Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII / Smester 2
Materi
Pokok : Instruction
Alokasi
Waktu : 6 JP (3 pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI) :
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
KD:
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
3.9 Memahami fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
Indikator:
Ø
Mengidentifikasi fungsi sosial dari
teks instruksi (instruction) sesuai
dengan konteks penggunaannya.
Ø
Mengidentifikasi struktur teks dan
unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction)
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.10 Menangkap makna
teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana.
Indikator:
Ø
Menentukan makna yang terdapat dalam
teks lisan berbentuk instruksi (instruction) sesuai dengan konteks
penggunaannya
Ø
Menyebutkan makna yang terdapat dalam teks tulis
berbentuk instruksi (instruction) sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11 Menyusun teks
instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
Indikator:
Ø
memberi instruksi, larangan,
himbauan, dan peringatan, secara lisan dengan ucapan dan intonasi yang tepat
berdasarkan gambar
Ø
menulis instruksi, larangan,
himbauan, dan peringatan, dengan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan
serta ejaan dan tanda baca yang tepat berdasarkan gambar/ situasi yang
diberikan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari teks instruksi (instruction), peserta didik dapat:
v
peserta
didik dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short
notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai dengan konteks penggunaannya.
v
mengidentifikasi
makna yang terdapat dalam teks lisan berbentuk instruksi (instruction), tanda
atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/ caution), sesuai dengan
konteks penggunaannya
v
menentukan
makna yang terdapat dalam teks tulis berbentuk instruksi (instruction), tanda
atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/ caution), sesuai dengan
konteks penggunaannya.
v
memberi
instruksi, larangan, himbauan, dan peringatan, secara lisan dengan ucapan dan
intonasi yang tepat berdasarkan gambar
v
menulis
instruksi, larangan, himbauan, dan peringatan, dengan menggunakan struktur
dan unsur kebahasaan serta ejaan dan tanda baca yang tepat berdasarkan
gambar/ situasi yang diberikan.
D. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
Pertemuan Pertama:
Fungsi Sosial: Mengidentifikasi fungsi sosial teks instruksi.
Unsur kebahasaan:
1.
Kosa-kata: kata benda (Noun),
kata kerja (Action Verb), Kata keterangan (Adverb)
2.
Struktur teks (Imperrative): Verb + Noun....
3.
Ucapan, intonasi, tekanan kata.
4.
Ejaan dan tanda baca.
E. Metode Pembelajaran (Rincian dari
Kegiatan Pembelajaran)
Scientific Approach dan pendekatan
Problem Based Learning.
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:
2. Pertemuan Kedua:
3. Pertemuan Ketiga:
H. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : a. Gambar
b.
Daftar kalimat perintah (Imperrative)
2.
Alat/Bahan : a. Buku Siswa Kelas VII
b.
Lembar daftar kalimat perintah (Imperrative)
3.
Sumber Belajar : a. Buku Siswa Kelas VII
b.
Buku Guru Kelas VII
I. Penilaian:
1)
PENILAIAN untuk PERTEMUAN 1:
Penilaian Hasil
Pedoman Penskoran Penilaian Pengetahuan
untuk Pertemuan 1 :
a. Kriteria
Penilaian Pengetahuan:
b. Pedoman
Penilaian Pengetahuan:
Jumlah soal : 5 item.
Jumlah skor maximal tiap anak : 10
![]()
NIlai diperoleh dengan cara: Jumlah skor X
10 = Nilai
2)
PENILAIAN untuk PERTEMUAN 2:
Penilaian Hasil
Pedoman Penskoran Penilaian Pengetahuan
untuk Pertemuan 2 :
a. Kriteria
Penilaian Pengetahuan Pertemuan 2:
b. Pedoman
Penilaian Pengetahuan Pertemuan 2:
Jumlah soal : 5 item.
Jumlah skor maximal tiap anak : 10
![]()
NIlai diperoleh dengan cara: Jumlah skor X
10 = Nilai
3)
PENILAIAN untuk PERTEMUAN 3:
Penilaian Hasil
Pedoman Penskoran Penilaian Pengetahuan
untuk Pertemuan 3:
a. Kriteria
Penilaian Ketrampilan:
b. Pedoman
Penilaian Pengetahuan:
Jumlah soal : 5 item.
Jumlah skor maximal tiap anak : 10
![]()
NIlai diperoleh dengan cara: Jumlah skor X
10 = Nilai
|
Key Act. 2:
1. Activity 2:
1. Please come in!
2. Please go out!
3. Clean the board, please!
4. Open the window, please!
5. Open the door, please!
6. Write the answer, please!
7. Open page 10!
8. Sweep the floor,
please!
Mengetahui, Yogyakarta,
9 Juni 2014
Kepala SMP Inas Yogyakarta Guru
Mata Pelajaran
......................................... .................................................
STUDENTS’ WORKSHEET

ACTIVITY 2

ACTIVITY 3:
![]() |
ACTIVITY 4:
![]() |
ACTIVITY 5:
Kalimat Perintah (Imperrative)
yang digunakan dalam pertemuan ke 3, langkah
pembelajaran ke 5 (communicating)
1.
Open your book!
2.
Open page 14!
3.
Stand up,
please!
4.
Have a seat!
5.
Clean the
whiteboard, please!
6.
Open the door!
7.
Open the window,
please!
8.
Come in!
9.
Listen and
repeat!
10.
Don't make a
noise!
11.
Don't be late!
12.
Come forward!
13.
Keep silent,
please!
14.
Sweep the floor,
please!
15.
Put off your
shoes, please!
16.
Submit!
17.
Take one and
pass around!
18.
Switch off the
lamp
Tidak ada komentar:
Posting Komentar