Jumat, 16 Januari 2015

TM CT LM dan SB



Writing letters = Menulis surat.
586
How long has it been since you’ve heard from your uncle?
Sudah ada berapa lama sejak kamu mendapat berita dari pamanmu?
587
When was the last time he wrote you?
Kapan terakhir kalinya beliau menyurati kamu?
588
I can’t recall how long it’s been.
Saya tidak dapat mengingat kembali sudah ada berapa lama.
589
I’m always disappointed when I don’t get any mail.
Saya selalu kecewa bilamana saya tidak ada kiriman pos.
590
I feel guilty because I haven’t written her lately.
Saya merasa bersalah karena saya sudah tidak menulis surat lagi padanya akhir akhir ini.
591
What time is the mail delivered on Saturday?
Jam berapa kiriman posnya diantarkan pada hari Sabtu?
592
The postman always comes at 2 o’clock.
Pak pos selalu datang pada jam 2:00
593
I wrote to my uncle last night. I couldn’t put it off any longer.
Tadi malam saya menyurati paman saya. Saya sudah tidak bisa lagi menundanya lebih lama.
594
I enclosed some photographs to my letter.
Saya sertakan beberapa lembar foto dalam surat saya.
595
I didn’t know wether to send the letter airmail or not.
Saya tidak tahu apakah mau mengirimkan suratnya dengan pos udara atau tidak.
596
How long does it take for a letter to get to California?
Berapa lama makan waktu sampainya surat ke California?
597
Don’t forget to put stamps on the letter before you mail it.
Jangan lupa membubuhi perangko pada suratnya sebelum kamu memposkannya.
598
He went to the post office to mail a letter.
Ia pergi ke kantor pos mau memposkan surat.
599
I dropped the letter in the mailbox on the corner.
Saya memasukkan surat itu ke dalam kotak pos di pojok jalan.
600
How did you sign the letter? Did you write, “Sincerely yours”?
Bagaimana kamu mengakhiri suratnya? Apakah kamu menuliskan “Sincerely Yours”?

Telling about past experiences = Bercerita tentang pengalaman terdahulu.
601
A strange thing happened to me this morning.
Sesuatu hal yang aneh menimpa diri saya tadi pagi.
602
I was crossing the street and was almost hit by a car.
Saya sedang menyebrangi jalan dan hampir saja ditabrak mobil.
603
Fortunately, I jumped back in the time to avoid being hit.
Untung saya loncat ke belakang tepat pada waktunya untuk menghindari ditabrak.
604
It was a terrible experience and I won’t forget it.
Suatu pengalaman yang mengerikan dan saya tidak akan melupakannya.
605
Yesterday was such a beautiful day, we decided to go for a drive.
Kemarin adalah hari yang begitu indah sehingga kami putuskan berkeliling naik mobil.
606
We prepared a picnic lunch and drove down by the river.
Kami mempersiapkan makan siang untuk piknik dan berkedaraan menyusuri tepi sungai.
607
After a while, we found a shady place under some poplar trees.
Tidak lama kemudian, kami menemukan suatu tempat teduh di bawah beberapa pohon populir.
608
On the way back home, we had a flat tired.
Dalam perjalanan pulang ke rumah, ban mobil kami kempes.
609
It was after dark when we got back, and we were all tired.
Hari sudah malam ketika kami sampai kembali ke rumah, dan kami semuanya lelah.
610
I wish you would give me a more detailed description of your trip.
Alangkah baiknya jika kamu memberi saya gambaran yang lebih rinci mengenai tamasyamu.
611
Speaking of trips, did I ever tell you about the experience I had?
Bicara soal tamasya, apa pernah saya menceritakan pada kamu tentang pengalaman yang saya peroleh?
612
We used to have a lot of fun when we were that age.
Kami dulu biasanya banyak bergembira ketika kami seumur itu.
613
I can’t recall the exact circumtances.
Saya tidak dapat mengingat kembali keadaan sebenarnya yang persis.
614
I never realized that someday I would be living in New York.
Tidak pernah saya sadari bahwa pada suatu hari kelak saya akan bermukim di New York.
615
We never imagined that John would become a doctor.
Kami tidak pernah membayangkan bahwa John akan jadi dokter.

Asking about furniture and places to live = Menanyakan tentang
perabot rumah tangga dan tempat untuk dihuni.
616
We’re looking for a house to rent for the summer.
Kami mencari rumah untuk disewa selama musim panas.
617
Are you trying to find a furnished house?
Apakah kamu berusaha mendapatkan rumah berikut perabotnya?
618
This split-level house is for rent. It’s a bargain.
Rumah yang permukaan lantainya tinggi-rendah ini mau disewakan. Sewanya murah.
619
That house is for sale. It has central heating.
Rumah itu mau dijual. Ada pusat pemanasannya.
620
We have a few kitchen things and a dinning room set.
Kami punya beberapa barang dapur dan seperangkat peralatan ruang makan.
621
This is an interesting floor plan. Please show me the basement.
Ini adalah suatu perencanaan lantai yang menarik hati. Tolong tunjukkan saya ruangan bawah tanahnya.
622
The roof has leaks in it, and the front steps need to be fixed.
Atapnya bocor-bocor, dan anak-anak tangga depan perlu diperbaiki.
623
We’ve got to get a bed and a dresser for the bedroom.
Kami harus mendapatkan sebuah tempat tidur dan sebuah lemari rak-laci untuk kamar tidur.
624
Does the back door have a lock on it?
Apakah pintu belakang ada kuncinya?
625
They’ve already turned on the electricity. The house is ready.
Mereka sudah menyalakan listriknya. Rumahnya sudah siap huni.
626
I’m worried about the appearance of the floor. I need to wax it.
Saya risau akan rupa lantainya. Kami perlu mengkilapkannya.
627
If you want a towel, look in the linen closed.
Kalau kamu mau handuk, lihat dalam lemari gantungan kain.
628
What style furniture do you have? Is it traditional?
Kamu punya perabot gaya apa? Apakah gaya tradisional?
629
We have drapes for the living room, but we need kitchen curtains.
Kami punya tabir-tabir tebal untuk ruang tamu, tapi kami memerlukan tirai-tirai dapur.
630
The house needs painting, it’s in bad condition.
Rumahnya perlu pengecatan, rumahnya dalam keadaan buruk.

Talking about things to wear = Bicara tentang barang-barang untuk dipakai.
631
What are you going to wear today?
Hari ini kamu akan memakai apa?
632
I’m going to wear my blue suit. Is that all right?
Saya mau memakai setelan biru saya. Apakah itu tidak apa-apa?
633
I have two suits to send to the cleaners.
Saya ada dua setelan jas untuk dikirim ke penatu.
634
I have some shirts to send to the laundry.
Saya ada beberapa helai kemeja untuk dikirim ke penatu.
635
You ought to have that coat cleaned and pressed.
Seharusnya jas itu kamu suruh bersihkan dan dipres.
636
I’ve got to get this shirt washed and ironed.
Kemeja ini harus saya suruh cucikan dan setrikakan.
637
All my suits are dirty. I don’t have anything to wear.
Semua setelan jas saya kotor. Saya tidak punya apa-apa untuk dipakai.
638
You’d better wear a light jacket. It’s chilly today.
Kamu sebaiknya mengenakan jaket tipis. Hari ini agak dingin.
639
This dress doesn’t fit me anymore.
Gaun itu sudah tidak pas lagi pada saya.
640
I guess I’ve outgrown this pair of trousers.
Saya kira pantalon ini sudah kekecilan bagi saya.
641
These shoes are worn-out. They’ve lasted a long time.
Sepatu-sepatu ini sudah lusuh. Sudah lama dipakai.
642
I can’t fasten this collar button.
Saya tidak dapat mengancing kancing leher baju saya.
643
Why don’t you get dressed now? Put on your work clothes.
Mengapa kamu tidak mengenakan pakaian sekarang? Pakailah baju kerja kamu.
644
My brother came in, changed his clothes, and went out again.
Saudara laki-laki saya masuk, ia ganti pakaiannya, dan keluar lagi.
645
I didn’t notice you were wearing your new hat.
Saya tidak memperhatikan kamu memakai topi barumu.

Discussing different points of view = Memperbincangkan
sudut pandang yang berbeda.
646
You have your point of view, and I have mine.
Kamu punya sudut pandang kamu sediri, dan saya punya sendiri.
647
You approach it in a different way than I do.
Kamu mendekatinya dengan cara yang berbeda daripada yang saya lakukan.
648
I won’t argue with you, but I think you’re being unfair.
Saya tidak mau berdebat dengan kamu, tapi saya pikir kamu tidak adil.
649
That’s a liberal point of view.
Itu adalah suatu sudut pandang yang bersifat liberal/bebas.
650
He seems to have a lot of strange ideas.
Ia tampaknya punya banyak gagasan aneh-aneh.
651
I don’t see any point in discussing the question any further.
Saya tidak melihat adanya sesuatu yang berarti dalam memperbincangkan masalahnya lebih lanjut.
652
What alternatives do I have?
Saya punya pilihan apa?
653
Everyone is entitled to his own opinion.
Setiap orang punya hak atas pendapatnya sendiri.
654
There are always two sides to everyting.
Selalu ada dua sisi pada segala sesuatu.
655
We have opposite views on this.
Kami mempunyai pandangan-pandangan yang bertentangan mengenai hal ini.
656
Please forgive me. I didn’t mean to start an argument.
Maafkanlah saya. Saya tidak bermaksud mau memulai suatu perdebatan.
657
I must know your opinion. Do you agree with me?
Saya harus tahu pendapat kamu. Apakah kamu setuju dengan saya?
658
What point are you trying to make?
Apa pokok pikiran yang kamu mau coba buktikan kebenarannya?
659
Our views are not so far apart, after all.
Pandangan-pandangan kita tidak begitu berjauhan satu sama lain. Betapapun jua.
660
We should be able to resolve our differences.
Kita harus mampu menyelesaikan perbedaan-perbedaan kita.



Thinking about possible future activities = Memikirkan tentang
kemungkinan kegiatan masa depan.
661
If it doesn’t rain tomorrow, I think I’ll go shopping.
Besok kalau tidak hujan, saya pikir saya mau pergi belanja.
662
There’s a possibility you’ll go, but it all depends on the weather.
Ada kesempatan kita akan pergi, tapi semua tergantung cuaca.
663
If I have time tomorrow, I think I’ll get a haircut.
Jika besok saya ada waktu, saya pikir saya akan potong rambut.
664
I hope I remember to ask the barber not to cut my hair too short.
Mudah-mudahan saya ingat minta tukang cukurnya tidak memotong rambut saya terlalu pendek.
665
My son wants to be a policeman when he grows up.
Anak saya mau jadi polisi bila ia sudah dewasa.
666
If I get my work finished in time, I’ll leave for New York Monday.
Jika pekerjaan saya selesai pada waktunya, saya akan berangkat ke New York hari Senin.
667
Suppose you couldn’t go on the trip. How would you feel?
Andai kata kamu tidak dapat pergi pesiar. Bagaimana perasaanmu?
668
What would you say if I told you I couldn’t go with you?
Kamu mau berkata apa jika saya katakana pada kamu saya tidak bisa pergi bersamamu?
669
If I buy that car, I’ll have to borrow some money.
Jika saya beli mobil itu, saya harus meminjam uang.
670
If I went with you, I’d have to be back by six o’clock.
Jika saya pergi bersama kamu, saya harus kembali menjelang jam enam.
671
One of these days, I’d like to take a vacation.
Sehari dalam beberapa hari ini, saya mau mengambil cuti.
672
As soon as I can, I’m going to change jobs.
Secepatnya saya bisa, saya mau ganti pekerjaan.
673
There’s a change he won’t be able to be home for christmas.
Ada kemungkinan ia tidak dapat pulang berhari natal.
674
We may be able to help you in some way.
Boleh jadi kami mampu menolong kamu entah bagaimana caranya.
675
If you were to attend the banquet, what would you wear?
Jika kamu bermaksud menghadiri pesta jamuan makan malam itu, kamu mau pakai pakaian apa?

Tidak ada komentar: