RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 4 Cisompet
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Materi
Pokok : sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan
permintaan
maaf
Alokasi
Waktu : 6 pertemuan (12 x 40 menit)
- KOMPETENSI INTI
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
- TUJUAN PEMBELAJARAN:
Siswa terampil
menggunakan ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan
permintaan maaf untuk melakukan komunikasi
interpersonal dengan struktur teks yang runtut dan dengan unsur kebahasaan yang
benar; dilandasi dengan semangat belajar
yang tinggi, santun dan peduli.
- KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
- KOMPETENSI DASAR
1.1
|
:
|
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
|
2.1
|
:
|
Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
3.1
|
:
|
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.1
|
:
|
Menyusun teks
lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
- INDIKATOR
- Bersikap santun, peduli dan semangat dalam mempelajari ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.
- Menjelaskan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan mengenai sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.
- Mempresentasikan dialog sederhana tentang ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.
- MATERI PEMBELAJARAN
UNGKAPAN SAPAAN, PAMITAN, UCAPAN TERIMAKASIH,
dan PERMINTAAN MAAF
- Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan
teman
- Struktur teks
(ungkapan hafalan,
tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
- Good morning. How are you?, Fine, thank you. And you? dan semacamnya
- Goodbye. Bye. See you later. See you. Take care., dan semacamnya
- Thank you. You are welcome., dan semacamnya
- Unsur kebahasaanKosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
- TopikBerbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
PERTEMUAN
KE-1-2 : Ungkapan Sapaan
|
|
|
|
PERTEMUAN
KE-3-4 : Ungkapan Pamitan
|
|
PERTEMUAN KE-5 : Ucapan Terima
Kasih
|
PERTEMUAN
KE-6 : Permintaan Maaf
|
- METODE PEMBELAJARAN:
Scientific Learning
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
1.
|
Pendahuluan
|
a.
Mengucapkan salam dan berdoa.
b.
Memberikan motivasi dan apersepsi.
c.
Menginformasikan tujuan pembelajaran.
|
|
2.
|
Inti
|
a. Mengamati
·
Siswa mendengarkan/ menonton interaksi sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
·
Siswa mengikuti interaksi sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf.
·
Siswa menirukan model interaksi sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf.
·
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri interaksi sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan
permintaan maaf (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
b. Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan antar berbagai ungkapan sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
c. Mengeksplorasi
Siswa menyapa, berpamitan,
mengucapkan
terimakasih, dan meminta maaf dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
d. Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan sapaan, pamitan,
ucapan terimakasih, dan permintaan maaf yang telah dipelajari dengan yang ada
di berbagai sumber lain.
·
Siswa membandingkan antar ungkapan sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf dalam bahasa Inggris dan
dalam bahasa siswa.
e. Mengkomunikasikan
·
Siswa menyapa, berpamitan, mengucapkan
terimakasih, merminta maaf dan memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris, di
dalam dan di luar kelas.
·
Siswa menuliskan permasalahan dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk menyapa, berpamitan, mengucapkan
terimakasih, meminta maaf dan memperkenalkan diri dalam jurnal belajar (learning journal).
|
|
3.
|
PENUTUP
|
a.
Siswa ditanya perasaannya setelah mengikuti
pembelajaran (Refleksi).
b.
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman
siswa terhadap materi pembelajaran.
c.
Siswa diminta membuat kesimpulan dari materi
pembelajaran.
d.
Siswa diberikan tugas untuk pembelajaran berikutnya.
e.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
|
- MEDIA PEMBELAJARAN:
- Audio/Video tentang materi pembelajaran
- SUMBER BELAJAR
- “Bahasa Inggris; When English Rings the Bell kelas VII SMP, Kemendikbud, 2013”.
- Lingkungan sosial sekolah atau siswa.
- PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
- KINERJA (praktik)
Memperagakan
ungkapan – ungkapan mengenai materi secara individu maupun
berpasangan.
- Observasi:
Penilaian untuk
tujuan memberi umpan balik. Sasaran
penilaian
- Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
- Perilaku yang dilandasi sikap jujur, disiplin, kerjasama, percaya diri, dan bertanggung jawab, dalam melaksanakan komunikasi
Mengetahui, Cisompet, Juli 2014
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Bahasa
Inggris
Jijim Rustaman,S.Pd.,M.Pd Resa Silvia A,S.Pd
NIP. 196301251984121001
Untuk lengkapnya silakan kirim E-mail ke kallamanggala@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar