|
(RPP)
Sekolah
: SMP
Mata
pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: VIII / 2
Materi
Pokok :
Teks tulis (a) pesan
singkat dan (b) pengumuman/
pemberitahuan
(notice
Alokasi
Waktu : 4 x Pertemuan
A.
KOMPETENSI
INTI
KI.
1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2 : Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI
4: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.
Kompetensi
Dasar
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai
bahasa pengantar komunikasi
Internasional yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal
dengan guru dan teman.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
3.13. Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksana
kan fungsi sosial dari
teks pesan singkat dan pengumuman / pemberitahuan (notice),
sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indicator
:
a.
Siswa
dapat menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi social dari teks pesan
singkat sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
b.
Siswa
dapat menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi social dari teks pengumuman
/pemberitahuan / notice sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
c.
Siswa
dapat menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social dari teks pesan
singkat sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
d.
Siswa
dapat menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social dari teks pengumuman
/pemberitahuan / notice sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
4.16. Menangkap
makna pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice), sangat
pendek dan sederhana
4.17
Menyusun teks tulis pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan (notice),
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator
:
a. Siswa dapat menangkap makna pesan singkat sangat
pendek dan sederhana dengan
benar.
b. Siswa dapat menangkap makna pengumuman /pemberitahuan / notice sangat pendek
dan sederhana dengan benar.
c.
Siswa
dapat menyusun teks tulis pesan singkat sangat pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar
dan sesuai konteks.
d.
Siswa
dapat menyusun teks tulis pengumuman
/pemberitahuan / notice sangat pendek
dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pada akhir pembelajaran ini diharapkan
siswa dapat :
a.
menerapkan
struktur teks untuk melaksanakan fungsi social dari teks pesan singkat sesuai
dengan konteks penggunaannya dengan benar.
b.
menerapkan
struktur teks untuk melaksanakan fungsi social dari teks pengumuman
/pemberitahuan / notice sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
c.
menerapkan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social dari teks pesan
singkat sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
d.
menerapkan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social dari teks pengumuman
/pemberitahuan
e.
menangkap
makna pesan singkat sangat pendek dan sederhana dengan benar.
f. menangkap makna pengumuman /pemberitahuan / notice sangat pendek dan sederhana dengan benar.
g.
menyusun
teks tulis pesan singkat sangat pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
h.
menyusun
teks tulis pengumuman
/pemberitahuan / notice sangat pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
D. MATERI
PEMBELAJARAN
A.
Fungsi sosial
Tindakan
dilaksanakan sesuai yang diharapkan.
B.
Struktur text
(gagasan
utama dan informasi rinci)
a.
Menyebutkan
tujuan dari pesan singkat dengan atau tanpa informasi rinci, seperti Sorry, I’m in a meeting now. I’ll call you back
in 10 minutes.; Make sure you lock the gate when
you leave.
b.
Menyebutkan
tujuan dari pengumuman/ pemberitahuan (notice) dengan atau tanpa informasi
rinci, misalnya The flag
ceremony will be held on Monday, 17 August. Attendance is compulsory.; An exam is in progress. Please be quite.
C.
Unsur kebahasaan
(1)
Kosa
kata terkait dengan kegiatan, kejadian, peristiwa, dan hari penting bagi siswa
dan guru
(2)
Tata
bahasa: Kalimat imperatif positif, kalimat imperatif negative
(3)
Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
(4)
Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5)
Ejaan dan tanda baca
(6)
Tulisan tangan
D.
Topik
Berbagai
kegiatan, kejadian, peristiwa, dan hari penting bagi siswa dan guru, dengan
memberikan keteladanan tentang perilaku santun, peduli, percaya diri, kerjasama,
dan bertanggung jawab.
E.
Multimedia:
Layout dan
dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.
E. METODE
PEMBELAJARAN
Scientific Learning dengan Project Based
Learning (PjBL)
F. MEDIA, ALAT, dan SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media :
Flash Card, HP, Contoh-contoh notice yang ada di sekolah
2. Alat : Papan
tulis, Notice Board
3. Sumber Belajar : Buku Siswa dan Buku Guru
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
URAIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pertemuan I
|
a. Kegiatan
Awal
- Guru memberi salam dan siswa merespon
- Guru mengecek kehadiran siswa
- Guru memberi apersepsi
·
You forgot to ask your Mom to put her signature on your homework before she left to the market
this morning. You have to hand in the homework with her signature to your
English teacher today, at 11. What can you do?
·
The Music teacher wants the Choir Club to meet
and practice on Monday afternoon, after school, in the hall. What can she do?
- Guru
menyebutkan tujuan pembelajaran
tersebut di atas, guru dapat mengatakan bahwa
kita perlu memiliki kemampuan untuk
memahami dan membuat pesan pendek dan
notice yang akan dicapai
|
10’
|
b. Kegiatan
Inti
Kegiatan Mengamati dan Menanya
- Guru meminta siswa terbaik untuk membaca kan
secara nyaring dan bermakna semua pesan
pendek .
- Guru meminta siswa mengidentifikasikan pekerjaan yang dipesan oleh ibu untuk dilakukan
di pagi hari, di siang atau sore hari,
di malam hari, dan di waktu- waktu tertentu
lainnya
dengan menyalin pada
kertas berwarna yang sesuai, dengan cara
tulis tangan.( Hal.194 - 196 )
- Guru meminta beberapa siswa untuk untuk membaca pengumuman tertulis. ( hal 201)
- Guru dengan menggunakan teknik mengarahkan siswa untuk bertanya
tentang materi diatas
|
65’
|
|
c.
Kegiatan Akhir.
- memberikan feedback ( 196)
- Guru memberi pekerjaan rumah kepada siswa
|
5’
’
|
|
Pertemuan II
|
a. Kegiatan
Awal
- Guru memberi salam dan siswa merespon
- Guru mengecek kehadiran siswa
- Guru mengingatkan kembali materi yang telah
diberikan sebelumnya
- Guru
menyebutkan tujuan pembelajaran
selanjutnya
|
5’
|
b. Kegiatan
Inti
Kegiatan Mengumpulkan informasi
- Guru
meminta siswa untuk membaca contoh
lain pesan-pesan
pendek yang ditulis 2 orang siswa secara komunikatif.
-
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi
ciri-ciri ( fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan)
- Secara berpasangan siswa belajar berkomu
nikasi dan saling berbalas dengan menulis pesan
pendek seolah-olah dengan menggu nakan telepon seluler tentang
setiap rencana yang akan mereka lakukan. Dengan demiki
an masing-masing pasangan melakukan lima kali interaksi
dengan 5 tema yang berbeda.
|
65’
|
|
c.
Kegiatan Akhir.
- memberikan feedback
- Guru memberi pekerjaan rumah
kepada siswa
|
10’
’
|
|
Pertemuan III
|
a. Kegiatan
Awal
- Guru memberi salam dan siswa merespon
- Guru mengecek kehadiran siswa
- Guru mengingatkan kembali materi yang
telah diberikan sebelumnya
- Guru
menyebutkan tujuan pembelajaran
selanjutnya
|
5’
|
|
b. Kegiatan
Inti
Kegiatan Mengasosiasi
- Guru
membagi menjadi 2 kelompok besar. Pada tiap kelompok besar
di bagi lagi menjadi 4 kelompok kecil. Sehingga ada 8
kelompok kecil. Kelompok kecil I : klp
ruang kelas, Klp ruang laboratorium, Klp
ruang perpustakaan dan Klp toilet,
sedangkan kelompok kecil II : Klp message
1, Klp message 2, Klp message 3, Klp
message 4
- Guru menentukan tema/ topik untuk
masing- masing kelompok besar, klp I adalah
kelompok Notice, dan kelompok II adalah
kelompok message
- Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi
kan bagian-bagian dari produk yang akan
dihasilkan dan langkah-langkah serta teknik untuk
menyelesaikan bagian tersebut sampai dicapai produk akhir.
- Siswa dengan fasilitasi
dan monitoring guru menyelesaikan projek dengan, yaitu mencari atau mengumpulkan
data/material dan kemudian mengolahnya untuk
menyusun/mewujudkan bagian demi bagian
sampai dihasilkan produk akhir.
- Siswa
didorong untuk kreatif dalam hal desain
tampilannya
- Dengan arahan guru siswa secara kola boratif membahas untuk menentukan
tempat-tempat di mana setiap notice yang
digunakan di Kegiatan dapat ditempatkan di
sekolah.
|
65’
|
|
c.
Kegiatan Akhir.
- memberikan feedback
- Guru memberi penjelasan tentang hal-hal
yang harus dipersiapkan dalam publikasi
produk
|
10’
’
|
Pertemuan IV
|
a. Kegiatan
Awal
- Guru memberi salam dan siswa merespon
- Guru mengecek kehadiran siswa
- Guru memberi review tentang materi
sebelumnya.
- Guru
menyebutkan tujuan pembelajaran
selanjutnya.
|
10’
|
|
b. Kegiatan
Inti
Kegiatan Mengkomunikasikan
-
Dengan arahan guru, siswa mempresentasi
kan
/ mempublikasikan hasil projek, yaitu
menyajikan produk dalam bentuk diskusi,
atau publikasi (tempat-tempat di mana setiap notice
yang digunakan di kegiatan
dapat ditempatkan di
sekolah) untuk
memperoleh
tanggapan dari peserta
didik yang lain,
guru,
|
55’
|
|
c.
Kegiatan Akhir.
- memberikan feedback
- Siswa diminta untuk melakukan evaluasi
diri mengenai apa yang sudah dipahaminya.
- Siswa
diminta untuk menuliskan apa yang sudah dipelajarinya di bab ini.
- Siswa
diminta untuk menuliskan bagian mana yang paling disukainya.
- Siswa
diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan yang dihadapinya.
- Siswa
diminta untuk menuliskan usaha yang dilakukan untuk perbaikan ke depannya.
- Guru dapat melihat bagian evaluasi diri ini,
termasuk juga memberikan tambahan atau
remedial kepada peserta didik yang masih
belum memahami secara utuh konsep pem
belajaran yang sudah ada
|
15’
’
|
H. PENILAIAN
1.
Jenis/ Teknik Penilaian
2.
Bentuk Instrumen dan Instrumen
3.
Pedoman Penskoran
a. Penilaian
Pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
1.
Siswa dapat menerapkan struktur teks untuk
melaksanakan fungsi social dari teks pesan
singkat sesuai dengan konteks penggunaannya
dengan benar.
2.
Siswa dapat menerapkan struktur teks untuk
melaksanakan fungsi social dari teks pengumuman
/pemberitahuan / notice sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan benar.
3.
Siswa dapat menerapkan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi social dari teks pesan
singkat sesuai dengan konteks penggunaannya dengan
benar.
4.
Siswa dapat menerapkan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi social dari teks pengumuman
/pemberitahuan / notice sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan benar.
5.Siswa dapat menangkap makna pesan singkat sangat
pendek dan sederhana
dengan
benar.
6.Siswa dapat menangkap makna pengumuman /pemberitahuan / notice sangat
pendek
dan sederhana dengan benar.
7.Siswa dapat menyusun teks tulis pesan singkat sangat
pendek dan sederhana,
dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
8.Siswa dapat menyusun teks tulis pengumuman
/pemberitahuan / notice sangat
pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan
unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
|
b.
Penilaian Ketrampilan
Indikator
|
Instrumen
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar