Kamis, 12 Februari 2015

RPP B Inggris SMP K13



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah                                    : SMP NEGERI 2 JATIWARAS
Matapelajaran                         : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : VII/ Semester I
Materi Pokok               : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
Alokasi Waktu             : 4 x 2jp (2 x pertemuan)

A.   Kompetensi Inti (KI)

1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.3.
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
4.3.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Indikator:
-          Menunjukkan kesungguhan dalam belajar bahasa Inggris tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
-          Menunjukkan perilaku perilaku tanggung jawab, peduli, dan cinta damai,   dalam berkomunikasi tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
-          Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
-          Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


C.   Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
-          Menunjukkan kesungguhan dalam belajar bahasa Inggris tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
-          Menunjukkan perilaku yang jujur, disiplin, dan tanggung jawab  dalam berkomunikasi tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
-          Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
-          Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


D.   Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
-          Fungsi sosial               : nama hari
-          Struktur teks                 : It is Monday, Yesterday was Sunday. Monday, 7th

-          Unsur Kebahasaan    :
a.    Kosa kata: nama nama hari, bulan, waktu, angka yang menunjukkan tanggal, dan tahun.
b.    Penggunaan to be:It is Monday, After Tuesday was Wednesday,
c.    Penggunaan angka Ordinal number: 5th , 3rd
d.    Penggunaan angka Cardinal number: five, seven

-          Topik: hari, tanggal, bulan, waktu, tahun
E.   Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
Scientific Based Approach, Discovery Learning

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media :
·           Buku Teks wajib
·           Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional  dengan benar dan akurat

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (5 menit)
-          Salam dan tegur sapa
-          Mengabsen Siswa
-          Menunjukkan tujuan pembelajaran
-          Memotivasi siswa dengan kegiatan lead in (mengajak siswa melihat video singkat tentang nama nama hari)
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Peserta didik
Guru
Time allotment
Mengamati
·         Peserta didik mengamati ujaran tentang nama hari pada ppt yang ditayangkan guru.

·         Dengan bimbingan guru, melafalkan nama-nama hari dengan benar sesuai contoh dalam video.
·         Peserta didik bermain peran tentang cara mengucapkan nama-nama hari.

·         Guru memperlihatkan video yang memuat ujaran nama – nama hari.
·         Guru memperhatikan siswa mengucapkan nama-nama hari, dan memberikan umpan balik.
·         Guru memperhatikan peserta didik ketika bermain peran.

10’

Peserta didik
Guru
Time allotment
Menanya
·         Peserta didik menanyakan bagaimana cara pengucapan   yang baik dan benar mengenai nama hari yang masih sulit.
·         Peserta didik menanyakan arti dari kata yang dirasa sulit.

·         Guru memberikan respon atas pertanyaan siswa

·         Guru memberikan jawaban atas pertanyaan siswa.

10’
Mengumpulkan informasi
·         Peserta didik berlatih mengucapkan nama-nama hari dengan melihat jadwal pelajaran.
·         Dalam kelompok, peserta didik melengkapi tabel jadwal pelajaran yang disediakan guru dengan jadwal pelajarannya.
·         Peserta didik mendiskusikan jadwal pelajaran yang akan diisikan dalam tabel.
·         Peserta didik menuliskan jadwal pelajaran dengan benar sesuai hari.
·         Guru mengamati peserta didik yang sedang bekerja dalam kelompok melengkapi tabel dan memberikan pendampingan.
15’
Mengasosiasi
·         Peserta didik menerapkan pengetahuan tentang nama – nama hari pada kalimat sederhana sesuai gambar peristiwa dengan melihat sumber belajar yang lain.
·         Guru mengamati dan memberi pendampingan kepada Peserta didik dalam mengerjakan tugasnya.
15’
Mengkomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan kegiatan sehari-harinya secara lisan.
·         Guru memberi kesempatan peserta didik untuk mempresentasikan kegiatan sehari peserta didik dan memberikan umpan balik positif.
20’

c. Penutup (10 menit)
-          Guru menanyakan pendapat peserta didik tentang perasaaan mereka selama proses pembelajaran berlangsung.
-          Guru mengajak peserta didik merangkum materi pembelajaran yang sudah mereka pelajari.
-          Guru memberikan penguatan dan umpan balik positif kepada peserta didik.
-          Guru memberikan kegiatan tindak lanjut berupa penugasan.


2. Pertemuan Kedua:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (5 menit)
-          Salam dan tegur sapa
-          Mengabsen Siswa
-          Menunjukkan tujuan pembelajaran
-          Memotivasi siswa

b. Kegiatan Inti ( 65 menit)
Peserta didik
Guru
Time allotment
Mengamati
·         Peserta didik mengamati kalender dan mendengarkan ujaran guru dalam melafalkan angka dalam kalender.

·         Dengan bimbingan guru, melafalkan angka – angka dalam kalender.

·         Guru melafalkan angka – angka dalam kalender.


·         Guru menyimak siswa melafalkan angka- angka dalam kalender dan memberikan umpan balik

10’




10’
Menanyakan
·         Peserta didik menanyakan pengucapan angka ordinal dan cardinal yang benar.
·         Guru memberi jawaban atas pertanyaan siswa.
10’
Mengumpulkan informasi
·         Dengan pasangannya, siswa berlatih menuliskan angka cardinal dan ordinal yang benar



·         Peserta didik berlatih menggunakan angka cardnila dan ordinal melalui permainan.
·         Guru mengamati peserta didik yang sedang mengerjakan latihan dan memberi bantuan jika dibutuhkan.

·         Guru mengajak peserta didik bermain untuk lebih memahami penggunaan angka cardinal dan ordinal.
10’






15’
Mengasosiasi
·         Dari  berbagai teks undangan yang diberikan guru, peserta diaik mendiskusikan dengan teman penulisan tanggal yang benar pada undangan tersebut.
·         Guru mendampingi siswa melakukan kegiatan asosiasi.
10’

c. Penutup ( 10 menit)
-          Guru menanyakan pendapat peserta didik tentang perasaaan mereka selama proses pembelajaran berlangsung.
-          Guru mengajak peserta didik merangkum materi pembelajaran yang sudah mereka pelajari.
-          Guru memberikan penguatan dan umpan balik positif kepada peserta didik.
Guru memberikan kegiatan tindak lanjut berupa penugasan.

H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian:
a.  Penilaian Sikap
Pengamatan oleh guru, Penilaian Teman

b.  Penilaian Pengetahuan
Tes
c.   Penilaian Keterampilan
Kinerja




2. Bentuk instrumen dan instrumen
a.   Penilaian Sikap
Sikap yang dinilai
Deskripsi
Skor

Kesungguhan dalam belajar
81-100 : selalu serius
71- 80: sering serius
51-70 : Kadang – kadang serius
21-50 : Jarang serius
10-20 : tidak pernah serius

Tanggung jawab
81-100 : selalu bertanggung jawab
71- 80: sering serius bertanggung jawab
51-70 : Kadang – kadang bertanggung jawab
21-50 : Jarang bertanggung jawab 10-20 : tidak pernah bertanggung jawab

Peduli
81-100 : selalu peduli
71- 80: sering peduli
51-70 : Kadang – kadang peduli
21-50 : Jarang peduli
10-20 : tidak pernah peduli

Kerjasama
81-100 : selalu kerjasama
71- 80: sering kerjasama
51-70 : Kadang – kadang kerjasama
21-50 : Jarang kerjasama
10-20 : tidak pernah kerjasama


b.  Penilaian Pengetahuan
Soal uraian 7

c.   Penilaian Keterampilan
a.    Lisan

b.    Tulis

3. Pedoman penskoran
c.    Penilaian Sikap
d.    Penilaian Pengetahuan
e.    Penilaian Keterampilan


Tidak ada komentar: