Minggu, 15 Februari 2015

rpp k13 smp b inggris sem 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                      : SMP ...                                                                                 
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester        : VIII/Satu
Materi Pokok             : Kegiatan Sehari-hari & Kuantitas Kata Benda
Alokasi Waktu          : 7 x 2 JP
           
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
A.      Kompetensi Inti

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.5
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang tidak tertentu, sesuai dengan konteks penggunaannya
Indikator:
·         Siswa dapat memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang tidak tertentu untuk memenuhi fungsi sosial dalam hal menjelaskan, membanggakan, memuji, mengagumi, mengkritik, dsb.
4.6
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang tidak tertentu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator:
·         Siswa dapat menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang tidak tertentu untuk memenuhi fungsi sosial dalam hal menjelaskan, membanggakan, memuji, mengagumi, mengkritik, dsb.

3.6
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, sesuai dengan konteks penggunaannya
Indikator:
·         Siswa dapat memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum untuk memenuhi fungsi sosial dalam hal menghargai alam semesta, memberi contoh kebiasaan baik/jelek, membanggakan, dsb.
4.7
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan / terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator:
·         Siswa dapat menyusun, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum untuk memenuhi fungsi sosial dalam hal menghargai alam semesta, memberi contoh kebiasaan baik/jelek, membanggakan, dsb.

C.       Tujuan Pembelajaran  
Peserta didik:
·      Siswa terampil memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang tidak tertentu untuk memenuhi fungsi sosial dalam hal menjelaskan, membanggakan, memuji, mengaguni, mengkritik, dsb. menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, secara jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai. (sikap, pengetahuan, keterampilan)
·      Siswa terampil memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum untuk memenuhi fungsi sosial dalam hal menghargai alam semesta, memberi contoh kebiasaan baik/jelek, membanggakan, dsb. menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, secara jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai. (sikap, pengetahuan, keterampilan)

D.      Materi Pembelajaran 
1.    Teks lisan dan tulis untuk  menyatakan dan menanyakan keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang tidak tertentu
·         Fungsi sosial
Menjelaskan, membanggakan, memuji, mengaguni, mengkritik, dsb.
·         Struktur teks
There are only a few students left in school. Where are the others?; How many chairs are there in this classroom? A lot.; There is not much water in the dry season. So we have to save water.; It’s said that there very few monkeys in the zoo, and some are very thin., dan semacamnya.



·         Unsur kebahasaan
(1)  Ungkapan dengan There ...
(2) Kosa kata: kata benda, Kata jumlah yang tidak tertentu: little, few, some, many, much, a lot (of).
(3) Kata kerja, dan kata sifat yang terkait dengan orang, binatang, benda di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
(4) Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(5) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(6) Ejaan dan tanda baca
(7) Tulisan tangan.
·         Topik
Keberadaan orang, binatang, benda, di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya yang memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

2.    Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum
·         Fungsi sosial
Menghargai alam semesta, memberi contoh kebiasaan baik/jelek, membanggakan, dsb.
·         Struktur teks
The sun shines everyday in Indonesia, so it is mostly very green. My father is very healthy because he wakes up early and excersises everyday. We have English on Monday and Wednesday. Do you get up early? Yes, I help my Mom before I go to school; I clean the house and wash the dishes., dan semacamnya.
·         Unsur kebahasaan
(1)  Kata kerja dalam Simple Present Tense.
(2)  Adverbia: always, often, sometimes, never, usually, every ...
(3) Kosa kata: kata benda, kata kerja, dan kata sifat yang terkait dengan orang, binatang, benda di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
(4) Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(5) Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(6) Ejaan dan tanda baca
(7) Tulisan tangan.
·         Topik
Tindakan, kejadian, keadaan, di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya yang memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

E.        Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan Saintifik
2.         Pendekatan Berbasis Proyek




F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.     Media
a.    Gambar ilustrasi sebuah kebun binatang.(Tersedia di Buku “When English Rings the Bell Kelas VIII” halaman 62)
b.    Video mengenai kegiatan rutin seseorang/tokoh.(Tersedia di Kids ESL English Grammar Cartoon for Children by Pumkin,.com - YouTube)
c.    Video mengenai percakapan tokoh disebuah kebun binatang yang memuat pertanyaan dan pernyataanmengenai jumlah benda, orang, atau binatang dalam jumlah tertentu.
d.   Flashcard terbuat dari kertas BC berwarna, berukuran 15 cm x10 cm, berisi kata kunci beberapa nama binatang.
e.    Kartu situasi terbuat dari BC berwarna, berukuran 15 cm x10, berisi deskripsi kegiatan sehari-hari siswa yang rajin dan cerdas.
2.    Alat/Bahan
Komputer/Laptop & LCD
3.    SumberBelajar
KementerianPendidikandanKebudayaan.2014. BahasaInggrisWhen English Rings the BellSMP/MTs Kelas VIII.Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    
1.         Pertemuan Kesatu
a.        Pendahuluan  (10 menit)
1)        Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran dengan  memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)        Guru mengajak peserta didik untuk melihat sebuah gambar ilustrasi mengenai situasi kebun binatang saat sedang ramai untuk membangkitkan motivasi belajar Bahasa Inggris.
3)        Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telah dikenal sebelumnya.
4)        Guru menyampaikan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.
5)        Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b.        Inti (60 menit)
1)      Mengamati
a)        Peserta didik menyaksikan video percakapan singkat dan sederhana yang melibatkan ungkapan menanyakan dan menyatakan jumlah .
b)        Peserta didik menuliskan hal-ikhwal yang belum diketahui berkaitan dengan berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang disaksikannya.
2)      Menanya
a)        Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan  isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam video yang telah disaksikan.
b)        Dengan bimbingan guru merumuskan pertanyaan tentang bagaimana menyatakan dan bertanya orang, binatang, atau benda dalam jumlah tertentu.
c)        Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan tentang bagaimana menyatakan dan bertanya orang, binatang, atau benda dalam jumlah tertentu.
3)      Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)        Secara berpasangan peserta didik mempraktekkan percakapan yang sudah disaksikan.
b)        Secara berpasangan peserta didik menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial teks dari percakapan yang dipraktekkan.
c)        Secara berpasangan peserta didik menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari percakapan yang dipraktekkan.
d)       Secara berpasangan peserta didik menemukan ungkapaan bagaimana menyatakan dan bertanya orang, binatang, atau benda dalam jumlah tertentu dari praktek yang dilakukan.


4)      Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi 
a)        Dalam kelompok yang terdiri dari tiga pasangan (6 peserta didik), dengan data yang dimiliki saat bekerja berpasangan, peserta didik diminta untuk mendeskripsikan beberapa binatang setelah diberikan penjelasan mengenai kompetensi mendeskripsikan sesuatu.
b)        Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5)      Mengomunikasikan
a)        Setiap kelompok mempresentasikan jawaban terhadap  pertanyaan-pertanyaan melalui wakil kelompok.
b)        Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.

c.    Penutup (10 Menit)
1)             Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)             Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)             Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempraktikkan ungkapan sapaan dan mencatat kepada siapa saja peserta didik mengucapkan ungkapan tersebut.
4)             Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

2.        Pertemuan Kedua
a.    Pendahuluan  (10 menit)
1)        Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran dengan  memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)        Guru menayangkan gambar-gambar berbagai profesi dan membahas kegiatan apa saja yang mereka lakukan saat bekerja untuk memotivasi belajar peserta didik.
3)        Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
4)        Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.
5)        Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b.   Kegiatan inti (60 menit)
1)      Mengamati
a)        Peserta didik membaca mandiri beberapa kalimat mengenai kegiatan sehari-hari seorang petugas kebun binatang .
b)        Kemudian guru menunjuk beberapa peserta didik untuk membaca kalimat-kalimat tersebut dengan bimbingan guru.
2)      Menanya
a)        Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan  isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dalam kalimat-kalimat yang telah dibaca.
3)      Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)        Secara individu, peserta didik diminta untuk bertanya kepada teman-teman mereka apa saja kegiatan sehari-harinya dan data yang didapat dituangkan kedalam bagan isian.
4)      Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi 
a)        Secara individu, peserta didik diminta untuk mengisi bagan yang membandingkan kegiatan petugas kebun binatang tadi dengan kegiatan sehari-hari mereka.
b)        Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5)      Mengomunikasikan
a)        Setiap kelompok mempresentasikan bagan-bagan yang telah mereka susun kedepan kelas.
b)        Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.




c.    Penutup (10 Menit)
1)        Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)        Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)        Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

3.        Pertemuan Ketiga
a.    Pendahuluan  (10 menit)
1)        Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran dengan  memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)        Guru menayangkan gambar seorang tokoh yang bisa dijadikan role model bagi siswa dan membahas kegiatan apa saja yang mereka lakukan saat bekerja untuk memotivasi belajar peserta didik.
3)        Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
4)        Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.
5)        Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b.   Kegiatan inti (60 menit)
1)      Mengamati
a)        Peserta didik diminta mengamati sebuah paragraf yang mendeskripsikan kegiatan sehari-hari dari tokoh yang ditayangkan.
2)      Menanya
a)        Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan  isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dari paragraf yang ditunjukkan

b)        Guru menjelaskan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dari paragraf yang ditunjukkan.
3)      Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)        Dalam kelompok 3 pasangan (6 peserta didik), peserta didik diminta menuliskan deskripsi kegiatan dari seorang tokoh yang berbeda di selembar kertas.
4)      Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi 
a)        Dengan data yang dimiliki saat bekerja kelompok, peserta didik diminta menuangkan dalam sebuah paragraf pendek dari kalimat-kalimat yang mereka tulis sebelumnya.
b)        Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5)      Mengomunikasikan
a)        Setiap kelompok mempresentasikan paragraf yang telah mereka susun bersama-sama.
b)        Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.
c.    Penutup (10 Menit)
1)        Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)        Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)        Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

4.        Pertemuan Keempat
a.    Pendahuluan  (10 menit)
1)        Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran dengan  memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)        Guru menayangkan video fauna berisi tingkah laku binatang liar untuk memotivasi siswa
3)        Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
4)        Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.
5)        Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b.   Kegiatan inti (60 menit)
1)      Mengamati
a)        Peserta didik diminta mengamati satu flash card gambar binatang .
b)        Peserta kemudian mengamati satu contoh kalimat yang mendeskripsikan satu tingkah laku yang biasa dilakukan binatang tersebut.
2)      Menanya
a)        Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan  isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan kalimat yang ditulis.
b)        Guru menjelaskan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan kalimat yang ditulis.
3)      Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)        Dalam kelompok 3 pasangan (6 peserta didik), peserta didik diminta menuliskan deskripsi kegiatan dari beberapa flash card yang ditunjukkan guru satu persatu.
4)      Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi 
a)        Dengan data yang dimiliki saat bekerja kelompok, peserta didik diminta menuliskan kegiatan yang dilakukan binatang tadi kedalam sebuah bagan.
b)        Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5)      Mengomunikasikan
c)        Setiap kelompok mempresentasikan paragraf yang telah mereka susun bersama-sama.
d)       Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.
c.    Penutup (10 Menit)
4)        Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
5)        Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
6)        Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

5.        Pertemuan Kelima
a.    Pendahuluan  (10 menit)
1)        Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran dengan  memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)        Guru mengajak peserta didik keluar kelas dan di minta untuk mengamati benda-benda bergerak di sekeliling mereka untuk memotivasi siswa.
3)        Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
4)        Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.
5)        Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b.   Kegiatan inti (60 menit)
1)      Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)        Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok (6 orang) untuk mendata binatang-binatang yang ada di halaman belakang sekolah.
2)      Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi 
a)        Dengan data yang dimiliki saat bekerja kelompok, peserta didik diminta menuliskan jumlah binatang yang telah mereka data dan menuliskannya dalam bentuk kalimat yang mengandung kompetensi menyatakan jumlah benda, binatang, atau orang.
3)      Mengomunikasikan
a)        Guru meminta setiap kelompok untuk menyampaikan hasil kerja mereka.
b)        Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.

c.    Penutup (10 Menit)
1)        Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)        Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)        Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.


6.        Pertemuan Keenam
a.    Pendahuluan  (10 menit)
1)        Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran dengan  memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)        Guru menayangkan video tentang kegiatan sehari-hari Mr. Pumpkins untuk memotivasi siswa
3)        Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
4)        Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.
5)        Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b.   Kegiatan inti (60 menit)
1)      Mengamati
a)        Peserta didik diberikan pertanyaan tentang apa saja yang dilakukan siswa yang pintar dalam kesehariannya.
b)        Guru menunjukkan gambar flascard tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan orang pintar dalam beberapa kegiatan kesehariannya dan peserta didik diminta mendeskripsikannya dalam kalimat.
2)      Menanya
a)        Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan  isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan kalimat yang ditulis.
b)        Guru menjelaskan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan kalimat yang ditulis.
3)      Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
b)        Dalam kelompok 3 pasangan (6 peserta didik), peserta didik diminta untuk menuliskan 12 kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh siswa yang pintar mulai dari pagi sampai malam hari.
4)      Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi 
b)        Dengan data yang dimiliki saat bekerja kelompok, peserta didik diminta menuangkan dalam sebuah paragraf.
c)        Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5)      Mengomunikasikan
c)        Setiap kelompok mempresentasikan paragraf yang telah mereka susun bersama-sama.
d)       Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.
c.    Penutup (10 Menit)
1)        Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)        Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)        Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

7.      Pertemuan Ketujuh
a.        Pendahuluan  (10 menit)
1)        Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran dengan  memberi salam,mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)        Guru bertanya peserta didik kegiatan apa saja yang dilakukan ibu peserta didik sehari-hari sehingga peserta didik harus berterimakasih kepada mereka untuk membangkitkan motivasi belajar Bahasa Inggris.
3)        Guru mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telah dikenal sebelumnya.
4)        Guru menyampaikan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.
5)        Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.

b.        Inti (60 menit)
1)      Mengamati
c)        Peserta didik menyaksikan sebuah agenda kegiatan sehari-hari dari seorang murid sekolah dalam bentuk tayangan gambar.
d)       Peserta didik menuliskan hal-ikhwal yang belum diketahui berkaitan dengan berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang disaksikannya.
2)      Menanya
a)        Dengan bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan  isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dari agenda kegiatan sehari-hari seseorang yang ditayangkan.
3)      Mencoba/Mengumpulkan Data atau Informasi
a)        Secara individu peserta didik diminta untuk menuliskan kegiatan sehari-hari mereka dalam sebuah kertas karton besar yang nantinya akan dijadikan poster.
4)      Mengasosiasi/Menganalisis Data atau Informasi 
a)        Dalam poster tersebut siswa diminta mengurutkan kegiatan secara runut dari pagi sampai malam dilengkapi dengan berbagai foto dan hiasan.
b)        Peserta didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5)      Mengomunikasikan
c)        Setiap peserta didik mempresentasikan poster yang dibuatnya ke depan kelas .
d)       Peserta didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks) dari guru.



c.    Penutup (10 Menit)
1)             Guru dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)             Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)             Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempraktikkan ungkapan sapaan dan mencatat kepada siapa saja peserta didik mengucapkan ungkapan tersebut.
4)             Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.


H. Penilaian
1.      Kompetensi Sikap Spiritual
1)        TeknikPenilaian  : Observasi  dan Penilaian Diri
2)        Bentuk Instrumen           : Lembarobservasi dan Lembar Penilaian Diri
3)        Kisi-kisi    :
No.
Butir Nilai
Indikator
JumlahButir Instrumen
1.
Bersyukur
BersemangatdalammelaksanakansetiapkegiatanpadapembelajaranBahasaInggris.
1
SeriusdalammelaksanakansetiapkegiatanpadapembelajaranBahasaInggris.
1


JUMLAH
2

1)        Instrumen: lihat Lampiran 1A dan Lampiran 1B.
2)        Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

2.      Kompetensi Sikap Sosial
1)      TeknikPenilaian      : Observasi  dan Penilaian Diri
2)      Bentuk Instrumen   : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
No.
Butir Nilai
Indikator
Jumlah Butir Instrumen
1.
Santun
Menyapa guru dan teman menggunakan  Bahasa Inggris  yang berterima.
1
Berpamitan pada guru dan peserta didik menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
1
2.
Peduli
Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham dengan konteks/ materi ungkapan sapaan dan pamitan dan responsnya
1
Menjawab sapaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1
Menjawab ungkapan pamitan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
1



JUMLAH
5

d.        Instrumen: lihat Lampiran2A dan Lampiran2B.
e.         Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.

3.      Kompetensi Pengetahuan
3)      Teknik Penilaian           :TesTertulis
4)      Bentuk Instrumen         : Pilihan Ganda, Menjodohkan, dan Melengkapi.

No.
Indikator
Jumlah Butir Soal
Nomor Butir Soal
  1.  
Disajikan pernyataan/ilustrasi situasi tertentu, peserta didik dapat menentukan ungkapan bertanya dan menyatakan jumlah benda.
4
I.1-4
  1.  
Disajikan teks tentang kegiatan sehari-hari siswa dapat menjawab pertanyaan informasi rinci dan tidak rinci tentang teks tersebut
6
II.1-6
  1.  
Disajikan gambar 2 orang atau lebih saling  bertemu dengan ilustrasi waktu yang jelas, peserta didik  dapat mendeskripsikan sesuatu
6
III.1-6

JUMLAH
16


5)      Instrumen: lihat Lampiran 4A.
6)      Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 4B.

4.      Keterampilan
1)      TeknikPenilaian            :Tes Tertulis dan Praktik
2)      Bentuk Instrumen         : Pilihan Ganda (Tes Tertulis Keterampilan Mendengarkan),  Rubrik Penilaian







1)      Tes Tertulis

No.
Indikator
Jumlah Butir Soal
Nomor Butir Soal
  1.  
Disajikan pernyataan/ilustrasi situasi tertentu, peserta didik dapat menentukan ungkapan bertanya dan menyatakan jumlah benda.
3
1-3
  1.  
Disajikan teks tentang kegiatan sehari-hari siswa dapat menjawab pertanyaan informasi rinci dan tidak rinci tentang teks tersebut
2
4-5
  1.  
Disajikan gambar 2 orang atau lebih saling  bertemu dengan ilustrasi waktu yang jelas, peserta didik  dapat mendeskripsikan sesuatu
3
6-8

JUMLAH
8



2)      Tes Praktik



 



























3)      Instrumen: lihat Lampiran 5AdanLampiran 5B.
4)      Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 5C.





..........., .............................. 2014
Mengetahui                                                                            Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP                                                                                                                           
________________________                                                       _________________________
NIP. ...                                                                                            NIP. ...



Anggota Kelompok  3 :

1.     Hari Prayitno ( SMP 2 Salatiga )
2.     Zamroni  ( SMP 2 Taman Pemalang )
3.     P. Pamuji  ( SMP 5 Taman Pemalang )
4.     Arum Swastika ( SMP 40 Semarang )
5.      Hanung Baskoro ( SMP 2 Semarang )
6.     Agung Bayu P ( SMP 4 Tengaran satu atap )
7.     Suroto ( SMP 11 Surakarta )
8.     Sri  Wulandari Imaningtyas ( SMP 3 Tanjung Brebes )

Tidak ada komentar: