Jumat, 20 Juli 2018

RPP K13 Revisi Bahasa Inggris SMP Kls 7 2018/2019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

                                                                                                                          

Satuan Pendidikan                  : SMP Negeri 4 Cisompet

Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris

Kelas/Semester                        :  VII/1

Materi Pokok                          :  sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan

   maaf

Alokasi Waktu                        :  6 pertemuan (12 x 40 menit)







  1. KOMPETENSI INTI


KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

                       

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN:



Siswa terampil menggunakan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf untuk melakukan komunikasi interpersonal dengan struktur teks yang runtut dan dengan unsur kebahasaan yang benar; dilandasi dengan semangat belajar yang tinggi, santun dan peduli.





  1. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR


  • KOMPETENSI DASAR

1.1
:
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1
:
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.1
:
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1
:
Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

  • INDIKATOR

  1. Bersikap santun, peduli dan semangat dalam mempelajari ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.
  2. Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan mengenai sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.
  3. Mempresentasikan dialog sederhana tentang ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.





  1. MATERI PEMBELAJARAN

UNGKAPAN SAPAAN, PAMITAN, UCAPAN TERIMAKASIH, dan  PERMINTAAN MAAF

  • Fungsi sosial

Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman

  • Struktur teks

(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)

  1. Good morning. How are you?, Fine, thank you. And you? dan semacamnya
  2. Goodbye. Bye. See you later. See you. Take care., dan semacamnya
  3. Thank you. You are welcome., dan semacamnya

  • Unsur kebahasaan
    Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
  • Topik
    Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.

PERTEMUAN KE-1-2 : Ungkapan Sapaan




PERTEMUAN KE-3-4 : Ungkapan Pamitan




Oval Callout: Thank you, doc.PERTEMUAN KE-5 : Ucapan Terima Kasih

Oval Callout: You are welcome





PERTEMUAN KE-6 : Permintaan Maaf

Oval Callout: I am sorry.Oval Callout: Do not feed the cow!





  1. METODE PEMBELAJARAN:

Scientific Learning

  1. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

NO
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
1.
Pendahuluan
a.    Mengucapkan salam dan berdoa.
b.    Memberikan motivasi dan apersepsi.
c.    Menginformasikan tujuan pembelajaran.


2.
Inti
a.    Mengamati
·      Siswa mendengarkan/ menonton interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
·      Siswa mengikuti interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.
·      Siswa menirukan model interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).

b.   Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.

c.    Mengeksplorasi
Siswa menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

d.   Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·      Siswa membandingkan antar ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.

e.    Mengkomunikasikan
·      Siswa menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, merminta maaf dan memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·      Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, meminta maaf dan memperkenalkan diri dalam jurnal belajar (learning journal).



3.
PENUTUP
a.    Siswa ditanya perasaannya setelah mengikuti pembelajaran (Refleksi).
b.    Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
c.    Siswa diminta membuat kesimpulan dari materi pembelajaran.
d.   Siswa diberikan tugas untuk pembelajaran berikutnya.
e.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.







  1. MEDIA PEMBELAJARAN:

  • Audio/Video tentang materi pembelajaran





  1. SUMBER BELAJAR

  • “Bahasa Inggris; When English Rings the Bell kelas VII SMP, Kemendikbud, 2013”.
  • Lingkungan sosial sekolah atau siswa.





  1. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN


      1. KINERJA (praktik)

Memperagakan ungkapan – ungkapan mengenai materi secara individu maupun berpasangan.



      1. Observasi: 

Penilaian untuk tujuan memberi umpan balik. Sasaran penilaian

  • Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
  • Perilaku yang  dilandasi sikap jujur, disiplin, kerjasama, percaya diri, dan bertanggung jawab, dalam melaksanakan komunikasi



Mengetahui,                                                                Cisompet,     Juli 2014

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris











Jijim Rustaman,S.Pd.,M.Pd                                                 Resa Silvia A,S.Pd
NIP. 196301251984121001  


Untuk lengkapnya silakan kirim E-mail ke kallamanggala@gmail.com

Tidak ada komentar: