Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah
: SMP
Kelas/Semester
: 8 / 2
Materi
Pokok : Teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi diwaktu
lampau (Chapter IX).
Alokasi
Waktu : 8 JP
A. Kompetensi
Inti (KI) :
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai
bahasa pengantar komunikasi Internasional yang
diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.1.
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi interpersonal dengan guru dan
teman.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
3.11. Menerapkan struktur teks dan unsur
kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyatakan dan menanyakan
tindakan/kejadian
yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau,
sesuai dengan konteks
penggunaannya.
Indikator
:
·
Mengidentifikasi struktur teks
untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi di waktu lampau sesuai konteks penggunaannya.
·
Mengidentifikasi unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi di waktu lampau sesuai konteks penggunaannya.
4.13. Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan
tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/
terjadi di waktu lampau,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator
:
·
Menyusun teks lisan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di
waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial yang benar dan sesuai konteks.
·
Menyusun teks tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di
waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, , struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C.
Tujuan Pembelajaran (LEBIH DETAIL DARI INDIKATOR)
Pengetahuan :
Siswa memahami, menyatakan, dan menanyakan
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau untuk Melaporkan, menceritakan, menjelaskan,
dsb,
Keterampilan :
Siswa terampil menggunakan ungkapan dengan
struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks,
Sikap :
Siswa mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan
secara jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, peduli, kerja sama,
dan cinta damai. (sikap, pengetahuan, keterampilan)
D.
Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
-To share the information with others
-To explain why things happened
E.
Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
Scientific approach
Problem based learning
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
: Table perubahan kata kerja dalam tenses
2. Alat/Bahan : kertas dan pena.
3. Sumber Belajar : Buku Siswa, dan Internet.
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Kesatu:
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
·
Berdoa.
·
Salam dan tegur sapa.
·
Mengabsen siswa
·
Menjelaskan tugas pembelajaran.
·
Menyampaikan cakupan materi
b.
Kegiatan Inti ( 60 menit)
Mengamati
dan bertanya :
·
Peserta didik mengamati dua gambar
seorang siswi yang berdiri di depan kelas menunjukkan dua buah foto pada saat
dia masih bayi digendong ibunya dan berseragam SMP dengan teman-temannya di
depan sekolah agar peserta didik menyadari keadaan sebelumnya dan keadaan saat
ini. (Past and Present)
·
Ucapkan setiap kalimat dengan
jelas, jangan terlalu cepat dan berulang-ulang terutama kata kunci untuk
membandingkan past dan present, misalnya is vs was dan has vs had. Ajak peserta
didik untuk langsung menirukan guru.
·
Meminta peserta didik untuk
memainkan peran keadaan sebelumnya dan keadaan saat ini.
·
Meminta peserta didik melengkapi
dengan pernyataan perbandingan deskriptif yang sesuai dengan yang diucapkan
setiap tokoh dengan menggunakan media tabel.
·
Meminta peserta didik untuk
melakukan penilaian diri khususnya dalam membuat kalimat-kalimat di kegiatan B.
·
Meminta peserta didik menyalin
tabel kata kerja ke dalam buku catatannya untuk mengenal dan mendalami empat
bentuk infleksi kata kerja, dan kemudian menghafalnya secara mekanik untuk
pembiasaan.
·
Meminta peserta didik untuk
melakukan refleksi tentang apa yang telah dipelajari dan diketahui sampai pada
tahap ini.
c.
Penutup (10 menit)
·
Guru menyimpulkan materi yang
telah dipelajari.
·
Guru menanyakan kesulitan siswa
dalam memahami materi yang telah dipelajari.
2.
Pertemuan Kedua:
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·
Salam dan tegur sapa.
·
Mengabsen siswa
·
Menjelaskan tugas pembelajaran.
·
Menyampaikan cakupan materi
b.
Kegiatan Inti ( 60 menit)
Mengumpulkan
informasi
·
Peserta didik membacakan secara
nyaring dan bermakna teks-teks yang ditulis oleh Dayu dalam kelompok masing2.
·
Peserta didik mengidentifkasi dan
menuliskan fakta-fakta yang terjadi pada setiap masa kehidupan Dayu.
·
Peserta didik melakukan penilaian
diri khususnya dalam membuat 24 kalimat di Kegiatan I.
·
Peserta didik adalah menyalin
tabel kata kerja ke dalam buku catatannya untuk mengenal dan mendalami empat
bentuk infeksi kata kerja yang terdapat dalam teks Dayu, dan
kemudian menghafalnya secara mekanik untuk pembiasaan.
c.
Penutup ( 10 menit).
Guru menyimpulkan materi yang telah
dipelajari.
Guru menanyakan kesulitan siswa dalam memahami
materi yang telah dipelajari.
3.
Pertemuan Ketiga:
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
·
Berdoa.
·
Salam dan tegur sapa.
·
Mengabsen siswa
·
Menjelaskan tugas pembelajaran.
b.
Kegiatan Inti ( 60 menit)
Mengasosiasi
·
Peserta didik mengasosiasikan cara
menyatakan keadaan atau kejadianyang terjadi pada saat lampaudan yang terjadi
pada saat ini.
·
Kegiatan pertama adalah membacakan secara nyaring dan bermakna
teks-teks yang ditulis oleh Dayu. Seperti kegiatan dengan 8 teks sebelumnya,
kegiatan ini diawali dengan beberapa individu peserta didik menyampaikan di depan
kelas, dan kemudian dilaksanakan di kelompok masing-masing agar semua peserta
didik berkesempatan untuk berlatih dan mendapatkan balikan dari teman-teman
sekelompoknya.
·
Peserta didik menyalin tabel kata
kerja ke dalam buku catatannya untuk mengenal dan mendalami empat bentuk
infeksi kata kerja, dan kemudian menghafalnya secara
mekanik untuk pembiasaan.
·
Dengan bersuara, secara individual
dan bersama-sama, berganti-ganti, dan berulang-ulang, menghafal keempat bentuk
tersebut, sampai mereka terbiasa, hafal, dan dapat mengingat secara otomatis.
·
Peserta didik mengidentifkasi dan
menuliskan keadaan, kegiatan, kejadian tentang Dayu sebelumnya dan pada saat
ini.
·
Peserta didik memerankan sebagai
tokoh dalam percakapan tertulis.
·
Peserta didik melengkapi dengan pernyataan yang sesuai
dengan yang diucapkan setiap tokoh.
·
Peserta didik belajar menyalin
dengan melengkapi 10 kalimat rumpang dengan tulisan tangan.
Problem
based learning.
Fase-Fase
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Fase 1
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
-Menjelaskan tujuan
pembelajaran, menjelaskan logistik yg dibutuhkan.
- Memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah(membedakan
kata kerja yang beraturan dan tidak beraturan bentuk past form ).
|
Fase 2
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Membantu peserta didik
mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan
masalah (membedakan kata kerja yang beraturan dan tidak beraturan bentuk past
form ).
|
Fase 3
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mendorong peserta didik untuk
mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan
penjelasan dan pemecahan masalah. (membedakan kata kerja yang beraturan dan
tidak beraturan bentuk past form ).
|
Fase 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Membantu peserta didik dalam
merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, model dan
berbagi tugas dengan teman.
|
Fase 5
Menganalisa dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengevaluasi hasil belajar
tentang materi yang telah dipelajari /meminta kelompok presentasi hasil
kerja.
|
c.
Penutup ( 10 menit).
Guru menyimpulkan materi yang telah
dipelajari.
Guru menanyakan kesulitan siswa dalam memahami
materi yang telah dipelajari.
4.
Pertemuan Keempat:
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
·
Berdoa.
·
Salam dan tegur sapa.
·
Mengabsen siswa
·
Menjelaskan tugas pembelajaran.
b.
Kegiatan Inti ( 60 menit)
Mengomunikasikan
·
Peserta didik secara individu membuat
5 kalimat tentang keadaan atau kegiatan atau kejadian yang benar-benar mereka
lakukan atau alami sendiri atau dilakukan atau dialami orang lain yang mereka
tahu, disertai dengan pernyataan sebab, cara, atau waktunya.
·
Guru membimbing peserta didik untuk merefeksikan yang sedang mereka pelajari saat ini yaitu
menyatakan keadaan atau kejadian atau kegiatan yang terjadi di waktu lampau.
·
Pada tahap ini peserta didik
menerapkan semua yang sudah dipelajari tentang cara menyatakan keadaan atau
kejadian atau kegiatan yang terjadi sebelum ini (disaat lampau).
·
Kegiatan ini adalah tugas kelompok terdiri atas 5 orang. Masing-masing
berkewajiban menyumbang sedikitnya 3 kalimat. Dengan demikian untuk setiap
judul akan dihasilkan teks terdiri dari sedikitnya 15 kalimat.
c.
Penutup ( 10 menit).
Guru menyimpulkan materi yang telah
dipelajari.
Guru menanyakan kesulitan siswa dalam memahami
materi yang telah dipelajari.
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian (lisan/tulis)
Test
Unjuk kerja lisan dan Tulis
2.
Bentuk instrumen dan instrumen (pilihan ganda/essay)
Menilai
pengetahuan
Ex : menggunakan latihan hal brp 166-167
Menilai
keterampilan
-Praktek/kinerja.
Problem based learning
Menilai
sikap.
-Observasi (peer assesment).
3.
Pedoman penskoran
Rubrik Performance test
ASPEK
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
Pelafalan
|
·
Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·
Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·
Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu konsentrasi penuh
·
Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Tatabahasa
|
·
Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·
Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·
Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·
Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Kosakata
|
·
Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·
Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus
menjelaskan lagi
·
Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·
Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
Kelancaran
|
·
Sangat lancar.
·
Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·
Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·
Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin
terjadi.
|
4
3
2
1
|
Rubrik problem based learning
Rubrik
observasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar