Sekolah : SMP ...
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : VIII/Satu
Materi Pokok : Kegiatan Sehari-hari & Kuantitas
Kata Benda
Alokasi Waktu :
7 x 2 JP
KI
3
|
:
|
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
A.
Kompetensi Inti
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
2.2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
|
2.3
|
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
|
3.5
|
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial
menyatakan dan menanyakan keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang
tidak tertentu, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
Indikator:
·
Siswa
dapat memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang
tidak tertentu untuk memenuhi fungsi sosial dalam hal menjelaskan,
membanggakan, memuji, mengagumi, mengkritik, dsb.
|
|
4.6
|
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang keberadaan orang, benda, binatang dalam
jumlah yang tidak tertentu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Indikator:
·
Siswa
dapat menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang tidak tertentu untuk
memenuhi fungsi sosial dalam hal menjelaskan, membanggakan, memuji,
mengagumi, mengkritik, dsb.
|
|
3.6
|
Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi secara
rutin atau merupakan kebenaran umum, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
Indikator:
·
Siswa
dapat memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara
rutin atau merupakan kebenaran umum untuk memenuhi fungsi sosial dalam hal
menghargai alam semesta, memberi contoh kebiasaan baik/jelek, membanggakan,
dsb.
|
|
4.7
|
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian
yang dilakukan / terjadi secara rutin atau merupakan kebenaran umum, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
Indikator:
·
Siswa
dapat menyusun, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara
rutin atau merupakan kebenaran umum untuk memenuhi fungsi sosial dalam hal
menghargai alam semesta, memberi contoh kebiasaan baik/jelek, membanggakan,
dsb.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik:
·
Siswa
terampil memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang
tidak tertentu untuk memenuhi fungsi sosial dalam hal menjelaskan,
membanggakan, memuji, mengaguni, mengkritik, dsb. menggunakan ungkapan dengan
struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks, secara jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, peduli,
kerja sama, dan cinta damai. (sikap, pengetahuan, keterampilan)
·
Siswa
terampil memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara
rutin atau merupakan kebenaran umum untuk memenuhi fungsi sosial dalam hal
menghargai alam semesta, memberi contoh kebiasaan baik/jelek, membanggakan,
dsb. menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut dengan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, secara jujur, disiplin, percaya
diri, bertanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai. (sikap,
pengetahuan, keterampilan)
|
D.
Materi Pembelajaran
1.
Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan
keberadaan orang, benda, binatang dalam jumlah yang tidak tertentu
·
Fungsi sosial
Menjelaskan,
membanggakan, memuji, mengaguni, mengkritik, dsb.
·
Struktur teks
There are only
a few students left in school. Where
are the others?; How many chairs are there in this classroom? A lot.; There is
not much water in the dry season. So we have to save water.; It’s said that
there very few monkeys in the zoo, and some are very thin., dan semacamnya.
·
Unsur kebahasaan
(1)
Ungkapan dengan There
...
(2)
Kosa kata: kata benda, Kata jumlah yang tidak
tertentu: little, few, some, many, much,
a lot (of).
(3)
Kata kerja, dan kata sifat yang terkait dengan orang,
binatang, benda di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
(4)
Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
(5)
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(6)
Ejaan dan tanda baca
(7)
Tulisan tangan.
·
Topik
Keberadaan
orang, binatang, benda, di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya yang memberikan
keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab.
2.
Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi
secara rutin atau merupakan kebenaran umum
·
Fungsi sosial
Menghargai
alam semesta, memberi contoh kebiasaan baik/jelek, membanggakan, dsb.
·
Struktur teks
The sun shines
everyday in Indonesia, so it is mostly very green. My father is very healthy
because he wakes up early and excersises everyday. We have English on Monday
and Wednesday. Do you get up early? Yes, I help my Mom before I go to school; I
clean the house and wash the dishes., dan semacamnya.
·
Unsur kebahasaan
(1)
Kata kerja dalam Simple Present Tense.
(2)
Adverbia: always,
often, sometimes, never, usually, every ...
(3)
Kosa kata: kata benda, kata kerja, dan kata sifat yang
terkait dengan orang, binatang, benda di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya
(4)
Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
(5)
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(6)
Ejaan dan tanda baca
(7)
Tulisan tangan.
·
Topik
Tindakan,
kejadian, keadaan, di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya yang memberikan
keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab.
E.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
Saintifik
2.
Pendekatan Berbasis
Proyek
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
a.
Gambar
ilustrasi sebuah kebun binatang.(Tersedia di Buku “When English Rings the Bell
Kelas VIII” halaman 62)
b.
Video
mengenai kegiatan rutin seseorang/tokoh.(Tersedia di Kids ESL English
Grammar Cartoon for Children by Pumkin,.com - YouTube)
c.
Video
mengenai percakapan tokoh disebuah kebun binatang yang memuat pertanyaan dan
pernyataanmengenai jumlah benda, orang, atau binatang dalam jumlah tertentu.
d.
Flashcard terbuat dari kertas BC berwarna,
berukuran 15 cm x10 cm, berisi kata kunci beberapa nama binatang.
e.
Kartu
situasi terbuat dari BC berwarna, berukuran 15 cm x10, berisi deskripsi
kegiatan sehari-hari siswa yang rajin dan cerdas.
2.
Alat/Bahan
Komputer/Laptop
& LCD
3.
SumberBelajar
KementerianPendidikandanKebudayaan.2014. BahasaInggrisWhen English Rings
the BellSMP/MTs Kelas VIII.Jakarta: KementerianPendidikandanKebudayaan
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Kesatu
a.
Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk
merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali
kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)
Guru
mengajak peserta didik untuk melihat sebuah gambar ilustrasi mengenai situasi
kebun binatang saat sedang ramai untuk membangkitkan motivasi belajar Bahasa
Inggris.
3)
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telah
dikenal sebelumnya.
4)
Guru
menyampaikan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai.
5)
Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
b.
Inti (60 menit)
1) Mengamati
a)
Peserta
didik menyaksikan video percakapan singkat dan sederhana yang melibatkan
ungkapan menanyakan dan menyatakan jumlah .
b)
Peserta
didik menuliskan hal-ikhwal yang belum diketahui berkaitan dengan berkomunikasi
dalam bahasa Inggris yang disaksikannya.
2) Menanya
a)
Dengan
bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur
kebahasaan dalam video yang telah disaksikan.
b)
Dengan
bimbingan guru merumuskan pertanyaan tentang bagaimana menyatakan dan bertanya orang,
binatang, atau benda dalam jumlah tertentu.
c)
Dengan
bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan tentang bagaimana menyatakan
dan bertanya orang, binatang, atau benda dalam jumlah tertentu.
3)
Mencoba/Mengumpulkan Data atau
Informasi
a)
Secara
berpasangan peserta didik mempraktekkan percakapan yang sudah disaksikan.
b)
Secara
berpasangan peserta didik menjawab pertanyaan tentang fungsi sosial teks dari
percakapan yang dipraktekkan.
c)
Secara
berpasangan peserta didik menjawab pertanyaan tentang struktur teks dari percakapan
yang dipraktekkan.
d) Secara berpasangan peserta didik menemukan
ungkapaan bagaimana menyatakan dan bertanya orang, binatang, atau benda dalam
jumlah tertentu dari praktek yang dilakukan.
4)
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau
Informasi
a)
Dalam
kelompok yang terdiri dari tiga pasangan (6 peserta didik), dengan data yang
dimiliki saat bekerja berpasangan, peserta didik diminta untuk mendeskripsikan
beberapa binatang setelah diberikan penjelasan mengenai kompetensi
mendeskripsikan sesuatu.
b)
Peserta
didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a)
Setiap
kelompok mempresentasikan jawaban terhadap
pertanyaan-pertanyaan melalui wakil kelompok.
b)
Peserta
didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur,
dan unsur kebahasaan teks) dari guru.
c. Penutup
(10 Menit)
1)
Guru
dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah
dipelajari pada pertemuan ini.
2)
Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempraktikkan ungkapan sapaan dan
mencatat kepada siapa saja peserta didik mengucapkan ungkapan tersebut.
4)
Guru
menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
2.
Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk
merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali
kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)
Guru
menayangkan gambar-gambar berbagai profesi dan membahas kegiatan apa saja yang
mereka lakukan saat bekerja untuk memotivasi belajar peserta didik.
3)
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
4)
Guru
menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai.
5)
Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mengamati
a)
Peserta
didik membaca mandiri beberapa kalimat mengenai kegiatan sehari-hari seorang
petugas kebun binatang .
b)
Kemudian
guru menunjuk beberapa peserta didik untuk membaca kalimat-kalimat tersebut
dengan bimbingan guru.
2) Menanya
a)
Dengan
bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta
unsur kebahasaan dalam kalimat-kalimat yang telah dibaca.
3)
Mencoba/Mengumpulkan Data atau
Informasi
a)
Secara
individu, peserta didik diminta untuk bertanya kepada teman-teman mereka apa
saja kegiatan sehari-harinya dan data yang didapat dituangkan kedalam bagan
isian.
4)
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau
Informasi
a)
Secara
individu, peserta didik diminta untuk mengisi bagan yang membandingkan kegiatan
petugas kebun binatang tadi dengan kegiatan sehari-hari mereka.
b)
Peserta
didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a)
Setiap
kelompok mempresentasikan bagan-bagan yang telah mereka susun kedepan kelas.
b)
Peserta
didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur,
dan unsur kebahasaan teks) dari guru.
c.
Penutup (10 Menit)
1)
Guru
dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah
dipelajari pada pertemuan ini.
2)
Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)
Guru
menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
3.
Pertemuan Ketiga
a. Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik
untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk
merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali
kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)
Guru
menayangkan gambar seorang tokoh yang bisa dijadikan role model bagi siswa dan
membahas kegiatan apa saja yang mereka lakukan saat bekerja untuk memotivasi
belajar peserta didik.
3)
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
4)
Guru
menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai.
5)
Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mengamati
a)
Peserta
didik diminta mengamati sebuah paragraf yang mendeskripsikan kegiatan sehari-hari
dari tokoh yang ditayangkan.
2) Menanya
a)
Dengan
bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta
unsur kebahasaan dari paragraf yang ditunjukkan
b)
Guru
menjelaskan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan dari
paragraf yang ditunjukkan.
3)
Mencoba/Mengumpulkan Data atau
Informasi
a)
Dalam
kelompok 3 pasangan (6 peserta didik), peserta didik diminta menuliskan deskripsi
kegiatan dari seorang tokoh yang berbeda di selembar kertas.
4)
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau
Informasi
a)
Dengan
data yang dimiliki saat bekerja kelompok, peserta didik diminta menuangkan
dalam sebuah paragraf pendek dari kalimat-kalimat yang mereka tulis sebelumnya.
b)
Peserta
didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
a)
Setiap
kelompok mempresentasikan paragraf yang telah mereka susun bersama-sama.
b)
Peserta
didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur,
dan unsur kebahasaan teks) dari guru.
c.
Penutup (10 Menit)
1)
Guru
dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah
dipelajari pada pertemuan ini.
2)
Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)
Guru
menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
4.
Pertemuan Keempat
a. Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk
merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali
kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)
Guru
menayangkan video fauna berisi tingkah laku binatang liar untuk memotivasi
siswa
3)
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
4)
Guru
menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai.
5)
Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mengamati
a)
Peserta
didik diminta mengamati satu flash card gambar binatang .
b)
Peserta
kemudian mengamati satu contoh kalimat yang mendeskripsikan satu tingkah laku
yang biasa dilakukan binatang tersebut.
2) Menanya
a)
Dengan
bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta
unsur kebahasaan kalimat yang ditulis.
b)
Guru
menjelaskan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan
kalimat yang ditulis.
3)
Mencoba/Mengumpulkan Data atau
Informasi
a)
Dalam
kelompok 3 pasangan (6 peserta didik), peserta didik diminta menuliskan
deskripsi kegiatan dari beberapa flash card yang ditunjukkan guru satu persatu.
4)
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau
Informasi
a)
Dengan
data yang dimiliki saat bekerja kelompok, peserta didik diminta menuliskan
kegiatan yang dilakukan binatang tadi kedalam sebuah bagan.
b)
Peserta
didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
c)
Setiap
kelompok mempresentasikan paragraf yang telah mereka susun bersama-sama.
d) Peserta didik menerima umpan balik
dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks)
dari guru.
c.
Penutup (10 Menit)
4)
Guru
dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah
dipelajari pada pertemuan ini.
5)
Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
6)
Guru
menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
5.
Pertemuan Kelima
a. Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk
merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali
kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)
Guru
mengajak peserta didik keluar kelas dan di minta untuk mengamati benda-benda
bergerak di sekeliling mereka untuk memotivasi siswa.
3)
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
4)
Guru
menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai.
5)
Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mencoba/Mengumpulkan
Data atau Informasi
a)
Peserta
didik dibagi menjadi 3 kelompok (6 orang) untuk mendata binatang-binatang yang
ada di halaman belakang sekolah.
2)
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau
Informasi
a)
Dengan
data yang dimiliki saat bekerja kelompok, peserta didik diminta menuliskan
jumlah binatang yang telah mereka data dan menuliskannya dalam bentuk kalimat
yang mengandung kompetensi menyatakan jumlah benda, binatang, atau orang.
3) Mengomunikasikan
a)
Guru
meminta setiap kelompok untuk menyampaikan hasil kerja mereka.
b)
Peserta
didik menerima umpan balik dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur,
dan unsur kebahasaan teks) dari guru.
c.
Penutup (10 Menit)
1)
Guru
dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah
dipelajari pada pertemuan ini.
2)
Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)
Guru
menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
6.
Pertemuan Keenam
a. Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam, mengajak peserta didik untuk
merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali
kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)
Guru
menayangkan video tentang kegiatan sehari-hari Mr. Pumpkins untuk memotivasi
siswa
3)
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
4)
Guru
menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai.
5)
Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Kegiatan inti (60 menit)
1) Mengamati
a)
Peserta
didik diberikan pertanyaan tentang apa saja yang dilakukan siswa yang pintar
dalam kesehariannya.
b)
Guru
menunjukkan gambar flascard tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan orang
pintar dalam beberapa kegiatan kesehariannya dan peserta didik diminta
mendeskripsikannya dalam kalimat.
2) Menanya
a)
Dengan
bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta
unsur kebahasaan kalimat yang ditulis.
b)
Guru
menjelaskan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta unsur kebahasaan
kalimat yang ditulis.
3)
Mencoba/Mengumpulkan Data atau
Informasi
b)
Dalam
kelompok 3 pasangan (6 peserta didik), peserta didik diminta untuk menuliskan
12 kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh siswa yang pintar mulai dari pagi
sampai malam hari.
4)
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau
Informasi
b)
Dengan
data yang dimiliki saat bekerja kelompok, peserta didik diminta menuangkan
dalam sebuah paragraf.
c)
Peserta
didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
c)
Setiap
kelompok mempresentasikan paragraf yang telah mereka susun bersama-sama.
d) Peserta didik menerima umpan balik
dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks)
dari guru.
c.
Penutup (10 Menit)
1)
Guru
dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah
dipelajari pada pertemuan ini.
2)
Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)
Guru
menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
7. Pertemuan
Ketujuh
a.
Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam,mengajak peserta didik untuk
merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali
kegiatan dengan berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2)
Guru
bertanya peserta didik kegiatan apa saja yang dilakukan ibu peserta didik
sehari-hari sehingga peserta didik harus berterimakasih kepada mereka untuk
membangkitkan motivasi belajar Bahasa Inggris.
3)
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi Bahasa Inggris yang dipelajariatau telah
dikenal sebelumnya.
4)
Guru
menyampaikan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai.
5)
Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
b.
Inti (60 menit)
1) Mengamati
c)
Peserta
didik menyaksikan sebuah agenda kegiatan sehari-hari dari seorang murid sekolah
dalam bentuk tayangan gambar.
d)
Peserta
didik menuliskan hal-ikhwal yang belum diketahui berkaitan dengan berkomunikasi
dalam bahasa Inggris yang disaksikannya.
2) Menanya
a)
Dengan
bimbingan guru peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan isi, fungsi sosial, dan struktur teks, serta
unsur kebahasaan dari agenda kegiatan sehari-hari seseorang yang ditayangkan.
3)
Mencoba/Mengumpulkan Data atau
Informasi
a)
Secara
individu peserta didik diminta untuk menuliskan kegiatan sehari-hari mereka
dalam sebuah kertas karton besar yang nantinya akan dijadikan poster.
4)
Mengasosiasi/Menganalisis Data atau
Informasi
a)
Dalam
poster tersebut siswa diminta mengurutkan kegiatan secara runut dari pagi
sampai malam dilengkapi dengan berbagai foto dan hiasan.
b)
Peserta
didik meminta bantuan guru bila memerlukannya.
5) Mengomunikasikan
c)
Setiap
peserta didik mempresentasikan poster yang dibuatnya ke depan kelas .
d) Peserta didik menerima umpan balik
dan/atau penguatan (isi, fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks)
dari guru.
c. Penutup
(10 Menit)
1)
Guru
dan peserta didik secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah
dipelajari pada pertemuan ini.
2)
Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk membantu mereka melakukan
refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)
Guru
memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempraktikkan ungkapan sapaan dan
mencatat kepada siapa saja peserta didik mengucapkan ungkapan tersebut.
4)
Guru
menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
H. Penilaian
1. Kompetensi Sikap Spiritual
1)
TeknikPenilaian : Observasi
dan Penilaian Diri
2)
Bentuk
Instrumen : Lembarobservasi dan
Lembar Penilaian Diri
3)
Kisi-kisi :
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
JumlahButir
Instrumen
|
1.
|
Bersyukur
|
BersemangatdalammelaksanakansetiapkegiatanpadapembelajaranBahasaInggris.
|
1
|
SeriusdalammelaksanakansetiapkegiatanpadapembelajaranBahasaInggris.
|
1
|
||
|
|
JUMLAH
|
2
|
1)
Instrumen: lihat Lampiran 1A dan Lampiran 1B.
2)
Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.
2. Kompetensi Sikap Sosial
1)
TeknikPenilaian : Observasi dan Penilaian Diri
2)
Bentuk Instrumen : Lembar observasi dan Lembar Penilaian Diri
No.
|
Butir Nilai
|
Indikator
|
Jumlah Butir
Instrumen
|
1.
|
Santun
|
Menyapa guru dan
teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima.
|
1
|
Berpamitan pada guru dan peserta didik menggunakan
Bahasa Inggris yang berterima.
|
1
|
||
2.
|
Peduli
|
Menjawab atau menjelaskan pertanyaan teman yang kurang
paham dengan konteks/ materi ungkapan sapaan dan pamitan dan responsnya
|
1
|
Menjawab sapaan guru dan teman menggunakan Bahasa Inggris yang berterima
|
1
|
||
Menjawab ungkapan pamitan guru dan teman menggunakan
Bahasa Inggris yang berterima
|
1
|
||
|
|
JUMLAH
|
5
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran2A dan Lampiran2B.
e.
Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 3.
3.
Kompetensi Pengetahuan
3)
Teknik Penilaian :TesTertulis
4)
Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda, Menjodohkan, dan Melengkapi.
No.
|
Indikator
|
Jumlah Butir Soal
|
Nomor Butir Soal
|
|
Disajikan
pernyataan/ilustrasi situasi tertentu, peserta didik dapat menentukan
ungkapan bertanya dan menyatakan jumlah benda.
|
4
|
I.1-4
|
|
Disajikan teks
tentang kegiatan sehari-hari siswa dapat menjawab pertanyaan informasi rinci
dan tidak rinci tentang teks tersebut
|
6
|
II.1-6
|
|
Disajikan gambar
2 orang atau lebih saling bertemu
dengan ilustrasi waktu yang jelas, peserta didik dapat mendeskripsikan sesuatu
|
6
|
III.1-6
|
|
JUMLAH
|
16
|
|
5) Instrumen: lihat Lampiran
4A.
6) Petunjuk Penentuan Skor: lihat Lampiran 4B.
4.
Keterampilan
1)
TeknikPenilaian :Tes Tertulis dan Praktik
2)
Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda (Tes Tertulis
Keterampilan Mendengarkan), Rubrik
Penilaian
1) Tes Tertulis
No.
|
Indikator
|
Jumlah Butir Soal
|
Nomor Butir Soal
|
|
Disajikan
pernyataan/ilustrasi situasi tertentu, peserta didik dapat menentukan
ungkapan bertanya dan menyatakan jumlah benda.
|
3
|
1-3
|
|
Disajikan teks
tentang kegiatan sehari-hari siswa dapat menjawab pertanyaan informasi rinci
dan tidak rinci tentang teks tersebut
|
2
|
4-5
|
|
Disajikan gambar
2 orang atau lebih saling bertemu
dengan ilustrasi waktu yang jelas, peserta didik dapat mendeskripsikan sesuatu
|
3
|
6-8
|
|
JUMLAH
|
8
|
|
2) Tes Praktik
3) Instrumen: lihat Lampiran 5AdanLampiran 5B.
4)
Petunjuk Penentuan
Skor: lihat Lampiran 5C.
...........,
.............................. 2014
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMP
________________________ _________________________
NIP.
... NIP. ...
Anggota Kelompok 3 :
1. Hari Prayitno ( SMP 2 Salatiga )
2. Zamroni
( SMP 2 Taman Pemalang )
3. P. Pamuji
( SMP 5 Taman Pemalang )
4. Arum Swastika ( SMP 40 Semarang )
5. Hanung
Baskoro ( SMP 2 Semarang )
6. Agung Bayu P ( SMP 4 Tengaran satu atap )
7. Suroto ( SMP 11 Surakarta )
8. Sri
Wulandari Imaningtyas ( SMP 3 Tanjung Brebes )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar