Senin, 16 Februari 2015

RPP KURTILAS SEM 2 SMP



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah                : SMP
Matapelajaran : Bahasa Inggris.
Kelas/Semester : 8 / 2
Materi Pokok    : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi diwaktu lampau (Chapter IX).
Alokasi Waktu : 8 JP

A. Kompetensi Inti (KI) :
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai
bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.1.  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru
dan teman.
2.3.  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.11. Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan
fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian
yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
Indikator :
·         Mengidentifikasi struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau sesuai konteks penggunaannya.
·         Mengidentifikasi unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau sesuai konteks penggunaannya.

4.13. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator :
·         Menyusun teks lisan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial yang benar dan sesuai konteks.
·         Menyusun teks tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/ terjadi di waktu lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, , struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C. Tujuan Pembelajaran (LEBIH DETAIL DARI INDIKATOR)
Pengetahuan :
Siswa memahami, menyatakan, dan menanyakan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau untuk Melaporkan, menceritakan, menjelaskan, dsb,
Keterampilan :
Siswa terampil menggunakan ungkapan dengan struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks,
Sikap :
Siswa mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan secara jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai. (sikap, pengetahuan, keterampilan)

D. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
-To share the information with others
-To explain why things happened

E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
Scientific approach
Problem based learning
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media  : Table perubahan kata kerja dalam tenses
2. Alat/Bahan : kertas dan pena.
3. Sumber Belajar : Buku Siswa, dan Internet.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
·         Berdoa.
·         Salam dan tegur sapa.
·         Mengabsen siswa
·         Menjelaskan tugas pembelajaran.
·         Menyampaikan cakupan materi

b. Kegiatan Inti ( 60 menit)
Mengamati dan bertanya :
·         Peserta didik mengamati dua gambar seorang siswi yang berdiri di depan kelas menunjukkan dua buah foto pada saat dia masih bayi digendong ibunya dan berseragam SMP dengan teman-temannya di depan sekolah agar peserta didik menyadari keadaan sebelumnya dan keadaan saat ini. (Past and Present)
·         Ucapkan setiap kalimat dengan jelas, jangan terlalu cepat dan berulang-ulang terutama kata kunci untuk membandingkan past dan present, misalnya is vs was dan has vs had. Ajak peserta didik untuk langsung menirukan guru.
·         Meminta peserta didik untuk memainkan peran keadaan sebelumnya dan keadaan saat ini.
·         Meminta peserta didik melengkapi dengan pernyataan perbandingan deskriptif yang sesuai dengan yang diucapkan setiap tokoh dengan menggunakan media tabel.
·         Meminta peserta didik untuk melakukan penilaian diri khususnya dalam membuat kalimat-kalimat di kegiatan B.
·         Meminta peserta didik menyalin tabel kata kerja ke dalam buku catatannya untuk mengenal dan mendalami empat bentuk infleksi kata kerja, dan kemudian menghafalnya secara mekanik untuk pembiasaan.
·         Meminta peserta didik untuk melakukan refleksi tentang apa yang telah dipelajari dan diketahui sampai pada tahap ini.
c. Penutup (10 menit)
·         Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
·         Guru menanyakan kesulitan siswa dalam memahami materi yang telah dipelajari.

2. Pertemuan Kedua:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
·         Salam dan tegur sapa.
·         Mengabsen siswa
·         Menjelaskan tugas pembelajaran.
·         Menyampaikan cakupan materi
b. Kegiatan Inti ( 60 menit)
Mengumpulkan informasi
·         Peserta didik membacakan secara nyaring dan bermakna teks-teks yang ditulis oleh Dayu dalam kelompok masing2.
·         Peserta didik mengidentifkasi dan menuliskan fakta-fakta yang terjadi pada setiap masa kehidupan Dayu.
·         Peserta didik melakukan penilaian diri khususnya dalam membuat 24 kalimat di Kegiatan I.
·         Peserta didik adalah menyalin tabel kata kerja ke dalam buku catatannya untuk mengenal dan mendalami  empat  bentuk  infeksi  kata kerja yang terdapat dalam teks Dayu, dan kemudian menghafalnya secara mekanik untuk pembiasaan.

c. Penutup ( 10 menit).
Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Guru menanyakan kesulitan siswa dalam memahami materi yang telah dipelajari.

3. Pertemuan Ketiga:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
·         Berdoa.
·         Salam dan tegur sapa.
·         Mengabsen siswa
·         Menjelaskan tugas pembelajaran.
b. Kegiatan Inti ( 60 menit)
Mengasosiasi
·         Peserta didik mengasosiasikan cara menyatakan keadaan atau kejadianyang terjadi pada saat lampaudan yang terjadi pada saat ini.
·         Kegiatan pertama adalah  membacakan secara nyaring dan bermakna teks-teks yang ditulis oleh Dayu. Seperti kegiatan dengan 8 teks sebelumnya, kegiatan ini diawali dengan beberapa individu peserta didik menyampaikan di depan kelas, dan kemudian dilaksanakan di kelompok masing-masing agar semua peserta didik berkesempatan untuk berlatih dan mendapatkan balikan dari teman-teman sekelompoknya.
·         Peserta didik menyalin tabel kata kerja ke dalam buku catatannya untuk mengenal dan mendalami empat  bentuk  infeksi  kata  kerja, dan kemudian menghafalnya secara mekanik untuk pembiasaan.
·         Dengan bersuara, secara individual dan bersama-sama, berganti-ganti, dan berulang-ulang, menghafal keempat bentuk tersebut, sampai mereka terbiasa, hafal, dan dapat mengingat secara otomatis.
·         Peserta didik mengidentifkasi dan menuliskan keadaan, kegiatan, kejadian tentang Dayu sebelumnya dan pada saat ini.
·         Peserta didik memerankan sebagai tokoh dalam percakapan tertulis.
·         Peserta didik  melengkapi dengan pernyataan yang sesuai dengan yang diucapkan setiap tokoh.
·         Peserta didik belajar menyalin dengan melengkapi 10 kalimat rumpang dengan tulisan tangan.
Problem based learning.
Fase-Fase
Kegiatan Pembelajaran
Fase 1
Orientasi peserta didik kepada masalah
-Menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yg dibutuhkan.
  - Memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah(membedakan kata kerja yang beraturan dan tidak beraturan bentuk past form ).
Fase 2
Mengorganisasikan peserta didik
Membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah (membedakan kata kerja yang beraturan dan tidak beraturan bentuk past form ).
Fase 3
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah. (membedakan kata kerja yang beraturan dan tidak beraturan bentuk past form ).
Fase 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, model dan berbagi tugas dengan teman.
Fase 5
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari /meminta kelompok presentasi hasil kerja.

c. Penutup ( 10 menit).
Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Guru menanyakan kesulitan siswa dalam memahami materi yang telah dipelajari.

4. Pertemuan Keempat:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
·         Berdoa.
·         Salam dan tegur sapa.
·         Mengabsen siswa
·         Menjelaskan tugas pembelajaran.
b. Kegiatan Inti ( 60 menit)
Mengomunikasikan
·         Peserta didik secara individu membuat 5 kalimat tentang keadaan atau kegiatan atau kejadian yang benar-benar mereka lakukan atau alami sendiri atau dilakukan atau dialami orang lain yang mereka tahu, disertai dengan pernyataan sebab, cara, atau waktunya.
·         Guru membimbing peserta didik  untuk merefeksikan  yang sedang mereka pelajari saat ini yaitu menyatakan keadaan atau kejadian atau kegiatan yang terjadi di waktu lampau.
·         Pada tahap ini peserta didik menerapkan semua yang sudah dipelajari tentang cara menyatakan keadaan atau kejadian atau kegiatan yang terjadi sebelum ini (disaat lampau).
·         Kegiatan ini adalah tugas  kelompok terdiri atas 5 orang. Masing-masing berkewajiban menyumbang sedikitnya 3 kalimat. Dengan demikian untuk setiap judul akan dihasilkan teks terdiri dari sedikitnya 15 kalimat.

c. Penutup ( 10 menit).
Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Guru menanyakan kesulitan siswa dalam memahami materi yang telah dipelajari.

H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian (lisan/tulis)
Test
Unjuk kerja lisan dan Tulis
2. Bentuk instrumen dan instrumen (pilihan ganda/essay)
Menilai pengetahuan
Ex : menggunakan latihan hal brp 166-167
Menilai keterampilan
-Praktek/kinerja.
Problem based learning
Menilai sikap.
-Observasi (peer assesment).
3. Pedoman penskoran
Rubrik Performance test
ASPEK
KETERANGAN
SKOR




Pelafalan
·         Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·         Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·         Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·         Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tatabahasa
·         Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·         Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·         Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·         Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·         Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·         Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·         Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·         Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·         Sangat lancar.
·         Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·         Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·         Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1

Rubrik problem based learning


Rubrik observasi






Tidak ada komentar: