Senin, 16 Februari 2015

RPP Kurtilas sem 2 SMP kd 1.1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMP
Mata Pelajaran            : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester            : VIII/2
Materi Pokok              : Teks recount pendek dan sederhana tentang kegiatan, kejadian dan
peristiwa (chapter 10)
Alokasi Waktu            : 8 x TM

A.    Kompetensi Inti

 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.   Kompetensi Dasar

1.1.                Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.Menunjukkan perilaku jujur, didiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3.Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama dan cinta damaidalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.12.Menerapkan struktur teks dan unsure kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks recount dengan menyatakan dan menanyakan tentang kegiatan, kejadian dan peristiwa, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

Indikator :
·         Siswa memahami teks recount pendek dan sederhana tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa.
·         Siswa dan menanyakan teks recount pendek dan sederhana tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa.

4.14.Menangkap makna teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa.
4.15.Menyususn teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Indikator :
·         Siswa menyatakan teks recount pendek dan sederhana tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
·         Siswa Melaporkan teks recount pendek dan sederhana tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa  menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
·         Siswa berbagi pengalaman teks recount pendek dan sederhana tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa terampil memahami, menyatakan, dan menanyakan teks recount pendek dan sederhana tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa untuk Melaporkan, meneladani, membanggakan, berbagi pengalaman, dsb, menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, secara jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai. (sikap, pengetahuan, keterampilan)

D.    MATERI PEMBELAJARAN
Teks recount pendek dan sederhana tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa
Fungsi sosial
Melaporkan, meneladani, membanggakan, berbagi pengalaman, dsb.
Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
a.  Memberikan pendahuluan (orientasi) dengan menyebutkan orang(-orang) yang terlibat, tempat, waktu, dsb dari peristiwa/kejadian/pengalaman yang akan disampaikan
b.  Menguraikan urutan kejadian secara kronologis, urut dan runtut.
c.   Menutup dengan memberikan komentar atau penilaian umum tentang peristiwa/kejadian/pengalaman yang telah disampaikan (opsional).
Panjang teks: kurang lebih 6 (tiga) kalimat.
Unsur kebahasaan
(1)   Kata kerja dalam Simple Past tense, Past Continuous Tense
(2)   Kosa kata: kata kerja yang menunjuk tindakan atau kegiatan
(3)   Adverbia penghubung waktu: first, then, after that, before, at last, finally, dsb.
(4)   Adverbia dan frasa preposisional penujuk waktu: yesterday, last month, on Monday, an hour ago, immediately, dsb.
(5)   Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(6)   Ucapan, tekanan kata, intonasi
(7)   Ejaan dan tanda baca
(8)   Tulisan tangan
Topik
Peristiwa, kejadian, pengalaman yang terjadi di sekolah, rumah, dan sekitarnya dan yang relevan dengan kehidupan siswa sebagai pelajar dan remaja, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, dan bertanggung jawab.
E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan :  Scientific approach dengan  Project Based Learning


F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media  : flash card dan video
2. Alat/Bahan :  laptop dan LCD projector
  3. Sumber Belajar : buku  bahasa Inggris “When English Rings a Bell”.
G.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan kesatu
FASE
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
a.Guru memberi salam dan mengecek kehadiran siswa
b.Siswa merespon salam dari guru
c. Guru menyampaikan materi yang akan diajarkan berikut tujuan yang hendak dicapai siswa.
d.Guru memotivasi siswa akan pentingnya materi.
10 menit
Kegiatan Inti
a.Mengamati
·         Siswa mengamati teks yang berisi dialog tentang pengalaman yang sudah terjadi.
·         Siswa mengamati gambar- gambar yang mengilustrasikan pengalaman yang dialami tokoh didalam gambar
·         Siswa mengamati gambar-gambar yang mengilustrasikan bagaimana kelas mereka bekerjasama untuk mempersiapkan lomba antar kelas.
b.Menanya
·         Guru mengarahkan siswa untuk menanya hal-hal yang berkaitan dengan isi dialog dan gambar yang belum dipahami siswa.
c.Mengumpulkan informasi/experimenting
·         Siswa diminta untuk mengumpulkan informasi tentang isi dialog dan mengucapkan kalimat-kalimat yang terdapat didalamnya dengan benar dan jelas sesuai contoh yang diberikan oleh guru.

20 menit









20 menit









20 menit








20 menit
Penutup
·         Guru bersama-sama siswa/ dan atau sendiri membuat rangkuman / simpulan materi pembelajaran.
·         Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Guru memberi tugas secara individual atau kelompok.
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
10 menit

Lampiran 1 (hal 176)
Play the roles of the speakers in the pictures. Say the speakers’ sentences correctly and clearly. First, repeat after me.
Edo: “Let’s work together to plan our texts to tell our experience?”
Udin: “Okay. I’ll tell how my brother and I made the garden benches.”
Edo: “I’ll tell how we won the First Prize of the Classroom Competition. What about you Lina?” Lina: “I will tell my sister’s funny experience last Saturday. She went to school on Saturday!” Edo: “Let’s start with Udin’s story. First, how did you and your brother have the idea of making garden benches?”
Udin: “My father cut down the old manggo tree behind our house three weeks ago. We saw a big piece of wood. Then we had the idea.”
Lina: “What did you do?”
Udin: “We told told Dad that we wanted to make garden benches from the wood. He agreed and he would help us.”
Edo: “What did your father do to help you?”
 Udin: “He sawed the wood into three pieces. 25 cm in diameter and 25 cm in height.”
 Lina: “Ánd after that?”
 Udin: “After that we rubbed them with sandpaper to make them smooth. Then we dried them in the sun for one week.”
Edo: “When they were dry, what did you do?”
Udin: “We painted them, one green, one red, and one blue. Then, we dried them again in the sun for three days.”
 Lina: “Okay. Now let’s help Udin write his experience in a good order



Lampiran 2
Below are eight pictures that illustrate how Udin and his brother made the garden benches. (hal. 177)
Lampiran 3
Below are six pictures that illustrate how their class worked together for the Classroom Competition. (hal. 180)

Pertemuan kedua :
Fase
Kegiatan pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
a.Guru memberi salam dan mengecek kehadiran siswa
b.Siswa merespon salam dari guru
c. Guru mengingatkan kembali tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
d.Guru menyampaikan kelanjutan materi yang akan dibahas.
10 menit
Kegiatan Inti
a. Mengumpulkan informasi/experimenting
·         Siswa diminta mengumpulkan informasi tentang hal-hal yang dilakukan oleh tokoh dalam dialog berdasarkan kalimat yang ada kemudian memasangkan kalimat-kalimat tersebut dengan gambar yang sesuai.
60 menit
Penutup
·         Guru bersama-sama siswa/ dan atau sendiri membuat rangkuman / simpulan materi pembelajaran.
·         Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Guru memberi tugas secara individual atau kelompok.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
10 menit

Lampiran : Hal ( )

Pertemuan ketiga
Fase
Kegiatan pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
a.Guru memberi salam dan mengecek kehadiran siswa.
b.Siswa merespon salam dari guru.
c. Guru meminta siswa untuk mengumpulkan tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
d. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan tersebut.

10 menit
Kegiatan Inti
a.Mengumpulkan informasi/experimenting
·         Siswa diminta membaca secara nyaring dan bermakna teks recount yang dibaca oleh Udin dan Edo (lihat hal. 182-183)
·         Siswa diminta mengidentifikasi dan menuliskan fakta-fakta yang terjadi pada malam sebelumnya yang menyebabkan Beni tampak ngantuk. (hal. 185 )
60 menit
Penutup
·         Guru bersama-sama siswa/ dan atau sendiri membuat rangkuman / simpulan materi pembelajaran.
·         Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
10 menit



Pertemuan keempat
Fase
Kegiatan pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
a.Guru memberi salam dan mengecek kehadiran siswa.
b.Siswa merespon salam dari guru.
c. Guru mengingatkan kembali materi pembelajaran di pertemuan sebelumnya dengan memberi beberapa pertanyaan yang terkait.
10 menit
Kegiatan Inti
Mengumpulkan informasi/ experimenting
·         Siswa diminta menyampaikan secara lisan pengalaman Beni dan Dayu bukan dengan cara membaca tetapi menyampaikan secara komunikatif (menceritakan kembali/retell), kegiatan tersebut dilakukan secara individu dan dilanjutkan secara kelompok. (lihat hal. 187)
60 menit
Penutup
·         Guru bersama-sama siswa/ dan atau sendiri membuat rangkuman / simpulan materi pembelajaran.
·         Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
10 menit

Pertemuan kelima
Fase
Kegiatan pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
a.Guru memberi salam dan mengecek kehadiran siswa
b.Siswa merespon salam dari guru
c. Guru mengingatkan kembali tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
d.Guru menyampaikan kelanjutan materi yang akan dibahas.
10 menit
Kegiatan Inti
Mengasosiasi
·         Siswa diminta mengurutkan kembali cerita Siti tentang kegiatan tamasya nya ke desa kecil ketika dia masih di kelas VI. Kegiatan ini dilakukan dalam dua tahap yaitu : (1). Mengurutkan kalimat per paragraf, dan (2). Mengurutkan paragraf untuk membentuk teks recount yang logis dan koheren.

60 menit
Penutup
·         Guru bersama-sama siswa/ dan atau sendiri membuat rangkuman / simpulan materi pembelajaran.
·         Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
10 menit

Pertemuan keenam
Fase
Kegiatan pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
a.Guru memberi salam dan mengecek kehadiran siswa
b.Siswa merespon salam dari guru
c. Guru mengingatkan kembali tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
d.Guru menyampaikan kelanjutan materi yang akan dibahas.
10 menit
Kegiatan Inti
a.Mengamati
·         Siswa mengamati teks yang berisi dialog tentang pengalaman yang sudah terjadi.
b. Mencoba
Siswa menemukan kalimat – kalimat tentang pengalaman dari 5 peritiwa atau kejadian.
d.mengkomunikasikan
Siswa mempresentasikan kalimat – kalimat yang telah mereka temukan dalam teks.
60 menit
Penutup
·         Guru bersama-sama siswa/ dan atau sendiri membuat rangkuman / simpulan materi pembelajaran.
·         Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Guru memberi tugas secara individual atau kelompok.Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
10 menit

Lampiran : (hal. 187-188)
Pertemuan ketujuh
Fase
Kegiatan pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
a.Guru memberi salam dan mengecek kehadiran siswa
b.Siswa merespon salam dari guru
c. Guru mengingatkan kembali tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
d.Guru menyampaikan kelanjutan materi yang akan dibahas.
10 menit
Kegiatan Inti
a.Mencoba menemukan kalimat yang menyatakan hal lucu apa saja yang telah dilakukan oleh adik si tokoh dalam teks.
b.Menalar
Siswa secara berkelompok menidentifikasikan kalimat – kalimat yang menyatakan hal lucu apa saja yang telah dilakukan oleh adik si tokoh dalam teks.
c.Mengkomunikasikan
Siswa secara berpasangan menyajikan dialog berdasarkan soal kalimat yang telah disediakan.

60 menit
Penutup
·         Guru bersama-sama siswa/ dan atau sendiri membuat rangkuman / simpulan materi pembelajaran.
·         Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Guru memberi tugas secara individual atau kelompok.Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
10 menit

Lampiran : (Hal. 187-188)



Pertemuan kedelapan
Fase
Kegiatan pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
a.Guru memberi salam dan mengecek kehadiran siswa
b.Siswa merespon salam dari guru
c. Guru mengingatkan kembali tentang materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
d.Guru menyampaikan kelanjutan materi yang akan dibahas.
10 menit
Kegiatan Inti
a.Mengamati
Siswa mengamati beberapa paragraf acak yang diberikan guru.
b.Mencoba
Siswa secara berkelompok menyusun kalimat – kalimat acak untuk membuat paragraf yang padu.
c.Mengkomunikasikan
Siswa mempresentasikan hasil urutan paragraf yang padu, kelompok lain memberikan masukan.
60 menit
Penutup
·         Guru bersama-sama siswa/ dan atau sendiri membuat rangkuman / simpulan materi pembelajaran.
·         Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
·         Guru memberi tugas secara individual atau kelompok.Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
10 menit

H. Penilaian

1.      Penilaian Sikap

Lembar  Pengamatan sikap
Aspek yang dinilai
Skor
Catatan
1
2
3
·          
Jujur



Percaya diri




Tanggung jawab





Rubrik penilaian Sikap
Aspek
Deskripsi
1.      Jujur
1.      Belum tampak
2.      Mulai tampak
3.      Sudah tampak
2.      Percaya diri
1.      Belum tampak
2.      Mulai tampak
3.      Sudah tampak
3.      Tanggung jawab
1.      Belum tampak
2.      Mulai tampak
3.      Sudah tampak

2.      Penilaian Pengetahuan
Indikator pencapaian kompetensi
Tehnik penilaian
Bentuk penilaian
Instrumen
Siswa dapat menerapkan struktur teks dan unsure kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks recount dengan menyatakan dan menanyakan tentang kegiatan, kejadian dan peristiwa
Unjuk kerja
Lisan dan tulis
I only stayed at home for my last holiday.
Find the sentence(s) that state(s) each event or happening.
1....
2....
3....
4....
5....


                              Rubrik penilaian dan pedoman penskoran penilaian pengetahuan
Aspek
skor
Tulis : - Pilihan kata (diction )
5=Sangat variatif
4=Variatif dan tepat
3=cukup variatif dan tepat
2=kurang variatif dan tepat
1=tidak varatif dan tepat
Lisan : - Kelancaran (fluently)





-          Pengucapan (pronounciation)
5=Sangat lancar
4=Lancar
3=cukup lancar
2=kurang lancar
1=tidak lancar

5=hampir sempurna
4=Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3=Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2=Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1=Banyak kesalahan dan sulit dipahami


3.      Penilaian Praktik / ketrampilan
Indikator pencapaian kompetensi
Tehnik penilaian
Bentuk penilaian
Instrumen
Siswa Melaporkan teks recount pendek dan sederhana tentang kegiatan, kejadian, dan peristiwa  menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Unjuk kerja
Lisan dan tulis
 Put the sentences and the parts in order!
Part ?
 - When we got there, some farmers were milking the cow.
 - On Sunday morning, very early before sunrise, we walked to the farm.
 - After we milked the cows, we had breakfast. We had very nice hot milk for breakfast.
- They told us to try it, but it was not easy.
Part ?
 - Then we went home.
- After breakfast we helped the farmers.
- I will never forget the trip to the farm.
- Some of us helped them to feed the cows, and some of us helped the farmers wash the cows.
- At 10, we took a rest.
 - They gave each of us a big glass of cold fruity yoghurt.
Part ?
- We got there in late afternoon on Saturday. It was almost sunset. - When I was in Grade VI, my class had a tour to a small village.
 - We spent the night in a big house.
 - We visited a cow farm.








Rubrik  penilaian dan pedoman penskoran penilaian ketrampilan
Aspek
Skor
Tulis : - Pilihan kata (diction )
5=Sangat variatif
4=Variatif dan tepat
3=cukup variatif dan tepat
2=kurang variatif dan tepat
1=tidak varatif dan tepat
Lisan : - Kelancaran (fluently)





-          Pengucapan (pronounciation)
5=Sangat lancar
4=Lancar
3=cukup lancar
2=kurang lancar
1=tidak lancar

5=hampir sempurna
4=Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3=Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2=Banyak kesalahan dan mengganggu makna
1=Banyak kesalahan dan sulit dipahami



                                                                                                                                     

Tidak ada komentar: