RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX/I
Materi Pokok : Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi
Alokasi waktu : 4 Jam Pelajaran (2 Pertemuan)
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar
- Indikator Pencapaian Kompetensi
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat), dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.1 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
- Menunjukkan rasa syukur atas kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
- Menunjukkan perilaku santun saat menggunakan ungkapan ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responnya
- Menunjukkan perilaku peduli dengan tidak segan memberikan ucapan yang mengandung harapan atau selamat atas suatu kebahagian atau prestasi
- Menggunakan struktur teks yang tepat untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
- Menggunakan unsur kebahasaan yang tepat untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
- Menulis ucapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat
- Melakukan dialog sederhana yang mengungkapkan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat
- Materi Pembelajaran
Salam dan berdoa.
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun dan peduli.
Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
Unsur kebahasaan
Contoh dialog yang menggunakan ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat
Penyajian situasi yang memerlukan penggunaan ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi
|
- MetodePembelajaran
- Kegiatan Pembelajaran
- Tanya jawab
- Diskusi
Pertemuan Pertama: (2 JP)
Keigiatan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
10 menit
|
|
Inti
|
Peserta Didik
|
Pendidik
|
60 menit
|
Mengamati
Menanya
MengumpulkanInformasi
|
|
||
Penutup
|
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua: 2 JP
Kegi
atan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
|
Inti
|
Guru
|
Peserta Didik
|
60 menit
|
Mengasosiasi
Mengomunikasikan
|
|
||
Penutup
|
|
10 menit
|
- Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
- Teknik Penilaian : Observasi (sikap), testertulis (pengetahuan),dan unjuk kerja (keterampilan)
- Instrumen penilaian
- Penilaian Sikap (tanggung jawab, peduli, kerjasama, cinta damai)
- PenilaianPengetahuan.
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Tanggung jawab
|
Sangat sering menunjukkan sikap Tanggung jawab
|
5
|
Sering menunjukkan sikap Tanggung jawab
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukkan sikap Tanggung jawab
|
3
|
||
Jarang menunjukkan sikap Tanggung jawab
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukkan sikap Tanggung jawab
|
1
|
||
2
|
Peduli
|
Sangat sering menunjukkan sikap peduli
|
5
|
Sering menunjukkan sikap peduli
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukkan sikap peduli
|
3
|
||
Jarang menunjukkan sikap peduli
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukkan sikap peduli
|
1
|
||
3
|
Kerjasama
|
Sangat sering menunjukkan sikap kerjasama
|
5
|
Sering menunjukkan sikap kerjasama
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukkan sikap kerjasama
|
3
|
||
Jarang menunjukkan sikap kerjasama
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukkan sikap kerjasama
|
1
|
||
4
|
Cinta damai
|
Sangat sering menunjukkan sikap cinta damai
|
5
|
Sering menunjukkan sikap cinta damai
|
4
|
||
Beberapa kali menunjukkan sikap cinta damai
|
3
|
||
Jarang menunjukkan sikap cinta damai
|
2
|
||
Tidak pernah menunjukkan sikap cinta damai
|
1
|
Choose the correct answer by crossing A, B, C, or D.
- Siti :
Edo :
Lina :
A. I don C. I think so
B. I agree with you D. Its a good idea
2.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1.
|
Intonation
|
Nyaris tidak ada kesalahan
|
4
|
Ada beberapa kesalahan tetapi tidak mengganggu makna
|
3
|
||
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
|
2
|
||
Ada banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
1
|
||
2.
|
Fluency
|
Mampu mengucapkan dengan sangat lancar
|
4
|
Mampu mengucapkan dengan cukup lancar
|
3
|
||
Mampu mengucapkan dengan kurang lancar
|
2
|
||
Mampu mengucapkan dengan tidak lancar
|
1
|
||
3.
|
Pronunciation
|
Nyaris tidak ada kesalahan
|
4
|
Ada beberapa kesalahan tetapi tidak mengganggu makna
|
3
|
||
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
|
2
|
||
Ada banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
1
|
c.2. Keterampilan (tulis)
soal:
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
(dalam proses)
4. Kunci dan Pedoman Penskoran
- Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
- Media/Alat
- Bahan
- Sumber Belajar:
Screen, laptop/komputer, LCD, whiteboard, boardmarker, etc.
Gambar, slide, video, flashcard, text script, etc.
Buku Paket Bahasa Inggris kelas IX Think Globally Act Locally
Mengetahui: Sukabumi, Juli 2015
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Yuli Nuriskandar, S.Pd
Untuk lengkapnya silakan kirim E-mail ke alamat kallamanggala@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar