Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Sekolah : SMP NEGERI 2 JATIWARAS
Matapelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VII/ Semester I
Materi
Pokok : Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari,
waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
Alokasi Waktu : 4 x 2jp (2 x pertemuan)
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
2.
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
3.
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
4.
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
|
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai
bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
|
2.3.
|
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3.3.
|
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari,
waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
|
4.3.
|
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal,
dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Indikator:
-
Menunjukkan kesungguhan dalam
belajar bahasa Inggris tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
-
Menunjukkan perilaku perilaku
tanggung jawab, peduli, dan cinta damai, dalam berkomunikasi tentang nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
-
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun.
-
Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
C.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
-
Menunjukkan kesungguhan dalam belajar
bahasa Inggris tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun.
-
Menunjukkan perilaku yang jujur,
disiplin, dan tanggung jawab dalam
berkomunikasi tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun.
-
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan
nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan
tahun.
-
Menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
D.
Materi Pembelajaran (rincian dari
Materi Pokok)
-
Fungsi sosial : nama hari
-
Struktur teks : It is Monday, Yesterday was
Sunday. Monday, 7th
-
Unsur Kebahasaan :
a. Kosa kata: nama nama hari, bulan, waktu, angka yang menunjukkan
tanggal, dan tahun.
b. Penggunaan to be:It is Monday, After Tuesday was Wednesday,
c. Penggunaan angka Ordinal number: 5th , 3rd
d. Penggunaan angka Cardinal number: five, seven
-
Topik: hari, tanggal, bulan,
waktu, tahun
E.
Metode Pembelajaran (Rincian dari
Kegiatan Pembelajaran)
Scientific Based Approach, Discovery Learning
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
·
Buku Teks wajib
·
Keteladanan ucapan dan tindakan guru
menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal/ transaksional dengan benar dan akurat
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (5 menit)
-
Salam dan tegur sapa
-
Mengabsen Siswa
-
Menunjukkan tujuan pembelajaran
-
Memotivasi siswa dengan kegiatan
lead in (mengajak siswa melihat video singkat tentang nama nama hari)
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Peserta didik
|
Guru
|
Time allotment
|
Mengamati
|
||
·
Peserta
didik mengamati ujaran tentang nama hari pada ppt yang ditayangkan guru.
·
Dengan
bimbingan guru, melafalkan nama-nama hari dengan benar sesuai contoh dalam
video.
·
Peserta
didik bermain peran tentang cara mengucapkan nama-nama hari.
|
·
Guru memperlihatkan
video yang memuat ujaran nama – nama hari.
·
Guru
memperhatikan siswa mengucapkan nama-nama hari, dan memberikan umpan balik.
·
Guru memperhatikan
peserta didik ketika bermain peran.
|
10’
|
Peserta didik
|
Guru
|
Time allotment
|
Menanya
|
||
·
Peserta
didik menanyakan bagaimana cara pengucapan
yang baik dan benar mengenai nama hari yang masih sulit.
·
Peserta
didik menanyakan arti dari kata yang dirasa sulit.
|
·
Guru memberikan
respon atas pertanyaan siswa
·
Guru
memberikan jawaban atas pertanyaan siswa.
|
10’
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
·
Peserta
didik berlatih mengucapkan nama-nama hari dengan melihat jadwal pelajaran.
·
Dalam
kelompok, peserta didik melengkapi tabel jadwal pelajaran yang disediakan
guru dengan jadwal pelajarannya.
·
Peserta
didik mendiskusikan jadwal pelajaran yang akan diisikan dalam tabel.
·
Peserta
didik menuliskan jadwal pelajaran dengan benar sesuai hari.
|
·
Guru mengamati
peserta didik yang sedang bekerja dalam kelompok melengkapi tabel dan memberikan
pendampingan.
|
15’
|
Mengasosiasi
|
||
·
Peserta didik
menerapkan pengetahuan tentang nama – nama hari pada kalimat sederhana sesuai
gambar peristiwa dengan melihat sumber belajar yang lain.
|
·
Guru
mengamati dan memberi pendampingan kepada Peserta didik dalam mengerjakan
tugasnya.
|
15’
|
Mengkomunikasikan
|
||
·
Peserta
didik mempresentasikan kegiatan sehari-harinya secara lisan.
|
·
Guru
memberi kesempatan peserta didik untuk mempresentasikan kegiatan sehari
peserta didik dan memberikan umpan balik positif.
|
20’
|
c. Penutup (10 menit)
-
Guru menanyakan pendapat peserta
didik tentang perasaaan mereka selama proses pembelajaran berlangsung.
-
Guru mengajak peserta didik
merangkum materi pembelajaran yang sudah mereka pelajari.
-
Guru memberikan penguatan dan
umpan balik positif kepada peserta didik.
-
Guru memberikan kegiatan tindak
lanjut berupa penugasan.
2. Pertemuan Kedua:
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (5 menit)
-
Salam dan tegur sapa
-
Mengabsen Siswa
-
Menunjukkan tujuan pembelajaran
-
Memotivasi siswa
b. Kegiatan Inti ( 65 menit)
Peserta didik
|
Guru
|
Time allotment
|
Mengamati
|
||
·
Peserta
didik mengamati kalender dan mendengarkan ujaran guru dalam melafalkan angka
dalam kalender.
·
Dengan
bimbingan guru, melafalkan angka – angka dalam kalender.
|
·
Guru
melafalkan angka – angka dalam kalender.
·
Guru
menyimak siswa melafalkan angka- angka dalam kalender dan memberikan umpan
balik
|
10’
10’
|
Menanyakan
|
||
·
Peserta
didik menanyakan pengucapan angka ordinal dan cardinal yang benar.
|
·
Guru
memberi jawaban atas pertanyaan siswa.
|
10’
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
·
Dengan
pasangannya, siswa berlatih menuliskan angka cardinal dan ordinal yang benar
·
Peserta
didik berlatih menggunakan angka cardnila dan ordinal melalui permainan.
|
·
Guru
mengamati peserta didik yang sedang mengerjakan latihan dan memberi bantuan
jika dibutuhkan.
·
Guru
mengajak peserta didik bermain untuk lebih memahami penggunaan angka cardinal
dan ordinal.
|
10’
15’
|
Mengasosiasi
|
||
·
Dari berbagai teks undangan yang diberikan guru,
peserta diaik mendiskusikan dengan teman penulisan tanggal yang benar pada
undangan tersebut.
|
·
Guru mendampingi
siswa melakukan kegiatan asosiasi.
|
10’
|
c. Penutup ( 10 menit)
-
Guru menanyakan pendapat peserta
didik tentang perasaaan mereka selama proses pembelajaran berlangsung.
-
Guru mengajak peserta didik
merangkum materi pembelajaran yang sudah mereka pelajari.
-
Guru memberikan penguatan dan
umpan balik positif kepada peserta didik.
Guru memberikan kegiatan tindak lanjut berupa penugasan.
H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian:
a.
Penilaian Sikap
Pengamatan oleh guru, Penilaian Teman
b.
Penilaian Pengetahuan
Tes
c.
Penilaian Keterampilan
Kinerja
2. Bentuk instrumen dan instrumen
a.
Penilaian Sikap
Sikap yang dinilai
|
Deskripsi
|
Skor
|
Kesungguhan dalam belajar
|
81-100 : selalu serius
71- 80: sering serius
51-70 : Kadang –
kadang serius
21-50 : Jarang serius
10-20 : tidak pernah
serius
|
|
Tanggung jawab
|
81-100 : selalu
bertanggung jawab
71- 80: sering serius
bertanggung jawab
51-70 : Kadang –
kadang bertanggung jawab
21-50 : Jarang
bertanggung jawab 10-20 : tidak pernah bertanggung jawab
|
|
Peduli
|
81-100 : selalu peduli
71- 80: sering peduli
51-70 : Kadang –
kadang peduli
21-50 : Jarang peduli
10-20 : tidak pernah
peduli
|
|
Kerjasama
|
81-100 : selalu
kerjasama
71- 80: sering
kerjasama
51-70 : Kadang –
kadang kerjasama
21-50 : Jarang
kerjasama
10-20 : tidak pernah
kerjasama
|
|
b. Penilaian Pengetahuan
Soal uraian 7
c. Penilaian Keterampilan
a.
Lisan
b.
Tulis
3. Pedoman penskoran
c. Penilaian
Sikap
d. Penilaian
Pengetahuan
e. Penilaian
Keterampilan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar