Jumat, 20 Juli 2018

RPP K13 Revisi Bahasa Ibggris Kls 8


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Satuan Pendidikan      : SMP Negeri 1 Bakongan
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Smester             : VIII/I ( satu )
Tema                           :
Teks lisan dan tulis untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman,

menghargai kinerja yang baik, dan meminta / mengungkapkan pendapat serta responsnya

Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit



  1. Kompotensi Inti

KI.1
Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
KI.2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4
Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapain Kompetensi

1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
3.1
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1
Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

  1. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat :

        1. Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
        2. Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

  1. Materi Pembelajaran

Teks lisan dan tulis untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta / mengungkapkan pendapat serta responsnya

 Fungsi sosial

Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman

Struktur  teks

Ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya

  1. Ungkapan Meminta Perhatian:

  • Excuse me.
    Yes, please                                                              
  • Attention, please!
    All right.

  1. Mengecek Pemahaman:

  • It’s good, isnt’it?
    Yes, it is.
  • Is it clear?
    It.is.
  • Do you understand?
    Yes, I do.

  1. Menghargai kinerja yang baik

  • That’s great.
    Thank you.
  • It’s beautiful.
    Thanks.
  • Excelent!
    Thanks a lot.

  1. Meminta/mengungkapkan pendapat

  • Do you think it is good?
    Yes, I think so
    I don’t think so
  • What do you think of it?
    I think it’s too ….

Unsur kebahasaan

Ucapan, tekanan kata, intonasi, kosakata dan tata bahasa.

Topik

Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas



  1. Metode Pembelajaran

Metode                 : Saintifik, PBL ( Problem Based Learning ).



  1. Sumber Belajar.

  • Buku Teks wajib




  1. Media Pembelajaran.

1.    CD Pembelajaran

2.    Presentasi Powerpoint

3.    Alat dan bahan

-       LCD Projektor



  1. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran.

  1. Pendahuluan (15 Menit )

  1. Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran dengan kebersihan kelas, berdoa, absensi.
  2. Guru memotivasi peserta didik dengan menunjukan gambar kemudian menanyakan gambar tersebut kepada peserta didik.
  3. Guru memberi informasi tentang kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

  1. Kegiatan Inti ( 50 )

Mengamati

  • Siswa mendengarkan/menonton interaksi meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta/ mengungkapkan pendapat serta responsnya.
  • Siswa mengikuti interaksi meminta perhatian, mengecek pemahaman,  menghargai kinerja yang baik, dan meminta/ mengungkapkan pendapat, serta responsnya.
  • Siswa menirukan model interaksi meminta perhatian, mengecek pemahaman,  menghargai kinerja yang baik, dan meminta/ mengungkapkan pendapat, serta responsnya.
  • Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta/ mengungkapkan pendapat serta responsnya. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur bahasa)

Menanya

Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan perbedaan antar berbagai ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman,  menghargai kinerja yang baik, dan meminta/ mengungkapkan pendapat  serta responsnya dalam berbagai konteks

Mengeksplorasi

Siswa meminta perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, meminta /mengungkapkan pendapat serta responsnya menggunakan  Bahasa Inggris  dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur

Mengasosiasi

  • Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis fungsi sosial, makna dan fungsi ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta / mengungkapkan pendapat serta responsnya, struktur teks, dan  unsur kebahasaan, serta format penulisannya.
  • Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.

Mengomunikasikan

  • Siswa meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik,dan meminta/mengungkapkan pendapat dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
  • Siswa menulis jurnal untuk  mengungkapkan pengalaman  yang  mereka peroleh selama pembelajaran, hal-hal yang sulit dan mudah dipelajari dan strategi yang sudah atau akan dilakukan untuk mengatasinya



  1. Penutup.

  • Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  • Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan.
  • Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang


  1. Penilaian

      1. Sikap Spiritual

  • Teknik : Penilaian antarteman
  • Bentuk Instrumen :

Pedoman Evaluasi Antar Teman

Nama : ……………………………

Teman yang dinilai : ……………..



Sikap/Nilai
Butir Instrumen
Rubrik Penilaian
SL
SR
KD
TP
sikap beriman dan bertakwa dalam kehidupan masyarakat.

a.    Melaksanakan ibadah tepat waktu
b.    Melaksanakan sholat berjamaah dengan tertib
c.    Berdoa sebelum belajar dengan khusyu
d.   Berdoa setelah belajar dengan khusyu
e.    Memperingati hari besar agama







      1. Sikap Sosial

  • Teknik : Observasi
  • Bentuk Instrumen : Pedoman observasi Toleransi

Instrumen Penilaian Observasi

Nama Peserta didik : …………………………

Kelas                        : ………………………..

Materi Pokok           : Toleransi keberagaman

Periode Penilaian     : .........................................



No
Pernyataan
RUBRIK
SL
SR
KD
TP
1
Menghargai teman yang berbeda ras




2
Tidak menghina teman yang berbeda jenis kelamin




3
Dapat menerima kelemahan orang lain




4
Memaafkan kesalahan orang lain




5
Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman ras dan gender




Jumlah





    

Petunjuk Penskoran :

Keterangan penskoran

Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :




Contoh :

Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :


Peserta didik memperoleh nilai :

Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00

Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19

Cukup                         : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79

Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40



      1. Pengetahuan

  • Teknik : Test Tulisan
  • Bentuk Instrumen : Uraian

      1. Keterampilan

  1. Teknik penilaian  :

  • Penilaian portofolio
  • penilaian kinerja

  1. Bentuk Instrumen : Rubrik penilaian portofolio, rubric penilaian diskusi

RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO

  1. Indikator Penilaian 

        1. Menunjukkan karakteristik ras dalam masyarakat
        2. Menunjukkan karakteristik gender dalam masyarakat
        3. Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang permasalahan tentang  keberagaman ras dan gender
        4. Menyusun portofolio tayangan tentang permasalahan keberagaman ras dan gender.
        5. Mempresentasikan tulisan tentang tentang  keberagaman ras dan gender


  1. Rubrik penilaian portofolio

No
Nama kelompok
Aktivitas dalam Pembelajaran
Jumlah skor



Penentuan
Kelangkapan informasi
Bahan tayang
Isi laporan
Penggunaan bahasa

Skor/nilai






















Jumlah skor
Konversi
Predikat
Keterangan

100
90-99
80-89
70-79
60-69
50-59
3,67 – 4,00
3,34 – 3,66
3,01 – 333
2,67 – 3,00
2,34 – 2,66
2,01 – 2,33
A
A-
B+
B
B-
C+
SANGAT BAIK
SANGAT BAIK
BAIK
BAIK
CUKUP
CUKUP




RUBRIK PENILAIAN DISKUSI DAN PRESENTASI



No
Nama Peserta  Didik
Aktivitas dalam Pembelajaran
Skor Total
Kerjasama
Presentasi
Menanggapi
Bertanya

Menanggapi
Menghargai Pendapat
Inisiatif
Skor/Nilai






















Petunjuk Penskoran

Jumlah skor
Konversi
Predikat
Keterangan
100
90-99
80-89
70-79
60-69
50-59
3,67 – 4,00
3,34 – 3,66
3,01 – 333
2,67 – 3,00
2,34 – 2,66
2,01 – 2,33
A
A-
B+
B
B-
C+
SANGAT BAIK
SANGAT BAIK
BAIK
BAIK
CUKUP
CUKUP



Mengetahui,                                                                Bakongan,     Juli 2014

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris











MAISARAH                                                              MISWAR

NIP. 19580213 198012 1 001                                                NIP.




untuk lengkapnya silakan kirim E-mail ke alamat kallamaggala@gmail.com

Tidak ada komentar: