Jumat, 16 Januari 2015

English 900 Part 8



Talking about past possibilities = Bicara tentang kemungkinan masa lalu.
676
What would you have done last night if you hadn’t had to study?
Apa yang sedianya telah kamu mau lakukan tadi malam jika kamu tidak harus belajar?
677
I would have gone on the picnic if it hadn’t rained.
Saya sedianya sudah mau pergi berdarmawisata jika waktu itu tidak hujan.
678
If you had gotten up earlier, you would have had time for breakfast.
Jika kamu bangunnya lebih dini, kamu sedianya punya waktu untuk sarapan.
679
If I had had time, I would have called you.
Kalau saya ketika itu ada waktu, saya sedianya sudah menelpon kamu.
680
Would he have seen you if you hadn’t waved to him?
Apa ia tadinya akan melihat kamu jika kamu tidak melambai-lambai padanya?
681
If he had only had enough money, he would have bought that house.
Jika saja ia punya uang cukup, ia sedianya sudah membeli rumah itu.
682
I wish you had called me back the next day, as I had asked you to.
Saya ingin kamu balik menelpon saya keesokan harinya, seperti yang saya minta padamu.
683
If you hadn’t slipped and fallen, you wouldn’t have broken your leg.
Jika kamu tadinya tidak terpeleset dan jatuh, kamu tidak akan patah kakinya.
684
If I had known you wanted to go, I would have called you.
Jika saya tadinya tahu kamu mau pergi, kamu sudah saya telpon.
685
Had I known you didn’t have a key, I wouldn’t have locked the door.
Sekiranya saya tadinya tahu kamu tidak membawa kunci, saya tidak akan mengunci pintunya.
686
She would have gone with me, but she didn’t have time.
Ia sedianya sudah akan pergi dengan saya, tapi ia tidak punya waktu.
687
If I had asked for directions, I wouldn’t have gotten lost.
Jika saya tadinya bertanya arah-arah kemana jalannya, saya tidak akan tersesat.
688
Even if we could have taken a vacation, we might not have wanted to.
Bahkan jika tadinya kami bisa mengambil cuti, mungkin saja kami tidak menginginkannya.
689
Everything would have been all right, if you hadn’t said that.
Segala sesuatu tadinya akan baik-baik saja, jika itu tidak kamu katakan.
690
Looking back on it, I wish we hadn’t given in so easily.
Melihat kembali akan hal itu, saya maunya kita tadinya jangan begitu mudah menyerah.

Asking about likes and dislikes = Menanyakan tentang yang disenangi
dan yang tidak disenangi.
691
What is it you don’t like about winter weather?
Apanya yang kamu tidak senangi tentang cuaca musim dingin?
692
I don’t like it when the weather gets real cold.
Saya tidak menyenangi bila hawanya jadi betul-betul dingin.
693
I can’t stand summer weather.
Saya tidak tahan cuaca musim panas.
694
The thing I don’t like about driving is all the traffic on the road.
Hal yang saya tidak senangi tentang berkendaraan adalah segala lalu lintas di jalan raya.
695
He doesn’t like the idea of going to bed early.
Ia tidak menyukai pikiran cepat pergi tidur.
696
I like to play tennis, but I’m not a very good player.
Saya suka main tenis, tapi saya bukan pemain yang baik sekali.
697
I don’t like spinach even though I know it’s good for me.
Saya tidak suka bayam meskipun saya tahu itu baik untuk kesehatan saya.
698
I’m afraid you’re being too particular about your food.
Saya takut kamu terlalu pemilih soal makananmu
699
He always finds fault with everything.
Ia selalu mencari-cari kesalahan mengenai segala sesuatunya.
700
She doesn’t like anything I do or say.
Ia tidak menyukai segala apa saja yang saya perbuat atau katakan.
701
You have wonderful taste in clothes.
kamu punya selera yang menakjubkan soal pakaian.
702
What’s your favorite pastime?
Apa perintang-rintang waktu yang paling kamu gemari?
703
What did you like best about the movie?
Apa yang paling kamu senangi tentang cerita filmnya.
704
I didn’t like the taste of the medicine, but I took it anyway.
Saya tidak suka rasa obatnya, tapi kendatipun begitu saya minum jua.
705
Why do you dislike the medicine so much?
Mengapa kamu sangat tidak menyukai obat?
Giving advice and opinions = Memberi nasehat dan pendapat.
706
If you want my advice, I don’t think you should go.
Jika kamu ingin nasehat saya, saya kira kamu tidak harus pergi.
707
I suggest that you tear up the letter and start over again.
Saya sarankan supaya kamu menyobek-nyobek surat itu dan memulainya lagi kembali.
708
It’s only a suggestion, and you can do that you please.
Itu hanya suatu saran, dan kamu dapat saja berbuat sesuka hatimu.
709
Let me give you a little fatherly advice.
Mari saya beri kamu nasehat kebapaan.
710
If you don’t like it, I wish you would say so.
Jika kamu tidak menyukainya, saya ingin kamu katakan saja begitu.
711
Please don’t take offense, I only wanted to tell you what I think.
Harap kamu jangan tersinggung, saya hanya ingin mengatakan padamu apa yang saya pikirkan.
712
In my opinion, the house isn’t worth the price they’re asking.
Menurut pendapat saya, nilai rumah itu kurang dari harga yang mereka minta.
713
My feeling is that you ought to stay home tonight.
Perasaan saya mengatakan bahwa kamu harusnya di rumah saja malam ini.
714
It’s none of my business, but I think you ought to work harder.
Sama sekali bukan urusan saya, tapi saya kira kamu harusnya bekerja lebih keras lagi.
715
In general, my reaction is favorable.
Pada umumnya, tanggapan saya diterima baik.
716
If you don’t take my advice, you’ll be sorry.
Jika kamu tidak terima nasehat saya, kamu akan menyesal.
717
I’ve always tried not to interfere in your affairs.
Saya sudah selalu berusaha tidak campur tangan dalam permasalahan kamu.
718
I’m old enough to make up my own mind.
Saya cukup dewasa/tua untuk menentukan sendiri pendirian saya.
719
Thanks for the advice, but this is something I have to figure out myself.
Terima kasih atas nasehatnya, tapi ini adalah sesuatu yang saya sendiri harus mengkajinya.
720
He won’t pay attention to anybody. You’re just wasting your breath.
Ia tidak mau menaruh perhatian pada ucapan-ucapan siapapun jua. Kamu bicara sia-sia saja.

Asking favors of other people = Meminta pertolongan orang lain.
721
Would you please hold the door open for me?
Maukah kamu memegang pintunya biar terbuka buat saya?
722
You’re very kind to take the trouble to help me.
Kamu baik hati sekali bersusah-payah untuk menolong saya.
723
I wish I could repay you somehow for your kindness.
Saya ingin saya bisa membalas kamu atas kebaikan hati kamu entah bagaimana caranya.
724
I’m afraid it it was a bother for you to do this.
Saya khawatir kamu terganggu melakukan ini.
725
It wasn’t any bother. I was glad to do it.
Tidak ada kerepotan apa-apa. Saya senang melakukannya.
726
There’s just one last favor I need to ask of you.
Ada satu saja pertolongan terakhir yang perlu saya mintakan dari kamu.
727
I’d be happy to help you in any way I can.
Saya senang menolong kamu sedapat mungkin.
728
Would you mind giving me a push? My car has stalled.
Tolong dorong, ya? Mobil saya mogok.
729
Would you be so kind as to open this window for me? It’s stuck.
Maukah kamu membukakan saya jendela ini? Jendelanya macet.
730
If there’s anything else I can do, please let me know.
Jika ada sesuatu lainnya yang bisa saya lakukan, tolong beritahu saya.
731
This is the last time I’ll ever ask you to do anything for me.
Ini adalah yang terakhir kali saya minta kamu berbuat sesuatunya untuk saya.
732
I certainly didn’t intend to cause you so much inconvenience.
Saya tentunya tidak bermaksud menimbulkan begitu banyak ketidak-enakan bagimu.
733
He’ll always be indebted to you for what you’ve done.
Ia akan selalu berhutang budi padamu atas apa yang telah kamu lakukan.
734
Could you lend me ten dollars? I left my wallet at home.
Apa kiranya kamu bisa pinjamkan saya sepuluh dolar? Dompet saya ketinggalan di rumah.
735
I’d appriciate it if you would turn out the lights. I’m sleepy.
Saya berterima kasih jika kamu mau mematikan lampu-lampunya. Saya mengantuk.

Making preparations to travel = Melakukan persiapan untuk melawat.
736
I didn’t realize the time had passed so quickly.
Saya tidak menyadari waktu sudah berlalu begitu cepat.
737
I’ve got a lot of things to do before I can leave.
Banyak sekali yang harus saya lakukan sebelum saya berangkat.
738
For one thing, I‘ve got to drop by the bank to get some money.
Pertama-tama, saya harus ke bank untuk mengambil uang.
739
It’ll take almost all my savings to buy the ticket.
Akan terpakai hampir seluruh tabungan saya untuk membeli karcisnya.
740
Oh, I just remembered something. I have to apply for a passport.
O, saya baru ingat sesuatu. Saya harus mengajukan permohonan untuk mendapatkan paspor.
741
I almost forgot to have the phone disconnected.
Hampir saya lupa minta putuskan sambungan telponnya.
742
It’s a good thing you reminded me to take my heavy coat.
Untunglah kamu ingatkan saya membawa baju hangat saya.
743
I never would have thought of it if you hadn’t mentioned it.
Tidak pernah terpikirkan oleh saya akan hal itu jika kamu tidak menyebutnya.
744
I’ll see you off at the airport.
Saya akan mengantarkan kamu berangkat di pelabuhan udara.
745
They’re calling your flight now. You barely have time to make it.
Mereka memanggil-manggil penerbanganmu sekarang. Kamu nyaris ketiadaan waktu untuk sampai tidak terlambat.
746
You’d better run or you’re going to be left behind.
Kamu lebih baik berlari, kalau tidak, kamu akan ditinggalkan.
747
Don’t forget to cable to let us know you arrived safely.
Jangan lupa menelegram memberitahu kami bahwa kamu telah sampai dengan selamat.
748
I’m sure I’ve forgotten something, but it’s too late now.
Pasti saya telah kelupaan sesuatu, tapi sekarang sudah terlambat.
749
Do you have anything to declare for customs?
Kamu punya sesuatu untuk dilaporkan pada pabean?
750
You don’t have to pay any duty on personal belongings.
Anda tidak harus membayar bea apapun atas barang-barang milik pribadi.



Countries and nationalities = Negara-negara dan kebangsaan.
751
What’s your nationality? Are you American?
Apa kebangsaan anda? Apakah anda orang Amerika?
752
What part of the world do you come from?
Anda datang dari belahan dunia mana?
753
I’m an American by birth.
Saya seorang kelahiran Amerika.
754
I was born in Spain, but I’m a citizen of France.
Saya lahir di Spanyol, tapi saya adalah seorang warga negara Perancis.
755
Do you know what the population of Japan is?
Apa kamu tahu berapa jumlah penduduk Jepang?
756
What’s the area of the Congo in square miles?
Berapa luasnya Konggo dalam mil persegi?
757
Who is governor of this state?
Siapa gubernur negara bagian ini?
758
According to the latest census, our population has increased.
Berdasarkan sensus terakhir, jumlah penduduk kami bertambah.
759
Politically, the country is devided into fifty states.
Secara politik, negaranya terbagi atas lima puluh negara bagian.
760
The industrial area is centered largely in the north.
Daerah perindustriannya sebagian besar terpusat disebelah utara.
761
The country is rich in natural resources. It has mineral deposits.
Negara itu kaya akan sumber-sumber alam. Ada endapan-endapan barang tambang.
762
This nation is noted for its economic stability.
Bangsa ini terkenal karena kemantapan ekonominya.
763
How old do you have to be to vote in the national elections?
Kamu harus berumur berapa untuk memberikan suara dalam pemilihan nasional?
764
Today we celebrate our day of independence. It’s a national holiday.
Hari ini kami merayakan hari kemerdekaan kami. Hari ini adalah hari libur nasional.
765
My home is in the capital. It’s a cosmopolitan city.
Rumah saya berada di ibu kota. Kotanya adalah suatu kota cosmopolitan.

Geography and land features = Ilmu bumi dan alam daratan.
766
Geographically, this country is located in the southern hemisphere.
Secara geografis, Negara ini terletak di belahan bumi selatan.
767
It’s a beautiful country with many large lakes.
Suatu Negara yang indah dengan banyak danau yang besar-besar.
768
This part of the country is very mountainous.
Bagian sebelah sini negerinya sangat bergunung-gunung.
769
The land in this region is dry and parched.
Tanah di daerah ini kering dan panas menyengat.
770
Along the northern coast there are many high cliffs.
Sepanjang pantai utara banyak batu karang yang tinggi-tinggi.
771
There are forests here, and lumbering is important.
Di sini ada hutan, dan penebangan kayu adalah penting.
772
The scenery is beautiful near the Pacific Ocean.
Pemandangannya indah dekat lautan Teduh/ Pasifik.
773
This mountain range has many high peaks and deep canyons.
Deretan gunung ini punya banyak puncak yang tinggi-tinggi dan ngarai yang dalam-dalam.
774
What kind of climate do you have? Is it mild?
Macam iklimnya seperti apa? Apakah iklimnya sedang?
775
How far is it from the shore of the Atlantic to the mountains?
Berapa jauhnya dari pantai Atlantik ke pegunungan?
776
Is the coastal plain good for farming?
Apakah dataran pesisir pantainya baik untuk pertanian.
777
What’s the longest river in the United State?
Apa sungai terpanjang di Amerika Serikat?
778
Are most of the lakes located in the north central region?
Apakah sebagian besar danau-danaunya terletak di kawasan tengah sebelah utara?
779
As you travel westward, does the land get higher?
Seraya bepergian arah ke barat, apakah daratannya semakin tinggi?
780
The weather is warm and sunny here. Do you get much rain?
Cuacanya hangat dan cerah disini. Apakah hujannya banyak?

Schools and education = Sekolah dan pendidikan.
781
Children enter school at the age of five, don’t they?
Anak-anak masuk sekolah pada usia lima tahun, kan?
782
In elementary school, the child learns to read and write.
Di sekolah dasar, anak belajar membaca dan menulis.
783
In secondary school, children get more advanced knowledge.
Di sekolah lanjutan/menengah, anak-anak memperoleh pengetahuan yang lebih lanjut.
784
In universities, students train to become teachers and engineers.
Di universitas, para mahasiswa berlatih untuk jadi guru dan ahli tehnik.
785
He went to grade school in New York and high school in Chicago.
Ia masuk sekolah dasar di New York dan sekolah lanjutan atas di Chicago.
786
In college I majored in science. What was your major?
Di sekolah tinggi saya mengambil jurusan ilmu pengetahuan alam. Apa jurusannya kamu?
787
My sister graduated from high school. Graduation was last night.
Saudara perempuan saya lulus dari sekolah lanjutan atas. Upacara penyerahan ijazahnya tadi malam.
788
I’m a graduate of Yale University. I have a Bachelor of Arts degree.
Saya lulusan Universitas Yale. Saya memperoleh tingkat Sarjana Muda.
789
If you expect to enter the university, you should apply now.
Jika kamu berharap untuk masuk universitas, Kamu harus mendaftarkan sekarang.
790
This is my first year of college. I’m a freshman.
Ini adalah tahun pertama saya berkuliah. Saya adalah mahasiswa/i tahun permulaan.
791
My uncle is a high school principal.
Paman saya adalah seorang kepala sekolah lanjutan atas.
792
What kind of grades did you make in college?
Sudah tingkat keberapa kamu di perguruan tinggi.
793
During your first year of college, did you make straight A’s?
Selama tahun pertama kamu berkuliah, apakah kamu selalu memperoleh nilai A?
794
My brother is a member of the faculty. He teaches economics.
Saudara saya adalah seorang anggota staf pengajar fakultas itu. Ia mengajarkan ilmu ekonimi.
795
John has extracurricular activities. He’s on the football team.
John punya kegiatan-kegiatan diluar kuliah. Ia anggota regu sepak bola.


Tidak ada komentar: