RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP Inas yogya
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/
Semester : VII/1
Materi
Pokok : Nama dan jumlah benda
Alokasi
Waktu : 2
x 40 menit
A. KOMPETENSI INTI
KI. 1.
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI. 2.
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
KI. 3.
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI. 4.
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
B. KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, dan percaya diri dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan
teman.
3.5 Memahami fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menya-takan dan menanyakan nama dan
jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa
sehari-hari.
Indikator :
3.5.1
Menyebutkan nama-nama benda di sekitar siswa
3.5.2
Melafalkan
nama-nama benda
3.5.3
Mengidentifikasi perbedaan benda tunggal dan benda jamak.
3.5.4
Menanyakan
benda menggunakan kata Tanya How many
3.5.5
Menjawab
pertanyaan terkait benda tunggal dan jamak
4.6
Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan mena-nyakan nama binatang, benda dan bangunan publik yang
dekat dengan kehidupan siswa
4.6.1
Menulis nama-nama
benda
4.6.2
Menulis kalimat
menggunakan struktur : There is dan There are
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa
dapat menyebutkan nama-nama benda di sekitar siswa melalui
pemodelan
2.
Siswa
dapat melafalkan nama-nama benda melalui pemodelan
3.
Siswa
dapat mengidentifikasi perbedaan benda tunggal dan benda jamak dengan menggunakan gambar
4.
Siswa
dapat menanyakan benda menggunakan kata Tanya How many menggunakan contoh
dialog sederhana
5.
Siswa
dapat menjawab pertanyaan terkait benda tunggal dan jamak menggunakan gambar
6.
Siswa
dapat menulis nama-nama benda dengan menggunakan pemodelan
7.
Siswa
dapat menulis kalimat menggunakan struktur : There is dan There are dengan
menggunakan pemodelan
D. Materi Pembelajaran
Buku siswa ( When English rings the Bell )
Fungsi
sosial:
Mengenalkan dan mengidentifikasi benda-benda di
sekitar kita
Struktur
Teks:
-
Benda yang dipaparkan
-
Ciri-cirinya termasuk apa yang ada
di dalam nya
-
It’s my book. I have sharpener. They are my pens. There are many rulers on
the table. What is it? Are they your glasses? Which one is your flashdisk. How
many pencil cases do you have?
Unsur
kebahasaan:
1. Nama benda di sekitar kelas kita :
eraser, pencil cases, flashdisk, books
2. How many...?
3. Penyebutan kata benda singular dengan
a, an dan the, dan plural (s)
4. Ungkapan there is / are..., Is/are there...?
5. Ucapan, tekanan kata, intonasi,
6. Menulis kalimat yang
berpola Nominal Sentences
7. Ejaan, dan tulis tangan
There is ... .
There
is a bottom loading water dispenser.
Struktur
Teks
Benda yang dipaparkan, termasuk cara
memaparkannya. Misalnya penggunaan , There is ..., There are ..., How many ...?
a)
There are ... .
There
are coloring markers.
b)
There is a bed with two pillows, a bolster,
a bed sheet and a bed cover,
a night stand with a flower vase on it,
a window with curtain, and a book shelf
in my bedroom.
c)
How many ...?
How many pencils do you have?
E. METODE PEMBELAJARAN:
·
Pendekatan
: Scientific
Learning Approach
·
Model : Project Based Learning
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
PENDAHULUAN ( 10’ )
a.
Mengucapkan salam dan berdoa.
b.
Ice
Breaking : song (1-2-3 show your motion )
c.
Memberikan motivasi dan apersepsi.
d.
Menginformasikan tujuan
pembelajaran.
2. INTI
a. Observing
( 10’)
Siswa
|
Guru
|
·
Mengamati benda-benda yang ada
di ruang kelas
·
Menyimak contoh-contoh
pengucapan benda-benda yang di dalam ruangan
|
·
Menginstruksikan siswa untuk
mengamati benda-benda yang ada di dalam ruang kelas
·
Menujuk benda-benda dan
memberikan contoh cara pengucapannya. Mencatat/menilai aspek sikap dan
kesungguhan/keaktifan siswa.
|
b. Questioning
( 10’)
Siswa
|
Guru
|
·
Dengan pertanyaan pengarah dari
guru, siswa terpancing untuk mempertanyakan tentang nama dan jumlah benda-benda di lihat.
·
Menjawab pertanyaan dari siswa
lain.
|
·
Memberikan pertanyaan pancingan
terkait nama dan jumlah
benda-benda yang dilihat.
·
Memberi kesempatan/
mendorong siswa lain untuk menjawab pertanyaan sebelum menjelaskannya.
·
Mencatat/menilai aspek sikap dan
kesungguhan/keaktifan siswa.
|
c. Eksperimenting (
15’)
Siswa
|
Guru
|
·
Menyebutkan nama dan jumlah
benda-benda dalam kalimat sederhana
|
·
Meminta siswa menyebutkan nama
dan jumlah benda
·
Guru mengamati dan menilai siswa
yang menyebutkan nama dan jumlah benda
|
d. Associating
(15’)
Siswa
|
Guru
|
·
Mencari gambar benda-benda dari berbagai sumber
·
Memahami struktur bahasa pada kata/kalimat yang diucapkan (there are /
there is, How many…? )
|
·
Guru mengarahkan
·
Meminta siswa menterjemahkan
kalimat yang diucapkan oleh siswa lain/ teman sebangku.
·
Mengamati dan menilai
kesungguhan, sikap, dan ketepatan ucapan siswa.
·
Mengamati dan menilai aktivitas
siswa.
|
e. Communicating
(10’ )
Siswa
|
Guru
|
·
Secara berkelompok
menjawab pertanyaan mengenai nama dan jumlah benda berdasarkan gambar yang
diberikan
·
Membuat
kamus mini bergambar tentang benda di sekitar siswa
|
·
Mengelompokan siswa dan
mengarahkan pada siswa untuk menulis nama dan jumlah benda yang ada di rumah
·
Memberikan
motivasi, melakukan pengamatan dan penilaian
|
3. PENUTUP (10’)
1. Guru dan siswa membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.
2.
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram.
3.
Memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
4.
Memberikan tugas, baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5.
Menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
G.
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN:
·
LCD, Gambar
H.
SUMBER BELAJAR
·
Buku Paket Bahasa Inggris “ When English Rings The Bell “ chapter V
·
Majalah,
Koran, Internat, Video Pembelajaran
I.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
·
KINERJA
(praktik)
Membuat
daftar nama dan jumlah benda yang ada di ruang kelas
·
Observasi:
Penilaian untuk tujuan memberi
balikan. Sasaran penilaian
·
Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk
menyebutkan nama dan jumlah benda dan
memahami struktur bahasa
·
Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran di setiap tahapan.
·
Perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan santun , dalam melaksanakan komunikasi
Rubrik
a.
Aspek Sikap
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Sungguh-sungguh
|
5: selalu sungguh-sungguh
4: sering sungguh-sungguh
3: kadang-kadang sungguh-sungguh
2: jarang sungguh-sungguh
1: tidak pernah sungguh-sungguh
|
|
2.
|
Tanggung jawab
|
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung jawab
|
|
3.
|
Peduli
|
5: selalu peduli
4: sering pedul
3: kadang-kadang peduli
2: jarang peduli
1: tidak pernah peduli
|
|
4.
|
Kerjasama
|
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama
|
|
5.
|
Santun
|
5: selalu santun
4: sering santun
3: kadang-kadang santun
2: jarang santun
1: tidak pernah santun
|
|
b.
Aspek Pengetahuan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Pengucapan
|
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
2.
|
Intonasi
|
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
3.
|
Ketelitian
|
5 = sangat teliti
4 = teliti
3
= cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti
|
|
4.
|
Pemahaman
|
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1.
= tidak memahami
|
|
C. Penilaian
Ketrampilan : Project : Make a mini picture dictionary
Tabel 1:
Contoh Format Penilaian Projek
Mata
Pelajaran : ……………………………….
Nama
Projek : ………………………………..
Alokasi
Waktu : ………………………………..
Nama/Kelompok : ………………………………….
NIS : …………………………………
Kelas :
…………………………………
Rubrik
Penilaian
1. Perencanaan
a. Persiapan
1.Persiapan
Tidak lengkap skor 1
2.Persiapan
kurang lengkap skor 2
1
Perumusan judul
|
3. Persiapan cukup lengkap skor 3
4. Persiapan lengkap
skor 4
5. Persiapan sangat lengkap skor 1
b.
Perumusan Judul/Tema
1.
Judul tidak menarik dan tidak sesuai tema skor
1
2.
Judul kurang menarik tetapi kurang sesuai tema skor 2
3.
Judul cukup menarik tetapi sesuai tema skor 3
4.
Judul menarik dan sesuai tema skor 4
5.
Judul sangat menarik dan sesuai tema skor
5
PELAKSANAAN
a. Proses Pengamatan
1. Tidak teliti skor 1
2. Kurang telitiskor 2
3. Cukup teliti skor 3
4. Teliti skor 4
5. Sangat teliti skor 5
b. Pengumpulan Data
1. Tidak Lengkap skor 1
2. Kurang Lengkap skor 2
3. Cukup Lengkap skor 3
4. Lengkap skor 4
5. Sangat Lengkap skor 5
c. Persiapan alat/media/bahan
1. Tidak Lengkap skor 1
2. Kurang Lengkap skor 2
3. Cukup Lengkap skor 3
4. Lengkap skor 4
5. Sangat Lengkap skor 5
d. Teknik pengolahan/eksplorasi
1. Tidak mencakup keseluruhan 1
2. Kurang mencakup keseluruhan skor 2
3. Cukup mencakup keseluruhan skor 3
4. Lengkap mencakup keseluruhan skor 4
5. Sangat mencakup keseluruhan skor 5
LAPORAN PROYEK
a.
Hasil
produk/performans
1. Tidak Lengkap skor 1
2. Kurang Lengkap skor 2
3. Cukup Lengkap skor 3
4. Lengkap skor 4
5. Sangat Lengkap skor 5
b.
Presentasi/penguasaan
1. Tidak menarik skor 1
2. Kurang menarik skor 2
3. Cukup menarik skor 3
4. Menarik skor 4
5. Sangat menarik skor 5
c.
Laporan
Tertulis/portopolio
1. Tidak Lengkap skor 1
2. Kurang Lengkap skor 2
3. Cukup Lengkap skor 3
4. Lengkap skor 4
5. Sangat Lengkap skor 5
Tabel 2: Contoh
Format Penilaian Produk (Mini picture dictionary)
Mata Pelajaran : ……………………………….
Nama Proyek : ………………………………..
Alokasi Waktu :
………………………………..
Nama/Kelompok: ………………………………….
NIS :
………………………………………
Kelas :
…………………………………
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan
rentang skor 1 sampai 5.
1 = sangat kurang; 2 = kurang; 3 = cukup; 4 = baik dan 5 = amat
baik.
Untuk penilaian sikap, angka ini berfungsi sebagai alat
peringkasprofil peserta didik, bukan sebagai harga mati untuk KKM.
|
format
Penilaian Sikap
Nama :
………………………………….
NIS :
…………………………………
Kelas :
…………………………………
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan
rentang skor 1 sampai 5.
1 = sangat kurang; 2 = kurang; 3 = cukup; 4 = baik dan 5 = amat
baik.
Untuk penilaian sikap, angka ini berfungsi sebagai alat
peringkasprofil peserta didik, bukan sebagai harga mati untuk KKM.
|
Yogyakarta,
8 Juni 2014
Guru Mapel Chapter 5
Does
Ichnatun-Sri Hari-Urip Suwarniti-M.Yusuf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar