Senin, 16 Februari 2015

RPP K13 sem 2 SMP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN                        : SMP N
MATA PELAJARAN                               : Bahasa Inggris
KELAS/SEMESTER                 : VIII/2
MATERI POKOK                                    : Teks lisan dan tulis yang  menyatakan dan menanyakan
   perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda
ALOKASI WAKTU:                                4 x 2 JP

A.      Kompetensi Inti

KI 1: Menghargaidan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
3.9 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya .
4.10 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, denganmemperhatikanfungsisosial, struktur teks, danunsurkebahasaan yang benardansesuai konteks.

INDIKATOR

·         Siswa dapat menyatakan teks lisan yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang dengan penuh percaya diri
·         Siswa dapat menyatakan teks lisan yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat  binatang dengan penuh percaya diri
·         Siswa dapat menyatakan teks lisan yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat benda
·         Siswa dapat menanyakan teks tulis yangmenyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang dengan penuh percaya diri
·         Siswa dapat menanyakan teks tulis yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat binatang dengan penuh percaya diri
·         Siswa dapat menanyakan tekstulis yangmenyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat benda dengan penuh percaya diri
·         Siswa dapat menggunakan struktur teks yang runtut dan tepat sesuai konteks
·         Siswa menggunakan unsur-unsur kebahasaan (intonasi, ucapan dan tekanan kata) yang benar.


C.TUJUAN PEMBELAJARAN:
Setelah selesai pembelajaran , diharapkan :
·         Siswa dapat menyatakan teks lisan yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang dengan penuh percaya diri
·         Siswa dapat menyatakan teks lisan yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat  binatang dengan penuh percaya diri
·         Siswa dapat menyatakan teks lisan yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat benda
·         Siswa dapat menanyakan teks tulis yang menyatakan danmenanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang dengan penuh percaya diri
·         Siswa dapat menanyakan teks tulis yang  menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat binatang dengan penuh percaya diri
·         Siswa dapat menanyakan teks tulis yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat benda dengan penuh percaya diri
·         Siswa dapat menggunakan struktur teks yang runtut dan tepat sesuai konteks
·         Siswa menggunakan unsur-unsur kebahasaan (intonasi, ucapan dan tekanan kata) yang benar.


D.      MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi sosial
Mengidentifikasi, mengenalkan, memuji, mencela, mengagumi
Struktur teks
Who is taller? Your sister or your brother?; No one in the class is big as Candra. He is the biggest. He is bigger than any other student in the class.; To me, writing is more difficult than reading. Listening is the most difficult. Our library have more books than the community library, dan semacamnya.
Unsur kebahasaan
(1)     Kosa kata: kata benda dan kata sifat yang terkait dengan orang, binatang, benda di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
(2)     Perbandingan sifat: as ... as, -er, -est, more ..., the most ...
(3)     Perbandingan jumlah: more, fewer, less
(4)     Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(5)     Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(6)     Ejaan dan tanda baca
(7)     Tulisan tangan.
Topik
Sifat orang dan benda di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya yang memberikan keteladanan tentang  percaya diri .

E.       METODE PEMBELAJARAN:
Scientific Approach dengan Pendekatan Problem Based Learning

F.       MEDIA , ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.       Media                                  : Gambar orang, gambar binatang, gambar benda.
2.       Alat / Bahan                       : Laptop
3.       Sumber Belajar                  : Buku Bahasa Inggris When English Rings a Bell

G.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.       Pertemuan Kesatu
a.Kegiatan Awal
                -Salam dan tegur sapa
                -Mengabsen siswa
b. Kegiatan Inti
Observing (Mengamati)
·       Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·       Siswa dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
Questioning (Menanya)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
                Experimenting (Mengumpulkan Informasi)
·       Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·       Siswa menirukan contoh-contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·       Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang.
·       Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Associating ( Mengasosiasi)
·       Siswa membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat  yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·       Siswa membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·       Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·       Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·       Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·       Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
c. Kegiatan Penutup
                                -Guru meninformasikan materi pertemuan berikutnya.
                                -Guru mengucapkan salam perpisahan
2.                       Pertemuan Kedua
a.Kegiatan Awal
                -Salam dan tegur sapa
                -Mengabsen siswa
b. Kegiatan Inti
Observing (Mengamati)
·       Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat binatang dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·       Siswa dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat binatang dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
Questioning (Menanya)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat binatangdalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
                Experimenting (Mengumpulkan Informasi)
·       Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat binatang dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·       Siswa menirukan contoh-contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat binatang dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·       Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat binatang
·       Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat binatang dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Associating ( Mengasosiasi)
·       Siswa membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat binatang yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·       Siswa membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat binatang dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·       Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·       Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat binatangdi dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·       Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·       Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat binatang, dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
c. Kegiatan Penutup
                                -Guru meninformasikan materi pertemuan berikutnya.
                                -Guru mengucapkan salam perpisahan

3.                       Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Awal
                -Salam dan tegur sapa
                -Mengabsen siswa
b. Kegiatan Inti
Observing (Mengamati)
·       Siswa terbiasa atau sering mendengar dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat benda dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·       Siswa dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat benda dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
Questioning (Menanya)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat benda dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
               

Experimenting (Mengumpulkan Informasi)
·       Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat benda dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·       Siswa menirukan contoh-contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat benda dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·       Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat benda
·       Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat benda dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Associating ( Mengasosiasi)
Fase-Fase
Kegiatan Pembelajaran
Fase 1
Orientasi peserta didik kepada masalah
-Menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yg dibutuhkan.
  - Memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah. struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat benda

Fase 2
Mengorganisasikan peserta didik
Membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat benda
Fase 3
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat benda.
Fase 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, model dan berbagi tugas dengan teman.
Fase 5
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari /meminta kelompok presentasi hasil kerja.

Mengkomunikasikan
·       Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat benda di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·       Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·       Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat benda dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
c. Kegiatan Penutup
                                -Guru meninformasikan materi pertemuan berikutnya.
                                -Guru mengucapkan salam perpisahan

Pertemuan Keempat
                a.Kegiatan Awal
                -Salam dan tegur sapa
                -Mengabsen siswa
                -Menginformasikan kepada siswa tentang kegiatan saat ini

b. Kegiatan Inti
                - Siswa mengerjakan soal-soal ulangan harian

    c. Kegiatan Penutup
                -Guru meninformasikan kepada siswa bahwa waktu mengerjakan sudah habis.
                -Guru mengucapkan salam perpisahan


H.PENILAIAN
        1. Penilaian Pengetahuan
a. Jenis tes                             : Tes tulis .Jumlah soal 10
b. Bentuk instrumen           : PG
c. Pedoman penskoran       :Jawaban betul = nilai 10
                                                 Jawaban salah = nilai 0
·       Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda.
·       Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan.
·       Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda.
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda.
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan balikan secara lebih cepat)
·       Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.
·       Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·       Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.
Penilaian diri
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda, termasuk kemudahan dan kesulitannya.


Mengetahui,                                                                                                                         Tasikmalaya, ………..2014
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Bahasa Inggris


                                                                                                                                               












































http://pixabay.com/static/uploads/photo/2012/04/14/17/01/glass-34612_640.pnghttps://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSK6L6C8UyniccyxYFPY8RV4y5J5S9ZAccZiMNf_nRGnyDbuAMWhttps://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTZNSlF_AKpltL11xDCYneByzm3RHEpE8HwPIzbVqXzaI2IjMl87Qhttps://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRumQ2irsatrPdM_lSXI9N_nJGObqgdg7Af3Pbp4iYw1OrlfCXSFAhttps://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ-BkfBmAPHoGfvf9Jp3Cpx_IgMKx9-uGQ2I_vg2XKd_qM8x-t_5whttps://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTFW6gN_NfuLp-CRQx9wnfJxN6Ap5FECRLwbLHaEGU-s-ebyrbJhttps://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ7nu1dFPt69ojt4zMBLVAcIlj4-AkeDLnRbIRR0pTdPdnWxKPPhttps://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSoltVhqycjrPpC1Ihz7vZkwtiMrgbcDLmvFiYQUKKaWLXoZ-Svhttps://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQiLw5bK4gqNl8RUXeljMpNM7Rsl0o6g96OxMWpEmbmMgazB4BNhttps://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcROWtMsdy8STL86mwYy3OvD8nTpCCSa0nnHK9UQfiDVvk3pgKJAOAhttp://kkcdn-static.kaskus.co.id/images/2013/04/11/5360876_20130411081655.pnghttps://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQrdkr3dzE2bVe_0oKkW951OD3AS755Bf9g13yCWvRZw-wVw4IG https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZNxWXEsBbjGrOnz0It5_gkAWfFXGu0f8_2mYsUfaNDZPr1m3z1QqJMY1YfAxqo5wUAtPRZsrBLRMOxXx3YijDH2pIgE1ML7OqC1yJCs8A0cZHYO7K1ecpAgxlCHzbHuTZmIu74rNHHis/s1600/ygrtr.jpghttps://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSL0M_Q6bs_E5hwuD-KTNhSnb-MheuCEkIfkl9TKUOEQJe1Ks4eHAhttps://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRfE4Rh946vYP_IVBO-6xODZlI0Gg4TX35Qi2Vg8lbxCsPauX_ghttps://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTN-UmFkDOI17DCh1e7URl8bgbWMGyWzatcIJFZmoZPYpn44FXIcAhttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlvvCsUQly_SNSgxsxmYyTitk-KbcMTgou2RaAhBZbmXRNmiKIZGsuYuR4Wi5P28Sd4hwr9VQNzo3zfhIYajnkszWNE9E791WhbMicp-W2O7p8N0vV8WxYWc-7LciVnmhCGLjasO7fHIg/s1600/Kumpulan+Sejarah-Sejarah+Singkat+Kehidupan+Sule.jpghttp://www.360newsfeed.com/wp-content/uploads/2014/02/63dee963727153d82c0dd146b27f5a04davidbeckham.jpg

Tidak ada komentar: