Senin, 16 Februari 2015

RPP KURTILAS SMP SEM 2



VIII
 
RENCANA PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                    :           SMP
Mata Pelajaran                 :           Bahasa Inggris
Kelas/Semeseter               :           VIII/2
Materi Pokok                               :           Teks deskriptif pendek dan sederhana, tentang
orang, binatang, dan benda
                                                Alokasi Waktu                        :           8 x pertemuan
                                                ==========================================================

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1:    Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2:    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,  dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3:   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4:   Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1         Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1.        Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.        Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3.        Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.10           Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaan nya.

Indikator:
a.       Menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan tentang deskripsi orang, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
b.      Menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menanyakan tentang deskripsi orang orang pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
c.       Menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan tentang deskripsi orang,pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
d.      Menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menanyakan tentang deskripsi orang, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
e.       Menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan tentang deskripsi benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
f.       Menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menanyakan tentang deskripsi benda orang pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
g.      Menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan tentang deskripsi benda,pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
h.      Menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menanyakan tentang deskripsi benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
a.       Menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan tentang deskripsi binatang, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
i.        Menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menanyakan tentang deskripsi binatang orang pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
j.        Menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan tentang deskripsi binatang,pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
k.      Menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menanyakan tentang deskripsi binatang, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.

4.1    Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Indikator:
a.       Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
b.      Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan mengecek pemahaman, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
c.       Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menghargai kinerja yang baik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
d.      Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah berakhirnya pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
a.       Menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan tentang deskripsi orang, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
b.      Menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menanyakan tentang deskripsi orang orang pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
c.       Menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan tentang deskripsi orang,pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
d.      Menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menanyakan tentang deskripsi orang, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
e.       Menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan tentang deskripsi benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
f.       Menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menanyakan tentang deskripsi benda orang pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
g.      Menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan tentang deskripsi benda,pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
h.      Menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menanyakan tentang deskripsi benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
i.        Menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan tentang deskripsi binatang, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
j.        Menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menanyakan tentang deskripsi binatang orang pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
k.      Menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan tentang deskripsi binatang,pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
l.        Menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menanyakan tentang deskripsi binatang, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
m.    Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
n.      Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan mengecek pemahaman, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
o.      Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menghargai kinerja yang baik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
p.      Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

D.    Materi Pembelajaran
Materi Pokok:
Teks deskriptif pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda
Fungsi sosial
Membanggakan, menjual, mengenalkan, mengidentifikasi, mengkritik, dsb.
Struktur text
a.       Title (optional dan hanya untuk teks monolog)
b.      Identification
c.       Descriptions
Panjang teks: kurang lebih 6 (enam) kalimat.
Unsur kebahasaan
(1)                Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(2)                Kata ganti it, they, she, we, dst.; our, my, your, their, dst.
(3)                Kata sifat tentang orang, binatang, benda dalam kehidupan siswa di rumah,
sekolah, dan sekitarnya, dengan atau tanpa kata keterangan quite, very.
(4)                Frasa nominal seperti dark brown, cute little cat, beautiful red flower
(5)                Kata kerja untuk menyatakan keadaan dan tindakan rutin dalam simple
present tense: be, have, go, play,get, take, dll.
(6)                Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the,
this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(7)                Ucapan, tekanan kata, intonasi
(8)                Ejaan dan tanda baca
(9)                Tulisan tangan
Topik
Orang, binatang, benda di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, dan bertanggung jawab.
E.     Metode Pembelajaran
Scientific Learning dengan Cooperative Learning (Think-Pare-Share) dan Discovery Learning

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media dan Alat:
-           Gambar-gambar tentang barang-barang yang berkaitan dengan tema.
- LCD
- Whiteboard
- Alat tulis
Sumber Pembelajaran:
- Buku siswa dan Buku Guru When English Rings a Bell
- Internet sources

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan ke-satu
a.      Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·         Praying (bila kegiatan di jam ke-1).
·         Greetings
·         Checking for the roll
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Memberikan motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

b.      Kegiatan Inti

Observing
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu

Guru Menunjuk seorang siswa yang pengucapannya paling bagus untuk diminta berparner dengan guru memperagakan percakapan.


Siswa mendengarkan dengan tujuan memahami isi percakapan.
(lihat buku siswa hal.127-132)



30 menit

  Questioning

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu

Guu memberikan stimulus kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan:

What do you want to know about the dialogue you listen and read?”

Don’t be afraid to ask questions. Do you still remember how to ask questions?

Don’t forget to say ‘excuse me’ before asking questions.


Siswa membaca lagi teks dialogue yang ada di buku 127-132 dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Pertanyaan bisa kepada teman, atau kepada guru.

30 menit
c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
·           Memberikan feedback.
·           Memberikan pekerjaan rumah berupa menghafalkan dialog di hal. 133.
·           Praying (bila kegiatan di jam terakhir).
·           Guru mengisi jurnal kelas.

2.    Pertemuan ke-dua
a.     Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·           Praying (bila kegiatan di jam ke-1).
·           Greetings
·           Checking for the roll
·           Menyampaikan tujuan pembelajaran
·           Me-review pelajaran sebelumnya.
·           Memberikan motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

b.      Kegiatan Inti
Collecting Information (dengan metode cooperative learning; Think, Pair Share) 

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
·       Guru meminta siswa memperagakan dialog (PR) hal. 133 dengan teman sebangku. Sementara teman yang lain diminta mendengarkan dan memberikan komentar terhadap pengucapakan dan intonasinya.
·       Memberi tugas secara individu untuk menemukan: jenis teks dialog tersebut, apa tujuannya, jenis kata apa kata kerja apa yang sering digunakan.
·       Setelah itu meminta mengerjakan tugas yang sama dengan teman sebangku.
·       Guru memerintahkan setiap pasangan meng-share-kan hasil diskusi di depan kelas.
·      Guru menampung seluruh hasil karya siswa dan ditunjukkan di layar LCD.



·         Siswa membaca teks dialogue secara berpasangan, dan siswa yang lain mendengarkan dengan seksama untuk kemudian memberikan komentar tentang pengucapan dan intonasinya. (halaman 133).
·         Bekerja secara individu mencermati dialog untuk menemukan jenis teks, tujuan dan jenis kata yang sering muncul.
·         Dengan partner, mengerjakan tugas yang sama.
·         Masing-masing pasangan meng-share-kan hasil diskusi di depan kelas.
·         Bersama-sama dengan guru, siswa mendapatkan hasil diskusi kelas tentang jenis teks yang baru saja diperagakan, tujuan teks, jenis kata yang sering muncul dan kata kerja apa yang cenderung digunakan.

60  menit
c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
·           Memberikan feedback.
·           Memberikan pekerjaan rumah (melatih dialog yang ada pada halaman 134.
·           Praying (bila kegiatan di jam terakhir).
·           Guru mengisi jurnal kelas.

3.    Pertemuan ke-tiga
a.     Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·         Praying (bila kegiatan di jam ke-1).
·         Greetings
·         Checking for the roll
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Me-review pelajaran yang lalu.
·         Memberikan motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.


b.      Kegiatan Inti
Collecting Information (dengan metode cooperative learning; Think, Pair  Share) 

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
·       Guru meminta siswa memperagakan dialog hal. 134 dengan teman sebangku. (sudah dibuat PR). Sementara teman yang lain diminta mendengarkan dan memberikan komentar terhadap pengucapakan dan intonasinya.
·       Memberi tugas secara individu untuk menemukan: jenis teks dialog tersebut, apa tujuannya, jenis kata apa kata kerja apa yang sering digunakan.
·       Setelah itu meminta mengerjakan tugas yang sama dengan teman sebangku.
·       Guru memerintahkan setiap pasangan meng-share-kan hasil diskusi di depan kelas.
·      Guru menampung seluruh hasil karya siswa dan ditunjukkan di layar LCD.



·         Siswa membaca teks dialogue secara berpasangan, dan siswa yang lain mendengarkan dengan seksama untuk kemudian memberikan komentar tentang pengucapan dan intonasinya. (halaman 133).
·         Bekerja secara individu mencermati dialog untuk menemukan jenis teks, tujuan dan jenis kata yang sering muncul.
·         Dengan partner, mengerjakan tugas yang sama.
·         Masing-masing pasangan meng-share-kan hasil diskusi di depan kelas.
·         Bersama-sama dengan guru, siswa mendapatkan hasil diskusi kelas, yakni tentang: jenis teks, struktur teks dan fungsi sosial teks.

60  menit
c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
·      Memberikan feedback.
·      Memberikan pekerjaan rumah (melatih dialog yang ada pada halaman 135.
·      Praying (bila kegiatan di jam terakhir).
·      Guru mengisi jurnal kelas.

4.    Pertemuan ke-empat
a.     Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·      Praying (bila kegiatan di jam ke-1).
·      Greetings
·      Checking for the roll
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Me-review pelajaran yang lalu.
·      Memberikan motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

b.    Kegiatan Inti
Collecting Information (dengan metode cooperative learning; Think, Pair Share).

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
·       Guru meminta siswa memperagakan dialog hal. 135 dengan teman sebangku. (sudah dibuat PR). Sementara teman yang lain diminta mendengarkan dan memberikan komentar terhadap pengucapakan dan intonasinya.
·       Memberi tugas secara individu untuk menemukan: jenis teks dialog tersebut, apa tujuannya, jenis kata apa kata kerja apa yang sering digunakan.
·       Setelah itu meminta mengerjakan tugas yang sama dengan teman sebangku.
·       Guru memerintahkan setiap pasangan meng-share-kan hasil diskusi di depan kelas.
·      Guru menampung seluruh hasil karya siswa dan ditunjukkan di layar LCD.



·         Siswa membaca teks dialogue secara berpasangan, dan siswa yang lain mendengarkan dengan seksama untuk kemudian memberikan komentar tentang pengucapan dan intonasinya. (halaman 133).
·         Bekerja secara individu mencermati dialog untuk menemukan jenis teks, tujuan dan jenis kata yang sering muncul.
·         Dengan partner, mengerjakan tugas yang sama.
·         Masing-masing pasangan meng-share-kan hasil diskusi di depan kelas.
·         Bersama-sama dengan guru, siswa mendapatkan hasil diskusi kelas, yakni tentang: jenis teks, struktur teks dan fungsi sosial teks.

60  menit
c.       Kegiatan Penutup (10 menit)
·      Memberikan feedback.
·      Memberikan pekerjaan rumah (mengerjakan latihan halaman 136 dan membaca teks halaman 137 untuk menentukan judul teks, kata kerja yang digunakan dan kata sifat yang digunakan.
·      Praying (bila kegiatan di jam terakhir).
·      Guru mengisi jurnal kelas.

5.    Pertemuan ke-lima
a.     Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·      Praying (bila kegiatan di jam ke-1).
·      Greetings
·      Checking for the roll
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Me-review pelajaran yang lalu.
·      Memberikan motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

b.    Kegiatan Inti
Collecting Information

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
·       Guru meminta siswa mengecek pekerjaan teman sebangku. (hal. 136)
·       Siswa mengecek pekerjaan teman sebangku (hal. 136) dan memberikan skor atas pekerjaan temannya tersebut.
15 menit
·      Bersama siswa, guru membahas pekerjaan rumah (hal. 136).
·      Sambil mengkonfirmasi jawaban PR, siswa mengecek pekerjaannya sendiri yang telah diberi skor oleh teman sebangku.
15 menit
·       Guru meminta siswa mengecek pekerjaan teman sebangku (hal. 137).
·       Siswa mengecek pekerjaan teman sebangku (hal. 137) dan memberikan skor atas pekerjaan temannya tersebut.
15 menit
·      Bersama dengan siswa, guru membahas pekerjaan rumah (hal. 137)
·       Sambil mengkonfirmasi jawaban PR, siswa mengecek pekerjaannya sendiri yang telah diberi skor oleh teman sebangku.
15 menit





b.      Kegiatan Penutup (10 menit)
·      Memberikan feedback.
·      Memberikan pekerjaan rumah untuk mencari gambar-gambar tentang Indonesia: Kelompok I tentang keindahan alam Indonesia. Kelompok II tentang jenis-jenis tarian nusantara, kelompok III tentang produk-produk asli Indonesia, seperti Batik dll, Kelompok IV tentang keberhasilan putra Indonesia menciptakan prestasi yang membanggakan di segala bidang, dan kelompok V tentang kekayaan alam Indonesia.
·      Praying (bila kegiatan di jam terakhir).
·      Guru mengisi jurnal kelas.

6.    Pertemuan ke-enam
a.     Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·      Praying (bila kegiatan di jam ke-1).
·      Greetings
·      Checking for the roll
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Me-review pelajaran yang lalu.
·      Menagih PR dan menyuruh siswa menempelkan gambar-gambar yang telah dicari di rumah di papan tulis.
·      Memberikan motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

b.    Kegiatan Inti
Associating dengan metode Discovery Learning.

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu

·      Stimulasi
Guru memberikan stimulasi tentang kebanggaan dirinya menjadi bangsa Indonesia. Dengan menyanyikan lagu: tanah airku dalam bahasa Inggris:
I will not forget you oh my homeland.
I’ll always remember you all my life.
Even if I am in far away.  
It does not disappear from my heart.
I love you oh my homeland.
You are the one I love.

Although a lot of countries I’ve been thru.
That people say they are all beautiful.
Yet, my village and my homeland.
In there I always feel most happy 

I love you oh my homeland.
You are the one I love.
Setelah itu mengajukan pertanyaan: mengajukan pertanyaan, ‘do you have the same feeling as I do about our country?

·       Problem statement
(pernyataan/identifikasi masalah)
Guru mengajak siswa membuat problem statemen tentang hal-hal apa yang membuat kita bangga dengan Indonesia.

·       Data collection (Pengumpulan Data)
Guru meminta siswa membuat kelompok terdiri atas 4 orang. Tugasnya adalah mencari hal-hal yang membuat orang-orang bangga terhadap Indonesia dari teks bacaan halaman 149 dan juga bisa berdasarkan sumber-sumber lain termasuk gambar-gambar yang telah dikumpulkan para siswa sebagai PR dan bisa juga dari wawancara dengan teman satu kelompok.


·       Siswa mendengarkan
·       Dan menjawab pertanyaan































·      Bersama dengan guru merumuskan problem statement (pernyataan/identifikasi masalah) tentang hal-hal yang membuat orang-orang Indonesia bangga atas Indonesia.
“What things make Indonesian people are proud of Indonesia?

·      Siswa mengelompok berdasarkan kelompok waktu mengerjakan PR dan secara berkelompok mengumpulkan data hal-hal yang membuat mereka  bangga terhadap Indonesia dari bacaan pada halaman 149, gambar-gambar yang mereka tempelkan atau serta dari sumber lain termasuk wawancara dengan teman-teman di dalam kelompok.





20 menit
































10











35 menit






c.       Kegiatan Penutup (5 menit)
·      Memberikan feedback.dan mengingatkan kegiatan masih berlanjut di pertemuan mendatang.
·      Praying (bila kegiatan di jam terakhir).
·      Guru mengisi jurnal kelas.


7.    Pertemuan ke-tujuh
a.     Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·      Praying (bila kegiatan di jam ke-1).
·      Greetings
·      Checking for the roll
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Me-review pelajaran yang lalu.
·      Memberikan motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.


b.    Kegiatan Inti
Associating dengan metode Discovery Learning. (lanjutan)

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Waktu
·           Data Processing (Pengolahan Data)
Guru menyuruh siswa dalam kelompok mengolah data dan informasi yang telah diperoleh para siswa baik melalui wawancara, observasi, dan sebagainya dengan cara mengklasifikasikan sesuai bidangnya.

·      Dalam kelompok, siswa mengklasifikasikan hasil data yang diperoleh berdasarkan bidangnya. Misalnya budaya, kekayaan alam, dsb.








15 menit












·       Verification (Pembuktian)
Guru menyuruh siswa melakukan pemeriksaan secara cermat untuk membuktikan hal-hal yang membuat kita bangga akan Indonesia dengan cara melakukan verifikasi ke kelompok lain apakah mereka bangga akan Indonesia karena hal-hal yang telah dikumpulkan oleh siswa dalam kelompok ini.
·       Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
Guru meminta siswa menggeneralisasi/membuat simpulan berdasarkan hasil  verifikasi, dan merumuskannya untuk menjawab problem statement tentang hal-hal yang membuat mereka bangga akan Indonesia dalam suatu tulisan deskripsi ‘I’m proud of Indonesia versi kelompok masing-masing.
·      Dalam kelompoknya, siswa memverifikasi data yang telah dikelompokkan sesuai bidangnya dengan cara melakukan wawancara dengan teman-teman di kelompok lain apakah mereka bangga akan Indonesia karena hal-hal yang ditemukan kelompok ini.



·      Siswa menggeneralisasi hasil verifikasi dan merumuskannya untuk menjawab problem statement tentang hal-hal yang membuat mereka bangga akan Indonesia dalam suatu tulisan deskripsi ‘I’m proud of Indonesia’ versi kelompok masing-masing.
30
Menit












15 menit

c. Kegiatan Penutup (5 menit)
·      Memberikan feedback.dan mengingatkan pertemuan mendatang mereka mengkomunikasikan hasil tulisan dengan cara menempelkan dan secara individu menyampaikannya secara lisan dan akan dinilai secara individu.
·      Praying (bila kegiatan di jam terakhir).
·      Guru mengisi jurnal kelas.

8.    Pertemuan ke-delapan
a.     Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·      Praying (bila kegiatan di jam ke-1).
·      Greetings
·      Checking for the roll
·      Mengingatkan kesiapan siswa untuk melakukan kegiatan hari ini, yaitu mengkomunikasikan hasil karya pada pertemuan-pertemuan yang lalu.
·      Memberikan motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

b.    Kegiatan Inti
                    Communication
-          Siswa menempel hasil deskripsi tentang ‘I’m Proud of Indonesia’
-          Secara individu siswa mengkomunikasikan secara lisan tentang ‘I’m Proud of Indonesia.’

H.    Penilaian
1.         Jenis/teknik penilaian:
KD 2                                :           Observasi
KD 3.10               :           Non Tes
KD 4.1                :           Unjuk kerja  

2.         Bentuk instrumen:
                        a.         KD 2               : Observasi

                                    Difokuskan pada pertemuan ke-1-7. (Pada saat pembelajaran)

Hari/Tanggal
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Total
Toleransi
Gotong Royong
Kesantunan
Interaksi dengan teman

1







2







3







4







....







Keterangan: Rentang nilai : 0 – 100
Nilai 0                                     Apabila tidak mengikuti kegiatan tanpa ijin.
Nilai 20-50                  Apabila siswa tidak menunjukkan sikap seperti yang ada pada
aspek yang dinilai.
                           Nilai 51-70               Apabila siwa sedikit menunjukkan sikap seperti yang ada pada
aspek yang dinilai.
                           Nilai 71-80               Apabila siswa kadang-kadang menunjukkan sikap seperti yang
ada pada aspek yang dinilai.
                           Nilai 81-90               Apabila siswa sering menampakkan sikap sepertiyang ada pada
aspek yang dinilai.
                           Nilai 91-100             Apabila siswa selalu menampakkan sikap seperti yang ada pada
aspek yang dinilai.

                        b.         KD 3.10          :
Non Tes:
1.      Unjuk kerja (tulisan yang ditempel)
Rubrik: Penilaian Tulis (Teks deskripsi tentang I’m Proud of Indonesia)

No.
Nama Siswa (dalam kelompok)
Aspek yang dinilai
Total
Struktur Teks
Unsur Kebahasaan
Kerapihan Tulisan
Isi
1






2






3






4






....







                                                            Catatan: Rentang nilai 60-100
1.      Nilai 60 – 70           Apabila aspek yang harus dicapai tidak dipenuhi.
2.      Nilai 71 – 80           Apabila aspek yang harus dicapai telah dipenuhi sebagian.
3.      Nilai 80 – 90 Apabila aspek yang harus dicapai telah banyak dipenuhi.
4.      NIlai 91-100 Apabila tulisan sebagian besar telah memenuhi askpek yang harus dicapai.


                                                                                                            2.         Unjuk kerja (teks lisan yang disampaikan di depan kelas dalam
kegiatan communicating di pertemuan ke delapan)

Rubrik penilaian berbicara:     Deskripsi lisan ‘I’m Proud of
Indonesia.

No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
To-tal
Struktur Teks
Unsur Kebahasaan
Kelancaran
Per-caya Diri
1






2






3






4






....







                                                            Catatan: Rentang nilai 60-100
1.      Nilai 60 – 70           Apabila aspek yang harus dicapai tidak dipenuhi.
2.      Nilai 71 – 80           Apabila aspek yang harus dicapai telah dipenuhi sebagian.
3.      Nilai 80 – 90 Apabila aspek yang harus dicapai telah banyak dipenuhi.
4.      NIlai 91-100 Apabila tulisan sebagian besar telah memenuhi askpek yang harus dicapai.



Tidak ada komentar: