|
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semeseter : VIII/2
Materi Pokok : Teks deskriptif pendek dan sederhana,
tentang
orang,
binatang, dan benda
Alokasi
Waktu : 8 x pertemuan
==========================================================
A.
Kompetensi Inti
(KI)
KI 1: Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2: Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar
2.1.
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.10
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menyatakan dan
menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, pendek dan sederhana,
sesuai dengan konteks penggunaan nya.
Indikator:
a.
Menerapkan
struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menyatakan tentang deskripsi orang, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan benar.
b.
Menerapkan
struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menanyakan tentang deskripsi orang orang pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya dengan benar.
c.
Menerapkan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menyatakan tentang deskripsi orang,pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya
d.
Menerapkan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menanyakan
tentang deskripsi orang, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan benar.
e.
Menerapkan
struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menyatakan tentang deskripsi benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan benar.
f.
Menerapkan
struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menanyakan tentang deskripsi benda orang pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya dengan benar.
g.
Menerapkan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menyatakan tentang deskripsi benda,pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya
h.
Menerapkan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menanyakan tentang deskripsi benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan benar.
a.
Menerapkan
struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menyatakan tentang deskripsi binatang, pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya dengan benar.
i.
Menerapkan
struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menanyakan tentang deskripsi binatang orang pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya dengan benar.
j.
Menerapkan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menyatakan tentang deskripsi binatang,pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya
k.
Menerapkan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menanyakan tentang deskripsi binatang, pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya dengan benar.
4.1 Menyusun
teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian,
mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, serta meminta dan mengungkapkan
pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator:
a.
Menyusun
teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
b.
Menyusun
teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan mengecek
pemahaman, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
c.
Menyusun
teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menghargai kinerja
yang baik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
d.
Menyusun
teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta dan
mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
berakhirnya pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
a.
Menerapkan
struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menyatakan tentang deskripsi orang, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan benar.
b.
Menerapkan
struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan menanyakan
tentang deskripsi orang orang pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan benar.
c.
Menerapkan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menyatakan tentang deskripsi orang,pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya
d.
Menerapkan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menanyakan tentang deskripsi orang, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan benar.
e.
Menerapkan
struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menyatakan tentang deskripsi benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan benar.
f.
Menerapkan
struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menanyakan tentang deskripsi benda orang pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya dengan benar.
g.
Menerapkan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menyatakan tentang deskripsi benda,pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya
h.
Menerapkan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menanyakan tentang deskripsi benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan benar.
i.
Menerapkan
struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menyatakan tentang deskripsi binatang, pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya dengan benar.
j.
Menerapkan
struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menanyakan tentang deskripsi binatang orang pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya dengan benar.
k.
Menerapkan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menyatakan tentang deskripsi binatang,pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya
l.
Menerapkan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks deskriptif dengan
menanyakan tentang deskripsi binatang, pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya dengan benar.
m.
Menyusun
teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
n.
Menyusun
teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan mengecek
pemahaman, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
o.
Menyusun
teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menghargai kinerja
yang baik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
p.
Menyusun
teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta dan
mengungkapkan pendapat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D.
Materi
Pembelajaran
Materi
Pokok:
Teks
deskriptif pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda
Fungsi sosial
Membanggakan,
menjual, mengenalkan, mengidentifikasi, mengkritik, dsb.
Struktur text
a.
Title (optional
dan hanya untuk teks monolog)
b.
Identification
c.
Descriptions
Panjang teks:
kurang lebih 6 (enam) kalimat.
Unsur kebahasaan
(1)
Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(2)
Kata ganti it,
they, she, we, dst.; our, my, your,
their, dst.
(3)
Kata sifat tentang orang, binatang, benda dalam
kehidupan siswa di rumah,
sekolah, dan sekitarnya, dengan atau tanpa kata
keterangan quite, very.
(4)
Frasa nominal seperti dark brown, cute little cat,
beautiful red flower
(5)
Kata kerja untuk menyatakan keadaan dan tindakan rutin
dalam simple
present tense: be,
have, go, play,get, take, dll.
(6)
Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the,
this, those, my,
their,
dsb secara tepat dalam frasa nominal
(7)
Ucapan, tekanan kata, intonasi
(8)
Ejaan dan tanda baca
(9)
Tulisan tangan
Topik
Orang, binatang, benda di sekitar dan
relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, dan bertanggung jawab.
E.
Metode
Pembelajaran
Scientific Learning dengan Cooperative Learning (Think-Pare-Share) dan Discovery
Learning
F.
Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
Media dan Alat:
- Gambar-gambar tentang barang-barang
yang berkaitan dengan tema.
- LCD
- Whiteboard
- Alat tulis
Sumber Pembelajaran:
- Buku siswa dan
Buku Guru When English Rings a Bell
- Internet sources
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan ke-satu
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·
Praying
(bila kegiatan di jam ke-1).
·
Greetings
·
Checking
for the roll
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Memberikan
motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang
diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
b. Kegiatan Inti
Observing
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Guru Menunjuk seorang siswa yang pengucapannya
paling bagus untuk diminta berparner dengan guru memperagakan percakapan.
|
Siswa mendengarkan dengan
tujuan memahami isi percakapan.
(lihat buku siswa hal.127-132)
|
30
menit
|
Questioning
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Guu memberikan stimulus kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan:
“What do you
want to know about the dialogue you listen and read?”
Don’t be
afraid to ask questions. Do you still remember how to ask questions?
Don’t forget
to say ‘excuse me’ before asking questions.
|
Siswa membaca lagi teks dialogue yang ada di buku
127-132 dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Pertanyaan bisa kepada teman,
atau kepada guru.
|
30
menit
|
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Memberikan
feedback.
·
Memberikan
pekerjaan rumah berupa menghafalkan dialog di hal. 133.
·
Praying (bila kegiatan
di jam terakhir).
·
Guru
mengisi jurnal kelas.
2. Pertemuan ke-dua
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·
Praying (bila kegiatan
di jam ke-1).
·
Greetings
·
Checking for the
roll
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Me-review pelajaran sebelumnya.
·
Memberikan
motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang
diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
b. Kegiatan Inti
Collecting
Information (dengan metode cooperative
learning; Think, Pair Share)
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
· Guru meminta
siswa memperagakan dialog (PR) hal. 133 dengan teman sebangku. Sementara
teman yang lain diminta mendengarkan dan memberikan komentar terhadap
pengucapakan dan intonasinya.
· Memberi tugas secara
individu untuk menemukan: jenis teks dialog tersebut, apa tujuannya, jenis
kata apa kata kerja apa yang sering digunakan.
· Setelah itu
meminta mengerjakan tugas yang sama dengan teman sebangku.
· Guru
memerintahkan setiap pasangan meng-share-kan hasil diskusi di depan kelas.
· Guru menampung
seluruh hasil karya siswa dan ditunjukkan di layar LCD.
|
·
Siswa membaca teks dialogue secara berpasangan,
dan siswa yang lain mendengarkan dengan seksama untuk kemudian memberikan
komentar tentang pengucapan dan intonasinya. (halaman 133).
·
Bekerja secara individu mencermati dialog untuk
menemukan jenis teks, tujuan dan jenis kata yang sering muncul.
·
Dengan partner, mengerjakan tugas yang sama.
·
Masing-masing pasangan meng-share-kan hasil
diskusi di depan kelas.
·
Bersama-sama dengan guru, siswa mendapatkan hasil
diskusi kelas tentang jenis teks yang baru saja diperagakan, tujuan teks,
jenis kata yang sering muncul dan kata kerja apa yang cenderung digunakan.
|
60
menit
|
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Memberikan
feedback.
·
Memberikan
pekerjaan rumah (melatih dialog yang ada pada halaman 134.
·
Praying (bila kegiatan
di jam terakhir).
·
Guru
mengisi jurnal kelas.
3. Pertemuan ke-tiga
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·
Praying (bila kegiatan
di jam ke-1).
·
Greetings
·
Checking for the
roll
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Me-review pelajaran yang lalu.
·
Memberikan
motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang
diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
b. Kegiatan Inti
Collecting
Information (dengan metode cooperative
learning; Think, Pair Share)
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
· Guru meminta
siswa memperagakan dialog hal. 134 dengan teman sebangku. (sudah dibuat PR). Sementara
teman yang lain diminta mendengarkan dan memberikan komentar terhadap
pengucapakan dan intonasinya.
· Memberi tugas
secara individu untuk menemukan: jenis teks dialog tersebut, apa tujuannya,
jenis kata apa kata kerja apa yang sering digunakan.
· Setelah itu
meminta mengerjakan tugas yang sama dengan teman sebangku.
· Guru memerintahkan
setiap pasangan meng-share-kan hasil diskusi di depan kelas.
· Guru menampung
seluruh hasil karya siswa dan ditunjukkan di layar LCD.
|
·
Siswa membaca teks dialogue secara berpasangan,
dan siswa yang lain mendengarkan dengan seksama untuk kemudian memberikan
komentar tentang pengucapan dan intonasinya. (halaman 133).
·
Bekerja secara individu mencermati dialog untuk
menemukan jenis teks, tujuan dan jenis kata yang sering muncul.
·
Dengan partner, mengerjakan tugas yang sama.
·
Masing-masing pasangan meng-share-kan hasil
diskusi di depan kelas.
·
Bersama-sama dengan guru, siswa mendapatkan hasil
diskusi kelas, yakni tentang: jenis teks, struktur teks dan fungsi sosial
teks.
|
60 menit
|
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
· Memberikan feedback.
· Memberikan
pekerjaan rumah (melatih dialog yang ada pada halaman 135.
· Praying (bila kegiatan di jam terakhir).
· Guru mengisi
jurnal kelas.
4. Pertemuan ke-empat
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
· Praying (bila kegiatan di jam ke-1).
· Greetings
· Checking for the roll
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
· Me-review
pelajaran yang lalu.
· Memberikan
motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang
diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
b. Kegiatan Inti
Collecting Information (dengan metode cooperative learning; Think, Pair Share).
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
· Guru meminta
siswa memperagakan dialog hal. 135 dengan teman sebangku. (sudah dibuat PR).
Sementara teman yang lain diminta mendengarkan dan memberikan komentar
terhadap pengucapakan dan intonasinya.
· Memberi tugas
secara individu untuk menemukan: jenis teks dialog tersebut, apa tujuannya,
jenis kata apa kata kerja apa yang sering digunakan.
· Setelah itu
meminta mengerjakan tugas yang sama dengan teman sebangku.
· Guru
memerintahkan setiap pasangan meng-share-kan hasil diskusi di depan kelas.
· Guru menampung
seluruh hasil karya siswa dan ditunjukkan di layar LCD.
|
·
Siswa membaca teks dialogue secara berpasangan,
dan siswa yang lain mendengarkan dengan seksama untuk kemudian memberikan
komentar tentang pengucapan dan intonasinya. (halaman 133).
·
Bekerja secara individu mencermati dialog untuk
menemukan jenis teks, tujuan dan jenis kata yang sering muncul.
·
Dengan partner, mengerjakan tugas yang sama.
·
Masing-masing pasangan meng-share-kan hasil
diskusi di depan kelas.
·
Bersama-sama dengan guru, siswa mendapatkan hasil
diskusi kelas, yakni tentang: jenis teks, struktur teks dan fungsi sosial
teks.
|
60 menit
|
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
· Memberikan feedback.
· Memberikan
pekerjaan rumah (mengerjakan latihan halaman 136 dan membaca teks halaman 137
untuk menentukan judul teks, kata kerja yang digunakan dan kata sifat yang
digunakan.
· Praying (bila kegiatan di jam terakhir).
· Guru mengisi
jurnal kelas.
5. Pertemuan ke-lima
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
· Praying (bila kegiatan di jam ke-1).
· Greetings
· Checking for the roll
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
· Me-review
pelajaran yang lalu.
· Memberikan
motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang
diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
b. Kegiatan Inti
Collecting
Information
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
· Guru meminta
siswa mengecek pekerjaan teman sebangku. (hal. 136)
|
· Siswa mengecek
pekerjaan teman sebangku (hal. 136) dan memberikan skor atas pekerjaan
temannya tersebut.
|
15 menit
|
· Bersama siswa,
guru membahas pekerjaan rumah (hal. 136).
|
· Sambil
mengkonfirmasi jawaban PR, siswa mengecek pekerjaannya sendiri yang telah
diberi skor oleh teman sebangku.
|
15 menit
|
· Guru meminta
siswa mengecek pekerjaan teman sebangku (hal. 137).
|
· Siswa mengecek
pekerjaan teman sebangku (hal. 137) dan memberikan skor atas pekerjaan
temannya tersebut.
|
15 menit
|
· Bersama dengan
siswa, guru membahas pekerjaan rumah (hal. 137)
|
· Sambil
mengkonfirmasi jawaban PR, siswa mengecek pekerjaannya sendiri yang telah
diberi skor oleh teman sebangku.
|
15 menit
|
b. Kegiatan Penutup (10 menit)
· Memberikan feedback.
· Memberikan
pekerjaan rumah untuk mencari gambar-gambar tentang Indonesia: Kelompok I
tentang keindahan alam Indonesia. Kelompok II tentang jenis-jenis tarian
nusantara, kelompok III tentang produk-produk asli Indonesia, seperti Batik
dll, Kelompok IV tentang keberhasilan putra Indonesia menciptakan prestasi yang
membanggakan di segala bidang, dan kelompok V tentang kekayaan alam Indonesia.
· Praying (bila kegiatan di jam terakhir).
· Guru mengisi
jurnal kelas.
6. Pertemuan ke-enam
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
· Praying (bila kegiatan di jam ke-1).
· Greetings
· Checking for the roll
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
· Me-review pelajaran yang lalu.
· Menagih PR dan
menyuruh siswa menempelkan gambar-gambar yang telah dicari di rumah di papan
tulis.
· Memberikan
motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang
diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
b. Kegiatan Inti
Associating dengan metode Discovery
Learning.
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
· Stimulasi
Guru memberikan stimulasi
tentang kebanggaan dirinya menjadi bangsa Indonesia. Dengan menyanyikan lagu:
tanah airku dalam bahasa Inggris:
I
will not forget you oh my homeland.
I’ll always remember you all my life.
Even
if I am in far away.
It does not disappear from my heart.
I love you oh
my homeland.
You are the
one I love.
Although a lot of countries I’ve been thru.
That
people say they are all beautiful.
Yet, my
village and my homeland.
In there I
always feel most happy
I love you oh
my homeland.
You are the one I love.
Setelah
itu mengajukan pertanyaan: mengajukan pertanyaan, ‘do you have the same
feeling as I do about our country?
·
Problem statement
(pernyataan/identifikasi masalah)
Guru mengajak siswa membuat problem statemen tentang hal-hal apa
yang membuat kita bangga dengan Indonesia.
·
Data collection (Pengumpulan Data)
Guru meminta siswa membuat kelompok terdiri atas 4 orang.
Tugasnya adalah mencari hal-hal yang membuat orang-orang bangga terhadap
Indonesia dari teks bacaan halaman 149 dan juga bisa berdasarkan
sumber-sumber lain termasuk gambar-gambar yang telah dikumpulkan para siswa
sebagai PR dan bisa juga dari wawancara dengan teman satu kelompok.
|
· Siswa
mendengarkan
· Dan menjawab
pertanyaan
· Bersama dengan
guru merumuskan problem statement (pernyataan/identifikasi masalah) tentang
hal-hal yang membuat orang-orang Indonesia bangga atas Indonesia.
“What things make Indonesian people are proud of
Indonesia?
· Siswa
mengelompok berdasarkan kelompok waktu mengerjakan PR dan secara berkelompok
mengumpulkan data hal-hal yang membuat mereka bangga terhadap Indonesia dari bacaan pada
halaman 149, gambar-gambar yang mereka tempelkan atau serta dari sumber lain
termasuk wawancara dengan teman-teman di dalam kelompok.
|
20 menit
10
35 menit
|
c. Kegiatan Penutup (5 menit)
· Memberikan feedback.dan mengingatkan kegiatan masih
berlanjut di pertemuan mendatang.
· Praying (bila kegiatan di jam terakhir).
· Guru mengisi
jurnal kelas.
7. Pertemuan ke-tujuh
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
· Praying (bila kegiatan di jam ke-1).
· Greetings
· Checking for the roll
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
· Me-review pelajaran yang lalu.
· Memberikan
motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang
diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
b. Kegiatan Inti
Associating
dengan metode Discovery Learning. (lanjutan)
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
·
Data Processing (Pengolahan Data)
Guru menyuruh siswa dalam kelompok mengolah data dan informasi
yang telah diperoleh para siswa baik melalui wawancara, observasi, dan
sebagainya dengan cara mengklasifikasikan sesuai bidangnya.
|
· Dalam
kelompok, siswa mengklasifikasikan hasil data yang diperoleh berdasarkan
bidangnya. Misalnya budaya, kekayaan alam, dsb.
|
15 menit
|
·
Verification (Pembuktian)
Guru menyuruh siswa melakukan pemeriksaan secara cermat untuk
membuktikan hal-hal yang membuat kita bangga akan Indonesia dengan cara
melakukan verifikasi ke kelompok lain apakah mereka bangga akan Indonesia
karena hal-hal yang telah dikumpulkan oleh siswa dalam kelompok ini.
·
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
Guru meminta
siswa menggeneralisasi/membuat simpulan berdasarkan hasil verifikasi, dan merumuskannya untuk
menjawab problem statement tentang hal-hal yang membuat mereka bangga akan
Indonesia dalam suatu tulisan deskripsi ‘I’m proud of Indonesia versi
kelompok masing-masing.
|
· Dalam
kelompoknya, siswa memverifikasi data yang telah dikelompokkan sesuai
bidangnya dengan cara melakukan wawancara dengan teman-teman di kelompok lain
apakah mereka bangga akan Indonesia karena hal-hal yang ditemukan kelompok
ini.
· Siswa
menggeneralisasi hasil verifikasi dan merumuskannya untuk menjawab problem
statement tentang hal-hal yang membuat mereka bangga akan Indonesia dalam
suatu tulisan deskripsi ‘I’m proud of Indonesia’ versi kelompok
masing-masing.
|
30
Menit
15 menit
|
c. Kegiatan Penutup (5 menit)
· Memberikan feedback.dan mengingatkan pertemuan
mendatang mereka mengkomunikasikan hasil tulisan dengan cara menempelkan dan
secara individu menyampaikannya secara lisan dan akan dinilai secara individu.
· Praying (bila kegiatan di jam terakhir).
· Guru mengisi
jurnal kelas.
8. Pertemuan ke-delapan
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
· Praying (bila kegiatan di jam ke-1).
· Greetings
· Checking for the roll
· Mengingatkan
kesiapan siswa untuk melakukan kegiatan hari ini, yaitu mengkomunikasikan hasil
karya pada pertemuan-pertemuan yang lalu.
· Memberikan
motivasi dan mengajak selalu bersyukur atas nikmat Allah atas kesempatan yang
diberikan untuk bisa mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.
b. Kegiatan Inti
Communication
-
Siswa
menempel hasil deskripsi tentang ‘I’m Proud of Indonesia’
-
Secara
individu siswa mengkomunikasikan secara lisan tentang ‘I’m Proud of Indonesia.’
H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian:
KD 2 : Observasi
KD 3.10 : Non
Tes
KD 4.1 : Unjuk kerja
2. Bentuk instrumen:
a. KD 2 :
Observasi
Difokuskan pada pertemuan ke-1-7. (Pada saat
pembelajaran)
Hari/Tanggal
|
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Total
|
|||
Toleransi
|
Gotong
Royong
|
Kesantunan
|
Interaksi
dengan teman
|
||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
....
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rentang nilai : 0 – 100
Nilai 0 Apabila
tidak mengikuti kegiatan tanpa ijin.
Nilai 20-50 Apabila siswa tidak menunjukkan
sikap seperti yang ada pada
aspek yang dinilai.
Nilai 51-70 Apabila
siwa sedikit menunjukkan sikap seperti yang ada pada
aspek
yang dinilai.
Nilai 71-80 Apabila
siswa kadang-kadang menunjukkan sikap seperti yang
ada
pada aspek yang dinilai.
Nilai 81-90 Apabila
siswa sering menampakkan sikap sepertiyang ada pada
aspek
yang dinilai.
Nilai 91-100 Apabila
siswa selalu menampakkan sikap seperti yang ada pada
aspek
yang dinilai.
b. KD 3.10 :
Non Tes:
1. Unjuk kerja
(tulisan yang ditempel)
Rubrik: Penilaian Tulis (Teks
deskripsi tentang I’m Proud of Indonesia)
No.
|
Nama
Siswa (dalam kelompok)
|
Aspek
yang dinilai
|
Total
|
|||
Struktur
Teks
|
Unsur
Kebahasaan
|
Kerapihan
Tulisan
|
Isi
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
....
|
|
|
|
|
|
|
Catatan: Rentang nilai 60-100
1.
Nilai
60 – 70 Apabila aspek yang harus
dicapai tidak dipenuhi.
2.
Nilai
71 – 80 Apabila aspek yang harus
dicapai telah dipenuhi sebagian.
3.
Nilai
80 – 90 Apabila aspek yang harus dicapai telah banyak dipenuhi.
4.
NIlai
91-100 Apabila tulisan sebagian besar telah memenuhi askpek yang harus dicapai.
2. Unjuk kerja (teks lisan yang
disampaikan di depan kelas dalam
kegiatan
communicating di pertemuan ke delapan)
Rubrik penilaian berbicara: Deskripsi lisan ‘I’m Proud of
Indonesia.
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
To-tal
|
|||
Struktur
Teks
|
Unsur
Kebahasaan
|
Kelancaran
|
Per-caya
Diri
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
....
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
Rentang nilai 60-100
1.
Nilai
60 – 70 Apabila aspek yang harus
dicapai tidak dipenuhi.
2.
Nilai
71 – 80 Apabila aspek yang harus
dicapai telah dipenuhi sebagian.
3.
Nilai
80 – 90 Apabila aspek yang harus dicapai telah banyak dipenuhi.
4.
NIlai
91-100 Apabila tulisan sebagian besar telah memenuhi askpek yang harus dicapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar