupsi yang
biasa terjadi sehingga mau menghindari tindakan korupsi yang terjadi
|
||
d
|
Membangun sikap anti korupsi dengan cara tidak
ikut-ikut bertindak dan bersikap korup dalam bentuk yang paling sederhana
sekalipun
|
||
e
|
Menjadi remaja yang anti korupsi sebagai bentuk
cinta terhadap tanah air dengan menjadi pribadi yang jernih dan terbebas dari
tindak kejahatan yang merugikan diri, orang lain, Negara dan melukai hati
Tuhan
|
||
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas XI
|
|
H
|
Materi Layanan
|
||
a
|
Remaja Anti Korupsi
|
||
b
|
Korupsi di Sekitar Kita
|
||
c
|
Pengertian dan Indikator Korupsi
|
||
d
|
Jenis Tindakan Korupsi
|
||
e
|
Membangun Sikap Anti Korupsi
|
||
f
|
Remaja Anti Korupsi
|
||
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang
Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
|
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
||
K
|
Semester
|
2 / Genap
|
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
|
M
|
Pihak yang Dilibatkan
|
Penegak Hukum / Dll (menyesuaikan)
|
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Brosur Gerakan Anti Korupsi / Data-data dari ICW
(Internet) / Dll (menyesuaikan )
|
|
O
|
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
|
a
b
|
Evaluasi
diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan
konseling
Pendampingan
secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan
(menyesuaikan )
|
Mengetahui ................................................
Kepala Sekolah Koordinator
Pembimbing Guru
Pembimbing
Staf
Kurikulum
....................................... ................................................ ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (13)
Sekolah : SMA ............................................. Kelas : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan :
Bimbingan dan Konseling Semester : 2 ( Genap )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan è
|
-
Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang
kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi dengan
cara menjadi remaja yang mandiri
-
Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat
diterima oleh masyarakat dengan menjadi remaja yang mandiri
|
Kompetensi Dasar è
|
Siswa mampu mengupayakan diri menjadi remaja yang mandiri
|
Materi Layanan
|
Indikator / Tujuan Layanan
|
Jenis Layanan
|
Bidang Bimbingan
|
Fungsi Layanan
|
Remaja Mandiri
|
Informasi
|
- Pribadi
- Sosial
|
- Pemahaman
- Pemeliharaan &
Pengembangan
|
|
|
Menjadi remaja yang memahami kodratnya sebagai manusia
|
|||
|
Mengembangkan jiwa kemandirian dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
|
Memahami proses perkembangan kemandirian
|
|||
|
Menyadari bahwa kemandirian
itu berhubungan dengan kebutuhan psikologis remaja
|
|||
|
Berusaha mewujudkan menjadi
diri yang memiliki cirri-ciri pribadi mandiri
|
Alokasi
Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh
Guru Pembimbing dan dikembangkan lagi
dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan
Bimbingan dan Konseling (13)
A
|
Judul Layanan
|
Bimbingan dan Konseling
|
|
B
|
Jenis Layanan
|
Informasi
|
|
C
|
Bidang Bimbingan
|
Pribadi dan Sosial
|
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman, Pemeliharaan dan Pengembangan
|
|
E
|
Tujuan Layanan
|
Siswa mampu mengupayakan diri menjadi remaja
yang mandiri
|
|
F
|
Hasil yang Ingin Dicapai
|
a
|
Menjadi remaja yang memahami kodratnya sebagai manusia
|
b
|
Mengembangkan jiwa kemandirian dalam kehidupan sehari-hari
|
||
c
|
Memahami proses perkembangan kemandirian
|
||
d
|
Menyadari bahwa kemandirian itu berhubungan dengan kebutuhan psikologis
remaja
|
||
e
|
Berusaha mewujudkan menjadi diri yang memiliki cirri-ciri pribadi mandiri
|
||
G
|
Sasaran Kegiatan
|
Siswa SMA Kelas XI
|
|
H
|
Materi Layanan
|
Remaja Mandiri
|
|
a
|
Kodrat Manusia
|
||
b
|
Kemandirian
|
||
c
|
Proses Perkembangan Kemandirian
|
||
d
|
Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologis Remaja
|
||
e
|
Ciri-ciri Pribadi Mandiri
|
||
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang
Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
|
|
J
|
Waktu / Tanggal
|
||
K
|
Semester
|
2 / Genap
|
|
L
|
Penyelenggara Layanan
|
Guru Pembimbing
|
|
M
|
Pihak yang Dilibatkan
|
Pengusaha / Wiraswastawan / Dll
(menyesuaikan)
|
|
N
|
Alat dan Perlengkapan
|
Skema Hidup Mandiri / Gambar atau tayangan kisah
remaja yang sukses / Dll (menyesuaikan)
|
|
O
|
Rencana
Penilaian dan Tindak Lanjut
|
a
b
|
Evaluasi
diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan
konseling
Pendampingan
secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan
(menyesuaikan )
|
Mengetahui ................................................
Kepala Sekolah Koordinator
Pembimbing Guru
Pembimbing
Staf
Kurikulum
....................................... ................................................ ................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar