SATUAN PENDIDIKAN : SMP N
MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
KELAS/SEMESTER : VIII/2
MATERI POKOK : Teks lisan dan tulis yang menyatakan dan menanyakan
perbandingan jumlah dan sifat orang,
binatang, benda
ALOKASI WAKTU: 4 x 2 JP
A. Kompetensi Inti
KI 1: Menghargaidan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3: Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.9 Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan
dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang,
benda, sesuai dengan konteks penggunaannya .
4.10 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang,
binatang, benda, denganmemperhatikanfungsisosial, struktur teks, danunsurkebahasaan yang benardansesuai konteks.
INDIKATOR
·
Siswa dapat menyatakan teks lisan yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang dengan penuh percaya diri
·
Siswa dapat menyatakan teks lisan yang menyatakan dan
menanyakan perbandingan jumlah dan sifat
binatang dengan penuh percaya
diri
·
Siswa dapat menyatakan teks lisan yang menyatakan dan
menanyakan perbandingan jumlah dan sifat benda
·
Siswa dapat menanyakan teks tulis yangmenyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat
orang dengan penuh percaya
diri
·
Siswa dapat menanyakan teks tulis
yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat
binatang dengan penuh percaya
diri
·
Siswa dapat menanyakan tekstulis
yangmenyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat
benda dengan penuh percaya
diri
·
Siswa dapat menggunakan struktur teks yang runtut dan
tepat sesuai konteks
·
Siswa menggunakan unsur-unsur kebahasaan
(intonasi, ucapan dan tekanan kata) yang benar.
C.TUJUAN PEMBELAJARAN:
Setelah selesai pembelajaran ,
diharapkan :
·
Siswa dapat menyatakan teks lisan yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang dengan penuh percaya diri
·
Siswa dapat menyatakan teks lisan yang menyatakan dan
menanyakan perbandingan jumlah dan sifat
binatang dengan penuh percaya
diri
·
Siswa dapat menyatakan teks lisan yang menyatakan dan
menanyakan perbandingan jumlah dan sifat benda
·
Siswa dapat menanyakan teks tulis
yang menyatakan danmenanyakan perbandingan jumlah dan sifat
orang dengan penuh percaya
diri
·
Siswa dapat menanyakan teks tulis
yang menyatakan dan menanyakan
perbandingan jumlah dan sifat binatang dengan penuh percaya diri
·
Siswa dapat menanyakan teks tulis
yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat
benda dengan penuh percaya
diri
·
Siswa dapat menggunakan struktur teks yang runtut dan
tepat sesuai konteks
·
Siswa menggunakan unsur-unsur kebahasaan
(intonasi, ucapan dan tekanan kata) yang benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi
sosial
Mengidentifikasi, mengenalkan, memuji,
mencela, mengagumi
Struktur
teks
Who
is taller? Your sister or your brother?; No one in the class is big as Candra.
He is the biggest. He is bigger than any other student in the class.; To
me, writing is more difficult than reading. Listening is the most difficult. Our library have more books than the
community library, dan semacamnya.
Unsur
kebahasaan
(1) Kosa kata: kata benda dan kata sifat yang
terkait dengan orang, binatang, benda di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
(2) Perbandingan sifat: as ... as, -er, -est, more ..., the most ...
(3) Perbandingan jumlah: more, fewer, less
(4) Penggunaan nominal singular dan plural secara
tepat, dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(5) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(6) Ejaan dan tanda baca
(7) Tulisan tangan.
Topik
Sifat orang dan benda di kelas, sekolah, rumah, dan
sekitarnya yang memberikan keteladanan tentang
percaya diri .
E.
METODE
PEMBELAJARAN:
Scientific
Approach dengan Pendekatan Problem Based Learning
F.
MEDIA , ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media : Gambar orang, gambar binatang, gambar benda.
2.
Alat / Bahan : Laptop
3.
Sumber Belajar :
Buku Bahasa Inggris When English Rings a Bell
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan Kesatu
a.Kegiatan Awal
-Salam
dan tegur sapa
-Mengabsen
siswa
b. Kegiatan Inti
Observing (Mengamati)
· Siswa terbiasa atau sering mendengar dan
menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyebutkan dan menanyakan tentang
perbandingan jumlah dan sifat orang dalam bahasa Inggris, dengan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
· Siswa dituntut untuk mencontoh kebiasaan
tersebut dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan
sifat orang, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan
fungsi sosialnya.
Questioning (Menanya)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan
mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menyebutkan dan
menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia.
Experimenting
(Mengumpulkan Informasi)
· Siswa mendengarkan dan menyaksikan
banyak contoh interaksi dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan
jumlah dan sifat orang dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
· Siswa menirukan contoh-contoh interaksi
dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang
dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang
benar.
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan)
interaksi menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat
orang.
· Secara kolaboratif, siswa berusaha
menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang
perbandingan jumlah dan sifat orang dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Associating ( Mengasosiasi)
· Siswa
membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan
sifat yang telah dikumpulkan dari
berbagai sumber tersebut di atas.
· Siswa
membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah
dan sifat orang dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang
digunakan dalam bahasa lain.
· Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial
dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
· Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali
muncul kesempatan untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah
dan sifat orang, binatang, benda, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
· Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan
ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda
baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
· Siswa membicarakan permasalahan yang dialami
dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang
perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda dan menuliskannya dalam
jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
c. Kegiatan Penutup
-Guru
meninformasikan materi pertemuan berikutnya.
-Guru
mengucapkan salam perpisahan
2.
Pertemuan Kedua
a.Kegiatan Awal
-Salam
dan tegur sapa
-Mengabsen
siswa
b. Kegiatan Inti
Observing (Mengamati)
· Siswa terbiasa atau sering mendengar dan
menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan
jumlah dan sifat binatang dalam bahasa Inggris, dengan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
· Siswa dituntut untuk mencontoh kebiasaan
tersebut dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan
sifat binatang dalam bahasa Inggris, dengan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
Questioning (Menanya)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan
mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menyebutkan dan
menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat binatangdalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
Experimenting
(Mengumpulkan Informasi)
· Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menyebutkan
dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat binatang dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
· Siswa menirukan contoh-contoh interaksi
dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat binatang dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata,
intonasi, dan sikap yang benar.
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan)
interaksi menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat binatang
· Secara kolaboratif, siswa berusaha
menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan
jumlah dan sifat binatang dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Associating ( Mengasosiasi)
· Siswa
membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah
dan sifat binatang yang
telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
· Siswa
membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah
dan sifat binatang dengan
yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
· Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial
dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
· Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali
muncul kesempatan untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah
dan sifat binatangdi dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang
sesuai dengan fungsi sosialnya.
· Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan
ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda
baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
· Siswa membicarakan permasalahan yang dialami
dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan
jumlah dan sifat binatang, dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia.
c. Kegiatan Penutup
-Guru
meninformasikan materi pertemuan berikutnya.
-Guru
mengucapkan salam perpisahan
3.
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Awal
-Salam
dan tegur sapa
-Mengabsen
siswa
b. Kegiatan Inti
Observing (Mengamati)
· Siswa terbiasa atau sering mendengar dan
menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyebutkan dan menanyakan tentang
perbandingan jumlah dan sifat benda dalam bahasa Inggris, dengan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
· Siswa dituntut untuk mencontoh kebiasaan
tersebut dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan
sifat benda dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan
yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
Questioning (Menanya)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan
mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menyebutkan dan
menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat benda dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
Experimenting (Mengumpulkan Informasi)
· Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menyebutkan
dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat benda dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
· Siswa menirukan contoh-contoh interaksi
dengan menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat benda dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata,
intonasi, dan sikap yang benar.
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan)
interaksi menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat benda
· Secara kolaboratif, siswa berusaha
menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang
perbandingan jumlah dan sifat benda dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Associating ( Mengasosiasi)
Fase-Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Fase
1
Orientasi
peserta didik kepada masalah
|
-Menjelaskan
tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yg dibutuhkan.
- Memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam
pemecahan masalah. struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial
menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat benda
|
Fase
2
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Membantu
peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang
berhubungan dengan masalah struktur teks
dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan
menanyakan perbandingan jumlah dan sifat benda
|
Fase
3
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mendorong
peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan
eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah
dan sifat benda.
|
Fase
4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Membantu
peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti
laporan, model dan berbagi tugas dengan teman.
|
Fase
5
Menganalisa
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengevaluasi
hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari /meminta kelompok
presentasi hasil kerja.
|
Mengkomunikasikan
· Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali
muncul kesempatan untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah
dan sifat benda di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai
dengan fungsi sosialnya.
· Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan
ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda
baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
· Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang
perbandingan jumlah dan sifat benda dan menuliskannya dalam jurnal belajar
sederhana dalam bahasa Indonesia.
c. Kegiatan Penutup
-Guru
meninformasikan materi pertemuan berikutnya.
-Guru
mengucapkan salam perpisahan
Pertemuan Keempat
a.Kegiatan
Awal
-Salam
dan tegur sapa
-Mengabsen
siswa
-Menginformasikan
kepada siswa tentang kegiatan saat ini
b. Kegiatan Inti
-
Siswa mengerjakan soal-soal ulangan harian
c.
Kegiatan Penutup
-Guru
meninformasikan kepada siswa bahwa waktu mengerjakan sudah habis.
-Guru mengucapkan salam
perpisahan
H.PENILAIAN
1.
Penilaian Pengetahuan
a. Jenis tes : Tes tulis .Jumlah
soal 10
b. Bentuk instrumen : PG
c. Pedoman penskoran :Jawaban betul = nilai 10
Jawaban salah = nilai 0
· Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam
menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang,
binatang, benda.
· Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata
bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan
tangan.
· Sikap tanggung jawab, kerjasama, peduli, dan
percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan menanyakan tentang
perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda.
Cara Penilaian:
Kinerja (praktik)
Simulasi dan/atau bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi dengan
menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang,
binatang, benda.
Observasi:
(penilaian yang bertujuan untuk memberikan
balikan secara lebih cepat)
· Observasi terhadap tindakan siswa menggunakan
bahasa Inggris untuk menyebutkan dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan
sifat orang, binatang, benda, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar
kelas.
· Observasi terhadap kesungguhan, tanggung
jawab, dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan
diri dalam melaksanakan komunikasi, di dalam dan di luar kelas.
Penilaian diri
Pernyataan siswa secara tertulis dalam jurnal
belajar sederhana berbahasa Indonesia tentang pengalaman belajar menyebutkan
dan menanyakan tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda,
termasuk kemudahan dan kesulitannya.
Mengetahui, Tasikmalaya,
………..2014
Kepala Sekolah Guru
Bahasa Inggris


















Tidak ada komentar:
Posting Komentar