Minggu, 01 Februari 2015

Cara Cepat Mengerjakan Soal Bahasa Inggris UN SMP

UJIAN NASIONAL – SMP _BHS.INGGRIS Materi: Pronouns (Kata Ganti)
www.haarrr.wordpress.com education for all; education for a better life
MATERI, SOAL & PEMBAHASAN UN SMP
(Bagian 6)
MATERI : PERSONAL PRONOUNS
Personal Pronoun yaitu kata ganti yang menggantikan / menunjukkan benda atau orang.
SUBJECT OBJECT POSSESSIVE
ADJECTIVE.
(Milik + benda)
POSSESSIVE
PRONOUN.
(Milik tanpa benda)
REFLEXIVE
(Penegas)
I me My mine myself
You you Your yours yourself / yourselves
He him His his himself
She her Her hers herself
It it Its - itself
We us Our ours ourselves
They them Their theirs themselves
Contoh Penggunaan:
(Subject) = I love her ( Saya mencintai dia )
(Object) = She loves me ( Dia mencintai saya )
(Pos. Adj.) = It is my book ( Itu buku-ku / itu buku milik saya ) diikuti benda (book)
(Pos.Pro.) = It is mine ( Itu kepunyaanku/ Itu milik saya) tidak diikuti benda
(Reflexive) = I myself do not know ( Saya sendiri tidak mengetahui )
􀂷 CONTOH SOAL:
1. Anita and I missed the morning flight, and this made _____ late for our friend’s wedding.
A. her
B. them
C. we
D. us
PEMBAHASAN: Anita and I sama dengan We (sebagai Subject). Karena yang ditanyakan sebagai Object,
maka ‘we’ menjadi ‘us’. Terjemahannya: Anita dan saya ketinggalan penerbangan pagi,
dan ini membuat ‘kami’ terlambat untuk hadir di pesta perkawinan teman kami.
JAWAB: D
􀂷 BEBERAPA PERSONAL PRONOUN YANG LAIN:
PRONOUN SINGULAR (S)
/
PLURAL (P)
COUNTABL
E NOUN
(CN)
UNCOUNTABLE
NOUN (UNC)
ARTI
one S √ − seseorang / sesuatu
Each S √ − masing-masing
Every S √ − setiap
Both P √ − keduanya
Some P √ − beberapa
a lot of P √ √ banyak
Many P √ − banyak
Much P − √ banyak
a little P − √ sedikit
a few P √ − sedikit
Most P √ − sebagian besar
All P √ − semua
none / no body S √ − tak ada seorangpun
someone / somebody S √ − seseorang
anyone / anybody S √ − seseorang (kal negatif & tanya)
everyone / everybody S √ − setiap orang
Contoh Penggunaan:
UJIAN NASIONAL – SMP _BHS.INGGRIS Materi: Pronouns (Kata Ganti)
www.haarrr.wordpress.com education for all; education for a better life
(Singular / Plural) : 1. Each of the students is required to come on time. (singular)
2. Both of the students are required to come on time. (plural)
(Count / Uncount.) : 1. I don’t have many cars. (countable noun)
2. I don’t have much money. (uncountable noun)
(Positif, negative & Tanya) : 1. There is somebody in the room. (positive)
2. There is not anybody in the room. (negative)
3. There is nobody in the room. (positif, bermakna negative)
3. Is there anybody in the room? (tanya)
􀂷 CONTOH SOAL UJIAN NASIONAL ( ‘PRONOUNS’ )
1. Brother : Is this your box?
Sister : No.
Brother : So, who has put in here?
Sister : ______ has, but I don’t know who. (UN 2005/P1)
A. Anyone
B. Someone
C. Everyone
D. No one
PEMBAHASAN: Maksud dari ucapan ‘sister’ adalah ’Seseorang telah menaruh kotak tersebut, tetapi saya
tidak tahu siapa.’ Personal Pronoun yang mempunyai arti seseorang ialah pilihan A dan B. Pilihan A
(Anyone) digunakan untuk kalimat negatif dan Tanya. Pilihan B (Someone) untuk kalimat positif. Dengan
demikian jawaban yang tepat adalah ’someone’.
JAWAB: B
2. Peter : Have you met Jeremy Thomas and Anjasmara?
Russell : Not yet. But everyone knows that ______ of them are famous entertainers. (UN 2004/P2)
A. each
B. both
C. none
D. all
PEMBAHASAN: Yang akan diganti dengan Personal Pronoun adalah Jeremy Thomas dan Anjasmara. Berarti
dua orang. Maka kata yang tepat adalah ‘both’ (keduanya).
JAWAB: B
3. Student : Would you tell ______ name, Sir?
Teacher : With pleasure. I am Mr. Smith. (UN 2000/P2)
A. your
B. yours
C. my
D. mine
PEMBAHASAN: Perhatikan kata ‘name’ (kt. Benda). Personal Pronoun yang diikuti dengan kata benda,
adalah ’Possessive Adjective’(kepunyaan). Pilihan yang menunjukkan ’kepunyaan / milik’ adalah A dan C.
Karena nama yang dimaksud adalah kepunyaan pembicara/orang kedua, maka pilihan yang tepat adalah A
(your). ’your name’ (nama Anda / nama-mu)
JAWAB: AUJIAN NASIONAL – SMP _BHS.INGGRIS Materi: Elliptical Sentences
www.haarrr.wordpress.com education for all; education for a better life
MATERI, SOAL & PEMBAHASAN UN SMP
(Bagian 7)
MATERI: ELLIPTICAL SENTENCES
Elliptical Sentences yaitu Kalimat yang diringkas dan pengertiannya sama dengan kalimat utama atau kalimat
induk.
Contoh:
1. She likes listening to music
2. I like listening to music
Diringkas menjadi:
She likes listening to music and so do I (Dia suka mendengarkan musik dan saya juga)
Kalimat induk Elliptical
􀂷 BENTUK-BENTUK ”ELLIPTICAL SENTENCES”
1. Jika Kalimat Induk Positif (+):
􀂷 So: So + Aux. Verb + Subj. 2
􀂷 Too: Subj. 2 + Aux. Verb + too
2. Jika Kalimat Induk Negatif (-):
􀂷 Neither: neither + Aux. Verb + Subj. 2
􀂷 Either: Subj. 2 + Aux. Verb + not + either
􀂷 MENENTUKAN AUXILIARY VERB (KATA KERJA BANTU)
Perhatikan predikat pada kalimat induk. Jika menggunakan:
1. to be (is, am, are) Aux. Verb-nya: to be (is, am, are)
to be (was, were) Aux. Verb-nya: to be (was, were)
(Sesuaikan dengan Subject-nya)
2. Verb 1 (s/es) Aux. Verb-nya do / does
3. Verb 2 Aux. Verb-nya did
4. have/ has + noun Aux. Verb-nya do / does
have /has to + V1 Aux. Verb-nya do / does
have /has + V3 Aux. Verb-nya have / has
(Sesuaikan dengan Subject-nya)
5. had + noun Aux. Verb-nya did
had to + V1 Aux. Verb-nya did
had + V3 Aux. Verb-nya had
6. Modals
(will, can, must, may) Aux. Verb-nya modals (will, can, may, must)
CONTOH KALIMAT:
She is a good student and so am I.
My father watched TV last night and my mother did, too.
He does not have a new car and neither do I.
My friends have done the homework and so has Linda.
They will not go tomorrow and I won’t, either.
UJIAN NASIONAL – SMP _BHS.INGGRIS Materi: Elliptical Sentences
www.haarrr.wordpress.com education for all; education for a better life
􀂷 CONTOH SOAL UJIAN NASIONAL ( ‘ELLIPTICAL SENTENCES’ )
1. Sisca : I like to watch the Indonesian idol programme.
Ranti : ______. I think it is the most interesting among the programmes.
Sisal : I agree with you. (UN 2006/P1)
A. So am I
B. I do too
C. I don’t either
D. Neither do I
PEMBAHASAN: Kalimat Induk adalah ucapan Sisca (I like to watch.....). Karena positif, maka pakai so atau
too. Kalimat tersebut menggunakan Verb 1 sebagai predikat, maka kata kerja bantunya do / does. Untuk
Subject I adalah do.
JAWAB: B
2. Rhinoceros is protected; Jalak Bali is protected.
We can also say ______. (UN 2004/P2)
A. Rhinoceros is protected, and neither is Jalak Bali
B. Rhinoceros is protected, and Jalak Bali is too
C. Rhinoceros is protected, and so was Jalak Bali
D. Rhinoceros is protected, and Jalak Bali isn’t either
PEMBAHASAN: Kalimat Induk (Rhinoceros is protected) adalah positif. Maka menggunakan so / too.
Pilihan yang tepat adalah B (Aux.V sama dengan Kalimat induk “is”).
JAWAB: BUJIAN NASIONAL – SMP _BHS.INGGRIS Materi: Conjunctions
www.haarrr.wordpress.com education for all; education for a better life
MATERI, SOAL & PEMBAHASAN UN SMP
(Bagian 8)
MATERI: CONJUNCTIONS
Conjunction (Kata Penghubung) adalah kata yang berfungsi untuk menghubungkan dua kata, frasa atau
kalimat.
Contoh:
􀂷 and : dan
􀂷 but : tetapi
􀂷 or : atau
􀂷 because : karena
􀂷 as, since, for : sebab
􀂷 hence : karena itu
􀂷 therefore : oleh sebab itu
􀂷 consequently : akibatnya
􀂷 fortunately : untungnya
􀂷 finally : akhirnya
􀂷 then : kemudian
􀂷 eventhough : walaupun
􀂷 although : walaupun
􀂷 despite : meskipun
􀂷 inspite of : meskipun
􀂷 yet : namun
􀂷 nevertheless : namun demikian
􀂷 however : akan tetapi
􀂷 whereas : sedangkan
􀂷 so : jadi / maka
􀂷 so that : sehingga
􀂷 in order to : agar, supaya
􀂷 in order that : agar, supaya
􀂷 beside : di samping itu
􀂷 on the other hand : di sisi lain
􀂷 in addition : sebagai tambahan
􀂷 moreover : lagi pula
􀂷 furthermore : lagi pula
􀂷 otherwise : jika tidak
􀂷 unless : kecuali jika
􀂷 not only.…but also… : tidak hanya…. tetapi juga….
􀂷 both….and…. : baik …. maupun .… (keduanya)
􀂷 either.…or…. : baik …. maupun .…
􀂷 neither.…nor…. : baik …. Maupun.… tidak….
􀂷 CONTOH SOAL UJIAN NASIONAL ( ‘CONJUNCTIONS’ )
1. Tina : Did you attend the funeral ceremony yesterday ?
Rony : Yes, I did. But it took long time ______ I went home earlier. (UN 2003/P2)
A. and
B. but
C. then
D. so
PEMBAHASAN: Conjunction yang tepat untuk menghubungkan Kalimat di atas adalah ‘so’ (jadi…) yang
berfungsi untuk menghubungkan urutan kejadian sebab – akibat. “But it took long time so I went home
earlier” (Tetapi memakan waktu yang lama jadi saya pulang lebih cepat).
JAWAB: D
2. Bogi : Could you tell me how to get to the National Park Information Center?
Koke : Sure. Right over there. You will ______ get information from it ______ you will ______ get a
member card for hiking. (UN 2005/P1)
UJIAN NASIONAL – SMP _BHS.INGGRIS Materi: Conjunctions
www.haarrr.wordpress.com education for all; education for a better life
A. not only – but – also
B. but – also – not only
C. also – but – not only
D. but – not only – also
PEMBAHASAN: Pasangan / urutan Conjunction yang tepat adalah not only …. but also (tidak
hanya….tetapi juga) Kalimat tersebut, lengkapnya adalah: “You will not only get information from it but you
will also get a member card for hiking”.
JAWAB: AUJIAN NASIONAL – SMP _BHS.INGGRIS Materi: TAG QUESTIONS
www.haarrr.wordpress.com education for all; education for a better life
MATERI, SOAL & PEMBAHASAN UN SMP
(Bagian 9)
MATERI : TAG QUESTIONS
Tag Questions adalah pertanyaan yang menumpang pada kalimat dan berfungsi untuk
”menegaskan”.
Contoh:
She lives in Maros, doesn’t she? (Dia tinggal di Maros, kan?)
Kalimat Utama Tag
􀂷 BENTUK-BENTUK ”TAG QUESTIONS”
􀂷 Kalimat utama Positif (+), maka ’Tag’-nya: Negatif (Aux.V + not + Subj.)
Katty is your close friend, isn’t she?
􀂷 Kalimat utama Negatif (-), maka ’Tag’-nya : Positif (Aux.V + Subj.)
They did not study hard, did they?
􀂷 Kalimat Perintah, maka ’Tag’-nya: will you?
Open the door, will you?
􀂷 Kalimat Ajakan, maka ’Tag’-nya: shall we
Let’s go to the movie, shall we?
CATATAN :
1. Subject pada “Tag”, dalam bentuk “kata ganti subject”.
Subject yang diawali “to +Verb 1” it (to buy a new car needs much money, doesn’t it?)
Subject yang diawali “Verb–ing ” it (Reading is your hobby, isn’t it?)
Subject “Plural” (jamak) they (The students are studying now, aren’t they?)
Subject “Singular” (tunggal it (The car is expensive, isn’t it?)
2. Not, disingkat: n’t
3. Untuk menentukan Auxiliary Verb (kata kerja bantu), lihat pembahasan ”Elliptical Sentences”.
􀂷 CONTOH SOAL UJIAN NASIONAL ( ‘TAG QUESTIONS’ )
1. Dasnil : Where will we stay if we go to Bali next holiday?
Irwan : At an inn.
Dasnil : Have you checked the price?
Irwan : Yes, the price is Rp. 50.000,- per night.
Dasnil : The price includes breakfast, ______? (UN 2005/P2)
A. doesn’t it
B. does it
C. isn’t it
D. is it
PEMBAHASAN: Kalimat Utama positif, menggunakan V1(s), maka ‘tag’-nya Negatif dengan
Aux.V= do/does. Karena Kata ganti Subject “the price” adalah “it”, maka menggunakan does.
JAWAB: A
2. Andi : We can spend the night at a hotel.
Bakri : Yeah, but to stay at a hotel needs much money, ______?
Andi : That’s right.
Bakri : And we don’t have enough for it. (UN 2005/P1)
A. don’t you
B. doesn’t it
C. won’t it
D. isn’t it
UJIAN NASIONAL – SMP _BHS.INGGRIS Materi: TAG QUESTIONS
www.haarrr.wordpress.com education for all; education for a better life
PEMBAHASAN: Kalimat Utama positif, Subjectnya: to stay at a hotel, sama dengan “it”.
Predikat-nya Verb1(s) / needs, maka kata kerja bantu-nya = do/does. Subject ”it”, menggunakan
does.
JAWAB: BUJIAN NASIONAL – SMP _BHS.INGGRIS Materi: Conditional Sentences
www.haarrr.wordpress.com education for all; education for a better life
MATERI, SOAL & PEMBAHASAN UN SMP
(Bagian 10)
MATERI: CONDITIONAL SENTENCES
Conditional Sentences yaitu kalimat pengandaian yang terdiri dari 3 tipe. Untuk tingkat SMP, yang harus
dikuasai yaitu tipe 1.
Type 1 : Future-Probable Condition (Kondisi yang mungkin terjadi di masa mendatang)
Pola : If + Subj + V1 (s/es), Subj + will + V1
(Klausa-if: simple present, klausa akibat: present future)
Contoh : If I have much money, I will buy a new car.
Klausa – if Klausa akibat
(Seandainya/jika saya punya banyak uang, saya akan membeli sebuah mobil baru).
􀂷 If she comes on time, I will be very happy.
􀂷 If it rains, I will not come.
􀂷 If it doesn’t rain, I will come.
􀂷 My father will give me a present if I win the competition.
􀂷 He will study abroad if he has money.
􀂷 He will not study abroad if he does not have money.
CATATAN: 1. Perhatikan penambahan s/es untuk Verb 1 jika Subject he, she, it (pada klausa – if ).
2. Perhatikan penambahan be jika bukan kata kerja setelah ‘will’ (pada klausa akibat)
􀂷 CONTOH SOAL UJIAN NASIONAL ( ‘CONDITIONAL SENTENCES’)
1. If I win the election, I ______ the salaries of the workers and hire more women in the government offices.
(UN 2006/P1)
A. increase
B. increased
C. will increase
D. have increased
PEMBAHASAN: Kalimat Pengandaian. Klausa –if menggunakan tenses ”present”: Verb 1 (win), maka
pada Klausa Akibat menggunakan tenses ”present future”: will + V1 (will increse).
JAWAB: C
2. Susi : Will you come to my party next week?
Dony : Maybe, but I am not sure.
Susi : Please, Dony.
Dony : Ok. I will come if ______. (UN 2006/P4-Susulan)
A. I am busy
B. I have time
C. you are not there
D. it rains
PEMBAHASAN: Menanyakan Klausa-if. Dari segi struktur Kalimat, semua pilihan sudah menggunakan
tenses ”simple present”. Analisa berikutnya, dari segi makna. Pilihan yang kemungkinan besar membuat
Doni bisa datang adalah ”jika saya punya waktu”(if I have time).
JAWAB: B

Tidak ada komentar: