Minggu, 08 Februari 2015

# Lesson 3 – Checking in



# Lesson 3 – Checking in
Pelajaran 3: Check in di hotel.
Dalam Pelajaran Ketiga ini, anda akan belajar bagaimana menyapa dan memberi salam kepada tamu-tamu di front desk atau bagian penerimaan tamu, dan bagaimana menyebutkan nomer kamar. Anda akan berlatih mengucapkan bentuk-bentuk singkat seperti "I'll" dan "We'll" serta kata depan yang menunjukkan tempat. Anda juga akan belajar dan berlatih menggunakan cara yang sopan untuk mengatakan "ya" dan "tidak".
Percakapan berikut ini tentang bagaimana melayani tamu-tamu yang check in. Anda akan mendengar resepsionis kita, Leo ...
Leo (pemuda yang periang): Hi I'm Leo.
L1: Melayani tamu-tamu baru yang check in, Mona White…
Mona: Hi, I'm Mona White.
L1: …dan ayahnya, Jack Webber…
Jack (pria lanjut usia yang ramah): Hi, I'm Jack Webber.
L1: Yang baru saja tiba dari Melbourne. Tetapi sebelum kita mendengarkan percakapan mereka, ada petunjuk penting menyangkut budaya yang perlu diingat pada waktu berhadapan dengan tamu-tamu. Usahakan untuk mengadakan kontak mata dan tersenyum. Kalau tidak, tamu-tamu dari negara Barat mungkin akan keliru menafsirkan sikap anda sebagai kurang hangat atau acuh tak acuh.
L1: Sekarang mari kita mulai. Coba dengarkan percakapan ini dengan terjemahannya.
Leo: Good afternoon.
L1: Selamat siang.
Leo: Can I help you?
L1: Bisa saya bantu?
Mona: Yes, we have a reservation for three nights.
L1: Oh ya, kami sudah memesan kamar untuk tiga malam.
Mona: Mona White. I called last week.
L1: Mona White. Saya menilpun minggu lalu.
Leo: One moment please, Ms White.
L1: Mohon ditunggu, Ms White.
Leo: Yes, that was for two single rooms, wasn't it?
L1: Oh ya, untuk dua single room, bukan?
Leo: I've reserved rooms 402 and 403 for you.
L1: Saya sudah sediakan kamar nomer 402 dan 403 untuk anda.
Mona: Are they quiet rooms?
L1: Apakah kamarnya cukup tenang ?
Leo: Well they are facing the street…
L1: Kamar-kamar itu menghadap ke jalan.
Leo: …but there's a lovely view.
L1: ...tetapi pemandangannya indah.
Mona: We'd like quiet rooms thanks.
L1: Kami ingin kamar yang tenang, terima kasih.
Leo: Of course…
L1: Baik.
L1: Coba dengarkan sapaan Leo dan terjemahannya.
Leo: Good afternoon. Can I help you?
L1: Selamat siang. Bisa saya bantu?
L1: "Can I help you?" adalah kalimat pertama yang kita ucapkan kepada pengunjung di toko, kantor dan tamu hotel.
Mari kita berlatih:
Coba dengarkan dan ulangi:
Can I help you?
Can I help you?
Good morning. Can I help you?
Good afternoon. Can I help you?
L1: Coba dengarkan bagaimana Leo menjelaskan tentang kamar yang telah disediakannya:
Leo: I've reserved rooms 402 and 403 for you.
L1: Saya telah menyediakan kamar nomer 402 dan 403.
L1: Nomer kamar seringkali menunjukkan lantai gedung dimana kamar itu terletak, disusul dengan nomer kamar itu sendiri. Kamar 11 di lantai tiga akan disebut: kamar tiga-sebelas, bukan kamar tiga-ratus-sebelas, walaupun dituliskan sama.
Coba dengarkan dan ulangi.
Eng: Room six- fourteen.
Room five-oh-seven.
Room two-oh-nine.
L1: Coba dengarkan percakapan berikut dengan terjemahannya.
Mona: We'd like quiet rooms thanks.
L1: Kami ingin kamar yang tenang, terima kasih.
Leo: Of course!
L1: Baik.
L1: Ungkapan-ungkapan seperti "of course" dan "certainly", dalam menjawab suatu permintaan atau pertanyaan akan membuat tamu-tamu merasa lebih diperhatikan.
Coba dengarkan dan ulangi.
Eng: Of course
Of course
Certainly
Certainly
L1: Sekarang coba dengarkan percakapan seluruhnya. Anda akan diberi waktu untuk mengulangi setiap kalimat Leo.
Leo: Good afternoon.
Leo: Can I help you?
Mona: Yes, we have a reservation for three nights. Mona White. I called last
week.
Leo: One moment please, Ms White.
Leo: Yes, that was for two single rooms wasn't it?
Leo: I've reserved rooms 402 and 403 for you.
Mona: Are they quiet rooms?
Leo: Well they are facing the street.
But there's a lovely view.
Mona: We'd like quiet rooms thanks.
Leo: Of course
L1: Anda sedang mendengarkan "Bahasa Inggris untuk Pariwisata" dari Radio Australia.
Eng: Lesson Three. Checking in.
L1: Pelajaran Ketiga: Check In di Hotel.
L1: Coba dengarkan baik-baik, kata-kata dan ungkapan baru dalam percakapan selanjutnya.
Leo: I can put you in rooms three-eleven and three-twelve.
L1: Saya dapat memberi anda kamar nomer 311 dan 312.
Leo: They're at the rear of the hotel.
L1: Letaknya di bagian belakang hotel.
Jack: Mona…
L1: Mona...
Mona: That's much better, thank you.
L1: Itu lebih baik, terima kasih.
Jack: Mona…
L1: Mona...
Mona: Yes, Dad?
L1: Ya, ayah?
Jack (dengan manis): I'd like a view.
L1: Saya ingin yang ada pemandangannya.
Mona: Oh. Is there a view?
L1: Oh, apakah ada pemandangannya?
Leo: Not really.
L1: Tidak.
Mona: Well, we want our rooms together.
L1: Kami ingin kamar yang bersebelahan.
Jack (dengan manis): Mona.
L1: Mona.
Mona: Yes, Dad?
L1: Ya, ayah?
Jack: I don't mind if our rooms aren't together.
L1: Saya tidak keberatan kalau kamar kita tidak bersebelahan.
Jack: I'd like a lovely view.
L1: Saya ingin pemandangan yang indah.
Mona: Oh.
L1: Oh.
Leo: I'll see what I can do.
L1: Akan saya usahakan.
L1: Coba dengarkan:
Leo: I can put you in rooms three-eleven and three-twelve...
L1: Saya bisa memberi anda kamar 311 dan 312.
Leo: …they're at the rear of the hotel.
L1: …letaknya di bagian belakang hotel.
L1: Dalam percakapan tadi, kita menggunakan beberapa kata depan yang menunjukkan tempat di hotel.
Coba dengarkan dan ulangi, perhatikan khususnya penekanan kata depan "in", "on" dan "at".
L1: Di bagian depan hotel.
Eng: At the front of the hotel.
L1: Di bagian belakang hotel.
Eng: At the rear of the hotel.
L1: Di lantai empat.
Eng: On the fourth floor.
L1: Di lobby.
Eng: In the lobby.
L1: Sekarang coba dengarkan bagaimana Leo menjawab pertanyaan Mona tentang pemandangan.
Mona: Is there a view?
L1: Apakah ada pemandangan?
Leo: Not really.
L1: Tidak.
L1: "Not really". Kadang-kadang jawaban "yes" atau "no" saja dapat kedengaran seperti agak kasar.
"Not really" adalah cara diplomatis untuk mengatakan "tidak". Coba dengarkan dan ulangi:
 Eng: Not really
Not really
L1: Coba dengarkan:
Jack: I don't mind if our rooms aren't together. I'd like a lovely view.
L1: Saya tidak keberatan kalau kamar kita tidak bersebelahan. Saya ingin pemandangan yang indah.
Mona: Oh.
Leo: I'll see what I can do.
L1: Akan saya usahakan.
LI: Mari kita perhatikan penggunaan beberapa kata yang dipersingkat. Leo mengatakan: "I'll see what I can do" dan Jack mengatakan: I'd like a view. Bentuk yang saya tekankan dalam kalimat-kalimat itu adalah bentuk singkat, penggabungan dari dua kata tertentu menjadi satu.
Ini umum digunakan dalam bahasa Inggris, dan kalau anda tidak menggunakannya, bahasa Inggris anda akan kedengaran terlalu kaku atau resmi.
Bentuk singkat ini biasanya diambil dari bunyi terakhir kata kedua dan ditambahkan pada kata pertama. Misalnya, "I would" menjadi "I'd", "I have" menjadi "I've" dan seterusnya.
Dalam kursus ini, kita akan mempelajari berbagai bentuk singkat seperti itu, tetapi untuk sekarang, kita berkonsentrasi pada bentuk singkat dari "will". "I will" menjadi "I'll" dan "You will" menjadi "you'll". Mari kita berlatih.
Coba dengarkan dan ulangi.
Eng: I will, I'll.
I'll arrive on Monday.
She will, she'll.
She'll arrive on Tuesday.
He will, he'll.
He'll arrive on Wednesday.
It will, it'll.
It'll arrive on Thursday.
We will, we'll.
We'll arrive on Friday.
You will, you'll.
You'll arrive on Saturday.
They will, they'll.
They'll arrive on Sunday.
L1: Coba dengarkan dan ulangi bagian terakhir percakapan. Anda akan diberi waktu untuk mengulangi tiap-tiap kalimat Leo.
Leo: I can put you in rooms three-eleven and three-twelve.
Leo: They're in the rear of the hotel.
Jack: Mona…
Mona: That's much better, thank you.
Jack: Mona…
Mona: Yes, Dad?
Jack (sweetly): I'd like a view.
Mona: Oh. Is there a view?
Leo: Not really.
Mona: Well, we want our rooms together.
Jack (sweetly): Mona.
Mona: Yes, Dad?
Jack: I don't mind if our rooms aren't together. I'd like a lovely view.
Mona: Oh.
Leo: I'll see what I can do.
L1: Dan inilah latihan untuk anda pelajari dan ulangi agar anda dapat mengingatnya sampai kita berjumpa kembali dalam pelajaran berikutnya.
Eng: Can I help?
Can I help you?
Of course, of course
Of course, Madam
I'll see what I can do.
Eng: Can I help?
Can I help?
Can I help you?
Of course, of course
Of course, Madam
I'll see what I can do.

# Lesson 4 – Checking in (continued)
Pelajaran 4: Check in di hotel (lanjutan)
Leo: Good afternoon. Can I help you?
Mona: Yes, we have a reservation for three nights. Mona White. I called last
week.
Leo: One moment please, Ms White.
Leo: Yes, that was for two single rooms, wasn't it? I've reserved rooms 402
and 403 for you.
Mona: Are they quiet rooms?
Leo: Well they are facing the street, but there's a lovely view.
Mona: We'd like quiet rooms thanks.
Leo: Of course…
Leo: I can put you in rooms three-eleven and three-twelve. They're at the
rear of the hotel.
Jack: Mona…
Mona: That's much better, thank you.
Jack: Mona…
Mona: Yes, Dad?
Jack: I'd like a view.
Mona: Oh. Is there a view?
Leo: Not really.
Mona: Well, we want our rooms together.
Jack: Mona.
Mona: Yes, Dad?
Jack: I don't mind if our rooms aren't together. I'd like a lovely view.
Mona: Oh.
Leo: I'll see what I can do.
L1: Sekarang kita lanjutkan dengan Pelajaran Keempat: Check In di Hotel.
Leo: I can put you both on the same floor.
L1: Saya dapat memberi anda dua kamar di lantai yang sama.
Leo: Room 305 with a view…
L1: Kamar 305 dengan pemandangan...
Leo: …and Room 311 at the rear.
L1: ...dan kamar 311 di belakang.
Leo: Your father will be just opposite you, Ms White.
L1: Ayah anda akan berada di kamar seberang kamar anda, Ms White.
Leo: Is that OK?
L1: Anda setuju?
Mona: Oh, yes, that's fine.
L1: Oh, ya, boleh.
Jack: Thank you.
L1: Terima kasih.
Leo: My pleasure.
L1: Sama-sama.
Leo: Could you just fill out this form please?
L1: Bisa tolong diisi formulir ini?
Leo: Now, can I help you with anything else?
L1: Sekarang, ada lagi yang bisa saya bantu?
L1: Coba dengarkan bagaimana Leo memastikan bahwa tamunya puas dengan letak kamar mereka.
Leo: Is that OK?
L1: Anda setuju?
L1: Bertanya, "Is that OK" adalah cara untuk memastikan bahwa tamu anda merasa senang dengan saran anda. Anda juga dapat mengatakan "Is that alright?", atau will that do?
Coba dengarkan dan ulangi.
Eng: Is that OK?
Is that alright?
Will that do?
L1: Coba dengarkan:
Leo: Could you just fill out this form please?
L1: Bisa tolong diisi formulir ini?
Leo: Now, can I help you with anything else?
L1: Sekarang, ada lagi yang bisa saya bantu ?
L1: Kadang-kadang agak membingungkan kapan menggunakan "can" dan kapan menggunakan "could", dalam dalam beberapa hal, kedua kata itu sama-sama boleh digunakan. Tetapi pedoman untuk mengingatnya, begini: kalau anda menawarkan sesuatu, gunakan "Can", misalnya "Can I help you?" dan kalau anda mengajukan permintaan, gunakan "could", misalnya "Could you just fill out this form please?"
Coba dengarkan dan ulangi:
Leo: Could you just fill out this form please?
Could you spell that, please?
Can I help you?
Can I get you anything else?
L1: Coba dengarkan dan ulangi seluruh percakapan. Anda akan diberi waktu untuk mengulang setiap kalimat Leo.
Leo: I can put you both on the same floor.
Leo: Room 305 with a view …
Leo: …and Room 311 at the rear.
Leo: Your father will be just opposite you, Ms White.
Leo: Is that OK?
Mona: Oh, yes, that's fine.
Jack: Thank you.
Leo: My pleasure.
Leo: Could you just fill out this form please?
Leo: Now, can I help you with anything else?
L1: Setiap karyawan hotel pasti tahu, menyelesaikan masalah adalah bagian penting dari pelayanan dan nampaknya resepsionis kita, Leo, telah menemukan cara untuk memenuhi permintaan kedua tamunya.
L1: Anda sedang mendengarkan "Bahasa Inggris Pariwisata" dari Radio Australia.
Eng: Lesson four. Checking in.
L1: Pelajaran Keempat. Check In di Hotel.
Dengarkan baik-baik, kata-kata baru dan ungkapan dalam percakapan berikut.
Leo: Now can I help you with anything else?
L1: Sekarang, ada lagi yang bisa saya bantu?
Mona: Yes, is there an alarm clock in the room?
L1: Ya, apakah ada wekker di kamar ?
Leo: Yes, there is.
L1: Ada.
Mona: And a kettle and tea?
L1: Dan apakah ada alat memasak air dan teh?
Leo: Yes, there are tea-making facilities in every room.
L1: Ya, ada fasilitas untuk membuat teh di setiap kamar.
Mona: And is there an iron?
L1: Dan apakah ada setrika?
Leo: I'll see to it right away…
L1: Akan saya usahakan segera.
Leo: Now, could I see your credit card please, Ms White?
L1: Sekarang, bolehkah saya melihat kartu kredit anda, Ms White?
L1: Mari kita perhatikan penggunaan "there is" dan "there are". "There is " digunakan untuk kata benda tunggal seperti a clock. "There is a clock" "There is" biasanya disingkat menjadi "there's": "There's a clock". "There is" juga digunakan dengan kata benda yang tidak dapat dihitung, tea, water, and sugar. "There's tea in the room."
"There are", tidak pernah disingkat, dan digunakan untuk kata benda jamak. "There are two guests in the lobby" "There are tea-making facilities in every room".
Coba dengarkan dan ulangi.
Eng: There's a kettle in the room.
There's a guest in the lobby.
There are two guests in the lobby.
There are tea-making facilities in every room.
L1: Sekarang, silahkan anda mencobanya. Pertama, anda akan mendengar kalimat dalam bahasa Indonesia dan kemudian bahasa Inggrisnya. Kalau anda mendengar suara lonceng, berarti anda diberi waktu untuk mengulang kalimat itu, tetapi anda harus memulainya dengan "There's" or "There are". Kemudian, untuk mencek jawabannya, anda akan mendengar jawaban yang benar dalam bahasa Inggris dan akan diberi waktu lagi untuk mengulanginya. Ingat, anda harus menggunakan "there's" bukan "there is".
L1: Cangkir di setiap kamar.
Eng: Cups in every room
Eng: There are cups in every room.
L1: Kopi di setiap kamar
Eng: Coffee in every room
Eng: There's coffee in every room.
L1: Pemandangan yang indah
Eng: A lovely view
Eng: There's a lovely view.
L1: Orang-orang di kamar 604
Eng: People in Room six-oh-four
Eng: There are people in room six-oh-four.
L1: Sekarang coba dengarkan bagian percakapan selanjutnya dengan terjemahannya.
Leo: Yes, there are tea-making facilities in every room.
L1: Ya, ada fasilitas untuk membuat teh di setiap kamar.
Mona: And is there an iron?
L1: Dan apakah ada setrika?
Leo: I'll see to it right away.
L1: Akan saya usahakan segera.
Leo: Now, could I see your credit card please, Ms White?
L1: Sekarang, bolehkah saya melihat kartu kredit anda, Ms White?
L1: Leo memahami bahwa tamunya dalam keadaan lelah dan berusaha sebaik-baiknya untuk membuat mereka merasa nyaman setelah perjalanan yang panjang.
Sekarang coba dengarkan dan ulangi bagian terakhir dari percakapan. Anda akan diberi waktu untuk mengulang setiap kalimat Leo.
Leo: Now can I help you with anything else?
Mona: Yes, is there an alarm clock in the room?
Leo: Yes, there is.
Mona: And a kettle and tea?
Leo: Yes, there are tea-making facilities in every room.
Mona: And is there an iron?
Leo: I'll see to it right away.
Leo: Now, could I see your credit card please, Ms White?
L1: Sekarang mari kita dengarkan seluruh percakapan Check in di Hotel dari Pelajaran ketiga dan Keempat.
Leo: Good afternoon. Can I help you?
Mona: Yes, we have a reservation for three nights. Mona White. I called last
week.
Leo: One moment please, Ms White.
Leo: Yes, that was for two single rooms, wasn't it? I've reserved rooms 402
and 403 for you.
Mona: Are they quiet rooms?
Leo: Well they are facing the street, but there's a lovely view.
Mona: We'd like quiet rooms thanks.
Leo: Of course…
Leo: I can put you in rooms three-eleven and three-twelve. They're at the
rear of the hotel.
Jack: Mona…
Mona: That's much better, thank you.
Jack: Mona…
Mona: Yes, Dad?
Jack: I'd like a view.
Mona: Oh. Is there a view?
Leo: Not really.
Mona: Well, we want our rooms together.
Jack: Mona…
Mona: Yes, Dad?
Jack: I don't mind if our rooms aren't together. I'd like a lovely view.
Mona: Oh.
Leo: I'll see what I can do.
Leo: I can put you both on the same floor. Room 305 with a view and Room
311 at the rear. Your father will be just opposite you, Ms White. Is
that OK?
Mona: Oh, yes, that's fine.
Jack: Thank you.
Leo: My pleasure. Could you just fill out this form please?
Leo: Now can I help you with anything else?
Mona: Yes, is there an alarm clock in the room?
Leo: Yes, there is.
Mona: And a kettle and tea?
Leo: Yes, there are tea-making facilities in every room.
Mona: And is there an iron?
Leo: I'll see to it right away. Now, could I see your credit card please, Ms
White?
L1: Berikut latihan untuk anda pelajari dan pratekkan agar anda dapat mengingatnya sampai kita bertemu kembali pada pelajaran berikut.
Eng: Is there a kettle?
And are there cups?
Are there cups for tea?
Yes, there's a kettle
And there are cups
Is that OK?
OK!
Eng: Is there a kettle?
And are there cups?
Are there cups for tea?
Yes, there's a kettle
And there are cups
Is that OK?
OK!

# Lesson 5 – Making recommendations
Pelajaran 5: Mengajukan Saran

Leo (pemuda yang periang): Hi, I'm Leo.
L1: …menyarankan sebuah restoran kepada tamunya, Mona White…
Mona (wanita muda): Hi, I'm Mona White.
L1: …dan ayahnya, Jack Webber…
Jack (pria lanjut usia yang ramah): Hi, I'm Jack Webber.
L1: …dan anda akan berkenalan dengan Jean, seorang waitress atau pelayan di restoran terdekat.
Jean: Hi, I'm Jean.
L1: Sekarang, mari kita mulai. Coba dengarkan percakapan ini dengan
terjemahannya.
Leo: Good evening, Ms White, Mr Webber.
L1: Selamat malam, Ms White, Mr Webber.
Jack: Good evening, Leo.
L1: Selamat malam, Leo.
Mona: We're going out for dinner now. Could you recommend a good restaurant? One that's nearby?
L1: Kami ingin makan malam sekarang. Dapatkah anda menyarankan sebuah restoran yang bagus? Dan dekat?
Leo: The Golden Lotus is very close. It's famous for its seafood.
But, if you like to listen to music while you're eating, I recommend the Pearl Garden Cabaret. It's also within walking distance.
L1: The Golden Lotus dekat sekali dari sini. Restoran itu terkenal dengan hidangan makanan lautnya. Tetapi, kalau anda ingin mendengarkan musik sambil makan, saya sarankan The Pearl Garden Cabaret. Anda juga bisa jalan kaki kesana.
L1: Coba perhatikan beberapa cara untuk melukiskan jarak. Mona ingin pergi ke restoran yang dekat dengan hotel:
Mona: One that's nearby.
L1: Leo mengatakan:
Leo: The Golden Lotus is very close…
L1: The Golden Lotus dekat sekali ....
L1: Ia juga melukiskan sebuah restoran "dalam jarak yang dapat dicapai dengan berjalan kaki, "within walking distance" dan "just two doors down", yang berarti tidak lebih dari dua gedung dari sini.
Mari kita berlatih menggunakan ungkapan-ungkapan ini:
Coba dengarkan dan ulangi:
Eng: Nearby
It's nearby
Very close
It's very close
Within walking distance
It's within walking distance.
Just two doors down.
It's just two doors down.
L1: Sekarang, mari kita dengarkan percakapan selanjutnya dengan
terjemahannya.
Mona: Oh no, we'd like a quiet restaurant.
L1: Oh, tidak, kami ingin restoran yang tenang.
Leo: Then I suggest the Golden Lotus.
L1: Kalau begitu, saya sarankan The Golden Lotus.
Leo: It's just two doors down, on the left.
L1: Hanya dua gedung dari sini, di sebelah kiri.
Mona: Thank you.
L1: Terima kasih.
Jack: Maybe we could go to the Pearl Garden tomorrow night.
L1: Mungkin kita dapat pergi ke The Pearl Garden besok malam.
L1: Disini dan di bagian lain percakapan, anda akan mendengar beberapa cara untuk mengajukan saran. Yang paling jelas adalah "I recommend" yang artinya "Saya sarankan", seperti "I recommend the Plaza Hotel". Anda juga dapat mengatakan "I suggest" seperti "I suggest the Lotus Restaurant".
Coba dengarkan dan ulangi:
Eng: I recommend.
I recommend the Plaza Hotel.
I suggest.
I suggest the Lotus restaurant.
L1: Ingat bahwa kalau anda mengajukan saran tanpa diminta, anda sebaiknya mengawalinya dengan kata "May" atau "boleh", seperti misalnya "May I recommend the Lotus", "Boleh saya sarankan The Lotus" and "May I suggest the Plaza", Boleh saya sarankan the Plaza".
L1: Sekarang dengarkan kembali percakapan tadi. Anda akan diberi waktu untuk mengulang kalimat Leo.
Leo: Good evening, Ms White, Mr Webber.
Jack: Good evening, Leo.
Mona: We're going out for dinner now. Could you recommend a good restaurant?
One that's nearby?
Leo: The Golden Lotus is very close.
Leo: It's famous for its seafood.
Leo: But, if you like to listen to music while you're eating,
Leo: I recommend the Pearl Garden Cabaret.
Leo: It's also within walking distance.
Mona: Oh no, we'd like a quiet restaurant.
Leo: Then I suggest the Golden Lotus.
Leo: It's just two doors down, on the left.
Mona: Thank you.
Jack: Maybe we could go to the cabaret tomorrow night.
L1: Anda sedang mendengarkan "Bahasa Inggris Pariwisata" dari Radio
Australia.
Eng: Lesson five. Making recommendations.
L1: Pelajaran kelima. Mengajukan saran.
L1: Dengarkan baik-baik, kata-kata baru dan ungkapan dalam percakapan selanjutnya.
Mona: Good evening. Do you speak English?
L1: Selamat malam. Apakah anda bisa berbahasa Inggris?
Jean: Yes, I do. Do you have a reservation?
L1: Ya. Apakah Anda sudah memesan tempat?
Mona: No, we don't.
L1: Belum.
Jean: This way please.
L1: Silahkan.
Jean: Would you like to see a menu?
L1: Apakah anda ingin melihat menunya?
Mona: Yes, we would, thank you.
L1: Ya, terima kasih.
Jean: Can I get you anything to drink while you decide?
L1: Bisa saya ambilkan minum, sembari anda memilih makanan?
Jack: I'll have a light beer, thank you.
L1: Saya mau bir yang sedikit kadar alkoholnya, terima kasih.
Jean: Local or imported?
L1: Yang lokal atau impor?
Jack: Do you have Australian beer?
L1: Ada bir Australia?
Jean: Yes, we do.
L1: Ya.
Jack: I'll have Australian thanks.
L1: Saya mau bir Australia, terima kasih.
Mona: Just a bottle of water for me, thank you.
L1: Satu botol air untuk saya, terima kasih.
Jean: Certainly.
L1: Baik.
L1: Memberi jawaban pendek. Kadang-kadang jawaban "ya" atau "tidak" saja dapat kedengaran kurang halus. Tidak sulit untuk mengetahui bagaimana merespon sebuah pertanyaan dengan jawaban pendek. Orang yang mengajukan pertanyaan itu akan memberikan petunjuk.
Coba dengarkan jawaban pendek dari waitress kita, Jean, dan tamu-tamunya, Mona dan Jack.
Mona: Do you speak English?
Jean: Yes, I do.
Jean: Would you like to see a menu?
Mona: Yes, we would, thank you.
Jack: Do you have Australian beer?
Jean: Yes, we do.
L1: Dapatkah anda menangkap petunjuknya disini? Kata pertama dari
pertanyaan itu akan memberi petunjuk kepada kita, bagaimana jawabannya.
Misalnya, untuk pertanyaan " Is there an iron?, jawaban positifnya adalah, yes there is,.. "Will you be here long?", "yes, I will", dan seterusnya.
Coba dengarkan dan ulangi jawaban-jawaban positif ini:
Eng: Do you speak English?
Yes, I do.
Eng: Do you take credit card?
Yes, we do.
Eng: Is there a clock in the room?
Yes, there is.
Eng: Will you leave on Friday?
Yes I will.
L1: Sekarang, silahkan anda mencobanya. Pertama, anda akan mendengar kalimat dalam bahasa Indonesia dan kemudian bahasa Inggrisnya. Kalau anda mendengar suara lonceng, berarti anda diberi waktu untuk menjawab dengan jawaban pendek. Kemudian, untuk mencek jawabannya, anda akan mendengar jawaban yang benar dalam bahasa Inggris dan akan diberi waktu lagi untuk mengulanginya.
L1: Apakah ada restoran di dekat sini?
Eng: Is there a restaurant nearby?
Eng: Yes, there is.
L1: Apakah anda menerima pembayaran dengan kartu kredit?
Eng: Do you take credit card?
Eng: Yes, we do.
L1: Apakah anda akan berangkat hari Minggu?
Eng: Will you leave on Sunday?
Eng: Yes, I will.
L1: Sekarang mari kita dengarkan dan ulangi bagian terakhir percakapan. Anda akan diberi waktu untuk mengulangi kalimat Jean.
Mona: Good evening. Do you speak English?
Jean: Yes, I do.
Jean: Do you have a reservation?
Mona: No, we don't.
Jean: This way please.
Jean: Would you like to see a menu?
Mona: Yes, we would, thank you.
Jean: Can I get you anything to drink, while you decide?
Jack: I'll have a light beer, thank you.
Jean: Local or imported?
Jack: Do you have Australian?
Jean: Yes, we do.
Jack: I'll have Australian thanks.
Mona: Just a bottle of water for me, thank you.
Jean: Certainly.
L1: Berikut latihan untuk anda pelajari dan pratekkan agar anda dapat mengingatnya sampai kita bertemu kembali pada pelajaran berikut.
Eng: I recommend
I recommend
a restaurant close to here
And may I suggest,
May I suggest,
You try a local beer?
Eng: I recommend
I recommend
a restaurant close to here
And may I suggest,
May I suggest,
You try a local beer?

Tidak ada komentar: