Senin, 16 Februari 2015

rpp k13 sem 2 smp kd 3.13



XI
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  
(RPP)                                                            

Sekolah                       :  SMP
Mata pelajaran             :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester            :  VIII / 2
Materi Pokok             : Teks tulis (a) pesan singkat dan (b) pengumuman/                                                        pemberitahuan (notice
Alokasi Waktu            : 4 x Pertemuan



A.     KOMPETENSI INTI

KI. 1  : Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,          peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,  dalam           berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam           jangkauan pergaulan dan keberadaannya
            KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan          prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu          pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian          tampak mata.
          KI 4: Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,         mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak         (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai         dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam         sudut pandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.      Kompetensi Dasar

1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa         pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat         belajar.
2.1.  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan         komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab        dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta         damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.13. Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksana kan          fungsi sosial dari teks pesan singkat dan pengumuman / pemberitahuan          (notice), sesuai dengan konteks penggunaannya.
                                   
                        Indicator :

a.       Siswa dapat menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi social dari teks pesan singkat sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
b.      Siswa dapat menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi social dari teks pengumuman /pemberitahuan / notice sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
c.       Siswa dapat menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social dari teks pesan singkat sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
d.      Siswa dapat menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social dari teks pengumuman /pemberitahuan / notice sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.

4.16. Menangkap makna pesan singkat dan pengumuman/pemberitahuan           (notice), sangat pendek dan sederhana  
4.17 Menyusun teks tulis pesan singkat dan pengumuman/ pemberitahuan         (notice), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi         sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Indikator :

a.     Siswa dapat menangkap makna pesan singkat sangat pendek dan sederhana             dengan benar.
b.    Siswa dapat menangkap makna pengumuman /pemberitahuan / notice sangat             pendek dan sederhana dengan benar.
c.     Siswa dapat menyusun teks tulis pesan singkat sangat pendek dan sederhana,             dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang              benar dan sesuai konteks.
d.    Siswa dapat menyusun teks tulis pengumuman /pemberitahuan / notice sangat             pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan             unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :

a.       menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi social dari teks pesan singkat sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
b.      menerapkan struktur teks untuk melaksanakan fungsi social dari teks pengumuman /pemberitahuan / notice sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
c.       menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social dari teks pesan singkat sesuai dengan konteks penggunaannya dengan benar.
d.      menerapkan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social dari teks pengumuman /pemberitahuan
e.       menangkap makna pesan singkat sangat pendek dan sederhana dengan benar.
f.       menangkap makna pengumuman /pemberitahuan / notice sangat  pendek dan sederhana dengan benar.
g.       menyusun teks tulis pesan singkat sangat pendek dan sederhana,  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang  benar dan sesuai konteks.
h.      menyusun teks tulis pengumuman /pemberitahuan / notice sangat  pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

D.    MATERI PEMBELAJARAN
A.     Fungsi sosial
Tindakan dilaksanakan sesuai yang diharapkan.
B.     Struktur text
(gagasan utama dan informasi rinci)
a.    Menyebutkan tujuan dari  pesan singkat dengan atau tanpa informasi rinci, seperti Sorry, I’m in a meeting now. I’ll call you back in  10 minutes.; Make sure you lock the gate when you leave.
b.   Menyebutkan tujuan dari pengumuman/ pemberitahuan (notice) dengan atau tanpa informasi rinci, misalnya The flag ceremony will be held on Monday, 17 August. Attendance is compulsory.; An exam is in progress. Please be quite.
C.     Unsur kebahasaan

(1)  Kosa kata terkait dengan kegiatan, kejadian, peristiwa, dan hari penting bagi siswa dan guru
(2)  Tata bahasa: Kalimat imperatif positif, kalimat imperatif negative
(3)  Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(4)  Ucapan, tekanan kata, intonasi
(5)  Ejaan dan tanda baca
(6)  Tulisan tangan

D.    Topik

Berbagai kegiatan, kejadian, peristiwa, dan hari penting bagi siswa dan guru, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun, peduli, percaya diri, kerjasama, dan bertanggung jawab.

E.    Multimedia:

Layout dan dekorasi yang membuat tampilan teks lebih menarik.

E. METODE PEMBELAJARAN
     Scientific Learning dengan Project Based Learning (PjBL)

F. MEDIA, ALAT, dan SUMBER PEMBELAJARAN
     1. Media : Flash Card, HP, Contoh-contoh notice yang ada di sekolah
     2. Alat    : Papan tulis, Notice Board
     3. Sumber Belajar : Buku Siswa dan Buku Guru

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN
WAKTU
Pertemuan I

a. Kegiatan Awal
  - Guru memberi salam dan siswa merespon
  - Guru mengecek kehadiran siswa
  - Guru memberi apersepsi
·         You forgot to ask your Mom to put her signature on your homework before she left to the market this morning. You have to hand in the homework with her signature to your English teacher today, at 11. What can you do?
·         The Music teacher wants the Choir Club to meet and practice on Monday afternoon, after school, in the hall. What can she do?
  - Guru menyebutkan tujuan pembelajaran      tersebut di atas, guru dapat mengatakan bahwa      kita perlu memiliki kemampuan untuk      memahami dan membuat pesan pendek dan      notice yang akan dicapai



               10’




b. Kegiatan Inti
    Kegiatan Mengamati dan Menanya
- Guru meminta siswa terbaik untuk membaca    kan secara   nyaring dan bermakna semua    pesan pendek .
 - Guru meminta siswa mengidentifikasikan    pekerjaan   yang di­pesan oleh ibu untuk    dilakukan di pagi hari,   di siang    atau sore    hari, di malam hari, dan   di wak­tu- waktu    tertentu lainnya dengan menyalin pada    kertas berwarna yang sesuai, dengan cara    tulis tangan.( Hal.194 - 196 )
- Guru meminta beberapa siswa untuk untuk membaca pengumuman tertulis. ( hal 201)
- Guru dengan menggunakan teknik  mengarahkan siswa untuk bertanya tentang materi diatas  
 



                 65’
c. Kegiatan Akhir.
 - memberikan feedback ( 196)
 - Guru memberi pekerjaan rumah kepada    siswa


                  

                  5’
                 
Pertemuan II





a. Kegiatan Awal
  - Guru memberi salam dan siswa merespon
  - Guru mengecek kehadiran siswa
  - Guru mengingatkan kembali materi yang        telah diberikan sebelumnya
  - Guru menyebutkan tujuan pembelajaran      selanjutnya



               5’




b. Kegiatan Inti
    Kegiatan Mengumpulkan informasi
-  Guru meminta siswa untuk membaca     contoh lain pesan-pe­san pendek yang     ditulis 2 orang siswa secara komunikatif.
- Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa    mengidentifikasi ciri-ciri ( fungsi sosial,    struktur teks, dan unsur kebahasaan)
- Secara berpasangan siswa belajar berkomu   nikasi dan saling berbalas dengan menulis   pesan pendek seolah-olah den­gan menggu   nakan telepon selu­ler tentang setiap rencana  yang akan mereka lakukan. Dengan   demiki  an masing-masing pas­angan   melakukan  lima kali inter­aksi dengan 5   tema yang  berbe­da.




                 65’
c. Kegiatan Akhir.
 - memberikan feedback
 - Guru memberi pekerjaan rumah     kepada    siswa
                  

                  10’
                 
Pertemuan III





a. Kegiatan Awal
  - Guru memberi salam dan siswa merespon
  - Guru mengecek kehadiran siswa
  -  Guru mengingatkan kembali materi yang        telah diberikan sebelumnya
  - Guru menyebutkan tujuan pembelajaran      selanjutnya



               5’





b. Kegiatan Inti
    Kegiatan Mengasosiasi
-  Guru membagi menjadi 2 kelompok besar.     Pada tiap kelompok besar di bagi lagi     menjadi 4 kelompok kecil. Sehingga ada 8     kelompok kecil. Kelompok kecil I : klp     ruang kelas, Klp ruang laboratorium, Klp     ruang perpustakaan dan Klp toilet,     sedangkan kelompok kecil II : Klp message     1, Klp message 2, Klp message 3, Klp     message 4
- Guru menentukan tema/ topik untuk masing-   masing kelompok besar, klp I adalah    kelompok Notice, dan kelompok II adalah    kelompok message
- Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi   kan bagian-bagian dari produk yang akan     dihasilkan dan langkah-langkah serta teknik   untuk menyelesaikan bagian tersebut sampai   dicapai produk akhir.
 - Siswa dengan fasilitasi dan monitoring guru    menyelesaikan projek dengan, yaitu     mencari atau mengumpulkan data/material    dan kemudian mengolahnya untuk    menyusun/mewujudkan bagian demi bagian    sampai dihasilkan produk akhir.
-  Siswa didorong untuk kreatif dalam    hal    desain tampilannya
-  Dengan arahan guru siswa secara kola    boratif membahas untuk menentukan    tempat-tempat di mana setiap notice yang    digunakan di Kegiatan dapat ditempatkan di    sekolah.

    



                 65’

c. Kegiatan Akhir.
 - memberikan feedback
 - Guru memberi penjelasan tentang hal-hal    yang harus dipersiapkan dalam publikasi    produk
                  

                  10’
                 
Pertemuan IV
a. Kegiatan Awal
  - Guru memberi salam dan siswa merespon
  - Guru mengecek kehadiran siswa
  - Guru memberi review tentang materi     sebelumnya.
  - Guru menyebutkan tujuan pembelajaran      selanjutnya.



               10’





b. Kegiatan Inti
    Kegiatan Mengkomunikasikan
    - Dengan arahan guru, siswa mempresentasi       kan  / mempublikasikan hasil projek, yaitu       menyajikan produk dalam bentuk diskusi,       atau publikasi (tempat-tempat di mana       setiap notice yang    digunakan di kegiatan       dapat ditempatkan di    sekolah) untuk       memperoleh       tanggapan dari peserta      didik yang lain,       guru,
   



                 55’

c. Kegiatan Akhir.
 - memberikan feedback
 - Siswa diminta untuk melakukan evalu­asi    diri mengenai apa yang sudah dipahaminya.
- Siswa diminta untuk menuliskan apa yang sudah dipelajarinya di bab ini.
- Siswa diminta untuk menuliskan bagi­an mana yang paling disukainya.
- Siswa diminta untuk menuliskan kesu­litan-kesulitan yang dihadapin­ya.
- Siswa diminta untuk menuliskan usaha yang dilakukan untuk perbaikan ke depannya.
- Guru dapat melihat bagian evaluasi diri ini,    termasuk juga memberikan tambahan atau    remedial kepada peserta didik yang masih    belum memahami secara utuh konsep pem    belajaran yang sudah ada
                  

                  15’
                 
H.   PENILAIAN
       1. Jenis/ Teknik Penilaian
            2. Bentuk Instrumen dan Instrumen
            3. Pedoman Penskoran
a. Penilaian Pengetahuan
Indikator
Instrumen


1. Siswa dapat menerapkan struktur teks untuk     melaksanakan fungsi social dari teks pesan singkat sesuai     dengan konteks penggunaannya dengan benar.
2. Siswa dapat menerapkan struktur teks untuk     melaksanakan fungsi social dari teks pengumuman     /pemberitahuan / notice sesuai dengan konteks     penggunaannya dengan benar.
3. Siswa dapat menerapkan unsur kebahasaan untuk     melaksanakan fungsi social dari teks pesan singkat sesuai    dengan konteks penggunaannya dengan benar.
4. Siswa dapat menerapkan unsur kebahasaan untuk     melaksanakan fungsi social dari teks pengumuman    /pemberitahuan / notice sesuai dengan konteks    penggunaannya dengan benar.
5.Siswa dapat menangkap makna pesan singkat sangat    pendek dan sederhana             dengan benar.
6.Siswa dapat menangkap makna pengumuman    /pemberitahuan / notice sangat             pendek dan   sederhana dengan benar.
7.Siswa dapat menyusun teks tulis pesan singkat sangat    pendek dan sederhana,             dengan memperhatikan   fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang   benar dan sesuai konteks.
8.Siswa dapat menyusun teks tulis pengumuman    /pemberitahuan / notice sangat          pendek dan    sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,    struktur teks, dan             unsur kebahasaan yang benar dan    sesuai konteks









b.  Penilaian Ketrampilan
Indikator
Instrumen




Mata Pelajaran  : ……………………………….
Nama Projek     : ………………………………..
Alokasi Waktu    : ………………………………..

Nama/Kelompok: ………………………………….
NIS                    : …………………………………
Kelas                 : …………………………………

No.
Aspek Penilaian
Skor
1
2
3
4
5
1.
PERENCANAAN





a.  Persiapan





b.  Perumusan Judul/Tema





2.
PELAKSANAAN





a.  Proses pengamatan





b.  Pengumpulan data





c.  Persiapan alat/media/bahan





d.  Teknik pengolahan/eksplorasi





3.
LAPORAN PROYEK





a.  Hasil produk/performans





b.  Presentasi/penguasaan





c.  Laporan Tertulis/portopolio (sistematika, keakuratan sumber data, kuantitas sumber data, analisis data, penarikan kesimpulan)






TOTAL SKOR






Catatan: Skor diberikan dengan rentang skor 1 sampai 5, dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin tinggi nilainya.
 
 





Tidak ada komentar: