RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP N 2 Pemalang
Matapelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Let’s
listen to the song (I Have a Dream)
Alokasi Waktu : 8 X 40 Menit ( 4 kalipertemuan )
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1: Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian
|
1.
|
1.1Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
|
1. Mengungkapkan
rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris contoh : Bacaan
hamdallah/ puji syukur
|
2.
|
2.1Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
|
1. Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2. Menunjukkan
perilaku jujur, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3. Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
|
3.
|
3.11Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
|
1. Mengidentifikasi
kata- kata yang digunakan dalam lagu melalui lagu yang diperdengarkan
2. Menentukan
tujuan komunikatif lagu
3. Melafalkan
lagu dengan baik dan benar
|
4.
|
4.14 Menangkap makna lagu
|
1. Menangkap
makna lagu dan memaknai lagu tersebut
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan ke 1 :
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi
kata – kata yang ada dalam lagu
2. Memahami arti
kata – kata yang ada dalam lagu
3. Melafalkan lagu
dengan baik dan benar
Pertemuan ke 2 :
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Memahami
beberapa kata yang ada dalam lagu dengan mencari sinonimnya
2. Menggunakan
kata – kata dalam lagu ke dalam kalimat yang lain
3. Memahami tujuan
komunikatif/pesan lagu
Pertemuan ke 3
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi
sifat dan sikap yang baik dimiliki oleh penyanyi idola
2. Mengkomunikasikan
hasil pemahaman kepada teman sekelas
3. Menyampaikan isi, pesan, pendapat
dan perasaannya tentang lagu lagu yang dipilih.
Pertemuan ke 4
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran, peserta didik dapat:
1. Memperbaiki kesalahan
pengucapan kata – kata yang terdapat didalam lagu
2. Menyanyikan lagu dengan
baik dan benar
D. Materi
Pembelajaran
Pertemuan ke 1 -4 :
Fungsi sosial :
Memahami pesan
moral lagu dan menghargai lagu sebagai karya seni
1. Text lagu “I
have a dream”
Unsur
kebahasaan
(1) Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni
berbentuk lagu.
(2) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(3) Ejaan dan tanda baca.
Topik
Hal-hal yang memberikan keteladanan
dan inspirasi untuk berperilaku peduli dan cinta damai
E. Metode
Pembelajaran
Scientific Approach dengan model
Problem Based Learning
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Lagu dan teksnya
2. AlatLCD
Proyektor, Laptop dan Loudspeaker
3. Sumber
Pembelajaran
a. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English Rings the Bell: Politeknik Negeri Media Kreatif. Hal.
101
G.
Langkah- langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 1
a. Pendahuluan ( 8 menit )
1. Guru memberi salam
( greeting)
2. Guru memeriksa
kehadiran siswa
3. Guru menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran, contoh : mengucapkan
hamdallah/ puji syukur sebelum memulai pelajaran
4. Guru memberi
motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi
ajar dalam kehidupan sehari- hari (mengibaratkan siswa sebagai golok contoh : golok yang tidak tajam pun dapat
digunakan untuk memotong kayu, dengan catatan si pemotong menggunakannya dengan
sekuat tenaga dan kerja keras, sama halnya dengan siswa, tidak hanya siswa yang
cerdas (ibarat golok tajam) yang bisa menguasai pelajaran tetapi juga siswa yang
biasa- biasa saja (ibarat golok tumpul) yang bias menguasai pelajaran, asalkan
mereka serius dan mau bersungguh- sungguh bekerja keras.
5. Guru mengajukan
pertanyaan tentang pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
dan mengaitkan dengan materi yang akan di pelajari.
6. Guru
menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan
dicapai.
7. Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti ( 60 menit )
Mengamati
1. Mendengarkan
lagu I Have a Dream dan mengamati liriknya
2. Menirukan
pengucapan dengan menyanyikan lagu sesuai dengan yang didengar
3. Menuliskan kata
yang didengar dari lagu yang diperdengarkan
Mempertanyakan
1. Dengan
pertanyaan pancingan dari guru siswa terpancing untuk bertanya tentang lagu yang
di dengar atau di nyanyikan
Bereksplorasi
1. Siswa mencari makna
kata yang didengar didalam kamus dan mendiskusikan dengan teman sebangku
c. Penutup (12 menit)
1. Guru membuat
ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini
2. Guru mengajukan
pertanyaan kepada siswa untuk merefleksi diri mereka masing- masing.
3. Guru member
tugas kepada siswa untuk mempraktikan ungkapan menanyakan kabar dan mencatat
siapa saja yang mereka tanyakan kabarnya.
4. Guru
menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
Pertemuan ke 2
a. Pendahuluan ( 8 menit )
1. Guru memberi salam
( greeting)
2. Guru memeriksa
kehadiran siswa
3. Guru menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran, contoh : mengucapkan
hamdallah/ puji syukur sebelum memulai pelajaran
4. Guru memberi
motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi
ajar dalam kehidupan sehari- hari
5. Guru mengajukan
pertanyaan tentang pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
dan mengaitkan dengan materi yang akan di pelajari.
6. Guru
menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan
dicapai.
7. Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti ( 60 menit )
Bereksplorasi
1. Siswa menirukan
lagu dengan pengucapan yang baik seperti yang dicontohkan guru
2. Siswa mencari
sinonim dari kata – kata yang ada didalam lagu
3.
Siswa mengisi kalimat rumpang dengan kata – kata yang
ada didalam lagu
Mengasosiasi/menganalisis
1. Siswa
menganalisis untuk memahami lagu dengan pertanyaan yang diberikan
c. Penutup (12 menit)
1. Guru membuat
ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini
2. Guru mengajukan
pertanyaan kepada siswa untuk merefleksi diri mereka masing- masing.
3. Guru member
tugas kepada siswa untuk mempraktikan ungkapan menanyakan kabar dan mencatat
siapa saja yang mereka tanyakan kabarnya.
4. Guru
menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
Pertemuan ke 3
a.
Pendahuluan ( 8 menit )
1. Guru memberi
salam ( greeting)
2. Guru memeriksa
kehadiran siswa
3. Guru menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran, contoh : mengucapkan
hamdallah/ puji syukur sebelum memulai pelajaran
4. Guru memberi
motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi
ajar dalam kehidupan sehari- hari
5. Guru mengajukan
pertanyaan tentang pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
dan mengaitkan dengan materi yang akan di pelajari.
6. Guru
menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan
dicapai.
7. Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti ( 60 menit )
Mengasosiasi/menganalisis
1. Siswa memikirkan
dan menuliskan seorang penyanyi favorite kemudian menuliskan alas an dan hal –
hal baik yang dimiliki oleh penyanyi tersebut untuk kemudian diteladani
Mengkomunikasikan
2. Siswa
menyampaikan hasil yang didapatkan kepada teman sekelas
c. Penutup (12
menit)
a.
Guru membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari
pada pertemuan ini
b.
Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk
merefleksi diri mereka masing- masing.
c.
Guru member tugas kepada siswa untuk mempraktikan
ungkapan menanyakan kabar dan mencatat siapa saja yang mereka tanyakan
kabarnya.
d.
Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan
datang.
Pertemuan ke 4
Pertemuan ini menggunakan Problem Based Learning
dimana masalah terdapat pada pelafalan anak yang belum sesuai dengan kaidah
dalam bahasa inggris
a. Fase 1 ( 10 menit )
1. Guru memberi
salam ( greeting)
2. Guru memeriksa
kehadiran siswa
3. Guru menyiapkan
peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran, contoh : mengucapkan
hamdallah/ puji syukur sebelum memulai pelajaran
4. Guru memberi
motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi
ajar dalam kehidupan sehari- hari
5. Guru mengajukan
pertanyaan tentang pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
dan mengaitkan dengan materi yang akan di pelajari.
6. Guru
menjelaskan tentang tujuan pembelajaran bahwa pada pertemuan ini digunakan
untuk memecahkan masalah yaitu pada pelafalan siswa
b. Fase 2 ( 10 menit )
1. Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah bait pada lagu I have a
dream
c. Fase 3( 30 menit)
1. Siswa mencari phonetic transcription dan spellingtiap kata yang ada pada bait
tersebut
2. Guru membantu
pekerjaan siswa dengan berkeliling bergantian tiap kelompok
d.
Fase 4 (10 menit)
1.
Guru membantu bahan sajian yang akan disajikan oleh
siswa
e.
Fase 5 (20 menit)
1.
Siswa mempresentasikan hasil kajian
2.
Guru membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada
pertemuan ini
3.
Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk
merefleksi diri mereka masing- masing.
H.
Penilaian
1. Sikap spiritual
a.
Teknik Penilaian : Tertulis
b.
Bentuk Instrumen :
Learning Journal
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
1.
|
Mengucapkanrasa syukur kepada Allah SWT berkesempatan belajar Bahasa Inggris
|
Lampiran
1
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran ...
e.
Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata
“God” dan “Thank”
|
5
|
2
|
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata
“God” dan “Thank”
|
4
|
3
|
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata
“God” dan “Thank”
|
3
|
4
|
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
|
2
|
5
|
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God”
dan “Thank”
|
1
|
f.
Pedoman Penskoran:
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
2.
Sikap sosial
a.
Teknik Penilaian :
Penilaian diri sendiri
b.
Bentuk Instrumen :
Lembar Peer Assessment
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Memberikan
penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
|
Lampiran
Penilaian Sikap 1-3
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran
...
e.
Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Keterangan:
= 2
always
= 1
often
=
0,5
seldom
Contoh:
Mencentang untuk seluruh
pernyataan.
=
2 + 2 + 2 = Skor 6
Bila
mencentang:
=
2 + 2 + 1 = Skor 5, dst.
Bila
mencentang:
=
2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5
f.
Pedoman Penskoran
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
3.
Pengetahuan
3.1 Pengetahuan
1
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Essay
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
Disajikan
tabel yang
berisi dua kolom. Kolom A berisi kata – kata yang ada didalam lagu dan kolom
B berisi sinonimnya. Siswa diminta untuk menjodohkan
|
Soal
No. 1 s/d10
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran ...
e.
Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)
3.2
Pengetahuan 2
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Essay
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1.
|
Disajikan
kalimat
rumpang, siswa diminta mengisi dengan kata – kata yang ada di activity 6
|
Soal
No. 1 s/d5
|
a.
Instrumen: lihat Lampiran ...
b.
Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
2.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian :
Unjuk Kerja
b.
Bentuk Instrumen : Tes
Keterampilan berbicara
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan/Indikator
|
Butir
Instrumen
|
Menulis
|
||
|
Siswa
menyampaikan hasil analisis dari lagu yang dipilih dan menyampaikan kepada
siswa yang lain
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran
...
e.
Rubrik untuk penilaian keterampilan
berbicara
ASPEK
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
Pelafalan
|
·
Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·
Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat
dideteksi
·
Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu konsentrasi penuh
·
Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa
dipahami
|
4
3
2
1
|
Tatabahasa
|
·
Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·
Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi
makna
·
Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·
Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa
dipahami
|
4
3
2
1
|
Kosakata
|
·
Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·
Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat
sehingga harus menjelaskan lagi
·
Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·
Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin
terjadi
|
4
3
2
1
|
Kelancaran
|
·
Sangat lancar.
·
Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·
Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·
Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan
tidak mungkin terjadi.
|
4
3
2
1
|
f.
Pedoman Penskoran:
Konversi Kompetensi Pengetahuan,
Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
Mengetahui,
Kepala SMP N 2 Yogyakarta
DR. Fathur
Rohim
NIP
|
Guru Mata Pelajaran
Sahadadi
Mulyana, M.Hum
NIP
|
Lampiran – lampiran :
Pedoman
Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru
untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom
skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan
kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan
sering
tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi salam
sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
4
|
Mengungkapkan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk
Penskoran :
Skor akhir
menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Rubrik Penilaian untuk penilain diri sendiri aspek
tanggung jawab
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Sebagai peserta didik saya melakukan tugas-tugas
dengan baik
|
||||
2
|
Saya berani menerima resiko atas tindakan yang
dilakukan
|
||||
3
|
Saya menuduh orang lain tanpa bukti
|
||||
4
|
Saya mau mengembalikan barang yang dipinjam dari
orang lain
|
||||
5
|
Saya berani meminta maaf jika melakukan kesalahan
yang merugikan orang lain
|
Lembaran ini diisi oleh
guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab.
Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
|
||||
2
|
Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
|
||||
3
|
Tidak menuduh orang
lain tanpa bukti yang akurat
|
||||
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
||||
5
|
Meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
||||
Jumlah
Skor
|
Pedoman Observasi Sikap Jujur
Petunjuk
:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai
sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Tidak
nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
|
||||
2
|
Tidak
melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
||||
3
|
Mengungkapkan
perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
||||
4
|
Melaporkan
data atau informasi apa adanya
|
||||
5
|
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
||||
Jumlah
Skor
|
Pedoman
Observasi Sikap Santun
Petunjuk :
Lembaran ini
diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kesantunan.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap santun yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
3 = sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati orang yang lebih tua
|
||||
2
|
Mengucapkan terima
kasih setelah menerima bantuan orang lain
|
||||
3
|
Menggunakan
bahasa santun saat menyampaikan pendapat
|
||||
4
|
Menggunakan
bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
|
||||
5
|
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain
|
||||
Jumlah Skor
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar