Minggu, 15 Februari 2015

RPP B INGGRIS K 13 SMP semester 1 kls 8




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan               : SMP N
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                     : VIII/Satu
Materi pokok                           : Teks lisan dan tulis untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat
Alokasi Waktu                     : 5 pertemuan (10 JP)

A.      Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.1 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C. Indikator
1.      Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.      Melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan untuk meminta perhatian mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.melalui kegiatan terintegrasi menyimak dan berbicara bahasa Inggris.
3.      Menyusun teks lisan sederhana berupa percakapan interpersonal untuk mengucapkan dengan menggunakan ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

D.    Tujuan Pembelajaran  
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
Pertemuan pertama
1.1 mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk meminta perhatian sesuai dengan konteks penggunaannya
1.2 melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan untuk meminta perhatian sesuai dengan konteks penggunaannya.melalui kegiatan terintegrasi menyimak dan berbicara bahasa Inggris
1.3 menyusun teks lisan sederhana berupa percakapan interpersonal untuk mengucapkan dengan menggunakan ungkapan meminta perhatian

Pertemuan kedua
2.1. Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk mengecek pemahaman sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.2 Melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan untuk mengecek pemahaman sesuai dengan konteks penggunaannya.melalui kegiatan terintegrasi menyimak dan berbicara bahasa Inggris.
2.3 Menyusun teks lisan sederhana berupa percakapan interpersonal untuk mengucapkan dengan menggunakan ungkapan untuk mengecek pemahaman

Pertemuan ketiga
3.1. Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menghargai kinerja yang baik sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2 Melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan untuk menghargai kinerja yang baik sesuai dengan konteks penggunaannya.melalui kegiatan terintegrasi menyimak dan berbicara bahasa Inggris.
3.3 Menyusun teks lisan sederhana berupa percakapan interpersonal untuk mengucapkan dengan menggunakan ungkapan untuk menghargai kinerja yang baik

Pertemuan keempat
4.1. Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk meminta pendapat sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2 Melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan untuk meminta pendapat sesuai dengan konteks penggunaannya.melalui kegiatan terintegrasi menyimak dan berbicara bahasa Inggris.
4.3 Menyusun teks lisan sederhana berupa percakapan interpersonal untuk mengucapkan dengan menggunakan ungkapan untuk meminta pendapat yang baik

Pertemuan kelima
5.1. Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk mengungkapkan pendapat sesuai dengan konteks penggunaannya.
5.2 Melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan untuk mengungkapkan pendapat sesuai dengan konteks penggunaannya.melalui kegiatan terintegrasi menyimak dan berbicara bahasa Inggris.
5.3 Menyusun teks lisan sederhana berupa percakapan interpersonal untuk mengucapkan dengan menggunakan ungkapan untuk mengungkapkan pendapat yang baik

E.      Materi Pembelajaran 
1.         Pertemuan pertama
Ungkapan meminta perhatian
2.         Pertemuan kedua
Ungkapan mengecek pemahaman
3.            Pertemuan ketiga
Ungkapan menghargai kinerja yang baik
4.         Pertemuan keempat
Ungkapan meminta pendapat
5.            Pertemuan kelima
Ungkapan mengungkapkan pendapat

F.      Metode Pembelajaran
1.         Contextual Teaching and Learning = Pembelajaran kontekstual
2.         Communicative Language Teaching = Pembelajaran komunikatif

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran     
Pertemuan pertama
a.       Pendahuluan  (10 menit )
1) Guru menyapa siswa menggunakan Bahasa Inggris agar tercipta English environment.
2) Guru mengecek kehadiran siswa.
b.       Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
1)     Siswa mengamati contoh ungkapan untuk meminta perhatian orang.
2)     Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk meminta perhatian orang, seperti:
·         “Attention, please! Attention, please! Attention, please!”
·         “Everybody, may I have your attention, please.”
·         “Everybody, …” dst
3)     Siswa berlatih menyusun teks lisan berupa percakapan interpersonal pendek, seperti:
Teacher: “Dayu, please look at me! Would you Iike to stop doing it? Are you ready to learn?”
Student: “I’m so sorry, Ma’am. Yes, I am.”
Mempertanyakan:
      Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan makna dan fungsi sosial ungkapan-ungkapan tersebut.
Bereksplorasi:
     Siswa mencari ungkapan-ungkapan lain yang dapat digunakan untuk meminta perhatian orang dari berbagai sumber.


Mengasosiasi/menganalisis:
Dengan bekerja kelompok, siswa mempelajari ungkapan-ungkapan meminta perhatian orang untuk memperoleh informasi tentang makna dan fungsi sosialnya.
Berkomunikasi:
      Melalui berbagai situasi yang diberikan oleh guru, siswa berlatih menggunakan ungkapan untuk meminta perhatian dan merespon ungkapan-ungkapan tersebut.

c.       Penutup (10 menit)
1)   Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)   Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempraktikkan ungkapan meminta perhatian dan mencatat kepada siapa saja siswa mengucapkan ungkapan tersebut.
4)   Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

Pertemuan kedua
a.      Pendahuluan  (10 menit )
1) Guru menyapa siswa menggunakan Bahasa Inggris agar tercipta English environment.
2) Guru mengecek kehadiran siswa.

b.       Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
1)      Siswa mengamati contoh ungkapan untuk mengecek pemahaman seseorang, seperti: 
2)      Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk mengecek pemahaman, seperti: “Do you understand of what she said?”
3)  Siswa berlatih menyusun teks lisan berupa percakapan interpersonal pendek, seperti:
      Teacher: “Do you know what I mean?”
      Student:”Yes, sir”
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan makna dan fungsi sosial ungkapan-ungkapan tersebut.
Bereksplorasi:
Siswa mencari ungkapan-ungkapan lain yang dapat digunakan untuk mengecek pemahaman orang dari berbagai sumber.
Mengasosiasi/menganalisis:
Dengan bekerja kelompok, siswa mempelajari ungkapan-ungkapan untuk mengecek pemahaman orang untuk memperoleh informasi tentang makna dan fungsi sosialnya.
Berkomunikasi:
Melalui berbagai situasi yang diberikan oleh guru, siswa berlatih menggunakan ungkapan untuk mengecek pemahaman orang dan merespon ungkapan-ungkapan tersebut.

c.          Penutup (10 menit)
1)      Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
2)      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempraktikkan ungkapan meminta perhatian dan mencatat kepada siapa saja siswa mengucapkan ungkapan tersebut.
3)      Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

Pertemuan ketiga
a.          Pendahuluan  (10 menit )
1) Guru menyapa siswa menggunakan Bahasa Inggris agar tercipta English environment.
2) Guru mengecek kehadiran siswa.

b.          Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
1)      Siswa mengamati contoh ungkapan untuk menghargai kinerja yang baik.
2)      Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menghargai kinerja yang baik, seperti: 
·         “That’s great! I think it is a beautiful invitation card. I like it.”
·         “What a wonderful picture!”
3)     Siswa berlatih Siswa berlatih menyusun teks lisan berupa percakapan interpersonal pendek yang baik, seperti: 
Siti: “Your picture is beautiful! I like the color.”
Dayu: “Thanks!”


Mempertanyakan:
Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan makna dan fungsi sosial ungkapan-ungkapan tersebut.
Bereksplorasi:
Siswa mencari ungkapan-ungkapan lain yang dapat digunakan untuk menghargai kinerja yang baik dari berbagai sumber.
Mengasosiasi/menganalisis:
Dengan bekerja kelompok, siswa mempelajari ungkapan-ungkapan untuk menghargai kinerja yang baik untuk memperoleh informasi tentang makna dan fungsi sosialnya.
Berkomunikasi:
Melalui berbagai situasi yang diberikan oleh guru, siswa berlatih menggunakan ungkapan untuk menghargai kinerja yang baik dan respon terhadap ungkapan-ungkapan tersebut.

c.       Penutup (10 menit)
1)   Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)   Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempraktikkan ungkapan menghargai kinerja yang baik dan mencatat kepada siapa saja siswa mengucapkan ungkapan tersebut.
4)   Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

Pertemuan keempat

a.      Pendahuluan  (10 menit )
1) Guru menyapa siswa menggunakan Bahasa Inggris agar tercipta English environment.
2) Guru mengecek kehadiran siswa.

b.     Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
1)      Siswa mengamati contoh ungkapan untuk meminta pendapat.
2)      Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk meminta pendapat, seperti:
·         “What do you think of this picture? Beni did it well, didn’t he?”
·         “Is that how you say it?”
·         “Don’t you think so?
3)     Siswa berlatih menyusun teks lisan berupa percakapan interpersonal pendek,yang digunakan untuk meminta pendapat, seperti:
Teacher: “What do you think? Is English easy or difficult?”
Student: “I think it’s easy. I love English.”
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan makna dan fungsi sosial ungkapan-ungkapan tersebut.
                      Bereksplorasi:
Siswa mencari ungkapan-ungkapan lain yang dapat digunakan untuk berpamitan/berpisah dari berbagai sumber.
Menganalisis:
Dengan bekerja kelompok, siswa mempelajari ungkapan-ungkapan untuk berpamitan/berpisah untuk memperoleh informasi tentang makna dan fungsi sosialnya.
Berkomunikasi:
Melalui berbagai situasi yang diberikan oleh guru, siswa berlatih menggunakan ungkapan untuk berpamitan/berpisah dan respon terhadap ungkapan-ungkapan tersebut.

c.       Penutup (10 menit)
1)   Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)   Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempraktikkan ungkapan meminta pendapat dan mencatat kepada siapa saja siswa mengucapkan ungkapan tersebut.
4)   Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

Pertemuan kelima
a.      Pendahuluan  (10 menit )
1) Guru menyapa siswa menggunakan Bahasa Inggris agar tercipta English environment.
2) Guru mengecek kehadiran siswa.






b.     Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
1)      Siswa mengamati contoh ungkapan untuk mengungkapkan pendapat.
2)      Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan yang digunakan untuk mengungkapkan pendapat, seperti: Well,
I think it is good enough
3)      Siswa berlatih menyusun teks lisan berupa percakapan interpersonal pendek,yang digunakan untuk mengungkapkan pendapat, seperti:
“He’s diligent student. Don’t you think so?”
Mempertanyakan:
Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan makna dan fungsi sosial ungkapan-ungkapan tersebut.
                      Bereksplorasi:
Siswa mencari ungkapan-ungkapan lain yang dapat digunakan untuk mengungkapkan pendapat dari berbagai sumber.
Menganalisis:
Dengan bekerja kelompok, siswa mempelajari ungkapan-ungkapan mengungkapkan pendapat untuk memperoleh informasi tentang makna dan fungsi sosialnya.
Berkomunikasi:
Melalui berbagai situasi yang diberikan oleh guru, siswa berlatih menggunakan ungkapan untuk mengungkapkan pendapat terhadap ungkapan-ungkapan tersebut.

c.       Penutup (10 menit)
1)      Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)      Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempraktikkan ungkapan untuk mengungkapkan pendapat dan mencatat kepada siapa saja siswa mengucapkan ungkapan tersebut.
4)      Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.




H.    Sumber Belajar
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Bahasa Inggris: When English Rings the Bell. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
I. Penilaian
Tes Lisan dan tulis (Terlampir)

                                                                                                Semarang, .............................. 2013  Mengetahui                                                               
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



________________________                                                            Hanung Baskoro
NIP. ...                                                                                                NIP. 197811232007011006

























Lampiran 1: Intrumen Penilaian
Lampiran 2: Rubrik Penilaian

Instrumen penilaian
1)      A. Tes Tulis untuk Pemahaman siswa akan ungkapan meminta perhatian.
      Lengkapilah Dialog berikut dengan ungkapan yang tepat!
1.         X : “Jack, _____________________________”
Y: “Yes, ma’am. I will concern on the song”

2.         Teacher: “Everybody, ___________________”
Students: ”Yes, sir. Anything wrong?
Teacher: “No, hmmm I just want to inform you that tomorrow you’ll
                 have a test

3.         ……..
4.         dst

B. Tes Lisan untuk Pemahaman siswa akan ungkapan meminta perhatian.
    
Carilah ungkapan meminta perhatian kemudian terapkan kepada temannya untuk mendapatkan responnya

2)      A. Tes Tulis untuk Pemahaman siswa akan ungkapan mengecek pemahaman.

B.  Tes Lisan untuk Pemahaman siswa akan ungkapan mengecek pemahaman

Carilah  ungkapan mengecek pemahaman kemudian terapkan ke pada temannya untuk mendapatkan responnya!

3)      A. Tes Tulis untuk Pemahaman siswa akan ungkapan menghargai kinerja yang
      baik.

B. Tes Lisan untuk Pemahaman siswa akan ungkapan menghargai kinerja yang
      baik

     Carilah  ungkapan menghargai kinerja  kemudian terapkan ke pada
     temannya untuk mendapatkan responnya!

4)      A. Tes Tulis untuk Pemahaman siswa akan ungkapan meminta pendapat
     
B. Tes Lisan untuk Pemahaman siswa akan ungkapan meminta pendapat

     Carilah  ungkapan meminta pendapat kemudian terapkan ke pada
     temannya untuk mendapatkan responnya!

5)      A. Tes Tulis untuk Pemahaman siswa akan ungkapan  untuk mengungkapkan
      pendapat

B. Tes Lisan untuk Pemahaman siswa akan ungkapan untuk mengungkapkan
     pendapat

Carilah  ungkapan untuk mengungkapkan pendapat kemudian terapkan ke pada temannya untuk mendapatkan responnya!


Rubrik:
Tes Tulis:
Tes Lisan:
Ada empat aspek yang dinilai dalam tes berbicara di atas:





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Satuan Pendidikan                : SMP .............................
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                       : VIII/Satu
Materi pokok                           : Asking and Stating if someone can and will do something
Alokasi Waktu                      :  5 x 40 JP


A.                                        Kompetensi Inti
1.Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.                                         Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi dasar
Indikator pencapaian kompetensi
1
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
Sebagai bukti bahwa siswa mensyukuri mendapat kesempatan belajar Bahasa Inggris:



1.1 Siswa menggunakan ungkapan menanyakan dan menyatakan seeorang mampu/dapat  melakukan sesuatu





1.2. Siswa menggunakan ungkapan


menanyakan dan menyatakan seeorang  mau melakukan sesuatu
















2
 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi  dengan guru dan teman.
2.1. Siswa bertanya kepada orang-orang di sekitarnya apakah mampu melakukan suatu pekerjaan


2.2. Siswa bertanya kepada orang-orang di sekitarnya apakah mau/berkenan melakukan suatu pekerjaan





















3
KD. 3.2.
 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.



3.2.1. Siswa mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menyatakan dan menanyakan apakah sesorang dapat/mampu melakukan sesuatu dan responnya





3.2.2. Siswa mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menyatakan dan menanyakan apakah sesorang mau /berkenan melakukan sesuatu berpamitan dan responnya.















4
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2.1. Siswa dapat menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan apakah seseorang mampu/dapat melakukan sesuatu

4.2.2. Siswa dapat menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan apakah seseorang mau/berkenan melakukan sesuatu

4.2.3. Siswa dapat merespon ungkapan menyatakan dan menanyakan apakah seseorang mau/berkenan melakukan sesuatu
4.2.4. Siswa dapat menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan apakah seseorang mau/berkenan melakukan sesuatu
















































C.                                        Tujuan Pembelajaran  
       
        Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.                  mengucapkan ungkapan-ungkapan menyatakan dan menanyakan apakah sesorang mampu/dapat melakukan sesuatu
2.                   merespon ungkapan-ungkapan menyatakan dan menanyakan apakah sesorang    mampu/dapat melakukan sesuatu
3.                   menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan sesuatu

D.                                        Materi Pembelajaran
      1.  Ungkapan menyatakan dan menanyakan apakah seseorang mampu  melakukan sesuatu  (State and ask if one can do something)
      2.  Ungkapan menyatakan dan menanyakan apakah seseorang  mau melakukan sesuatu (State and ask if one  will do something)

E.                                         Metode Pembelajaran
Scientific Approach (Observing, Questioning, Experimenting, Associating, Communicating) melalui model pembelajaran:
1.         Project Based Learning ( Pembelajaran berbasis proyek)
2.         Discovery learning

F.                                Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.      Media                           : Multimedia dan Gambar
2.      Alat                              : White board and board marker
3.      Sumber Belajar            : Buku Bahasa Inggris“When English Rings the Bell”

G.                                  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran     
a.         Pendahuluan
1) Guru menyapa siswa menggunakan Bahasa Inggris agar tercipta English environment.
2) Guru mengecek kehadiran siswa.

b.        Kegiatan inti  

Observing:
1)     Siswa mengamati contoh ungkapan menyatakan dan menanyakan apakah seseorang mampu dan mau melakukan sesuatu dan responnya.
2)     Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyatakan dan menanyakan apakah seseorang bisa/mampu melakukan sesuatu, seperti:  Can you play the piano?, Can you play guitar? Are you able to speak English? Are you capable to drive a car?
3)     Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyatakan dan menanyakan apakah seseorang mau/berkenan melakukan sesuatu, seperti: Good morning, good afternoon, good evening, good night, I’m fine, thank you.

Questioning:
4)     Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan makna dan fungsi sosial ungkapan-ungkapan tersebut.

Experimenting:
5)     Siswa mencari ungkapan-ungkapan lain yang dapat digunakan untuk menyatakan dan menanyakan apakah seseorang dapat dan mau melakukan sesuatu beserta responnya.

Associating
6)     Dengan bekerja kelompok, siswa mempelajari ungkapan-ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan apakah seseorang  mampu dan mau melakukan sesuatu untuk memperoleh informasi tentang makna dan fungsi sosialnya.

Communicating
7)     Melalui berbagai situasi yang diberikan oleh guru, siswa berlatih menggunakan ungkapan untuk menyatakan dan menanyakan apakah seseorang mampu dan mau melakukan sesuatu  dan merespon ungkapan-ungkapan tersebut.

c.         Penutup
1)   Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)   Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempraktikkan ungkapan menyatakan dan menanyakan apakah seseorang dapat dan mau melakukaan sesuatu beserta responnya
4)   Guru memberi pekerjaan rumah (tugas mandiri/kelompok) untuk menyusun dan menulis dialog tentang menyatakan dan menanyakan apakah seeorang mau dan mampu melakukan sesuatu dan responnya
5)   Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

H. Penilaian
1. Jenis/Teknik Penilaian:
    - Test Lisan(Performance Test)
    - Test Tulis (Hasil Kerja)

2.  a. Bentuk Instrumen:
         -  Aspek Sikap:  observasi dan/ atau peer assesment
         -  Aspek Pengetahuan: Pilihan Ganda/Uraian
         -  Aspek Ketrampilan: Praktek/Test lisan

    b.   Instrumen:
          -   Complete the following sentences according to speakers statements!
    
          -  Do an interview with your friends to fill in the table by using” Can you...? and Will you....?

          -   Play the roles based on the pictures given!

3. Rubrik Penilaian:

    Ada empat aspek yang dinilai dalam tes lisan (Performance Test)  di atas:
1.      Kelancaran, dengan skor 5 bila sangat lancar,
Skor 4 bila lancar,
Skor 3 bila cukup lancar
Skor 2 bila kurang lancar
Skor 1 bila tidak lancar.
2.      Pengucapan, dengan skor 5 bila pengucapan hampir sempurna,
Skor 4 bila ada kesalahan tetapi tidak mengganggu makna,
Skor 3 bila ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 2 bila banyak kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 1 bila terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami.
3.      Intonasi, dengan skor 5 bila pengucapan hampir sempurna,
Skor 4 bila ada kesalahan tetapi tidak mengganggu makna,
Skor 3 bila ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 2 bila banyak kesalahan dan mengganggu makna,
Skor 1 bila terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami.
4.      Pilihan kata, dengan skor 5 bila sangat variatif dan tepat,
Skor 4 bila variatif dan tepat
Skor 3 bila cukup variatif dan tepat
Skor 2 bila kurang variatif dan tepat
Skor 1 bila tidak variatif dan tidak tepat



                                                                                                        Surakarta,   07 Juni 2014
Mengetahui                                                                
Kepala SMP                                                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                                                                           
________________________                                                        ______________________
NIP.                                                                                                  NIP.




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah                           :           SMP
Matapelajaran               :           BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester              :           VIII / 1
Materi Pokok                 :           Teks lisan dan tulis untuk (a) memberi instruksi, (b) mengajak, (c) melarang, (d) minta ijin, serta responnya
Alokasi  Waktu               :           4 JP  ( 2 tatap muka )

A.     Kompetensi Inti (KI)
1.  Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,  
      gotong royong), santun, percaya diri,  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
      sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
      rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
      kejadian tampak mata.
4.   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,  
      memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
      menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
      sama dalam sudut pandang/teori.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.     Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
           komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1.          Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal  
dengan guru dan teman.
2.2.         Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
  2.3.     Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam  
              melaksanakan komunikasi fungsional.
3.3.         Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, minta ijin, serta cara responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
Indikator: 
·         siswa dapat memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan untuk memberi instruksi , mengajak, melarang , minta ijin dan meresponnya

4.3.     Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, dan minta ijin, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Indikator:  
·         siswa dapat menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk  menyatakan, menanyakan dan merespon ungkapan memberi instruksi mengajak melarang minta ijin  serta responnya dengan struktur teks,dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
C.      Tujuan Pembelajaran
Siswa terampil memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk (a) Memberi instruksi (b)Mengajak (c) Melarang (d) Minta ijin, serta responnya untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman, untuk menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks, secara jujur, disiplin, percaya diri, bertanggungjawab, peduli, kerjasama dan cinta damai.  
( sikap,pengetahuan,keterampilan)

D.     Materi Pembelajaran
Teks lisan dan tulis untuk (a) memberi instruksi, (b) mengajak, (c) melarang, (d) minta ijin, serta responnya
Masing-masing diajarkan secara terpisah
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Struktur  teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a.            Come in, please! Thank you. Put the book on the table, please. Yes, sure., dan semacamnya
b.            Let’s go! Okay. Come with me! Sorry, I’m busy., dan semacamnya.
c.             Don’t be late again! Sure, I won’t. Don’t open it, ok? OK., dan semacamnya.
d.            May I use your pen, please? Sure, here you are. May I wash my hands? Certainly., dan semacamnya.
Unsur kebahasaan
(1)         Kosa kata: please, okay, certainly, sure, sorry, Let’s.
(2)         Tata bahasa: Kalimat imperatif positif, kalimat imperatif negatif, kata kerja bantu modal may.
(3)         Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4)         Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5)         Ejaan dan tanda baca
(6)         Tulisan tangan
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

E.      Metode Pembelajaran
Scientific  Approach

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media                :           tayangan gambar, rekaman video    
2.  Alat/Bahan        :           LCD, Laptop, pengeras suara
3.  Sumber Belajar :           Buku : When English Rings a Bell, SMP/MTs kelas VIII

G.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

PERTEMUAN KE -1

a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal                                                                                    (…menit)
1. greeting ; tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa
   “Hello, good morning everybody. How’s life ?”..... etc
   “OK,  I’ll call the roll and please say : PRESENT to confirm your presence”…. etc.
 
2. tanya jawab ringan untuk menuju materi
   OK class, all of  you , stand up ,please. Close your eyes . Open up… etc.   

b. Kegiatan Inti                                                                                                    (...menit)
        Mengamati
·         Siswa mengamati judul chapter III “ You should come!  Don’t be late!”
·         Guru memberi pertanyaan yang menjembatani atau mengantarkan siswa pada pemahaman fungsi sosial materi yang akan dipelajari.
“ Ali (example), when is your birthday?.... Have you ever got an invitation for birthday party?... What is your best gift so far? Okay, today and the next few days we will  learn about…”
·         Guru membacakan tujuan pembelajaran, siswa menirukan ucapan guru
·         Guru memberikan contoh bagaimana cara membaca percakapan tersebut dengan intonasi dan tekanan kata yang baik dan benar.Setelah itu, peserta didik bermain peran dari percakapan yang ada.
·         Siswa mendengarkan guru memberi contoh pengucapan ungkapan-ungkapan untuk mengajak serta responnya lalu menirukannya.
·         Siswa mendengarkan guru memberi contoh pengucapan ungkapan-ungkapan untuk melarang serta responnya lalu menirukannya.
·         Siswa mendengarkan guru memberi contoh pengucapan ungkapan-ungkapan untuk meminta ijin serta responnya lalu menirukannya.
        Menanya
·         meminta peserta didik untuk membaca dan memahami instruksi untuk kegiatan pada halaman  42, buku “When English Rings a Bell”  kelas VIII
·         siswa menirukan guru membaca instruksi kegiatan.
·         Guru memberikan stimulus pada siswa dengan pertanyaan yang mengarah pada ungkapan-ungkapan untuk memberi perintah.
“What are we going to do now? … What picture is that?  Yudha (example), have you ever gone to birthday party? What does the sentence mean?.... etc.”
·         Guru memberikan stimulus pada siswa dengan pertanyaan yang mengarah pada ungkapan-ungkapan untuk mengajak.
 “Ok students, Lina sent Beni an invitation card. Lets listen what Beni try to confirm Lina about her invitation.”
·         Guru memulai dengan memberikan contoh cara membaca untuk setiap kalimatnya dan meminta peserta didik secara berpasangan menirukan percakapan yang ada.
·         Guru meminta peserta didik secara berpasangan untuk memperagakan percakapan tersebut.
·         Jika memungkinkan, peserta didik dapat diminta untuk membuat dialog dengan situasi yang mirip dengan percakapan tersebut.

                        c.  Penutup                                                                                                     (…menit)
                         1. Guru menanyakan kesulitan siswa.
             2. Guru menyimpulkan materi pembelajaran
 3. Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan beberapa tugas untuk di rumah.
OK  guys…  let’s make a summary of our activity today .For next meeting,   please be sure that you have done the exercises I’ve given to you about …..

PERTEMUAN KE -2

a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal                                                                                 (…menit)

1. greeting ; tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa
  “Hello, good morning everybody. How’s life ?”..... etc
  “OK,  I’ll call the roll and please say : PRESENT to confirm your presence”…. etc.
 
2. tanya jawab ringan untuk menuju materi
   OK class, do you remember what we had done in our previous meeting? … Well, Andi (example), please, switch on the lamp! Thank you… etc.

b. Kegiatan Inti                                                                                                            (...menit)

        Mengumpulkan Informasi
·         Guru memutar sebuah tayangan video yang berisi ungkapan-ungkapan untuk (a) memberi instruksi, (b) mengajak, (c) melarang, (d) minta ijin serta responnya.
·         Siswa secara berkelompok diberi kesempatan untuk mencatat semua ungkapan yang terdapat dalam tayangan tersebut yang ada hubungannya dengan ungkapan yang sedang dipelajari.
·         Siswa belajar mengucapkan ungkapan-ungkapan yang sudah dicatat saat penayangan.
·         peserta didik diminta untuk membaca dan memahami instruksi untuk kegiatan ini
                                         kemudian memainkan peran berdasarkan percakapan yang ada.
·         Pertama-tama, guru dapat memberikan contoh cara membaca dengan pengucapan, intonasi, dan tekanan kata yang tepat.
·         Kemudian, peserta didik dapat mengulangi untuk membaca percakapan tersebut.
·         peserta didik diminta untuk melengkapi kalimat berdasarkan percakapan yang
ada di halaman sebelumnya
·         peserta didik diminta untuk menyalin percakapan yang sudah ada sebelumnya dengan harapan bahwa peserta didik dapat memahami secara utuh mengenai ungkapan-ungkapan
·         Siswa secara berkelompok mencari arti dari ungkapan-ungkapan tersebut, dan dengan bimbingan guru menemukan ciri-ciri interaksi (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan), serta responnya.

c.  Penutup                                                                                                     (…menit)
                         1. Guru menanyakan kesulitan siswa.
2.  Guru menyimpulkan materi pembelajaran
 3. Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan beberapa tugas untuk di rumah.
OK  guys…  let’s make a summary of our activity today .For next meeting,   please be sure     that you have done the exercises I’ve given to you about …..

PERTEMUAN KE – 3
*extensive activity :
Model pembelajaran : Discovery Learning (RPP terlampir)


PERTEMUAN KE - 4

a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal                                                                                (…menit)
 1.  greeting ; tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa
         “Hello, good morning everybody. How’s life ?”..... etc
         “OK,  I’ll call the roll and please say : PRESENT to confirm your presence”…. etc.
 
  2.  tanya jawab ringan untuk menuju materi
         OK class, do you remember what we had done in our previous meeting? … Well, Andi   (example), please, tell me how you memorize it… etc.”

b. Kegiatan Inti                                                                                                            (...menit)
        Mengasosiasi
·         Siswa membaca dan memahami instruksi untuk kegiatan ini.
·         guru memberikan contoh cara membaca dengan pengucapan, intonasi, dan tekanan kata yang tepat, peserta didik menirukan. (klasikal-kelompok-individual)
·         peserta didik diminta untuk membaca, kemudian memainkan peran berdasarkan percakapan yang ada.
·         peserta didik membaca dan memahami instruksi untuk kegiatan lalu melengkapi kalimat berdasarkan percakapan yang ada di halaman sebelumnya
·         peserta didik diminta untuk  menyalin percakapan yang sudah ada sebelumnya dengan harapan bahwa peserta didik dapat memahami secara utuh mengenai ungkapan-ungkapan apa saja yang sedang dipelajarinya.
·         peserta didik membaca dan memahami instruksi untuk kegiatan lalu  membuat kesimpulan mengenai apa yang sudah dipelajari.
c.  Penutup                                                                                                                  (…menit)
                  1. Guru menanyakan kesulitan siswa.
2.  Guru menyimpulkan materi pembelajaran
3. Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan beberapa tugas untuk di rumah.
OK  guys…  let’s make a summary of our activity today .For next meeting,   please be sure     that you have done the exercises I’ve given to you about …..

PERTEMUAN KE – 5

a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal                                                                                (…menit)

1. greeting ; tanya jawab berbagai hal terkait kondisi siswa
     “Hello, good morning everybody. How’s life ?”..... etc
     “OK,  I’ll call the roll and please say : PRESENT to confirm your presence”…. etc.
 
2. tanya jawab ringan untuk menuju materi
 OK class, do you remember what we had done in our previous meeting? … Well, Andi (example), please, switch on the lamp! Thank you… etc.

b. Kegiatan Inti                                                                                                            (...menit)
        Mengomunikasikan
·         peserta didik membaca dan memahami instruksi untuk kegiatan , lalu guru memberikan contoh cara membaca dengan pengucapan, intonasi, dan tekanan kata yang tepat, peserta didik menirukan. (klasikal-kelompok-individual)
·         Pesertadidik belajar ‘memerankan’ tokoh-tokoh dalam percakapan tertulis.
·         Guru mengingatkan kembali bahwa mereka dapat menggunakan kalimat-kalimat yang ada dalam pembelajaran sehari-hari.
·         Peserta didik  diminta untuk berlatih mengucapkan percakapan bersama pasangannya. Jika  memungkinkan, peserta didik pun dapat diminta untuk memperagakan dialog tersebut seperti situasi aslinya.
(Peserta  didik  dapat  memodifikasi  kalimat  yang  ada  di  dalam buku siswa untuk kemudian disesuaikan dengan kondisi yang memungkinkan untuk dapat diperagakan di depan kelas)
·         peserta didik diminta  secara berkelompok untuk membuat instruksi dan juga larangan berdasarkan topik kegiatan yang mungkin untuk dilaksanakan.
(Peserta didik dapat membuatnya di karton yang cukup besar sehingga dapat dilihat dengan jelas)
·         peserta didik dapat mempresentasikannya di depan kelas.
·         peserta didik diminta untuk melakukan evaluasi diri mengenai apa yang sudah dipahaminya.
( Diharapkan guru dapat melihat bagian evaluasi diri ini, termasuk juga memberikan tambahan atau remedial kepada peserta didik yang masih belum memahami secara utuh konsep pembelajaran yang sudah ada )




H.     Penilaian
A.
1.  Jenis/teknik penilaian    :   Penilaian sikap
       
2.  Bentuk  instrumen         :
Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspek yang dinilai
Skor
Catatan
1
Santun
1
2
3
4
5

2
Peduli






3
Disiplin






4
Percaya diri






5
Bertanggung jawab






6
Kerjasama







B.
1.  Jenis/teknik penilaian    :   lisan
       
2.  Bentuk  instrumen         :

Practice the following dialogues with your partner.
                                  Pedoman Penilaian      :              
Jumlah skor maksimal    :   15
                                Nilai maksimal                   :   10
                                Nilai siswa                           :   skor penilaian  X  10
                                                                                      skor maksimal

      Rubrik Penilaian        :   
         Nama Siswa: ________                                        Kelas: _____
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai


1
2
3
4
1.
Fluency




2.
Language





a. Pronunciation and intonation





b. Grammar





c. Vocabulary




3.
Performance ( eye contact, facial expression,  gesture)




Jumlah




Skor Maksimum
20



Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten
Jika seorang siswa memperoleh skor 20 dapat ditetapkan ”sangat kompeten”. Dan seterusnya  
sesuai dengan jumlah skor perolehan.


3.      Pedoman penskoran
NO
ASPEK
KRITERIA
SKOR
1
Santun
Selalu menunjukkan sikap santun
5
Sering menunjukkan sikap santun
4
Beberapa kali menunjukkan sikap santun
3
Pernah menunjukkan sikap santun
2
Tidak pernah menunjukkan sikap santun
1
2
Peduli
Selalu menunjukkan sikap peduli
5
Sering menunjukkan sikap peduli
4
Beberapa kali menunjukkan sikap peduli
3
Pernah menunjukkan sikap peduli
2
Tidak pernah menunjukkan sikap peduli
1
3
Disiplin
Selalu menunjukkan sikap disiplin
5


Sering menunjukkan sikap disiplin
4


Beberapa kali menunjukkan sikap disiplin
3


Pernah menunjukkan sikap disiplin
2


Tidak pernah menunjukkan sikap disiplin
1
4
Percaya diri
Selalu menunjukkan sikap percaya diri
5


Sering menunjukkan sikap percaya diri
4


Beberapa kali menunjukkan sikap percaya diri
3


Pernah menunjukkan sikap percaya diri
2


Tidak pernah menunjukkan sikap percaya diri
1
5
Bertanggung jawab
Selalu menunjukkan sikap bertanggungjawab
5


Sering menunjukkan sikap bertanggungjawab
4


Beberapa kali menunjukkan sikap bertanggungjawab
3


Pernah menunjukkan sikap bertanggungjawab
2


Tidak pernah menunjukkan sikap bertanggungjawab
1
6
Kerjasama
Selalu menunjukkan sikap kerjasama
5


Sering menunjukkan sikap kerjasama
4


Beberapa kali menunjukkan sikap kerjasama
3


Pernah menunjukkan sikap kerjasama
2


Tidak pernah menunjukkan sikap kerjasama
1



















EXTENSIVE ACTIVITY
Model pembelajaran : Discovery Learning


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah                           :           SMP
Matapelajaran               :           BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester              :           VIII / 1
Materi Pokok                 :           Teks lisan dan tulis untuk (a) memberi instruksi, (b) mengajak, (c) melarang, (d) minta ijin, serta responnya
Alokasi  Waktu               :           4 JP  ( 2 tatap muka )


Kompetensi Dasar
:
3.3 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, minta ijin, serta cara responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi instruksi, mengajak, melarang, dan minta ijin, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman. 
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
Topik
:
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.
Sub Topik
:
Teks lisan dan tulis untuk :(a) memberi instruksi
Tujuan
:
Siswa terampil memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk (a) Memberi instruksi
Alokasi Waktu
:
 1 x TM



Tahap Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)
Adi,(example) what is your birthday?
Have you ever celebrated your birthday?
Problem statement (pertanyaan/identifikasi masalah)
Beni And Udin are going to buy a gift for Lina. Can you help them to find a suitable gift for her?
Data collection (pengumpulandata)
Write down the suitable things for Lina’s birthday gift.

Data processing (pengolahan Data)
Please write your suggested gifts on the board
Verification (pembuktian)
Well, class, we will check your data. If it’s suitable, I will give a tick, while it’s not suitable, I will give a cross.
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
Based on the data here, please generalize the gift that can be bought by Beni and Udin and the things that can not be bought.

Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrument
Siswa dapat mengidentifikasi benda yang dapat digunakan untuk hadiah bagi seorang perempuan


What is the best gift for Lina?

Nama/Kelompok: ………………………………….
NIS                    : ………………………………………
Kelas                 : …………………………………

No.
Aspek yang dinilai
Sekor
1
2
3
4
5
1.
Kesesuaian dengan tema





2.
Ejaan






TOTAL SEKOR






Catatan: Sekor diberikan dengan rentang sekor 1 sampai 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses maka semakin tinggi nilainya.

2. Penilaian Keterampilan
Indikator
Instrument
Siswa dapat menuliskan nama benda dengan ejaan yang benar

Write down your answer on the board.
Nama/Kelompok: ………………………………….
NIS                    : ………………………………………
Kelas                 : …………………………………
No.
Aspek  yang dinilai
Sekor
1
2
3
4
5
1.
Ketepatan penulisan





2.
Kreativitas






TOTAL SEKOR






Catatan: Sekor diberikan dengan rentang sekor 1 sampai 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses maka semakin tinggi nilainya.
3. Penilaian Sikap
Indikator
Instrumen
Siswa menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kerjasama
·        
Nama                                : ………………………………….
NIS                    : …………………………………
Kelas                 : …………………………………

No.
Aspek Penilaian
Skor
1
2
3
4
5
1.
Kejujuran





2.
Disiplin





3.
Tanggung Jawab





4.
Peduli





5.
Kerjasama






TOTAL SKOR





Keterangan: Skala penilaian sikap dibuat  dengan rentang skor 1 sampai 5.
1 = sangat kurang; 2 = kurang; 3 = cukup; 4 = baik dan 5 = amat baik.
Untuk penilaian sikap, angka ini berfungsi sebagai alat peringkasprofil peserta didik, bukan sebagai harga mati untuk KKM.

 
Jujur
·         Disiplin
·         Tanggungjawab
·         Peduli
·         Kerjasama










Tidak ada komentar: